8
76

ARTI ENDORSE : Pengertian, Contoh & Keuntungan Dari Bisnis Online

Arti Endorse – Bagi Anda pengguna media sosial pasti sudah tidak asing lagi dengan kata endorse. Kata tersebut kerap dipakai oleh pengguna media sosial seperti instgram, facebook, twitter dan yang lainnya. Tidak cuma pengguna media sosial biasa saja, bahkan artis-artis pun lekat sekali dengan kata endorse. terdapat juga yang menyebutnya artis endorse.

Pengertian Endorse

Arti Endorse

Arti Endorse

Endorse berasal dari kata endorsmen yang artinya merupakan dukungan ataupun saran. tentu tetapi, endorse yang biasa digunkan di media sosial memilki pengertian yang sedikit berbeda dari kata awalnya.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan endorse? Secara umum, arti endorseadalah sebuah bentuk dukungan ataupun rekomendasi yang diberikan seseorang kepada sebuah merek ataupun produk, dimana dukungan tersebut diusahakan oleh seseorang yang mempunyai pengaruh ataupun public figure, contohnya seorang artis.

Dengan kata lain, arti endorse merupakan jenis promosi tertentu yang memanfaatkan selebriti ataupun seorang profesional untuk mengatakan hal baik berkenaan sebuah merek, produk ataupun layanan. Dari sisi pemilik produk ataupun brand pasti tentu memperoleh keuntungan karena menggunakan nama orang terkenal untuk mempromosikan produk/ brand miliknya.

Kata Endorse paling erat hubungannya dengan dunia pemasaran. Banyak yang menyebutkan bahwa pemasaran produk dengan trik endorsement dari seorang public figure tentu memberikan akibat yang positif bagi penjualan produk tersebut.

Endorse di media sosial mempunyai makna meminta dukungan kepada orang-orang sudah terkenal seperti artis ataupun pennguna media sosial yang pengikunya banyak, untuk mengenalkan produk tertentu lewat foto di media sosial. umumnya para pengusaha online shop tentu memberikan barang tertentu kepada artis, terus para artis menggunakan barang tersebut dan diunggah kedalam media sosial mereka.

Bagi para pengusaha online, endorse pasti paling membantu untuk mengenalkan produk-produk mereka. Sehingga diharapkan penjualan produk mereka tentu terus meningkat sesudah diusahakan endorse tersebut.

Selain itu, para artis yang diminta untuk meng-endorse barang pasti tentu memperoleh keuntungan. Biasanya, barang yang telah diberikan untuk di endorse tentu sebagai milik si artis tersebut. bayangkan saja, apabila artis yang di endorse untuk produk otomotif seperti mobil, mereka bisa memperoleh secara cuma-cuma. Menguntungkan sekali bukan? Itulah kenapa, banyak artis yang kaya sebab membuat endorse sana-sini.

Dalam prakteknya, endorse ini diusahakan dengan beberapa kesepakatan diantara pengusaha dan artis. apabila kesepakatan tersebut telah diterima oleh kedua belah pihak, maka pihak pengusaha tentu memberikan kompensasi tertentu terhadap endorse yang diusahakan oleh artisnya. Maka dari itu, umumnya para artis cuma bisa membuat endorse pada jangka waktu tertentu.

Seringkali saat kita browsing di instagram artis ataupun orang yang terkenal kita biasa menjumpai kata-kata endorse. Salah satunya juga ditemukan terhadap akun instagram Sepatu_ Murah. contohnya “kak bisa endorse gak?”, “kak apabila mau endose caranya gimana?”. terhadap awalnya saya juga kebingungan dan tidak mengerti arti kata endorse ini, apakah istilah ataupun singkatan tertentu.

Dan sesudah bertanya kepada “mbah google” kesimpulannya saya menemukan jawabannya.

Pada dasarnya kata endorse datang dari kata endorsement yang artinya merupakan sebuah tindakan mendukung (support) ataupun setuju kepada sesuatu.

Sebagai contoh contohnya artis Raisa menggunakan shampo Urang Aring dan mensuport perawatan rambut secara alami. Maka Raisa meng-endorse sampo Urang Aring. Dengan kata lain Raisa menyetujui dan mendukung penggunaan shampo dengan bahan alami.

Didunia online shop jaman sekarang agaknya pengertian berkenaan endorse bergeser. Endorse tidak lagi suatu kata yang berarti persetujuan dan dukungan, akan tetapi sebagai kata yang dipakai oleh pemilik barang ataupun jasa untuk memberikan intensif ataupun bahasa kerennya gratifikasi kepada artis yang mempromosikan produk tersebut. umumnya endorse ini terjadi di instagram.

Sebagai contoh contohnya Ahmad Rafi yang seorang artis berfoto menggunakan kaos dari suatu online shop “Kaos Oblong”, maka bisa dikatakan bahwa Ahmad Rafi telah di endorse oleh online shop “Kaos Oblong”.

Dalam hal endorse mengendorse ini, pihak online shop bersedia mengirimkan barangnya secara gratis untuk diberikan kepada si artis dengan imbalan foto dan kata-kata contohnya si artis menggunakan tas kiriman online shop dengan caption “pakai tas dari OnlineBag makin kece, thanks OnlineBag”.

Tak jarang artis yang juga yang meminta imbalan kepada online shop pengendorse, contohnya dengan menetapkan tarif contohnya 2jt rupiah untuk artis pendatang baru, dan lebih dari 10jt untuk artis papan atas, ditambah lagi barang yang hendak dipromokan. Dan umumnya juga foto dan caption dari sang artis cuma bertahan 1 minggu saja. pasti saja beda management artis lain juga tata cara yang ditetapkan.

Fenomena Endorse ini tak lain dan tidak tidak merupakan salah satu bentuk promosi yang diusahakan online shop untuk menggaet konsumen baru. Dan apabila foto dan caption dari artis ini telah di posting, umumnya pihak online shop tentu membesar-besarkan dengan memberi caption “Artis Aja Suka, Masa anda Enggak!”. Dan begitulah selanjutnya baik follower artis tersebut ataupun follower online shop tersebut tentu mulai memahami ataupun bahkan membeli produk online shop tersebut.

 

Arti Endorse Dalam Pemasaran Online

Arti Endorse

Arti Endorse

Sebenarnya terdapat beberapa pengertian endorse yang lain, tergantung bidang apa yang sedang kita bahas. Kata endorse sendiri lumayan biasa dipakai dalam bisnis, asuransi, dan pemasaran. Namun, arti endorse yang dimaksud di sini merupakan kaitannya dengan pemasaran, khususnya pemasaran online.

Anda yang antusias menggunakan media sosial Instagram, Facebook, dan Twitter pasti biasa menemukan kata Endorse. Bahkan sekarang ini terdapat banyak artis di Instagram yang dibayar mahal untuk meng-endorse sebuah produk.

Jika orang terkenal meng-endorse ataupun memberikan dukungan positif kepada sebuah produk, seringkali tentu menjadikan lebih banyak orang yang membeli produk tersebut karena mereka mempercayai selebriti tersebut. ataupun setidaknya tentu menjadikan merek ataupun produk tersebut sebagai lebih terkenal dari sebelumnya.

Di Indonesia, kegiatan endorse tidak lagi hal yang baru. Banyak pemilik toko online yang memanfaatkan ketenaran seorang artis untuk mempromosikan produk/ brand mereka dengan trik endorse. Bila Anda lumayan memperhatikan, praktek promosi seperti ini paling mudah kita temukan di media sosial, terutama Instagram.

Afgan merupakan salah satu contoh artis endorse yang biasa mempromosikan produk-produk tertentu di akun Instagram miliknya.

Contoh Endorse

 

Kelebihan Promosi Dengan Cara Endorse

Arti Endorse

Arti Endorse

Setelah Anda mengetahui apa arti endorse, tentunya kita juga butuh paham apa kelebihan pemasaran dengan trik ini. Mengacu terhadap arti endorse di atas, berikut ini merupakan kelebihan promosi dengan trik endorsement:

  1. Kegiatan Promosi Sangat Efektif

Seperti disebutkan sebelumnya, public figur atau orang terkenal biasanya memiliki followers yang selalu memperhatikan kegiatan mereka. Bukan hanya kegiatan sesuai profesi saja yang diperhatikan, tapi hal-hal yang bersifat pribadi yang diunggah ke media sosial juga ikut menjadi konsumsi publik.

Setiap kali si artis mempromosikan sesuatu ke dalam akun media sosialnya, misalnya Instagram, maka bisa dipastikan bahwa postingan tersebut akan terlihat oleh para followers-nya. Dan ketika ia mempromosikan produk tertentu, sudah pasti produk yang dipromosikan akan terkenal.

Akun Instagram si pemilik produk biasanya akan ikut juga terkenal karena setiap memberikan endorse, pada bagian caption si artis akan memberikan tag akun Instagram penjual dan juga hashtag yang berkaitan dengan produk tersebut.

Contoh Endorse

 

  1. Menghemat Biaya Pemasaran

Tidak cuma efektif, tapi juga dapat membuat proses pemasaran menjadi lebih hemat. Hemat yang dimaksud di sini bukan hanya tentang jumlah uang yang Anda keluarkan, tapi lebih ke dampak dari pemasaran yang dilakukan. Bayangkan berapa besar uang yang akan dikeluarkan bila promosi melalui iklan di Televisi, iklan di radio.

Promosi dengan cara endorse, kita Cuma harus mengirimkan produk kepada si artis dan mentransfer biaya endorse sesuai dengan tarif yang ditentukan. Akan tetapi tentu saja kita juga harus dapat memilih artis yang akan mempromosikan produk yang dipasarkan.

Misalnya produk Anda adalah produk kecantikan, ini kita bisa memakai artis yang pas untuk  bisa dipasarkan.

Contoh Endorse

 

  1. Meningkatkan Penjualan dan Jumlah Followers

Public figure pasti punya banyak fans yang mengikuti gaya dan juga menggunakan produk apapun yang digunakan si public figure. Ketika artis memposting sebuah produk kecantikan yang digunakannya, maka dapat dipastikan bahwa akan banyak followers yang juga ingin menggunakan produk tersebut dan penjualan produk tersebut akan laris manis bak kacang goreng.

Jadi, tidak heran kenapa ada banyak sekali toko online yang menggunakan jasa endorse dari para selebritis karena memang sudah terbukti bisa meningkatkan penjualan produk yang dipromosikan. Selain itu, akun media sosial si toko online pun akan kebanjiran followers dan punya calon pelanggan tetap.

Dari sisi para endorser, mereka juga mendapatkan keuntungan. Selain memperoleh bayaran dari jasa endorse, para artis ini juga memperoleh produk berkualitas secara gratis.

 

Nah, itulah penjelasan mengenai tentang Arti Endorse yang kita temukan di media sosial. Endorse juga sangat menguntungkan bagi kita yang menjalankan bisnis online dan ini salah satunya cara untuk mempromosikan produk kita ke masyarakat agar tertarik dengan produk yang kita jual. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Arti Endorse

Leave a Reply