8
1000

ARTI GABUT : Pengertian, Macam Singkatan & Tips Agar Tidak Gabut

Arti Gabut – Salah satu kehebatan dari sosial media yaitu terdapat bahasa-bahasa gaul yang sekarang ini sudah menjadi keseharian mereka, seperti halnya kata gabut, apa arti kata gabut yang sebenarnya? Didalam ulasan ini akan saya bahas mengenai hal tersebut.

Istilah gaul keturunan jaman now memang selalu saja ada, mungkin itu mempunyai arti yang naif mauppun yang bagus, seperti yang dulu saya pernah ceritakan arti kata pansos, sekarang saya tentu menjelaskan kembali istilah bahasa gaul yakni gabut.

Mungkin saja anda sedang buntu dengan istilah tersebut yang memang sekarang ini sedang sebagai bahasa sehari-hari, arti kata gabut sendiri mempunyai makna yang berbeda-beda, begitupun yang tentu saya jelaskan saat ini secara lengkap mengenai kata gabut.

 

Pengertian Kata Gabut

Arti Gabut

Arti Gabut

Kata gabut sendiri mempunyai makna dahulu yakni Gaji Buta sedangkan gabut tidak cuma singkatan dari gaji buta, akan tetapi terdapat banyak singkatan-singkatan gabut yang menjadi trending. Kata gabut sendiri telah booming sejak tahun 2014 silam, dan mungkin sampai saat ini gabut masih menjadi istilah sehar-hari, terutama di media sosial.

Istilah gabut dari singkatan awal gaji buta ini sebenarnya sudah hadir sejak tahun 2011 berdasarkan apa yang saya ketahui dari sumber-sumber tertentu, namun tepat pada 2014, gaji buta atau gabut ini semakin ngetrend, dan sekarang mempunyai banyak sekali singkatan-singkatannya atau artinya.

 

Macam – Macam Singkatan Kata Gabut

Arti Gabut

Arti Gabut

Pada pengertian gabut di atas sudah saya jelaskan bahwa makna awal dari istilah gaul kata gabut ini memiliki arti gaji buta, namun penggunaan kata tersebut bukan cuma gaji buta saja, akan tetapi masih banyak makna-makna lainnya, seperti di bawah ini. Gaji Buta Belaga Buta Enggak Butuh Mungkin kamu masih bingung, kenapa tidak sesuai yang sering banget di katakan oleh anak-anak jaman now, karena istilah Gabut sering sekali di gunakan sebagai bahasa sehar-hari, biasanya mereka merasa bosan saat berada di rumah.

Gabut di dewasa ini sebenarnya memiliki banyak arti yang berbeda dari satu kata gabut dengan kata gabut yang lainnya. Intinya arti dari kata gabut tergantung dari penggunaan kata dan kondisi orang yang mengutarakan kata gabut tersebut. Nah, beberapa singkatan dibawah ini adalah arti dari kata gabut yang telah umum beredar luas di dumay atau internet.

Berikut ini adalah Macam-Macam Singkatan kata Gabut.

1. Gabut = Gaji Buta

Seperti yang sudah tersebut diatas. Kata gabut dapat juga diartikan sebagai gaji buta. Misalnya saja ada orang yang berprofesi sebagai pekerja / karyawan, ia kerjanya malas-malasan, namun tidak ketahuan dan tetap digaji setiap bulannya. Maka orang tersebut bisa dikatakan memakan gaji buta. Contoh kasusnya misal seperti dibawah ini.

Sinta : Rin enak banget lu ye, kerjanya nyantai tapi gajian lancar, jadi ngiri ane.
Rini : Hehehe… bisa aja lu sin, maklum lah rejeki anak soleh. Eh soleha.
Sinta : Dih, gabut banget deh, ngak takut apa ketahuan ama si anu.

 

2. Gabut = Galau Beut / Galau Banget

Nah kata gabut yang satu ini kebanyakan yang dimaksud oleh anak-anak alay di sosial media / sosmed. Mereka membuat status yang didalamnya terdapat kata gabut. Dengan maksud mereka sedang mengalami kegalauan, sedih, gundah gulana dan lain sebagainya. Misalnya ada orang yang membuat status seperti ini “Duh, gabut banget nih gue hari ini, mau ngapa-ngapain nggak enak, oh Tuhan cobaan apa lagi ini”.

Nah, dari pengertian diatas, dimana gabut = galau beut. Dapat juga diartikan sebagai seseorang yang sedang malas, boring, ngak enak mau ngapa-ngapain, bosan dan lain sebagainya. Pada intinya memang begitu sih gejala dari galau.

 

3. Gabut = Belaga Buta

 

Orang-orang yang menuliskan komentar atau status di sosial media. Jika diiringi dengan kata yang bernadakan memojokkan atau menyalahkan seseorang. Misalnya, “Eh lo din, ngak peka amat sih ama perasaan gue, gabut banget si lo, jadi sedih ane” #nangid emoticon. Ya kurang lebih seperti itu, maka dapat ditebak, gabut yang dimaksud adalah “Belaga Buta”.

Belaga Buta jika di dalam bahasa indonesia yang baik dan benar. Dapat juga diartikan sebagai pura-pura tidak tahu atau pura-pura tidak melihat.

 

4. Gabut = Gak jelas Beut / Gak Jelas Banget

Nah, kata gabut yang satu ini seringkali ditujukan kepada orang-orang yang ngak jelas di dalam menuliskan status, cerita, berbicara, tingkah laku dan lain sebagainya. Intinya ngak jelas lah, sehingga di dalam berkomentar orang seringkali menjudge seseorang itu sedang gabut. Contoh komentarnya “Ngemeng apa si lu, gabut banget deh . .”.

 

5. Gabut = GAk BUtuh

Ada juga yang mengartikan kata gabut sebagai “ngak butuh”. contohnya saja di pada suatu status ataupun komentar. “Apaan sih, gue dah enek ama lo. Gue gabut ama loh. Pergi sono, kita putus . .”

 

6. Gabut = dipenggal

Update di tahun 2019, iseng-iseng nyari kata gabut pada bahasa jawa di google. Eh ternyata karakteristik google translate auto menerjemahkan kata gabut menjadi kata “dipenggal” :v. Emang lebih kurang sedikit lucu sih, tapi ya begitulah sebenarnya kenyataannya gan. Gabut bisa jadi artinya sama saja dengan dipenggal 🤣.

Baca Juga : ARTI ESTIMASI: Pengertian, Menurut Para Ahli, Manfaat & Contohnya

Contoh Penggunaan Kata Gabut Dalam Bahasa Sehari-hari

Arti Gabut

Arti Gabut

Arti gabut yang sering di gunakan oleh orang-orang saat ini yaitu memiliki makna dari membosankan jadi, meskipun awalnya gabut ini singkatan dari Gaji Buta, namun karena saking banyaknya orang, ya artinya pun pasti berebeda-beda. Dibawah  ini contoh penggunaan kata gabut yang kita ambil dari makna membosankan.

  • Mau mancing ah, gabut di rumah mulu
  • Jalan-jalan dulu biar kagak gabut
  • Kamu dimana? Ajakin aku jalan dong, gabut banget nih rumah
  • Dsb

Nah, itu adalah contoh penggunaan kata gabut dari makna yang kita ambil segabai membosankan, sedangkan ini tidak ada singkatannya yang saya dapatkan, lalu, bagaimana contoh penggunaan kata gabut dari yang sudah ada singkatannya?.

Contoh penggunaan kata gabut #2

Mungkin kamu pun sudah sering mendengar dari teman atau kerabat kerja kamu di kantor, mereka sering mengatakan kepada temannya atau ke kamu sendiri, seperti “Jangan tiduran mulu napa? gabut tau”. Itu adalah sebuah contoh dari istilah gabut yang di singkat dari gaji buta yang memang awalnya adalah itu.

Contoh gabut (gaji buta)

  • Jangan bolos lagi, kerja yang bener, jangan gabut aja
  • Kenapa telat terus? Liat yang lain kerja tepat waktu, kamu, jam segini baru masuk, tiap bulan makan gabut aja

Contoh gabut (belaga buta)

  • Elu kemarin gua liat sama siapa tuh? Gue panggil pura-pura gak kedenger, gabut amat sih lu
  • Eh, dia tadi gua liat di pantai, pas gue senyumin dia malah ngehindar, gabut banget dia

Itulah contoh penggunaan kata gabut, akan tetapi walau kamu ketahui, arti kata gabut yang sering di gunakan oleh orang-orang dalam bahasa sehari-hari adalah makna dari Merasa Bosan, mungkin kamu juga sering kan lita status orang di sosmed? Kalau saya sering ngeliat, baik itu di wa atau fb, mereka sering bikin status “Gabuuuttt dirumah mulu, gak ada yang ngajak main apa?”.

Itulah arti kata gabut dalam bahasa gaul yang mungkin sering sekali kamu dengar atau bahkan kamu sendiri yang sering mengatakannya namun kamu tidak tahu artinya. Dan satu hal, meskipun gabut ini sering digunakan sebagai istilah karena bosan, namun awal pertama kemunculan gabut di singkat dari Gaji Buta seperti apa yang sudah saya jelaskan di atas.

Tips Agar Tidak Gabut

Arti Gabut

Arti Gabut

Berikut ini adalah beberapa Tips menghindari gabut:

1. Asah Kemampuan Menulismu

Saat kamu dilanda oleh rasa gabut, cobalah lakukan pemanasan jari dan mulailah untuk menulis. Tulisanmu tidak harus selalu berupa curhatan keseharian kok, kamu dapat melihat permasalahan atau isu yang sedang hangat di sekitarmu dan menuangkan opinimu ke dalam tulisan.

Buatlah buat blog pribadimu dan publikasikan tulisanmu di sana. Menulis juga memiliki banyak manfaat. Selain untuk menghilangkan rasa gabut, secara kesehatan menulis juga dapat membantu mempertajam pikiran dan terhindar dari masalah psikis. So, tunggu apalagi? Ayo mulai menulis saat kamu dilanda rasa gabut!

 

2. Perdalam Hobimu

Memperdalam hobi adalah aktivitas yang tepat saat kamu sedang gabut. Apabila selama ini kamu tidak bisa melakukan hobi yang kamu sukai karena kegiatan yang super padat, waktu gabut adalah saat yang tepat bagi kamu untuk memperdalam hobi. Pelajari hobimu dari berbagai macam sumber seperti buku, majalah, televisi, dan internet. Percaya deh, waktu gabutmu akan berubah menjadi waktu yang produktif!

 

3. Ikut Workshop Edukatif dan Asyik

Tidak semua workshop itu membosankan loh! Saat ini kamu dapat dengan mudah menemui dan mengikuti workshop edukatif yang asyik. Tidak usah dipertanyakan lagi, akan ada banyak sekali manfaat dari mengikuti workshop. Mulai dari mendapat ilmu, teman baru, dan juga pengalaman baru. Ilmu yang kita dapatkan melalui workshop itu bisa menjadi nilai tambah untuk diri kita loh, lumayan kan?

 

4. Menonton Film Di Laptop

Bila kamu ingin menghabiskan waktu di rumah sambil melakukan kegiatan yang menghilangkan rasa gabut, kamu bisa mengambil posisi yang paling nyaman dan membuka laptopmu untuk menonton film. Kamu bisa menonton film yang belum kamu tonton atau menonton kembali film favoritmu. Bila kamu merasa sepi dan pengen nobar kamu bisa menonton bersama keluarga atau mengundang teman-teman kamu ke rumah.

 

5. Membaca Buku

Membaca buku dapat menjadi aktivitas yang kamu lakukan untuk menghilangkan rasa gabut. Selain untuk merilekskan pikiran, membaca buku juga dapat membantu kamu melupakan tekanan sejenak. Kamu tidak harus membaca buku yang berat, pilihlah buku yang sesuai dengan dirimu. Pilih posisi paling nyaman agar kamu menjadi lebih fokus saat membaca. Apabila persediaan membacamu sudah habis, kamu dapat meminjam buku kepada kerabat atau membaca buku secara online.

 

6. Olahraga

Menjaga kesehatan adalah hal yang wajib kita lakukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Olahraga baiknya dilakukan secara rutin setiap hari, namun alasan kesibukan biasanya membuat kamu melupakan hal penting yang satu ini. Waktu gabut adalah saat yang pas untuk kamu untuk memulai memperhatikan kesehatan dengan cara berolahraga. Mulailah dengan kegiatan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berjogging. Kamu juga dapat melakukan aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti sit up, push up, dan masih banyak lagi.

 

7. Bersih-Bersih Rumah

Waktu gabut adalah waktunya kamu cek kebersihan rumahmu. Kamu dapat memulainya dengan membereskan kamarmu terlebih dahulu. Bereskan hal yang bisa kamu bereskan mulai dari Kasur, rak buku, meja rias, dan sebagainya. Apabila kamu telah selesai dengan kamar, lanjutkanlah dengan membereskan ruangan lain seperti ruang tamu, dapur, dan bila kamu memiliki waktu lebih, kamu dapat membersihkan kamar mandi.

Menjaga kebersihan adalah hal yang wajib kita lakukan karena dengan menjaga kebersihan secara tidak langsung kita juga menjaga kesehatan. Maka dari itu, membereskan halaman rumah adalah hal tepat untuk kamu kerjakan saat sedang gabut. Selain rumahmu menjadi bersih, tubuhmu juga menjadi sehat.

 

8. Perawatan Diri

Bukan hanya pikiran, tubuh juga perlu untuk dirileksasi. Waktu gabut adalah saat yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan perawatan diri. Ada banyak cara perawatan diri yang dapat kamu lakukan untuk menghindarkan dari rasa gabut.

Kamu tidak perlu repot pergi ke salon karena banyak macam dari perawatan diri yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu dapat merawat diri dengan cara melakukan lulur badan, memakai masker pada wajah, bahkan creambath. Tidak usah takut, saat ini kamu dapat dengan mudah membeli peralatan tersebut di toko terdekat.

 

9. Rapikan Lemarimu

Coba tengok, apakah lemarimu sudah rapi? Mungkin kamu memiliki banyak pakaian yang sudah tidak muat atau tidak pernah kamu pakai lagi. Nah, waktu gabut adalah saat yang sangat cocok untuk membereskan lemari kamu. Tata kembali pakaianmu yang terlihat kurang rapi dan keluarkan baju yang tidak kamu kenakan lagi.

Bila kamu telah selesai, baju-baju tersebut dapat kamu berikan kepada yang membutuhkan. Atau kamu juga bisa mengajak teman-temanmu untuk mengumpulkan baju yang sudah tidak mereka gunakan dan membuka garage sale. Kamu dapat lari dari rasa gabut dan memperoleh banyak uang. Lumayan bukan?

 

10. Tidur

Ini adalah aktivitasyang paling disukai dari kebanyakan orang saat mereka sedang gabut. Bila kamu sedang dilanda rasa gabut, kamu bisa pergi ke kamar dan pejamkan mata. Manfaatkan waktu gabutmu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas sangat baik untuk kesehatan.

 

11. Menghitung Pengeluaranmu

Menghitung pengeluaran adalah kegiatan yang sering kita tinggalkan, namun tahukah kamu bahwa menghitung pengeluaran adalah hal penting yang harus kita lakukan secara berkala. Dengan menghitung pengeluaran kita jadi tahu sebanyak apa uang yang sudah kita keluarkan.

Menghitung pengeluaran juga bisa membantu kamu untuk berhemat karena dengan menghitung pengeluaran kamu jadi bisa membuat strategi finansial untuk ke depannya. Maka dari itu, waktu gabut juga bisa kamu manfaatkan untuk menghitung pengeluaranmu. Jangan lupa hitung dengan teliti ya!

 

12. Cuci Sepatumu

Sepatu adalah teman setia yang selalu menemani langkah kakimu. Dengan adanya sepatu kamu bisa melangkah kemana saja dengan nyaman. Maka dari itu kamu juga harus merawat sepatumu. Cucilah sepatu-sepatumu disaat kamu sedang gabut. Kebersihan sepatu juga menjadi salah satu bagian penting loh! Apabila sepatumu bersih, dijamin kakimu akan terhindar dari bau tidak sedap dan terlindung dari berbagai penyakit.

 

13. Rawat Peliharaanmu

Apabila sebelumnya kamu telah merawat diri, jangan lupakan sekelilingmu. Kamu juga perlu merawat semua yang ada di sekelilingmu, coba tengok peliharaan kesayangmu. Disaat gabut kamu juga bisa merawat peliharaanmu. Kamu dapat memulainya dengan membersihkan kandang dan dilanjut dengan memandikannya. Setelah peliharaanmu bersih, jangan lupa untuk mengajaknya bermain, mengajaknya berjalan-jalan, atau sekedar memanjakannya.

 

14. Coba Resep Masakan Baru

Untuk kamu yang sedang gabut dan lapar, kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk bereksperimen. Cobalah untuk memasak menu masakan yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Ambil peralatan masakmu dan coba tuangkan ide kreatifmu. Tidak masalah dengan hasil yang enak atau tidak. Bebaskan otakmu untuk berkreasi, dijamin kamu akan merasa lebih fresh untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

Waktu gabut adalah saat yang sangat tepat untuk melakukan semua kegiatan di atas, tetapi ada satu kegiatan disaat gabut yang biasanya menjadi favorit semua orang yaitu:

 

15. Pergi Ke Cafe Atau Restoran Terdekat

Kalau kamu malas memasak sendiri atau merasa bosan di rumah, kamu bisa pergi ke cafe atau restoran terdekat. Pergi sendiri atau bersama teman dan keluarga tidak masalah. Di sana kamu bisa menenangkan pikiran dengan secangkir kopi atau makan besar bersama keluarga. Saat ini kamu tidak perlu takut untuk mengeluarkan uang berlebih. Cek cara di bawah ini untuk tetap berhemat saat kamu pergi berkunjung ke restoran dan cafe terdekat.

Baca Juga : ARTI ENDORSE : Pengertian, Contoh & Keuntungan Dari Bisnis Online

Nah, itulah penjelasan mengenai tentang Arti Gabut. Buat Anda yang belum tahu apa arti gabut pasti sekarang sudah mengetahui apa arti dari gabut hehe. Semoga artikel pada pembahasan kali ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Arti Gabut

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply