40
4312

ARTI GATHERING : Pengertian, Manfaat & Tujuan ( LENGKAP )

Arti Gathering – adalah sebuah kegiatan kumpul bersama yang ditujukan untuk perusahaan (employee gathering) atau keluarga (family gathering) yang di kemas dalam acara rekreasi, yang di lakukan dalam suasana yang menyenangkan dan disisipkan dengan beberapa bentuk games (outbound, paintball, rafting, dll yang di sesuaikan dengan kegiatan program wisata yang bertujuan untuk membangun keakraban, kebersamaan antar individu.

Pengertian Gathering

Arti Gathering

Arti Gathering

Gathering adalah acara kumpul bersama baik itu ditujukan untuk perusahaan (Employee Gathering) ataupun keluarga (Family Gathering) yang di kemas dalam acara rekreasi, yang di lakukan dalam suasana yang menyenangkan dan disisipkan dengan beberapa bentuk permainan outbound, kemudian di kombinasikan dengan kegiatan program wisata yang bertujuan untuk membangun keakraban antar karyawan ataupun keluarga.

Adapun Kegiatan Family Gathering ataupun Employee Gathering adalah melakukan sebuah kegiatan untuk melakukan atau hadir secara bersama-sama dengan tujuan sebagai proses penyegaran dari rutinitas keseharian yang ada agar bisa sedikit re-fresh dan rileks, serta bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan yang erat antara perusahaan dengan karyawannya, karyawan dengan karyawannya maupun dengan anggota keluarganya. Biasanya pada kegiatan seperti ini tema hiburan bagi karyawan ataupun keluarganya sangatlah dominan. Contohnya  saja bersama-sama mengunjungi wahana wisata yang berada di sekitar lokasi dengan ditambahkan unsur hiburan musik, artis ataupun permainan yang menyegarkan dan menggembirakan untuk seluruh pesertanya.

Baca Juga : ARTI GABUT : Pengertian, Macam Singkatan & Tips Agar Tidak Gabut

Manfaat Dan Tujuan Gathering

Arti Gathering

Arti Gathering

Sebenarnya apakah gathering atau outing itu, mengapa justru banyak perusahaan atau instansi yang terkesan justru seperti menghamburkan uang untuk sekedar bersenang – senang ???

Tetapi justru sekarang ini menjadi trensetter perusahaan atau instansi mengadakan gathering / outing, entah dengan nama company gathering, family gathering, ataupun sejenisnya dengan maksud dan tujuan tertentu. Setahun sekali perusahaan menggelar gathering. Ini hal yang sudah umum dilakukan oleh kebanyakan perusahaan atau instansi.

Baik itu yang melibatkan keluarga si karyawan sehinga disebut family gathering. Ada juga yang hanya diikuti oleh karyawan itu sendiri, baik satu perusahaan maupun per divisi.

Sebenarnya apa saja manfaat dan tujuan gathering / outing untuk sebuah instansi atau perusahaan ? Sebandingkah dengan biaya yang dikeluarkan ???

Gathering merupakan program kegiatan kumpul bersama yang ditujuakn untuk perusahaan yaitu employee gathering atau family gathering. Kegiatan gathering ini dirangkai dan dikemas dalam bentuk kegiatan seperti game yang dapat sekaligus sebagai kegiatan refreshing. Biasanya perusahaan membuat kegiatan ini setiap tahun sekali atau dua kali tergantung dari kebijakan perusahaan. Untuk kegiatan gathering baisanya dilaksanakan dilokasi yang mudah dijangkau dan dekat namun mampu memberikan efek refresing, sepeti tempat gathering di Puncak Bogor.

Adapun fungsi dan tujuan dari kegiatan gathering bukannya hanya untuk bersenang – senang saja, melainkan memeliki fungsi dan manfaat yang sangat baik dalam keberlangsung efektivitas kegiatan bekerja. Berikut fungsi dan tujuan diadakannya gathering.

1. Sebagai Kegiatan Refreshing

Setiap perusahaan tentunya memiliki tuntutan tinggi disetiap proses kerjanya yang melibatkan karyawan untuk bekerja extra dan lebih demi mencapai suatu tujuan bersama. Tentunya tuntutan ini akan membuat karyawan mengalami tekanan atau stress tinggi. Maka dari itu harus diadakan sebuah kegiatan refreshing seperti gathering paling tidak setahun sekali supaya karyawan dapat merasakan keperdulian perusahaan terhadap mereka.

Karena kegiatan ini merupakan kegiatan sekaligus refershing juga, maka pencarian tempat gathering haruslah tepat agar suasananya tidak membosankan. Anda dapat memilih kawasan Bogor, seperti tempat gathering di Puncak Bogor. Di puncak Anda dapat menemukan banyak sekali hotel maupun resort yang menyediakan tempat gathering dengan fasilitas yang bisa mendukung kegiatan program acara perusahaan Anda.

2. Membangun Team Kerja yang Solid

Dalam sebuah perusahaan biasanya memiliki pembagian team work dengan beberapa divisi. Dan pastinya terkadang sering kali ada ketidak seimbangan diantara kerjama sama team divisi satu dengan team divisi lainnya. Untuk mengembalikan ketidak seimbangan itu, perusahaan dapat melakukan kegiatan gathering untuk mengembalikan ke solidan antara team divisi.

3. Mempererat Hubungan Persaudaraan Antar Karyawan

Tidak cuma antar team divisi saja yang mengalami ketidak harmonisan dalam bekerja, terkadang sering kali juga terjadi dalam internal tim. Masalah dalam sebuah tim biasanya tidak terlihat dalam bentuk konflik, melainkan dapat dilihat dari sikap antar karyawan dengan seperti membuat pengelompokan antar karyawan. Agar hal ini tidak berlarut dan dapat menimbulkan efektifitas yang tidak baik dalam hasil kerja tim, maka dibutuhkan kegiatan gathering yang dapat membangun kembali hubungan persaudaraan tersebut.

4. Mengembalikan Kondisi

Bisa dipastikan, tidak ada perusahaan yang tidak mengalami suatu konflik dan friksi oleh antar karyawan sampai atasan. Dengan adanya kegiatan gathering ini dapat mendinginkan suasana tersebut dan mengembalikan suasan menjadi lebih baik dan seperti semula. Untuk mengembalikan kondisi menjadi lebih baik tentunya diperlukan tempat yang mendukung, Anda dapat mencari tempat gathering dengan suasana yang nyaman seperti tempat gathering di Puncak.

5.Membangun Kebersamaan

Lewat kegiatan gathering perusahaan bisa membangun kebersamaan antar karyawan, apa lagi jika dalam bekerja terbatas oleh sebuah tim dan pengelompokan yang bisa membuat batas dan jarak antar interaksi karyawan karena sibuk dengan pekerjaannya masing – masing. Dengan kegiatan ini dapat menyadarkan karyawan bahwa mereka merupakan team yang berada di satu atap, sehingga dapat bekerja sama kembali dan saling mendukung dan membantu satu sama lain.

6. Membangun Kembali Semangat Bekerja

Melalui program kegiatan gathering ini dapat membangun kembali semangt bekerja para karyawan setelah melakukan kegiatan rangkaian aktivitas gathering. Hal ini telah terbukti, bahwa karyawan yang sudah melakukan kegiatan gathering efektivtas kinerjanya akan membaik.

Baca Juga : Arti Get Well Soon : Pengertian, Arti Kata & Contohnya ( LENGKAP )

Nah, itulah Penjelasan tentang Arti Gathering untuk Anda yang belum mengetahui. Semoga dengan adanya artikel membahas Apa Arti Gahering dapat menjawab pertanyaan Anda dan bisa menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Arti Gathering

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply