19
2242

ARTI HUNTING : Pengertian & Tujuan Hunting Bagi Fotografer

Arti Hunting – Biasanya kata hunting ini, digunakan pada media sosial sekaliber Instagram. Kata hunting itu sendiri berasal dari dalam Bahasa Inggris yang bilamana Anda melihat di Google translate, maka artinya sama dengan berburu.

Maksud berburu disini adalah bukan berburu binatang tapi berburu foto yang indah dan mencari tempat yang menarik lalu diupload di Instagram lalu di like para follower. Makanya istilah hunting lebih banyak di pakai dalam bahasa gaul di Instagram.

Pengertian Hunting

Arti Hunting

Arti Hunting

Definisi Hunting Foto adalah aktivitas mencari objek foto yang dilakukan secara kelompok ataupun perseorangan untuk mengabadikan momen tersebut.

Pengertian Hunting Dalam Fotografi adalah kegiatan jepret-jepret foto bisa berupa foto model, landscape dan momen lainnya pada lokasi tertentu.

Siapa yang tidak suka difoto ? Sebagian besar orang suka difoto untuk mengabadikan momen-momen penting dalam kehidupannya seperti pernikahan, liburan keluarga, dan lain-lain. Apalagi pada zaman sekarang dimana handphone sudah dilengkapi dengan kamera berkualitas bagus membuat kegiatan ini menjadi gaya hidup. Mau makan foto dulu, sedang bosan menunggu selfie dulu, bahkan sampai ada orang yang kecanduan selfie sehingga berdampak negatif pada dirinya.

Kegiatan untuk memperoleh sebuah foto disebut juga dengan fotografi. Dan orang-orang yang suka atau berprofesi mengambil foto yang bagus disebut dengan fotografer. Ada fotografer amatir yang mengambil foto karena hobi dan ada juga yang sudah profesional mengambil foto karena tuntutan sebuah pekerjaan.

Para fotografer ini sering melakukan hunting objek yang akan difoto dengan tujuan mengasah kemampuannya dan tentu saja menambah jam terbang. Karena kita tahu keahlian seseorang berbanding lurus dengan tingginya jam terbang.

Dari segi bahasa istilah hunting berasal dari bahasa Inggris yang artinya berburu. Karena pada dasarnya hunting adalah tindakan proaktif fotografer untuk “berburu” dan memperoleh objek foto yang bagus. Hunting tidak harus dilakukan di tempat-tempat yang jauh atau tempat-tempat wisata yang sudah terkenal indah. Hunting juga dapat dilakukan di daerah sekitar kita seperti di halaman dan di lantai atas rumah.

Yang terpenting bagaimana kita menangkap suatu momen yang bagus dan mengambil gambarnya dengan teknik yang baik. Orang yang tidak dapat menangkap momen yang bagus tidak akan menghasilkan foto yang luar biasa walaupun ia mengambil foto di lokasi yang bagus.

Berapa banyak foto-foto luar biasa yang diambil dari objek yang biasa-biasa saja. Contohnya tanaman yang akan mati di halaman belakang, dengan sudut pengambilan dan pencahayaan yang tepat kita dapat menghasilkan foto yang bagus.

Hunting juga dapat dilakukan sendirian atau beramai-ramai. Bagi pemula dianjurkan untuk pergi dengan komunitas fotografi sehingga bisa banyak belajar dari para senior sekaligus bergaul dengan sesama pecinta fotografi. Bagi yang sudah mahir dapat pergi beramai-ramai atapun sendiri. Biasanya mereka hunting foto sendirian karena ingin lebih fokus dan lebih bebas berlama-lama mengeksplorasi sebuah objek.

Baca Juga : ARTI GATHERING : Pengertian, Manfaat & Tujuan ( LENGKAP )

Tujuan Hunting Bagi Fotografer

Arti Hunting

Arti Hunting

  • Memotret alias berburu obyek untuk difoto yang dikenal dengan hunfot
  • Event hunting model
  • Memotret model secara bersama-sama

Berburu foto tersebut bisa dilakukan para pecinta foto dengan cara perorangan maupun berkelompok.
Tentu saja, hunting tidak digunakan saat berburu foto saja karena dalam Bahasa Gaul, kata hunting dapat digunakan untuk berburu dalam hal berbelanja, contohnya hunting baju.

Bisa saja berburu barang murah, berburu diskon, berburu voucher dan lain sebagainya, pokoknya yang ada kaitannya dengan mengobrak-abrik barang belanjaan, baik di toko offline maupun toko online.

Contoh kalimat hunting dalam kalimat yaitu :
– Eh, besok hunting yuk ke Tanah Abang ? Mau ikut enggak ?
– Entar huntingnya make kamera Saya aja”

Ada juga istilah hunting telepon. Apa tuh maksudnya ? Tentu saja beda lagi artinya. Hunting telepon itu merupakan metode mendistribusikan panggilan telepon dari nomor telepon tunggal ke beberapa kelompok saluran telepon. Sistem hunting ini pada umumnya menggunakan acuan algoritma dalam proses menyambungkan komunikasi antara penggunanya. Contohnya adalah nomor telepon call center taxi, kantor, hotel dan lain-lain.

Sebagai gambaran, Saya yakin teman-teman pasti pernah menghubungi suatu perusahaan melewati telepon, contohnya untuk menanyakan info pekerjaan atau mengonfirmasi lamaran kerja yang telah dikirimkan.

Saat kita melakukan panggilan telepon, biasanya kita akan ditanya mau menghubungi bagian atau departemen mana. Setelah itu nanti kita akan mendengar nada panggil lagi untuk dihubungkan ke departemen bersangkutan, seolah-olah orang yang menjawab telepon kita membuat panggilan baru ke departemen bersangkutan untuk kita.

Padahal sebetulnya kita tetap terhubung ke nomor pertama yang kita hubungi, cuma saja diteruskan ke saluran tertentu. Sistem telepon seperti ini disebut juga sistem hunting dimana dengan satu nomor telepon dapat digunakan untuk beberapa saluran sekaligus.

Baca Juga : ARTI GABUT : Pengertian, Macam Singkatan & Tips Agar Tidak Gabut

Nah, itulah penjelasan mengenai Arti Hunting yang sering kita dengan di media sosial. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Arti Hunting

Show Comments

Leave a Reply