45
1446

20+ Contoh Asimilasi Budaya Yang Masih Di Indonesia [Lengkap]

Contoh Asimilasi -Pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan mengenai Asimilasi mulai dari Pengertian, Tujuan, Syarat & Contohnya. Dan pada kesempatan kali ini juga akan lebih fokus pada contoh Asimilasi itu sendiri. Okee, langsung saja kita bahas artikel dibawah ini dengan seksama!

Pengertian Asimilasi

Pengertian Asimilasi

Pengertian Asimilasi

Pengertian asimilasi adalah penyatuan dua kebudayaan yang diikuti dengan tergerusnya ciri khusus kebudayaan asli yang pada akhirnya untuk membentuk sebuah kebudayaan baru. Dalam menekan perbedaan, disertai dengan gerakan mempererat kesatuan tindakan, perasaan, dan sikap tentu saja tetap memperhatikan kepentingan sekaligus tujuan bersama.

Syarat – Syarat Asimilasi

Contoh Asimilasi

Contoh Asimilasi

  • Ada sejumlah kelompok yang mempunyai kebudayaan berbeda.
  • Adanya interaksi secara intensif antarindividu atau kelompok.
  • Sifat khas kebudayaan-kebudayaan golongan yang saling berinteraksi mengalami perubahan begitu pun wujud kebudayaan sehingga terbentuk kebudayaan campuran.
  • Setelah masuk pada tahap syarat-syarat untuk terjadi wujud asimiliasi, tentu saja, ada proses yang mengikuti didalamnya. Proses-proses terjadinya asimilasi adalah antara lain sebagai berikut:
  • Proses pertama, beberapa kelompok dengan kebudayaan yang berbeda mendiami suatu wilayah yang sama.
  • Proses kedua, terjadi interaksi intensif antar kelompok terssebut dalam waktu yang panjang.
  • Berikutnya, mereka terbuka pada kebudayaan yang baru.
  • Menciptakan atau melahirkan toleransi antaranggota kelompok yang berbeda.
  • Selanjutnya, menghilangkan sifat konservatif dan memunculkan keterbukaan sikap serta pemikiran dari kelompok yang berkuasa terhadap kelompok pendatang.
  • Ada pernikahan antaranggota kelompok yang berbeda.
  • Terakhir, ada kesamaan dalam menyukai sesuatu, sehingga tercipta tujuan bersama.

Tujuan Asimilasi

Tujuan Asimilasi

Tujuan Asimilasi

Seperti kebanyakan fenomena sosial yang memiliki tujuan dalam kehadirannya, baik secara eksplisit atau implisit, begitu pula dengan bentuk asimilimasi. Tujuan dari asimilasi secara sederhana adalah guna lebih mendekatkan lagi pada kesatuan tindakan, perasaan, dan sikap yang diikuti dengan memperhatikan kepentingan juga tujuan bersama.

Contoh Asimilasi

Contoh Asimilasi

Contoh Asimilasi

Lewat gambaran penjelasan singkat di atas, berikut ini beragam contoh-contoh nyata mengenai asimilasi di dalam kehidupan masyarakat dari yang sederhana, sedang, sampai dengan yang kompleks. Antara lain adalah sebagai berikut:

Contoh Asimilasi Di Indonesia

Begitu banyak yang dapat dijadikan contoh secara sederhana dalam memahami asimilasi. Contohnya asimilasi dalam bidang bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dewasa ini, bahasa Inggris secara langsung ataupun tidak sudah dideklarasikan sebagai bahasa internasional. Oleh karena itu, banyak kosa kata bahasa Inggris yang diserap ke dalam bahasa Indonesia. Contoh, kita sering mengucapkan ‘sorry’ ketimbang ‘maaf’.

Contoh Asimilasi Budaya

Contoh penjelasan lebih lanjut mengenai asimilasi, yaitu pada ranah budaya. Misalnya, asimilasi di bidang seni suara atau musik. Musik dan penyanyi merupakan dua hal yang sangat akrab dengan kehidupan kita, bahkan seringnya kita menjadi penyanyi dadakan, misal perpaduan musik tradisional dengan musik barat, yakni musik Jawa dengan musik rap atau hip-hop. Nyatanya dengan hadirnya Jogja Hiphop Foundation. Selengkapnya, baca; Pengertian Akulturasi Budaya dan Contohnya

Contoh Asimilasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat mengambil contoh asimilasi, misalnya dalam cara berpakaian. Dahulu, wanita sehari-hari menggunakan pakaian kebaya, tetapi sekarang kebaya hanya digunakan di waktu-waktu tertentu, seperti pernikahan dan acara resmi lainnya.

Wanita sekarang dominannya memakai rok, kaos, celana, kemeja, dan lainnya, di mana ini menunjukkan bentuk asimilasi dengan kebudayaan berpakaian wanita di negara lain.

Contoh Asimilasi Dalam Masyarakat

Berikutnya tentang contoh-contoh asimilasi dalam masyarakat, misalnya saja pacaran yang masuk hingga melakukan hubungan intim atau seksual. Pacaran bukanlah budaya murni dari Indonesia, tapi ini sudah menjamur pada masyarakat, khususnya remaja. Malah parahnya mereka sampai melakukan hubungan intim dalam status pacaran layaknya yang dilakukan oleh remaja di Barat.

Contoh Asimilasi Lainnya

Contoh asimilasi lainnya ini, misalkan saja asimilasi dalam bidang pendidikan atau sistem pembelajaran. Di Indonesia sendiri sampai saat ini kita masih memakai sistem “menghafal” daripada “memecahkan atau problem solving” dalam lembaga pendidikan atau pembelajaran. Namun, kita telah memadukan kedua sistem itu untuk keefektifan mencerdaskan generasi penerus Indonesia.

  • Pernikahan beda ras dan etnis, misalnya warga Indonesia yang menikah dengan warga Belanda sehingga melahirkan anak blasteran Indo-Belanda.
  • Percampuran antara musik melayu asli dengan sentuhan musik India yang kemudian menghasilkan genre musik dangdut original.
  • Masjid yang merupakan kebudayaan Islami kemudian dipadukan dengan corak Tionghoa sehingga terbentuklah Masjid Cheng Ho.
  • Kombinasi antara budaya Betawi dengan budaya Tionghoa melahirkan banyak kesenian daerah baru seperti tari cokek dan lenong
  • Cara berpakaian wanita Arab dengan menggunakan jilbab dan menutup aurat kemudian dipadukan dengan pakaian kebaya khas Indonesia.
  • Prasasti kuno peninggalan kerajaan Hindu-Buddha banyak yang menggunakan bahasa Sansakerta merupakan hasil asimilasi dua budaya berbeda.
  • Banyak kosakata bahasa Inggris yang kemudian diserap dalam bahasa Indonesia dan diresmikan dalam KBBI, contohnya adalah aplikasi (application), komputer (computer), desain (design) dan masih banyak lagi yang lain.
  • Kombinasi musik hip hop, teknik rap dengan budaya Jawa, maka kemudian melahirkan subgenre musik baru yaitu hip hop Jawa.
  • Adat pernikahan Jawa dikombinasikan dengan budaya Arab melahirkan tradisi pernikahan baru dengan kombinasi Jawa dan Islami.
  • Tarian zapin merupakan tarian khas daerah yang dipengaruhi oleh gaya tarian dari Timur Tengah sehingga melahirkan jenis tarian baru.
  • Budaya kaligrafi yang berasal dari Timur Tengah dikombinasikan dengan budaya Jawa dan Indonesia sehingga melahirkan karya kaligrafi Jawa.
  • Corak rumah-rumah dan gedung lokal di beberapa daerah banyak dikombinasikan dengan arsitektur Eropa agar terlihat lebih modern dan bagus.
  • Tradisi Indonesia kuno di era animisme-dinamisme dengan ritual sesajen dikobinasikan dengan budaya Islami melahirkan tradisi baru seperti selametan dan sekaten.
  • Seni tari Seudati yang merupakan tarian khas daerah dikombinasikan dengan pembacaan sholawat Nabi yang merupakan budaya Islami Timur Tengah.
  • Pada makam-makam banyak digunakan tulisan Arab pada batu nisannya, itu adalah hasil dari akulturasi budaya lokal dan budaya Arab.

Contoh Asimilasi dalam Sosiologi

Contoh Asimilasi

Contoh Asimilasi

1. Kawin campur

Pernikahan yang berbeda etnis atau ras adalah salah satu contoh asimilasi. Anak yang dihasilkan dari proses kawin campur biasanya menunjukkan peleburan warna kulit dan paras dari pasangannya. Misalnya orang Indonesia yang menikah dengan bule Amerika dan memiliki anak yang berparas belesteran. Asimilasi sendiri menekankan pada prosesnya. Jadi, kita bisa menyebutkan bahwa anak blesteran adalah produk asimilasi, sedangkan kawin campur adalah proses asimilasi.

2. Singaporean English

Dikenal dengan bahasa Singlish, kata masyarakat Singapura kontemporer. Jika mendengar kebanyakan orang Singapura ngomong bahasa Inggris, kita bisa menerka ada suatu keganjilan dalam logat atau dialeknya. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak ditutur oleh masyarakat Singapura. Logat melayu Singapura yang kental bercampur dengan bahasa Inggris menjadi Singlish. Sebenarnya, tidak cuma orang Singapura, orang India misalnya, yang ngomong bahasa Inggris juga mkental sekali logat Indianya. Bahasa Inggris medok adalah contoh asimilasi linguistik.

3. Asian American

Orang asia yang adalah salah satu etnis minoritas di Amerika Serikat yang fasih dalam berbahasa Inggris dan mengambil norma dan nilai yang berorientasi pada budaya Amerika. Kulit kuning yang dimiliki membuat orang lain mudah menduga bahwa ia orang Asia. Namun ia lebih senang mengidentifikasi dirinya sebagai orang Asia Amerika. Asian American, seperti itulah sebutan umumnya merupakan salah satu etnis minoritas yang berhasil melakukan proses asimilasi di Amerika Serikat.

4. Hari Minggu libur

Hari libur di Indonesia yang paling sering ialah hari Minggu. Jika kita mendengar istilah akhir pekan, maka yang muncul di pikiran adalah hari Sabtu dan Minggu. Sabtu sebagai awalnya, Minggu sebagai puncaknya. Mengapa hari Minggu libur? jika kita pikir secara kritis, kita, pertama-tama harus sadar bahwa Minggu Libur itu ada sejarahnya. Minggu libur adalah hasil dari kesepakatan. Konon, tradisi Minggu libur berasal dari barat.

5. Merayakan valentine

Tidak jauh beda dengan Minggu sebagai hari libur, ikut merayakan valentine di Indonesia bisa dianggap sebagai proses asimilasi pada level individu. Ketika seseorang dari tanah Papua merantau ke Eropa, kemudian ikut merayakan Halloween di sana, ia sedang melakukan proses asimilasi dengan kultur dominan masayarakat di sana. Halloween sendiri bukanlah asli dari Eropa, artinya proses adaptasi kultur yang dilakukan oleh anak Papua menunjukkan urutan asimilasi yang berlapis-lapis. Ikut merayakan halloween, valentine, dan semacamnya dimanapun berada sebagai orang Papua merupakan contoh asimilasi pada level invidual.

Hampir sama dengan akulturasi, asimilasi dalam sosiologi ini sering digunakan untuk memaparkan fenomena kelompok minoritas yang beradaptasi dengan kultur, nilai, norma yang dianut mayoritas. Kaum imigran adalah salah satu subjek yang sering dilibatkan dalam studi berkenaan dengan proses asimilasi. Akan tetapi definisi sederhana dari asimilasi ini sebenarnya lebih luas dari adaptasi kaum imigran pada budaya mayoritas setempat. Seperti yang telah disampaikan di awal, asimilasi merupakan perpaduan, pencampuran, peleburan dari kultur yang berbeda menjadi kultur baru.

Nah, itulah penjelasan dari Pengertian, Tujuan, Syarat dan beberapa Contoh Asimilasi, Contoh Asimilasi di Indonesia, Contoh Asimilasi  Budaya serta Contoh Asimilasi Dalam Sosiologi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Contoh Asimilasi

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply