11+ Desain Dapur Minimalis dengan berbagai jenis (LENGKAP)

11+ Desain Dapur Minimalis dengan berbagai jenis (LENGKAP)

Desain Dapur – Untuk bisa mendapatkan sebuah konsep desain dapur yang cantik dan menarik tidak melulu harus menggunakan furniture ataupun fasilitas yang super lengkap, sebab konsep dasar desain tata ruang dapur umumnya juga dipakai dalam mendesain ruangan dapur minimalis.

Sebenarnya untuk membuat dapur yang minim lahan menjadi terkesan lebih luas hanya dibutuhkan sentuhan sebuah rekayasa dan ilusi ruangan. Ilusi dan rekayasa ruangan ini bisa Anda lakukan dengan cara melakukan penyesuaian antara kitchen set yang ada dan ukuran ruangan yang tersedia.

Penempatan alat dan perabotan dapur harus diletakkan pada posisi yang tepat dan sesuai agar bisa memberikan ilusi dan kesan ruangan yang tampak lebih luas dan nyaman tentunya. Sebelumnya kita telah membahas Desain Kamar Mandi dengan berbagai jenis yang kalian gunakan. Selanjutnya kita bahas pada area dapur. Okee langsung saja kita simak artikel berikut ini dengan seksama. Selamat Membaca.

Desain Dapur

Desain Dapur
Desain Dapur

Dapur merupakan area penting dalam rumah maka tak heran jika memiliki sebuah desain dapur minimalis modern yang bersih dan nyaman menjadi idaman setiap keluarga khususnya ibu-ibu rumah tangga yang sebagian besar harinya dihabiskan di dapur mulai dari menyiapkan sarapan pagi, makan siang, makan malam, cuci piring, dan sebagainya.

Apalagi dekorasi dapur minimalis modern tersebut sangat menarik, tentunya bu-ibu makin semangat dalam beraktifitas didapur kesayangannya.

Desain Dapur Kecil

Desain Dapur Kecil
Desain Dapur Kecil

Desain minimalis dikenal sebagai desain yang cocok untuk tempat tinggal berukuran kecil. Dengan desain minimalis ini, dapurmu pasti akan cocok diterapkanx. Kunci dari desain minimalis ini adalah jumlah perabotan yang secukupnya serta model kabinet yang sederhana. Tanpa kehadiran banyak furnitur yang rumit, dapur akan terasa lebih lega.

Desain Dapur Sempit

Desain Dapur Sempit
Desain Dapur Sempit

Desain dapur mungil minimalis ini umumnya diaplikasikan lengkap beserta meja dan kursi makannya, dengan tampilan desain yang coba ditampilkan seminimalis mungkin membuat ruangan dapur dengan lahan yang kecil atau mungil ini mampu terlihat lebih luas.

Pemanfaatan kitchen set juga menjadi cara ampuh untuk membuat konsep desain dapur minimalis ini lebih terasa. Selain praktis, kini kitchen set memiliki model yang lebih modern dimana bisa Anda pilih sebagai alat saat memasak skaligus hiasan untuk mempercantik dapur mungil di rumah Anda.

Desain Dapur Unik

Desain Dapur Unik
Desain Dapur Unik

Desain dapur sederhana yang kamu miliki bisa tampil unik dan menarik dengan menggunakan desain bergaya vintage. Gaya vintage yang klasik dan keren membuat desain dapur ini jadi idaman banyak orang. Dapur sederhana dengan gaya vintage yang dipenuhi dengan perabot jadul dan warna-warna cantik ini dapat memberikan mood yang baik untuk penghuninya.

Desain dapur ala vintage ini identik dengan penggunaan warna-warna pastel seperti hijau pastel dan pink pastel. Warna-warna pastel ini akan memberikan kesan yang fresh dan unik untuk dapur sederhana di rumahmu.

Selain itu, jika kamu punya dapur yang ada jendelanya, kamu bisa menambahkan gorden dengan motif-motif yang menarik untuk menghidupkan kesan vintage pada dapur sederhana. Tapi, kalau ukuran dapur sederhanamu relatif kecil atau bahkan tidak ada jendela, kamu tetap bisa memberikan sentuhan vintage di dapur sederhanamu dengan motif-motif vintage pada sarung kulkas atau wallpaper dinding.

Kesan vintage pada keseluruhan desain dapur sederhana mu ini tergantung dengan pemilihan warna yang kamu gunakan. Jadi kamu tidak perlu membongkar dapurmu dan mulai merenovasi semuanya dari awal. Karena dapur sederhana dengan gaya vintage ini merupakan salah satu desain dapur yang cukup mudah untuk diterapkan meskipun budget yang kamu miliki tidak terlalu besar.

Desain Dapur Terbuka

Desain Dapur Terbuka
Desain Dapur Terbuka

Desain dapur yang terbuka ini memang dirancang khusus untuk sebuah dapur. Dengan lokasi yang sangat nyaman dan sejuk dikelilingi oleh rindangnya pohon dan tanaman lain menjadikan tempat ini memang sangat tepat untuk dapur.

Ditambah dengan kitchen sets yang terpasang pada salah satu sudut dapur sehingga desain ini tampak lebih sempurna. Membuat sebuah ruang dapur yang terbuka seperti pada gambar di atas akan menarik Anda untuk diam di dalam ruang ini selama yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk menempatkan satu set meja makan tepat ditengah ruang.

Desain Dapur Cantik

Desain Dapur Cantik
Desain Dapur Cantik

Untuk menciptakan dapur yang elegan di rumah Anda, penggunaan granit countertop pada meja dapur dan meja makan bisa menjadi pilihan. Perpaduan warna abu-abu dan putih mendominasi seluruh ruangan dan berhasil menciptakan kesan yang elegan.

Desain Dapur Minimalis

Desain Dapur Minimalis
Desain Dapur Minimalis

Terkadang kita juga harus menyesuaikan gaya hidup dengan ukuran rumah yang ditempatinya. Ide desain dapur minimalis ini adalah menggabungkan ruang masak dengan meja makan yang berkonsep bar dan menggunakan kursi tinggi.

Untuk memunculkan desain minimalis, gunakan furnitur serba putih dan berbentuk sederhana namun tidak mengurangi fungsinya. Beri sedikit aksen seperti penggunaan satu hingga dua furnitur dengan warna berbeda.

Desain Dapur Minimalis 2×2

Desain Dapur Minimalis 2x2
Desain Dapur Minimalis 2×2

Untuk kamu yang ingin memiliki dapur berukuran 2×2 tetap terlihat luas, kuncinya adalah penggunaan desain dapur minimalis dengan konsep yang terbuka atau depat menyatu dengan ruangan lainnya. Pada ide desain dapur minimalis ini, ruangannya menyatu dengan ruang makan dan koridor.

Ruang dapur minimalis ini hanya dibatasi menggunakan lemari yang mempunyai tinggi setengah tinggi badan orang dewasa. Untuk membedakan suasana dapur dari ruang lainnya, kamu bisa menggunakan material kayu pada sebagian furnitur. Misalnya pada lemari built-in, tempat cooker hood, dan bagian luar rak kompor.

Desain Dapur Minimalis 3×3

Desain Dapur Minimalis 3x3
Desain Dapur Minimalis 3×3

Untuk desain dapur minimalis dengan ukuran 3×3 di atas tidak lepas dari penggunaan kitchen set, karena dengan kitchen set ini akan memudahkan kita dalam mendesain dapur.

Untuk kitchen set yang cocok s dengan dapur ukuran 3×3 ini saat banyak tersedia di toko-toko kitchen set, jadi tidak perlu khawatir untuk mendapatkan kitchen set ini. Model dari kitchen set ini juga sangat bervariasi dan bagus sehingga Anda memiliki banyak referensi lainnya.

Desain Dapur Sederhana

Desain Dapur Sederhana
Desain Dapur Sederhana

Dapur minimalis sederhana ini dapat mencerminkan sebuah karakter hanya dari pemilihan warnanya. Untuk penghuni rumah yang lebih suka ketenangan, pemilihan warna pastel akan sangat cocok.x

Namun warna ini akan lebih mudah kotor. Sehingga untuk area memasak dan dinding dapurnya, pilih warna yang gelap, seperti abu-abu.

Desain Dapur Modern

Desain Dapur Modern
Desain Dapur Modern

Konsep dapur minimalis modern yang menyatu dengan ruang makan bisa menjadi solusi untuk mengakrabkan hubungan antar anggota keluarga. Dengan konsep dapur minimalis modern seperti ini, kamu tetap bisa berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya saat masak di dapur.

Nggak hanya itu, proses penyajian makanan pun akan lebih mudah. Anggota keluarga bisa langsung menyantap makanan yang baru saja dimasak.

Dapur termasuk area di dalam rumah yang bisa mempengaruhi  kesehatan unutk keluarga Anda, maka dari itu kamu perlu memperhatikan faktor kebersihan dapurmu agat terhindar dari penyakit. Menerapkan tema serba putih pada dapur minimalis modern ini bisa membantumu menjaga kebersihan dapur.

Yang terpenting adalah kamu juga harus menerapkan perilaku bersih dan tindakan preventif, seperti segera mencuci piring kotor dan merendam rak cuci dengan larutan disinfektan, agar dapur minimalis modern tetap higienis dan terbebas dari kuman.

Tips Desain Dapur Minimalis

Desain Dapur
Desain Dapur

Berikut ini adalah beberapa Tips Desain Dapur Minimalis yang bisa Anda gunakan, antara lain:

1. Buat daftar prioritas peralatan yang diperlukan

Dalam memasak, entah itu untuk dapur besar atau kecil sekalipun, tentu ada beberapa peralatan masak yang wajib digunakan dan juga ada beberapa yang hanya digunakan sesekali. Untuk desain dapur kecil, mulailah mengorganisasi peralatan memasak, dari yang biasa digunakan sampai yang jarang kamu digunakan.

Beberapa peralatan dapur dasar seperti garpu, pisau, satu set sendok, spatula, piring, dan gelas atau cangkir, untuk desain dapur kecil harus diletakkan di tempat yang mudah dijangkau, kalau bisa selalu diletakkan di kitchen island. Kedua alat tersebut sangat vital dalam aktivitas memasak jenis apapun.

Untuk benda seperti pisau, penting juga bagi kita untuk mengetahui berbagai macam fungsi dan jenis pisau yang ada pada satu set pisau tersebut. Sehingga, pada desain dapur kecil, perlu disusun jenis pisau apa yang bisa digunakan untuk memotong daging, buah, bumbu, dan roti.

Kamu bisa memilih, mana pisau yang bisa diletakkan di meja counter dan mana yang bisa disimpan di knive shelves. Rawat juga pisau secara rutin, supaya tidak ada pisau berkarat.

2. Coba memainkan jenis penataan yang tepat untuk desain dapur kecilmu.

Saat ingin memulai mendesain dapur kecil, mulailah dengan penataan dan dekorasi yang cocok. Kamu bisa mempertimbangkan dekorasi dapur berbentuk L.

Desain penataan dapur ini terdiri atas dua buah counter yang tersusun seperti sudut siku-siku. Hal ini dapat memudahkan mobillisasi saat ingin memasak di dapur, serta bisa digunakan oleh lebih dari satu orang.

Untuk fleksibiltas aktivitas memasak yang lebih maksimal, menyenangkan, dan memungkinkanmu untuk lebih banyak berinteraksi, desain dapur kecil dengan tata ruang berbentuk huruf L ditambah dengan kehadiran kitchen island di bagian tengahnya adalah pilihan yang sangat tepat.

Berkut ini adalah rancangan desain dapur kecil berbentuk L yang bisa diterapkan di dapur Anda, antara lain:

  • Upayakan pada bagian kanan sisi dapur, terdapat sink serta mesin cuci piring sebagai clean-up station.
  • Kemudian pada bagian sisi kiri, untuk desain dapur kecil bisa sebagai penempatan kompor, microwave atau oven yang membuat zona memasakmu semakin menawan.
  • Area meja konter atau kitchen island yang lengkap dengan tempat minuman bisa membuat dapurmu bisa digunakan untuk jamuan makan kasual.

3. Buat kohesi untuk desain dapur kecil sehingga bisa memberi ilusi ruangan yang lebih luas

Adanya tumpukan barang seperti piring mampu membuat desain dapur kecil terlihat penuh. Pemecahan untuk desain dapur kecil ini bisa dengan mencoba memberikan warna cat dinding dengan warna putih serta pakai berbagai piring cantik dengan warna putih. Piring yang menumpuk akan terlihat menghilang serta membuat desain dapur kecil terasa lebih rapi serta luas.

4. Pilih furniture yang sesuai untuk desain dapur kecilmu

Untuk terlihat minimalis seperti yang ada dapur chef pada desain dapur kecil, pakailah furniture yang cocok, seperti kursi dan meja makan yang terbuat dari bahan ringan dan ramping. Hal ini bisa membantu desain dapur kecil agar tidak terlihat terlalu ramai dengan keterbatasan ruang yang ada.

Menggunakan perabotan dan kitchen set yang berbahan utama stainless steel untuk desain dapur kecil juga dianjurkan. Karena stainless steel bersifat netral, awet dan tahan lama. Banyak pula yang menggunakan kabinet berbahan dasar kayu.

Menggunakan motif alami pada permukaan kayu biasanya sudah pasti cocok dengan konsep dapur minimalis. Table top dapur berbahan marmer atau granit juga populer di kalangan masyarakat. Tentu saja bahan ini menambah kesan mewah dan elegan pada dapur rumahmu.

5. Pakai rak terbuka untuk desain dapur kecilmu

Dalam mendesain dapur kecil, kamu bisa menggunakan open shelving atau rak dinding terbuka yang bisa menyimpan berbagai peralatan dapur. Rak terbuka ini bisa memberikan ilusi ruangan yang lebih besar sekaligus bisa mempercantik dapurmu jika kamu bisa menata peralatan dapur dengan baik di dalamnya.

6. Penggunaan perabotan yang mengkilat

Selain menggunakan perabotan seperti kaca, furnitur yang mengkilat seperti keramik untuk lantai dan backsplash dekat wastafel, atau alat elektronik berbahan stainless steel juga bisa dignakan untuk desain dapur kecil. Kabinet yang mempunyai rangka dari stainless steel mampu membuat dapur kecilmu lebih rapi dan lapang.

7. Penempatan cahaya yang cerdas untuk desain dapur kecil

Rahasia dari suksesnya desain dapur kecil ala chef sebenarnya adalah kesederhannya yang mampu terlihat lebih mewah. Dalam hal ini, kesederhanaan desain dapur kecil salah satunya bisa diraih melalui pencahayaan ruangan yang tepat.

Kamu tidak harus memaksakan untuk memasang chandelier di area dapur. Di area dapur, kamu hanya perlu memakai lampu gantung  yang sederhana namun dengan watt yang cukup terang sehingga pekerjaan masak-memasak di rumah tidak akan terganggu.

8. Ruangan kontras membuat dapur terasa lebih luas

Untuk desain dapur kecil, jendela besar dan pencahayaan lampu berkualitas membuat ruangan akan bisa terlihat cerah mempesona. Pemilihan furnitur dengan warna gelap yang kontras dengan cat dinding akan membuat desain dapur kecil terasa lebih elegan.

9. Selalu up to date dengan tren furnitur yang ada

Memang sudah bukan rahasia umum kalau furnitur dapur memang sangat cepat mengalami perubahan, secara tidak langsung ini akan berpengaruh pada desain dapur kecil. Sama halnya dengan para chef yang selalu update, kamu juga harus mengikuti perubahan dan update mengenai peralatan dapur terbaru yang bisa Anda cari lewat internet ataupun media lainnya.

Bukan berarti kamu harus membeli apa saja yang terbaru, tapi beli hanya yang kamu butuhkan saja. Dan coba kamu akali dengan membuat jadwal berapa tahun sekali untuk memperbaharui furniture dapur dan juga desain dapur kecil.

10. Beri aksen hijau atau ‘taman kecil’ di dalam dapur.

Mungkin terdengar mustahil ya, di ruangan yang sempit kamu malah menambahkan ‘taman’ di dalam desain dapur kecil. Tetapi aksen hijau dari tumbuhan ini akan mampu membuat desain dapur kecil akan terlihat lebih menarik dan membuatnya lebih segar dan fresh.

Kamu jugabisa membuat kitchen plants dengan menanam tanaman herbal seperti lavender, oregano, parsley dan lain sebagainya. Lalu tempatkan di dekat jendela dapur supaya tanaman tersebut juga memperoleh cahaya matahari. Atau, kamu juga dapat menggunakan berbagai jenis tanaman.

Nahh, itulah penjelasan mengenai Desain Dapur dengan berbagai jenis yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun ilmu pengetahuan Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa membantu Anda dalam pemilihan desain dapur yang cocok.

Leave a Comment