15+ Desain Kamar Mandi Minimalis dengan berbagai jenis (LENGKAP)

15+ Desain Kamar Mandi Minimalis dengan berbagai jenis (LENGKAP)

Desain Kamar Mandi – Kamar mandi merupakan bagian dari hunian yang biasanya memiliki porsi ruang yang kecil namun dengan peranan yang penting. Dekorasi interior dengan konsep minimalis juga tengah menjadi tren saat ini. Untuk itu kita perlu untuk mendesain beberapa ruangan dari rumah kita, misalnya Desain Kamar Tidur, Dapur, ruang tamu, Kamar Mandi dan lain sebagainya.

Tampilannya yang menawan serta atmosfir yang nyaman menjadikan dekorasi interior minimalis menjadi favorit banyak orang. Dibawah ini akan dijelaskan secara rinci dari desain kamar mandi berbagai jenis. Okee, langsung saja kita simak artikel ini dengan seksama. Selamat Membaca.

Desain Kamar Mandi

Desain Kamar Mandi
Desain Kamar Mandi

Dekorasi interior minimalis menganut prinsip tata ruang sederhana dimana jumlah furniture, aksesoris, dan hiasan dibuat tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, interior dengan desain tersebut selalu terlihat leluasa dan menawarkan kenyamanan yang maksimal untuk anda. Meskipun tata ruang interior minimalis terlihat sederhana, namun gaya dekorasi modernnya selalu membuatnya terlihat stylish.

Oleh karena itu, memilih konsep minimalis untuk dekorasi kamar mandi anda memang sebuah pilihan yang tepat. Anda dapat memiliki kamar mandi modern dengan suasana yang sangat nyaman. Terlebih kamar mandi minimalis akan membuat hunian anda tampak lebih menawan luar dan dalam.

Desain Kamar Mandi Minimalis

Desain Kamar Mandi Minimalis
Desain Kamar Mandi Minimalis

Kamar mandi ini memiliki desain dinding yang menarik, dilapisi kombinasi warna hitam dan abu sedangkan sisi lain memilih warna hitam yang elegan. Terdapat shower stall dan bathtub.

Ada lemari kecil pula dan wastafel mini. Anda dapat menaruh tanaman hias hijau di atas lemari dan di dalam pot dekat bathtub yang semakin mempercantik ruangan. Lantai kamar mandi berupa kayu cokelat yang telihat unik.

Desain Kamar Mandi Minimalis 1×1

Desain Kamar Mandi Minimalis 1x1
Desain Kamar Mandi Minimalis 1×1

Menentukan desain kamar mandi ukuran 1×1 bukanlah hal yang gampang. Kamar mandi kecil dan mungil tentu perlu perhatian khusus agar tidak hanya nyaman digunakan, tapi juga bisa terlihat cantik meski dengan ukuran luas yang terbatas. Desain kamar mandi ukuran 1×1 terlihat lebih simple dengan penataan yang pas.

Biasanya desain kamar mandi ini memakai wastafel, toilet, dan shower. Desain kamar mandi ini tidak memungkinkan menggunakan bathup dengan ukuran kamar mandi yang hanya 1×1 meter. Penggunaan shower pada desain kamar mandi ukuran 1×1 ini malah justru membuat tampilannya terlihat lebih modern.

Desain kamar mandi ukuran 1×1 ini juga dibuat tanpa sekat, atau bisa dibilang hanya menggunakan partisi kaca supaya  air tidak terciprat kemana-mana.

Desain Kamar Mandi Minimalis 2×2

Desain Kamar Mandi Minimalis 2x2
Desain Kamar Mandi Minimalis 2×2

Desain kamar mandi minimalis 2×2 mempunyai desain yang simple dan sangat nyaman saat digunakan. Denfan tema desain minimalis terutama desain kamar mandi minimalis 2×2 ini memang masih menjadi favorit karena memberikan suasana yang nyaman, bersih dan selalu terlihat modern setiap saat.

Desain kamar mandi minimalis 2×2 juga tidak perlu banyak pengeluaran biaya enaknya. Malah Justru, kamar mandi minimalis 2×2 ini memiliki fungsi yang sesuai dengan desain kamar mandi mewah lainnya.

Asalkan kamu tahu cara menerapkan desain kamar mandi minimalis 2×2 yang tepat dan bisa mendekorasi barang-barang apa saja yang dibutuhkan dan usahakan yang tidak terlalu mahal, kamu juga bisa memperoleh desain kamar mandi minimalis 2×2 seperti dalam majalah interior ternama.

Desain Kamar Mandi Minimalis 2×3

Desain Kamar Mandi Minimalis 2x3
Desain Kamar Mandi Minimalis 2×3

Tempat tinggal yakni sesuatu utama yang amat diperlukan buat seluruh manusia dan menentukan Desain Kamar Mandi Minimalis 2×3. Kalau dahulu hunian digunakan buat tempat perlindungan dari perubahan cuaca serta buat melindungi diri dari terjangan hewan buas.

Maka fungsi hunian pada zaman sekarang ini buat tempat peristirahatan setelah selesai melakukan berbagai aktifitas di luar serta juga dijadikan sebagai tempat untuk mempererat kedekatan keluarga. Sebab itu setiap individu pastinya mempunyai tempat tinggal impian yang lain dari yang lainnya

Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

Desain Kamar Mandi Minimalis Modern
Desain Kamar Mandi Minimalis Modern

Konsep minimalis selalu berkaitan dengan nuansa yang modern. Desain kamar mandi minimalis modern saat ini dan menjadi salah satu desain favorit dan banyak digunakan oleh sebagian orang. Dengan desain kamar mandi minimalis modern ini dapat menciptakan kesan yang simple, bersih dan sangat nyaman digunakan. Selain itu, kamar mandi minimalis juga akan terlihat lebih kekinian sehingga kamu akan semakin betah berlama-lama di dalamnya.

Dengan penataan desain yang tepat, kamar mandi minimalis yang minim ruang pun bisa dibuat menjadi indah dan tetap nyaman. Dalam mendesain kamar mandi minimalis modern tentu ada yang  perlu diperhatikan dengan baik, supaya kamar mandi tetap terkesan simple, fungsional, dan elegan tanpa kehilangan nilai estetikanya.

Perabotan pada kamar mandi minimalis modern selalu terlihat elegan dan cocok untuk desain dengan konsep minimalis. Bathup, toilet, shower, dan wastafel menjadi perabot utama yang selalu digunakan pada kamar mandi minimalis modern yang kekinian untuk menciptakan tampilan keseluruhan yang selaras.

Desain Kamar Mandi Minimalis Sederhana

Desain Kamar Mandi Minimalis Sederhana
Desain Kamar Mandi Minimalis Sederhana

Desain kamar mandi minimalis sederhana ini bisa kita gunkan sebagai referensi pembuatan kamar mandi Anda. Karena dengan adanya struktur minimalis didalamnya bisa terlihat elegean tapi sederhana. Kloset besar berwarna navy memberi sentuhan warna bold yang pastinya membuat tamilan kamar mandi minimalis ini terlihat sangat stylish dan trendy.

Warna putih yang mendominasi ruangan menciptakan suasana yang terang dan terasa sangat nyaman. Hardware berwarna emas terlihat mencolok dan mempercantik dekorasi kamar mandi dengan sederhana.

Desain Kamar Mandi Kecil

Desain Kamar Mandi Kecil
Desain Kamar Mandi Kecil

Meskipun tidak begitu luas, tapi kamar mandi ini terlihat menarik. Tampak hiasan dinding yang cantik dan tanaman hias di dalam pot. Lemari kecil dengan desain yang unik bisa Anda gunakan untuk menaruh barang. Bagian toilet dan tempat shower diberi pembatas kelambu putih.

Desain Kamar Mandi Mewah

Desain Kamar Mandi Mewah
Desain Kamar Mandi Mewah

Lantai marmer berwarna putih ini memberi sentuhan yang mewah pada kamar mandi minimalis dengan tampilan modern saat ini. Perlengkapan kamar mandi berdesain kontemporer semakin membuat dekorasinya terlihat sangat mengagumkan.

Desain Kamar Mandi Unik

Desain Kamar Mandi Unik
Desain Kamar Mandi Unik

Memadukan berbagai jenis keramik dan menyusunnya dengan bentuk menarik nggak cuma membuat kamar mandi unik kamu stand out tapi juga lebih dinamis. Cobalah sesekali untuk bereksperimen dengan berbagai perpaduan/kombinasi material untuk menciptakan pola mozaik seperti batu alam, pecahan keramik dan cermin.

Desain Kamar Mandi Biasa

Desain Kamar Mandi Biasa
Desain Kamar Mandi Biasa

Desain kamar mandi biasa ini adalah desain yang paling banyak digunakan orang. Walaupun kamar mandi dengan kloset jongkok identik dengan kamar mandi yang sederhana, tidak ada salahnya jika anda menambahkan sedikit sentuhan yang bisa membuat kamar mandi terlihat lebih modern.

Diantaranya adalah dengan menambahkan keramik dinding kamar mandi, pemilihan warna cat yang bagus, serta tambahkan shower dan bathtub jika memungkinkan.

Desain Kamar Mandi Sederhana

Desain Kamar Mandi Sederhana
Desain Kamar Mandi Sederhana

Desain kamar mandi sederhana memang mengutamakan desain yang simple namun juga masih tetap nyaman untuk digunakan. Dengan Anda menggunakan bak mandi dan toilet saja sudah bisa dibilang cukup untuk memenuhi desain kamar mandi sederhana ini. Desain kamar mandi seperti inilah yang sampai saat ini masih banyak menjadi pilihan masyarakat yang di tinggal di daerah pedesaan.

Jika kamu ingin memiliki desain kamar mandi sederhana namun tetap menggunakan bathup dan shower, kamu bisa gabungkan keduanya agar kamar mandi sederhana tetap terlihat simple. Tempatkan shower di area dinding kamar mandi tepat di atas bathup. Selain itu, pilih bathup dan shower yang simple tanpa detail yang rumit dengan pilihan warna yang lembut.

Biasanya desain kamar mandi sederhana ini mempunyai  ukuran yang tidak terlalu luas. Untuk itu, menggunakan toilet duduk berukuran kecil bisa jadi solusi yang tepat.

Desain Kamar Mandi Modern

Desain Kamar Mandi Modern
Desain Kamar Mandi Modern

Dekorasi kamar mandi minimalis ini terlihat sangat modern dengan pemilihan perlengkapan berdesain modern. Kabinet persegi panjang dengan wastafel berdesain serupa, floating toilet, bak mandi persegi, dan pencahayaan yang apik membuat kamar mandi ini tampak menakjubkan. Kombinasi warna abu dan beigenya semakin menambah kesan modern dari dekorasinya.

Desain Kamar Mandi Hotel

Desain Kamar Mandi Hotel
Desain Kamar Mandi Hotel

Kamar mandi hotel biasanya lebih menggunakan warna dominan putih karena bisa memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Sangat cocok bagi kamu yang memiliki kamar mandi sempit di rumah. Selain terlihat lebih bersih dan rapi, nuansa putih juga akan memberikan kesan yang mewah dan elegan pada kamar mandi.

Kamu bisa menggunakan cat atau keramik berwarna putih, baik itu pada dinding maupun lantai kamar mandi. Kamu bahkan bisa menggunakan semua perabot dan perlengkapan mandi berwarna putih agar desain kamar mandi semakin menawan. Tapi jika tidak ingin terkesan monoton, padukan dengan ornamen dan dekorasi ruangan berwarna cerah untuk menciptakan kesan ceria yang elegan.

Desain Kamar Mandi Shower

DDesain Kamar Mandi Shower
Desain Kamar Mandi Shower

Jika kamar mandi di rumahmu tidak memungkinkan untuk menggunakan bathup, kamu bisa menggantinya dengan shower saja. Desain kamar mandi di rumah ala suasana hotel juga tetap bisa diwujudkan meski hanya menggunakan shower. Berikan sekat ruangan dengan partisi kaca untuk menciptakan tampilan modern minimalis. Partisi kaca ini juga akan membuat kamar mandi tampak lebih luas dan lapang.

Mengganti bathup dengan shower tentu akan memberikan ruang yang lebih besar pada kamar mandi hotel yang akan kamu ciptakan. Kamu juga bisa menambahkan dekorasi kamar mandi berupa tirai dengan aksen artistik yang menarik. Tidak hanya berfungsi sebagai penutup area shower saja, tirai dengan akes artistik ini juga mampu menambah kesan elegan dan mewah pada desain kamar mandi ala hotel yang kamu miliki.

Tips Desain Kamar Mandi Minimalis

Desain Kamar Mandi
Desain Kamar Mandi

Berikut ini adalah beberapa tips desain kamar mandi minimalis yang bisa Anda gunakan, antara lain:

1. Keramik motif di dinding kamar mandi

Cara paling mudah mendesain kamar mandi adalah dengan bermain dengan keramik. Pilihlah warna dan corak keramik yang disesuaikan dengan suasana atau mood yang sedang ingin dibangun. Kamar mandi kecil bisa terlihat lebih luas dengan pemilihan keramik motif yang tepat.

Jika memiliki kamar mandi berukuran 1×2 meter cobalah menambahkan keramik motif dengan ukuran lebih besar. Pemilihan keramik motif dengan ukuran lebih besar bisa membuat kamar mandi otomatis terlihat jauh lebih besar. Tapi perhatikan kembali keramik motif ini harus senada dengan keramik standar yang sudah dipakai.

2. Pasang shower head

Zaman sekarang shower memiliki banyak model, solusi untuk ukuran kamar mandi mungil adalah dengan memasang shower head tanpa selang. Shower yang dipasang di langit-langit ini akan membuat kamar mandi terlihat lebih luas sekaligus modern. Ditambah lagi, akan lebih irit tempat pula dibandingkan shower pada umumnya.

Shower head tanpa selang juga otomatis membuat kamar mandi terlihat clean dan rapih. Tapi jangan lupa untuk memberi sekat di area shower ya, Anda tetap harus memisahkan area kering dan basah. Carilah partisi yang sesuai dengan keseluruhan konsep desain kamar mandi Anda.

3. Batu alam untuk kesan natural

Walaupun ukurannya kecil bukan berarti kamar mandi tidak bisa dibuat nyaman. Salah satu cara desain kamar mandi paling mudah adalah dengan menambahkan akses batu alam di kamar mandi. Tidak perlu semua bagian, pilihlah satu sisi yang akan dipasang batu alam.

Batu alam ini memberikan kesan natural sekaligus membuat pusat perhatian. Orang akan lupa dengan sempitnya kamar Anda karena batu alam. Selain itu perawatan batu alam di kamar mandi juga terbilang lebih mudah. Pilih batu berwarna putih atau krem untuk kesan elegan, sedangkan untuk kesan mewah bisa mencoba batu granit hitam.

4. Formasi shower, toilet, dan wastafel

Berhubung luas ruangan yang terbatas Anda harus pintar-pintar menyiasati formasi peralatan kamar mandi. Formasi paling simpel adalah dengan menaruh shower, toilet, dan wastafel di satu garis lurus. Hal ini juga memudahkan pengaturan saluran air bersih dan air kotor.

Jangan lupa untuk membatasi shower dengan sekat, pilih sekat pemisah ruangan yang sederhana. Misalnya dengan menambahkan kaca di antara shower dengan toilet atau wastafel. Anda juga bisa menambahkan rak handuk sederhana di balik pintu atau tempelkan gantungan di balik pintu.

5. Pilih maksimal dua warna utama

Pemilihan warna yang salah bisa membuat ruangan kecil terlihat semakin sempit. Hal ini juga bisa terjadi saat Anda salah memilih warna untuk kamar mandi. Sebenarnya pemilihan warna kamar mandi ini tidak terlalu rumit, Anda hanya perlu memilih dua warna utama saja.

Tidak ada salahnya bermain aman menggunakan warna basic seperti putih, hitam, atau cokelat. Ketiga warna ini bisa membuat kamar mandi terlihat bersih, nyaman, dengan kesan luas. Jika ingin menambahkan warna lain, Anda bisa menaruh dekorasi sederhana dengan warna pop. Misalnya dengan menambahkan botol sabun dengan warna kuning atau tosca atau emas untuk kesan mewah.

6. Jika bisa atur cahaya pada kamar mandi

Pengaturan cahaya di kamar mandi sama pentingnya dengan ruangan lain. Jadi jangan anggap remeh cahaya di kamar mandi. Jika memang memungkinkan tidak ada salahnya mengatur cahaya lampu di kamar mandi. Dibandingkan dengan satu lampu saja, cobalah membuat pencahayaan di beberapa titik layaknya hotel.

Pengaturan cahaya di beberapa titik ini memberikan kesan mewah tersendiri. Selain itu cobalah untuk menaruh lampu di bawah cermin wastafel untuk kesan modern.

7. Jangan terpaku pada rak atau gantungan baju tradisional

Zaman sekarang Anda bisa menemukan berbagai model atau desain rak dan gantungan baju. Jadi jangan terpaku dengan model gantungan dan rak tradisional yang kadang memakan banyak tempat. Sesuaikan ukuran kamar mandi Anda dengan rak dan gantungan baju yang akan Anda beli.

Cobalah menyederhanakan jumlah rak dan gantungan baju di dalam kamar mandi. Sedangkan untuk desain tidak ada salahnya mencoba model terbaru yang sedang hype atau tren. Misalnya gantungan baju yang berbentuk seperti tangga kayu yang beberapa tahun kebelakang sedang hits. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, model gantungan baju ini juga menjadi dekorasi unik di dalam desain kamar mandi Anda.

8. Pangkas budget dengan wallpaper

Nah jika memiliki dana terbatas cara lain menghadirkan dekorasi unik adalah dengan menggunakan wallpaper. Cobalah berkreasi dengan wallpaper untuk menambah suasana di kamar mandi mungil Anda. Salah satu tips yang bisa Anda contek adalah dengan menggunakan wallpaper di dinding wastafel.

Cara ini bisa menyulap kamar mandi Anda menjadi lebih nyaman, tapi lagi-lagi tergantung dengan pemilihan motifnya ya. Tidak ada salahnya memilih motif wallpaper geometris atau floral. Jika ingin terasa berbeda jangan takut memilih motif floral dengan warna cerah.

9. Lantai kamar mandi

Selain dinding kamar mandi, Anda juga bisa mengubah lantai kamar mandi sesuai dengan mood atau suasana yang ingin dibangun. Daripada menggunakan keramik yang membosankan, cobalah untuk mencari keramik dengan model kekinian. Misalnya keramik dengan bentuk hexagonal atau tidak ada salahnya memilih keramik dengan motif mozaik.

10. Manfaatkan ruang di bawah wastafel

Sama halnya dengan mendesain ruang sempit lainnya, Anda dituntut untuk bisa memanfaatkan tiap sudutnya. Satu sudut kamar mandi yang sering terlupakan adalah ruang di bawah wastafel. Kebanyakan orang memilih menutup area ini dengan menambahkan lemari kecil. Tapi sayangnya lemari kecil ini kadang malah tidak dimanfaatkan dengan baik.

Daripada menutupnya dengan lemari, lebih baik tambahkan ambalan yang dijadikan rak. Hal ini membuat kamar mandi terlihat lebih luas dan bersih. Cara ini juga bisa menjaga kebersihan kamar mandi karena lemari dengan pintu kebanyakan malah tidak terawat.

Kamar mandi berukuran 1×2 meter tetap bisa terlihat luas dan nyaman dengan tips yang sudah dijabarkan di atas. Tapi ingat-ingat kembali Anda harus menyesuaikan desain kamar mandi dengan budget dan kebutuhan Anda. Jangan sampai kamar mandi malah tidak berfungsi seperti seharusnya.

Nahh, itulah penjelasan mengenai Desain Kamar Mandi dari berbagai jenis yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk pemilihan kamar mandi Anda yang cocok dengan keinginan Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Leave a Comment