4
9

Fungsi Alveolus : Pengertian, Struktur & Penyakitnya (Lengkap)

loading...

Fungsi Alveolus – Pada kesempatan kali ini Admin akan memberikan pengetahuan tentang fungsi alveolus pada sistem pernapasan manusia yang mana fungsi alveolus ini memiliki peran penting bagi tubuh manusia. Sebelumnya, Apa kalian sudah tau? Apa itu Alveolus? Okeee untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel berikut ini dengan seksama.

Pengertian Alveolus

Fungsi Alveolus

Fungsi Alveolus

Alveolus merupakan sebuah kandungan kemih yang dapat mengandung udara di paru-paru dengan peranan mencapai 300 juta keping dan akan membetuk dari alveoli.

Alveolus terletak di bagian paru-paru yang merupakan pada jalan napas tempat pertukaran udara dengan darah dengan membagi dua sisi sehingga akan mempunyai dinding yang tipis dari kapiler darah yang ditutupi oleh kapiler darah.

Dinding Alveolus ini terdapat pada pertukaran oksigen (O2) yang akan berpindah dari udara sel-sel dalam tubuh membetuk karbon dioksida (CO2) dari sel-sel ke udara yang terbuka.

Alveolus juga memiliki dinding yang sangat tipis di ujung saluran udara yang terkecil pada dinding paru-paru yang mengandung udara mencapai diameter nya sekita 200 hingga 300 mikron.

loading...

Baca Juga : Fungsi Trakea Dalam Sistem Pernapasan Manusia

Fungsi Alveolus

Fungsi Alveolus

Fungsi Alveolus

Berikut ini merupakan fungsi alveolus pada sistem pernapasan manusia, antara lain:

  1. Sebagai Tempat Pertukaran Gas

Salah satu fungsi alveolus adalah sebagai pertukaran gas yang pasif sehingga selama pertukaran nya sel-sel dalam organ tubuh tidak memerlukan  energi diantaranya.

  • Oksigen dalam alveolus bisa menembus dinding kemudian dinding kapiler darah akan mengelilingi sel kandungan Alveolus.
  • Kandungan Alveolus bisa memasuki pembuluh darah dan mengalami proses peningkatan yang dilakukan oleh hemoglobin kedalam sel darah dan akan menghasilkan zat kandungan (HbO2).
  • Kandungan Alveolus nantinya akan mengalirkan oksigen ke semua organ sel-sel yang terdapat dalam tubuh dengan proses oksidasi yang mengubah oksihemoglobin.
  • Kandungan Alveolus bisa masuk ke dalam tubuh dan akan mencapai 300 liter oksigen dalam plasma darah.
  1. Tempat Pertukaran Gas dari Kapiler Darah

Fungsi yang terdapat dalam kandungan Alveolus tubuh manusia dan dapat menghasilkan karbon dioksida sekitar 200 cc per hari dengan pembentukan karbon dioksida kedalam zat asam dalam darah.

Maka Tempat Pertukaran Gas dari Kapiler Darah dapat menetralkan keasaman pH melalui aliran darah dalam ke paru-paru sehingga terbentuk karbonat untuk mengukur pH darah.

Alur yang terdapat dalam Alveolus itu adalah:

  • Alur CO2 yang diikat dengan hemoglobin yang akan kembali menuju ke paru-paru dengan peredaran darah manusia.
  • Alur alveoli ini terletak pada bronkiolus pada paru-paru dengan menembus dalam dinding pada pembuluh darah alveolar.
  • Alur CO2 pada karbon dioksida akan memasuki faring pada lubang hidung dengan proses pelepasan udara.
  1. Tempat Penyimpan Udara dalam Tubuh

Fungsi lain Alveolus juga sebagai menyimpan udara untuk menghirup udara yang mengandung oksigen ke dalam darah sehingga Alveolus mwmpunyai struktur sebagai anatomi tubuh pada manusia.

Fungsi struktur anatomi dapat melalui pernafasan dengan melalui saluran hidung yang akan menghirup udara yang mengandung oksigen (O2) dengan menyerap seluruh sistem peredaran darah dalam tubuh manusia.

Sel Utama Alveolus

Berikut ini merupakan sel yang ada pada alveolus, antara lain:

  1. Skuamosa Alveolar (Tipe I) merupakan salah satu sel yang ada di alveolus dan nantinya akan  membentuk seperti struktur Alveolus.
  2. Sel Alveolar Besar (Tipe II) merupakan sel yang memiliki tugas untuk menyimpan surfaktan yang akan memecah tekanan pada permukaan air dengan proses pemisahan pada saat pertukaran gas.
  3. Sel Epitel Skuamosa merupakan salah satu sel yang akan bertindak sebagai kapiler yang memiliki fungsi dalam sel gas hingga 70% area.
  4. Sel Makrofag merupakan salah satu sel yang bisa menghancurkan bakteri dengan zat yang asing yang masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan.

Struktur Alveolus

Fungsi Alveolus

Fungsi Alveolus

Struktur Alveolus terdiri atas beberapa lapisan epitel dan matriks ekstraseluler yang akan dikelilingi oleh kapiler dan berfungsi untuk memfasilitasi pada pengikatan oksigen dengan udara di rongga Alveolus dari pori-pori yang mengandung banyak serat kolagen.

Maka Struktur Alveolus bisa menarik napas pada udara dengan struktur anatomi yang meregang sehingga bisa memungkinkan serat kolagen akan membuat dinding yang lebih kencang.

loading...

Struktur Alveolus dibangi menjadi 3 bagian, antara lain:

  1. Struktur alveolus terdapat Sel epitel yang memiliki (tipe I) dan membentuk struktur alveolus
  2. Struktur alveolus terdapat Sel yang besar (tipe II) dengan memiliki tugas yang memisahkan untuk mengurangi ketegangan pada permukaan air dengan proses pemisahan.
  3. Struktur alveolus terdapat Sel epitel skuamosa yang bertugas sebagai kapiler dan pembentukan kapiler hingga 70% area.

Penyakit Alveolus

Fungsi Alveolus

Fungsi Alveolus

Berikut ini merupakan beberapa penyakit/gangguan yang terjadi pada Alveolus, antara lain :

  1. TBC

TBC merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh serangan bakteri Mycobacterium tuberculosa. Difusi oksigen ini akan terganggu karena adanya bintil-bintil atau peradangan pada dinding alveolus.

Hal ini disebabkan oleh bakteri bacillus tuberkolosis yang membuat dinding alveoli banyak mengandung cairan sehingga mengganggu proses difusi oksigen dan karbondioksida

  1. Pneumonia

Pneumonia meruoakan suatu infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri pada alveolus yang menyebabkan terjadinya radang paru-paru. Pneumonia merupakan suatu bentuk peradangan pada paru-paru, terutama di sebabkan oleh infeksi bakteri.

Bakteri ini bisa menyebabkan alveolus mengeluarkan cairan yang bisa mengganggu proses difusi oksigen dan karbondioksida. Gejala yang dikeluarkan antara lain di tandai dengan demam tinggi, nyeri pada dada, dan sakit kepala.

  1. Emfisema

Emfisema merupakan penyakit pernapasan yang terjadi karena susunan dan fungsi alveolus tidak normal, misalnya robek akibat batuk berat dan rokok. Kondisi demikian menyebabkan berkurangnya luas permukaan paru-paru untuk pertukaran udara. Akibatnya, jantung memompa lebih banyak darah ke paru-paru agar memenuhi kebutuhan oksigen di dalam tubuh.

Jika suplai oksigen ke otak tidak mencukupi, maka dapat menjadi seseorang menjadi lemah, lamban, dan mudah marah. Emfisema termasuk penyakit pada sistem pernapasan yang sering terjadi dan banyak di kaitkan dengan penyakit bronkitis kronis. Penyakit ini dapat di atasi dengan terapi obat dan pemberian oksigen tambahan.

Baca Juga : Fungsi Faring Dalam Sistem Pernapasan Manusia

Nahh, itulah penjelasan mengenai fungsi alveolus pada sistem pernapasan manusia yang meliputi, pengertian, struktur & penyakitnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

loading...

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply