19
34

Fungsi Bronkiolus : Pengertian, Struktur, Karakteristik & Penyakit

Fungsi Bronkiolus – Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan pengetahuan tentang fungsi bronkiolus dalam sistem pernapasan manusia. Bronkiolus memiliki peran penting pada tubuh manusia dan letaknya berada di paru-paru. Apa kalian tau fungsi bronkiolus bagi tubuh manusia?. Jika belum mari kita simak artikel berikut ini dengan seksama.

Pengertian Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Bronkiolus merupakan saluran udara kecil yang mengirimkan udara ke bagian dalam sebuah dinding paru-paru yang mana alveoli dapat memungkinkan oksigen yang akan diserap oleh sel-sel darah dan mengisi darah dengan oksigen untuk ditransfer ke seluruh tubuh.

Bronkiolus sebagai sistem pernapasan manusia dengan sepasang paru-paru atau dari trakea yang mana bisa menarik udara pada tekanan udara atmosfer secara memaksa akan masuk ke dalam tubuh. Hal ini juga bisa dilakukan dengan memperluas rongga tulang rusuk yang terletak pada bagian bawah paru-paru.

Baca Juga : Fungsi Alveolus Pada Sistem Pernapasan Manusia

Fungsi Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Berikut ini merupakan fungsi bronkiolus yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  1. Bronkiolus berfungsi sebagai salah satu alat penyalur udara yang bisa dialirkan ke alveoli dengan mendapatkan pertukaran gas pada oksigen.
  2. Bronkiolus berfungsi sebagai salah satu alat yang berperan penting yang bisa pengontrolan udara sampai dapat didistribusikan dengan paru-paru.
  3. Bronkiolus mempunyai tulang yang rawan sehingga dapat berfungsi dalam menjaganya jaringan otot polos.
  4. Bronkiolus juga dapat berkontraksi sampai bisa melebar secara efektif.
  5. Bronkiolus berfungsi untuk melakukan sekresi zat yang bias memastikan pada bernapasan serta bisa mengeluarkan protein racun pada pernapasan manusia.

Ciri – Ciri Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Berikut ini merupakan ciri-ciri bronkiolus yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  • Ada dua
  • Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus
  • Sebagai tempat lewatnya udara pernapasan

Struktur Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Berikut ini merupakan struktur bronkiolus yang perlu kalian ketahui, antara lain:

1. Bronkiolus Lobular

Bronkiolus Lobular merupakan salah satu alat dari lobus yang memiliki ukuran yang lebih besar

2. Bronkiolus Terminalis

Bronkiolus Terminalis merupakan salah satu alat yang bisa melakukan transfer makanan dari rongga mulut.

3. Bronkiolus Respiratorius

Bronkiolus Respiratorius merupakan salah satu alat yang bias bertanggung jawab dalam mengarahkan udara pada alveoli.

Letak Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Letak bronkiolus ini berbatasan langsung dengan gelembung-gelembung udara yang ada di paru-paru, yakni alveoli. Berdasarkan tata letaknya bronkiolus ini juga kerap difungsikan sebagai salah satu jembatan dengan melalui beberapa proses keluar nya udara dengan oksigen pada sistem pernafasan yang ada pada manusia.

Karakteristik Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Karakteristik Bronkiolus merupakan sebuah percabangan dari bronkus pada trakea yang merupakan ujung dari bronkus sehingga tidak didukung oleh tulang yang rawan layaknya seperti bronkus.

Maka Karakteristik Bronkiolus sebagai berbatasan secara langsung dengan alveoli sehingga ada juga pada dengan memiliki fungsi yang begitu penting.

Bronkiolus sendiri memilik memiliki peran yang sangat penting untuk membantu proses pernapasan pada tubuh manusia dengan hewan dengan demikianlah bernapas bias di lakukan secara efektif dengan menggunakan jaringan pada paru-paru.

Jika tidak ada bronkiolus maka bias mengakibatkan beberapa gangguan/kerusakan pada tubuh manusia yang akan tidak bisa di proses sehingga pernapasan manusia akan terganggu.

Penyakit Pada Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Fungsi Bronkiolus

Berikut ini merupakan beberapa penyakit yang ada pada bronkiolus, antara lain:

1.  Bronkokonstriksi 

Bronkokonstriksi adalah suatu penyebab dikarenakan adanya kontraksi dengan penyempitan bronkiolus yang diakibatkan oleh asap rokok dan alergi yang lainnya.

2. Bronkiolitis 

Bronkiolitis adalah suatu penyebab dari salah satu peradangan dan biasanya penyakit ini akan terjadi pada anak-anak dari virus dan influenza.

3. Obliteran

Obliteran adalah suatu penyebab yang dapat mempengaruhi dari orang dewasa pada bernapasan dari asap beracun dan infeksi virus.

Baca Juga : Fungsi Trakea Dalam Sistem Pernapasan Manusia

Nahh, itulah penjelasan mengenai fungsi bronkiolus dalam sistem pernapasan manusia yang meliputi, pengertian, struktur, ciri-ciri, karakteristik, letak bronkiolus & penyakitnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply