18
63

Fungsi Bronkus : Pengertian, Struktur, Jenis & Penyakitnya (Lengkap)

Fungsi Bronkus – Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan kembali seputar pengetahuan tentang fungsi bronkus dalam sistem pernapasan manusia. Bronkus ini memiliki peran penting bagi tubuh manusia. Apa kalian tau fungsi bronkus dalam tubuh manusia?. Jika belum mari kita simak artikel dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Bronkus

Fungsi Bronkus

Fungsi Bronkus

Bronkus merupakan salah satu cabang batang tenggorokkan yang terletak setelah trakea dan sebelum paru-paru. Setelah masuk ke dalam paru, bronkus ini akan membentuk cabang lagi menjadi bronkiolus.

Bronkus akan membentuk cabang sebelah kanan dan kiri. Bronkus sebelah kanan itu akan bercabang menjadi 3 bronkus lobaris, sedangkan bronkus sebelah kiri akan bercabang menjadi 2 bronkus lobaris. Bronkus ini nantinya akan berfungsi untuk membawa udara ke paru-paru.

Baca Juga : Fungsi Trakea

Fungsi Bronkus

Fungsi Bronkus

Fungsi Bronkus

Berikut ini merupakan fungsi bronkus dalam sistem pernapasan manusia, antara lain:

  1. Menyaring Pernapasan pada udara

Fungsi yang ada pada Bronkus ini memiliki peran yang bisa menyangga pernapasan dan bisa juga penyaring pada rongga dalam hidung sehingga pada bronkus cuma bisa penyaringan secara sekunder.

  1. Melembabkan Suhu Pernapasan

Fungsi berikutnya yakni dapat melemababkan suhu pernapasan manusia.  Bronkus terkadang bisa diproduksi pada bagian sel-sel epitel dan mempunyai fungsi sebagai alat untuk pelembab dan penghangatan pada pernapasan dengan lingkungan. Karna cuaca panas yang masuk akan dilembabkan mucus dan akan terjadi perbedaan suhu.

  1. Menangkap Kotoran Bersama Pernapasan udara

Fungsi bronkus juga mampu menangkap kotoran bersama pernapasan udara. Bronkus terkadang dapat diproduksi dengan adanya epitel yang akan melembabkan udara dengan memiliki peran untuk menangkap kotoran pada partikel.

  1. Menyalurkan Oksigen ke Dalam Tubuh

Fungsi bronkus juga bisa menghubungkan pada lingkungan dengan organ tubuh pada oksigen dari lingkungan tubuh manusia.

  1. Menyalurkan Karbondioksida Dalam Tubuh

Fungsi bronkus juga  dapat menghubungkan pada bagian dalam tubuh sehingga akan mensekresikan pada karbondioksida pada lingkungan tubuh.

  1. Menghubungkan Trakea pada Paru Paru

Fungsi bronkus juga dapat memberikan saluran secara langsung dan akan tetap terhubung pada Paru Paru dengan melewati hubungan antara organ pernapasan.

  1. Menopang Paru Paru

Fungsi bronkus juga bisa memberikan banyak tompangan pada Paru Paru sehingga tulang akan rawan menjadi rapuh.

Struktur Bronkus

Fungsi Bronkus

Fungsi Bronkus

Berikut ini merupakan struktur bonkus dalam sistem pernapasan manusia yang harus kalian ketahui, antara lain:

  1. Lapisan Epitel

Lapisan Epitel adalah sebagai penyusun sel dan akan menghasilkan mukus yang memiliki fungsi dapat menangkap kotoran serta bisa melindungi saluran pada pernapasan manusia.

  1. Lamina Propia

Lamina Propia adalah adalah salah satu struktur bronkus yang memiliki fungsi sebagai penyusun pondasi sel yang akan menempel pada sel-sel epitel dengan jaringan ikat yang akan mengandung pada pembuluh darah atau saraf.

  1. Lapisan Otot

Lapisan Otot adalah salah satu struktur bronkus yang memiliki fungsi sebagai penyusun pada otot yang polos sehingga bisa dikendalikan dan dapat berfungsi sebagai mengatur makanan pada relaksasi otot.

  1. Lapisan Tulang Rawan

Tulang Rawan adalah salah satu struktur bronkus yang memiliki fungsi sebagai penyusun pada saluran pernapasan yang akan ersusun secara tidak teratur sehingga tulang rawan ini juga memiliki sifat yang sangat lunak dan elastis dan bercabang pada tulang yang rawan.

Baca Juga : Fungsi Faring

Jenis – Jenis Bronkus

Fungsi Bronkus

Fungsi Bronkus

Berikut ini merupakan jenis-jenis bronkus pada sistem pernapasan manusia yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  1. Bronkus Primer

Bronkus Primer adalah salah satu jenis yang memikiki saluran dari sumber dari cabangan berasal traketa dan memiliki juga struktur bronkus yang terletak pada rongga pada bagian dada manusia.

  1. Bronkus Sekunder

Bronkus Sekunder  adalah salah satu jenis yang memiliki saluran dari sumber bronkus sehingga cabang utamanya memiliki ukuran kecil di bandingkan dengan bronkus primer

Penyakit Pada Bronkus

Fungsi Bronkus

Fungsi Bronkus

Berikut ini merupakan penyakit pada Bronkus yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  1. Bronkitis

Bronkitis adalah salah satu penyakit yang dialami oleh bronkus yakni penyakit bronkitis sebutan untuk infeksi yang menyerang saluran pernapasan utama dari paru-paru atau yang disebut dengan bronkus. Akibat penyakit ini, maka akan terjadi peradangan atau inflamasi yang kemudian akan menimbulkan gejala yang mengganggu pernapasan.

Bronkitis terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Bronkitis Akut

Bronkitis Akut merupakan  jenis bronkitis yang bisa menyebabkan pengidapnya akan mengalami gejala sampai dua atau tiga minggu. Bronkitis jenis ini merupakan gangguan infeksi sistem pernapasan yang cukup umum terjadi. Korban yang paling sering terserang penyakit ini adalah anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun.

  • Bronkitis Kronis

Bronkitis Kronis merupakan jenis bronkitis yang disebabkan oleh infeksi bronkus dan dapat bertahan setidaknya kurun tiga bulan dalam satu tahun dan bisa berulang pada tahun berikutnya. Berbeda dengan bronkitis akut, bronkitis kronis ini lebih sering kita lihat menyerang orang dewasa di atas usia 40 tahun.

Baca Juga : Fungsi Alveolus

Nahh, itulah penejelasan mengenai fungsi bronkus dalam sistem pernapasan manusia yang meliputi, pengertian, struktur, jenis-jenis & penyakitnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply