3
37

Fungsi Empedu : Pengertian, Struktur, Gejala & Karakteristik (Lengkap)

loading...

Fungsi Empedu – Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan pengetahuan mengenai Fungsi Empedu pada sistem pencernaan manusia. Dalam proses mencerna makanan fungsi empedu salah satunya yaitu membantu hati untuk mengeluarkan racun-racun yang ada didalam tubuh. Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Empedu

Fungsi Empedu

Fungsi Empedu

Empedu adalah salah satu organ yang ada di tubuh manusia dan memilikki bentuk kecil sehingga menyerupai seperti pir yang bisa bertindak sebagai cadangan empedu dengan cairan yang dapat memainkan peran penting pada proses pencernaan tubuh.

Empedu ini berperan penting untuk membantu kerja hati di dalam tubuh, terutama untuk membantu penyerapan lemak. Empedu juga membantu hati mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh.

Empedu ditampung pada sebuah membran yang disebut kantung empedu. Kantong empedu ini ukurannya sekitar 8 hingga 12 cm dan mampu menampung cairan hingga 60 ml. Kantong empedu ini terdiri dari beberapa bagian.

Baca Juga : Fungsi Pankreas Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Fungsi Empedu

Fungsi Empedu

Fungsi Empedu

loading...

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi empedu dalam sistem pencernaan manusia, antara lain:

  1. Pengencer Lemak

Tidak semua jenis lemak yang masuk ke tubuh bisa dicerna dengan baik oleh usus. Tubuh butuh zat yang bisa melunakkan atau mengurai lemak tersebut.

Zat lain mungkin bisa dengan mudah larut dengan air, namun tidak dengan lemak. Lemak akan lebih mudah diserap oleh tubuh ketika bentuknya berubah jadi kecil. Peran empedu pun dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Membantu Penyerapan Lemak

Setelah mengencerkan lemak, kerja empedu tidak lantas berhenti di situ. Secara umum fungsi empedu untuk membantu penyerapan lemak di tubuh dengan baik.

Hal ini berkaitan dengan kerja organ hati. Karena lemak mengandung banyak zat berbahaya yang harus dibuang oleh hati. Sisa metabolisme tersebut berupa zat cair ataupun gas dari dalam tubuh.

  1. Menghancurkan Racun

Selain membantu proses ekskresi, empedu juga memiliki fungsi untuk menghancurkan racun. Racun yang dimaksud terdiri dari beberapa bentuk, nggak hanya lemak jahat, melainkan zat-zat berbahaya lainnya.

Racun dari obat-obatan, logam berat yang masuk melalui makanan, dan zat-zat lainnya. Selain itu, empedu juga akan membantu menghilangkan kadar kolesterol yang berlebih di dalam tubuh.

  1. Membantu Penyerapan Nutrisi

Mungkin tak ada yang menyangka kalau empedu bisa berperan penting bagi kesehatan. Empedu punya fungsi membantu penyerapan nutrisi tubuh. Empedu mampu melarutkan lemak dari makanan, jadi akan lebih mudah dipecah oleh lipase.

Asam empedu akan bekerja lebih efektif supaya tubuh dapat penyerap lemak dan vitamin A, D, E, dan K dengan efektif. Tak hanya itu, empedu juga bisa membantu menjaga kekebalan sistem usus.

  1. Membantu Kerja Fungsi Enzim Pencernaan

Dalam proses pencernaan, beberapa organ saling bekerja sama. Empedu mempunyai sifat basa. Sifat yang dimiliki empedu ini mampu membantu menetralkan asam lambung (membantu enzim pencernaan bekerja dengan baik) dan membantu menyerap air dan natrium bersama usus halus. Semakin tinggi sifat asam makanan yang masuk ke dalam usus, semakin banyak juga tugas empedu.

  1. Melindungi Tubuh dari Bakteri

Fungsi empedu terakhir, yakni mampu melindungi tubuh dari bakteri. Beragam racun dan mikroba mudah sekali masuk ke dalam tubuh melalui pencernaan. Dalam sekali makan, mikroba bisa masuk ke tubuh tidak terhingga.

Untuk mencegah mikroba menyerang tubuh, diperlukan imun tinggi. Selain imun, sistem pencernaan harus punya pertahanan sendiri. Empedu mampu menciptakan kondisi basa yang dapat mematikan dan menghambat mikroba masuk dan merusak kesehatan tubuh.

Baca Juga : Fungsi Lambung Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Gejala Gangguan Empedu

Fungsi Empedu

Fungsi Empedu

loading...

Dibawah ini merupakan beberapa gejala yang timbul disebabkan gangguan pada empedu, diantaranya:

  • Diare.
  • Kram perut.
  • Perut kembung dan sulit buang gas (kentut).
  • Bau kentut yang sangat tidak sedap.
  • Buang air besar yang tidak teratur.
  • Feses berwarna pucat.
  • Penurunan berat badan.
  • Kehilangan Nafsu Makan
  • Berkeringat Secara Berlebihan

Karakteristik Empedu

Fungsi Empedu

Fungsi Empedu

Dibawah ini merupakan karakteristik empedu yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  • Karakteristik Pada Kompenen

Merupakan salah satu Komponen yang terdiri dari kolesterol dan asam empedu dalam jumlah kecil.

  • Karakteristik Organ

Merupakan salah satu organ yang dibentuk oleh hati yang akan dilepaskan oleh lompah dalam kantung empedu.

  • Karakteristik Ph

Merupakan salah satu sekresi hati yang mempunyai sifat dengan pH sekitar 7.5 –  8.05, ke dalam kantung empedu.

Struktur Kantung Empedu

Fungsi Empedu

Fungsi Empedu

Dibawah ini merupakan struktur kantung empedu yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  1. Struktur Vesikafelea 

Merupakan hal yang mengandung cairan dan diproduksikan dalam tubuh dan dapat berkembang pada tubuh dengan melalui pencernaan.

  1. Struktur Kiprah kistik

Merupakan sebagai organ yang membentuk kiprah secara bersama pada kelenjar hati

  1. Struktur Saluran hati 

Merupakan sebuah saluran hari yang memiliki bentuk benjolan yang berasal dari kandung empedu.

Penyakit Yang Mempengaruhi Empedu

Fungsi Empedu

Fungsi Empedu

Dibawah ini beberapa penyakit yang mempengaruhi empedu, antara lain:

  1. Batu Empedu

Batu Empedu merupakan salah satu penyakit yang memiliki bentuk seperti kristal yang ada pada saluran empedu yang disebut sebagai colithiasis maka penyakit ini terjadi oleh kristalisasi kolesterol atau garam yang tinggi.

  1. Sirosis Billier Primer

Sirosis Billier Primer merupakan salah satu penyakit pada peradangan yang ada pada saluran empedu dan hati penyakit ini juga terjadi karena aliran peradangan tersumbat disebabkan percernaan makanan yang terlalu berlebihan.

  1. Sakit Kuning

Sakit Kuning merupakan salah satu penyakit dengan penderitaan bintik-bintik kuning sehingga mata akan menguning dan terlihat pucat.

Baca Juga : Fungsi Hati Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Nahh, itulah penjelasa mengenai Fungsi Empedu dalam sistem pencernaan manusia yang meliputi, Pengertian, Struktur, Gejala & Penyakitnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin

loading...

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply