6
14

Fungsi Faring : Pengertian, Bagian, Struktur & Penyakitnya (Lengkap)

loading...

Fungsi Faring – Pada kesempatan kali ini Admin akan memberikan pengetahuan tentang fungsi faring dalam sistem pernapasan manusia. Sebelumnya kita sudah membahas fungsi hidung selanjutnya kita bahas lebih dalamnya lagi yakni fungsi faring. Langsung saja kita simak artikel berikut ini dengan seksama.

Pengertian Faring

Fungsi Faring

Fungsi Faring

Faring merupakan bagian kedua dari rongga pencernaan dan sistem pernapasan. Faring adalah sebuah tabung fibromuskular yang terletak persis di depan tulang leher yang berhubungan dengan rongga hidung, rongga telinga tengah, dan laring.

Dinding faring terdiri dari lapisan ukosa, fibrosa, dan muscular. Faring terdiri dari 3 bagian yakni nasofaring, orofaring, dan laringofaring. Laringofaring sendiri terletak dibelakang epiglotis dan laring berhubungan dengan esofagus dibagian bawah.

Faring dalam bahasa Yunani adalah pharynx dan memiliki penjelasan tenggorokan atau kerongkongan yang merupakan suatu bagian dari sistem pencernaan dan sistem pernapasan. Istilah ini digunakan dalam ilmu kedokteran.

Baca Juga : Sistem Pernapasan Manusia

Fungsi Faring

Fungsi Faring

Fungsi Faring

loading...

Fungsi faring secara umum adalah untuk mentransfer makanan dari mulut ke kerongkongan dan bisa juga untuk menghangatkan, melembabkan dan menyaring udara sebelum bergerak ke dalam trakea.

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi faring dalam sistem pernapasan manusia yang harus kita ketahui, antara lain:

  1. Menjadi jalan untuk udara

Salah satu fungsi faring dalam sistem pernapasan ialah menjadi jalur agar udara dari hidung ini dapat mencapai paru-paru melewati laring dan trakea. Pada faring, ada isthmus yang membantu untuk bisa bernapas melalui hidung dan mulut.

  1. Memisahkan udara dari makanan dan air

Fungsi faring berikutnya adalah mencegah udara supaya tidak masuk ke sistem pencernaan dan supaya makanan serta minuman tidak masuk ke dalamsistem pernapasan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya epiglotis ataupun katup pada bagian ujung dari faring.

  1. Berperan dalam proses menelan makanan

Fungsi faring juga dapa melancarkan proses menelan makanan yang dikonsumsi. Otot-otot tersebut bisa melebar dan mengangkat laring yang membuat Anda bisa menelan makanan. Inilah fungsi faring lainnya.

  1. Mendorong makanan ke dalam kerongkongan

Fungsi faring yang berikutnya adalah mampu membantu makanan agar bisa masuk ke dalam kerongkongan. Makanan akan dibawa ke kerongkongan melalui kerja kontraksi otot melingkar pada faring.

  1. Menyeimbangkan tekanan udara

Siapa sangka, fungsi faring berikutnya adalah membantu menyeimbangkan tekanan udara di gendang telinga. Udara dapat diseimbangkan karena faring terhubung dengan telinga bagian tengah dengan bantuan saluran eustachius.

  1. Membantu Anda bisa berbicara

Fungsi faring yang terakhir yaitu membantu Anda untuk bisa berbicara dengan lancar. Faring bekerja sama dengan otot-otot yang lain untuk membuat suara. Nantinya faring bertugas untuk memberikan suara saat kata pertama dan menyalurkan suara keluar dari mulut tersebut.

Bagian – Bagian Faring

Fungsi Faring

Fungsi Faring

Berikut ini merupakan bagian-bagian faring dalam sistem pernapasan manusia yang harus kalian ketahui, antara lain:

  1. Nasofaring

Nasofaring merupakan salah satu bagian faring yang terletak dasar  tengkorak bagian atas, di bagian bawah adalah palatum mole, ke depan adalah rongga hidung sedangkan ke belakang adalah vertebra servikal.

  1. Orofaring

Orofaring merupakan salah satu bagian faring yang biasa disebut dengan mesofaring,  batas atasnya adalah palatum mole, batas bawah adalah tepi atas epiglotis, ke depan adalah rongga mulut, ke belakang adalah vertebra servikal.

  1. Laringofaring (Hipofaring)

Laringofaring merupakan salah satu bagian faring dan memiliki batas di sebelah superior adalah tepi atas epiglotis, batas anterior ialah laring, batas inferior ialah esofagus, serta batas posterior adalah vertebra servikal.

loading...

Bila laringofaring ini diperiksa dengan kaca tenggorok pada pemeriksaan laring tidak langsung atau dengan laringoskop pada pemeriksaan laring langsung, maka struktur pertama  yang terlihat di bagian dasar lidah valekula.

Pada bagian ini terdapat dua buah cekungan yang dibentuk oleh ligamentum glosoepiglotika medial dan lateral pada tiap sisi. Valekula disebut juga kantung pil.

Struktur Faring

Fungsi Faring

Fungsi Faring

Berikut ini merupakan struktur faring yang harus jalian ketahui, antara lain:

  1. Lapisan Mukosa

Lapisan Mukosa merupakan salah satu lapisan pada faring yang memiliki sifat kuat dan elastis, pada lapisan ini ada epitel yang mempunyai sel goblet sebagai penghasil mukus (cairan kental). Mukus tersebut berfungsi melindungi dinding faring.

  1. Lapisan Fibrosa

Lapisan Fibrosa merupakan suatu jaringan yang kuat dan sedikit elastis. Jaringan ini disusun oleh serat kolagen.

  1. Lapisan Muskular (Otot)

Lapisan Muskular merupakan salah satu Otot pada faring terdiri dari otot sirkular (melingkar) serta otot memanjang (Longitudinal). Kombinasi dari kontraksi kedua otot itu akan menggerakkan makanan ke bagian pencernaan selanjutnya.

Penyakit Pada Faring

Fungsi Faring

Fungsi Faring

Berikut ini bebeerapa penyakit/gangguan pada faring yang harus kalian ketahui, antara lain:

  1. Pharynx cobblestone

Salah satu penyakit yang dapat mengganggu fungsi faring adalah pharynx cobblestone. Kondisi pharynx cobblestone diakibatkan oleh adanya iritasi di tenggorokan yang bisa memicu benjolan di lempengan di belakang mulut atau faring. Benjolan tersebut merupakan pembengkakan dari jaringan limfe.

  1. Faringitis

Faringitis adalah kondisi saat faring membengkak dan mengganggu fungsi faring sehingga menyebabkan seseorang merasa sakit dan kesulitan saat menelan. Faring akan berwarna merah dan mengeluarkan bercak-bercak putih dipermukaannya.

  1. Tonsilofaringitis

Tonsilofaringitis atau radang amandel merupakan salah satu gangguan/penyakit dalam faring dan biasanya dipicu oleh infeksi virus atau bakteri. Penyakit yang dapat mengganggu fungsi faring ini juga dapat menyebabkan seseorang merasa nyeri dan kesulitan menelan.

  1. Laryngopharyngeal Reflux

Laryngopharyngeal reflux atau LRP merupakan penyakit faring yang disebabkan oleh asam lambung yang naik melewati kerongkongan dan masuk ke faring. Penderita LRP biasanya akan mengalami sakit tenggorokan, batuk kering, dan iritasi pada laring.

  1. Kelumpuhan Pada Faring

Fungsi faring dapat terganggu karena mengalami kelumpuhan. Kelumpuhan ini dapat dipicu adanya infeksi difteria, rabies, atau polio.

  1. Kesulitan Menelan

Salah satu penyakit/gangguan pada faring yaitu kesulitan menelan makanan mauoun minuman. Kesulitan menelan ini bisa diakibatkan oleh banyak hal, seperti adanya benda yang menghalangi faring, penyakit pada esofagus, gangguan pada otak, dan lain sebagainya.

  1. Kanker Faring

Penderita kanker faring biasanya akan mengalami rasa nyeri di tenggorokan dan telinga serta sensasi adanya benjolan di tenggorokan. Kanker faring juga  terkadang bisa menyebabkan tuli. Inilah salah satu penyakit yang dapat mengganggu fungsi faring lainnya.

Nahh, itulah penjelasan mengenai fungsi faring dalam sistem pernapasan manusia yang meliputi, pengertian, fungsi, bagian-bagian, struktur dan gangguan/penyakitnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

loading...

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply