23
39

Mengetahui Fungsi Hidung Dalam Sistem Pernapasan Manusia

Fungsi Hidung – Hidung merupakan salah satu organ pada tubuh manusia yang memiliki peran yang sangat penting yakni untuk menghembuskan dan mengeluarkan udara yang kita hirup. Hidung juga memiliki bebrapa fungsi yang harus kita ketahui pada artikel ini.

Pengertian Hidung

Fungsi Hidung

Fungsi Hidung

Hidung merupakan salah satu organ masnusia yang fungsi utamanaya untuk bernapas. Fungsi hidung adalah menghirup oksigen (O2) dan sebagai jalur keluarnya karbon dioksida (CO2). Organ ini terletak di tulang tengkorak dan terdiri dari tulang rawan,  tulang, otot, dan kulit. Di dalam hidung, ada rongga hidung yang memiliki peran penting dalam proses pernapasan.

Rongga hidung memiliki fungsi untuk melembabkan, menghangatkan, dan memfilter udara yang masuk ke tubuh. Bulu dan lendir pada rongga hidung berfungsi untuk menangkap debu, spora jamur, dan zat asing udara.

Fungsi Hidung

Fungsi Hidung

Fungsi Hidung

Berikut ini merupakan beberapa fungsi hidung yang harus kita ketahui, antara lain:

  1. Sebagai pintu masuk dan keluar udara dari dan menuju paru-paru
  2. Menyaring debu dan kotoran yang berasal dari udara luar dengan menggunakan bulu hidung atau selaput lendir pada hidung.
  3. Berperan dalam resonansi suara. Operasi hidung bisa menyebabkan suara Anda berubah.
  4. Sebagai indera penciuman (pembauan).
  5. Mengatur suhu udara yang akan masuk ke sistem pernapasan.
  6. Mengatur kelembaban udara yang akan masuk ke sistem pernapasan.
  7. Mencegah benda asing masuk ke dalam sistem pernapasan. Struktur lubang hidung yang menghadap ke bawah bisa membuat benda asing sulit masuk ke dalam rongga hidung secara tidak disengaja.
  8. Mencegah partikel asing berbahaya masuk ke dalam sistem pernapasan dengan cara bersin.

Bagian – Bagian Hidung

Fungsi Hidung

Fungsi Hidung

Berikut ini merupakan bagian-bagian hidung yang perlu kita ketahui, antara lain:

  1. Lubang Hidung

Lubang hidung merupakan tempat masuknya udara, kotoran, dan kelingking kita, lubang hidung juga merupakan organ yang berhubungan langsung dengan rongga hidung. Di dalam rongga hidung, ada mukus dan bulu hidung untuk menyaring kotoran yang masuk.

  1. Rongga Hidung

Rongga hidung merupakan organ yang memiliki peran penting karena berfungsi sebagai tempat masuknya udara menuju tenggorokan. Rongga hidung juga berfungsi menjaga kelembapan, suhu, dan tekanan udara. Di rongga hidung terdapat bagian lain yakni selaput lendir dan bulu hidung (silia). Bagian rongga ini dibentuk oleh tulang tengkorak yang membentuk dinding-dinding hidung.

  1. Septum (Pemisah) Hidung

Septum merupkan pemisah antara lubang hidung yang kanan dan yang kiri. Septum atau pemisah hidung ini dilapisi dengan lendir yang berfungsi untuk mengatur suhu dan kelembapan rongga di dalamnya.

  1. Silia (Bulu Hidung)

SIlia/bulu hidung merupakan rambut-rambut yang ada pada bagian bawah serabut saraf pembau. Silia berfungsi untuk menyaring udara yang masuk. Sehingga kotoran atau debu yang masuk ke dalam hidung tidak bisa mencapat sistem pernapasan kita.

  1. Serabut Saraf Pembau

Serabut saraf pembau merupakan bagian dari hidung berfungsi sebagai penerima rangsang yang mengeluarkan bau. Inilah yang menjadi reseptor utama indera penciuman kita. Ketika ada aroma di dekat kita, saraf pembau akan menerimanya dan melanjutkannya ke otak, sehingga kita bisa mengetahui bau tersebut.

  1. Selaput Lendir

Selaput lendir adalah bagian dari hidung yang berfungsi untuk menghasilkan lendir atau ingus. Tapi jangan menganggap remeh ingus, ingus ini yang melindungi kita dari berbagai macam kotoran dan bakteri. Makanya, saat kita sedang tidak enak badan, warna dan kepadatan mukus kita berubah.

Baca Juga : Sistem Pernapasan Manusia

Nahh, itulah pembahasan mengenai fungsi hidung yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply