6
54

Fungsi Lambung : Pengertian, Enzim, Anatomi, Gangguan & Bagiannya

loading...

Fungsi Lambung – Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan pengetahuan mengenai Fungsi Lambung bagi tubuh manusia dan dalam sistem pencernaan manusia. Pastinya makanan yang masuk di tubuh kita akan mengalami proses yang panjang. Salah satu organ pada tubuh ini berperan penting dalam pencernaan makanan yaitu lambung. Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak artikel dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Lambung

Fungsi Lambung

Fungsi Lambung

Lambung adalah salah satu organ yang sangat berperan pada sistem pencernaan manusia. Lambung memiliki bentuk berotot yang ada di bagian kiri atas perut, di antara kerongkongan dan usus kecil.

Fungsi utama lambung yakni untuk menguraikan dan mencerna makanan, otot lambung terus berkontraksi serta menghasilkan enzim pencernaan dan asam lambung. Makanan yang telah dicerna oleh lambung akan dikirimkan ke usus kecil.

Baca Juga : Fungsi Hati Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Fungsi Lambung Bagi Tubuh Manusia

Fungsi Lambung

Fungsi Lambung

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi lambung yang perlu kalian ketahui, diantaranya:

loading...
  1. Membantu proses pencernaan makanan tahap dua setelah dari mulut.
  2. Mengubah protein menjadi pepton
  3. Lambung juga mencerna lemak yang masuk kedalam tubuh melalui makanan
  4. Membekukan susu dan mengeluarkan kasein
  5. Makanan yang masuk kedalam lambung akan dicampurkan dengan HCl.
  6. Mengubah makanan menjadi bentuk bubur supaya mudah di cerna
  7. Menyimpan makanan sementara
  8. Memecah molekul-molekul makanan
  9. Menciptakan campuran semicair disebut chyme
  10. Perut bisa memproduksi dan mengeluarkan sekitar 2 sampai 3 liter asam lambung per hari, terutama lambung.
  11. Asam lambung pada lambung berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada di makanan yang ada di lambung.

Anatomi Lambung Manusia

Fungsi Lambung

Fungsi Lambung

Lambung manusia ini terhubung dengan dua saluran pada masing-masing ujungnya. Ujung atas lambung terhubung dengan kerongkongan(esofagus), saluran tersebut memiliki bentuk seperti tabung yang menjadi jalur masuk makanan dari mulut.

Tempat pertemuan antara esofagus dengan lambung disebut dengan persimpangan gastroesofageal (GE). Semetara pada bagian bawah lambung terhubung dengan usus halus, organ berbentuk selang panjang yang menghubungkan lambung dengan usus besar.

Ujung pertama dari usus halus disebut dengan duodenum. Duodenum inilah yang secara langsung terhubung dengan lambung.

Bagian – Bagian Lambung

Fungsi Lambung

Fungsi Lambung

Berikut ini merupakan bagian-bagian pada lambung yang perlu kalian ketahui, diantaranya:

  1. Kardiak

Kardiak merupakan bagian ujung lambung paling atas yang langsung berhubungan dengan kerongkongan(esofagus).

Kardiak ini menjadi tempat pertama masuknya makanan setelah dari kerongkongan(esofagus). Pada ujung lambung ini terdapat sfingter kardiak atau cincin otot yang berfungsi sebagai klep untuk mencegah makanan yang telah masuk ke lambung dan kembali naik ke kerongkongan.

  1. Fundus

Fundus merupakan area yang berbentuk lengkungan bagian atas lambung yang berada di bawah diafragma. Pada bagian lambung yang satu ini menjadi tempat makanan mulai mengalami proses pencernaan.

  1. Badan lambung

Badan lambung merupakan bagian dari anatomi lambung yang paling penting, karena pada badan lambung telah menjadi tempat makanan dicerna dan diproses menjadi bentuk kecil-kecil dengan bantuan enzim lambung.

  1. Antrum

Antrum merupaan bagian terbawah dari lambung, antrum biasa disebut juga dengan antrum pilorus. Antrum memiliki fungsi sebagai tempat menampung makanan yang sudah dicerna sebelum disalurkannya ke usus halus.

  1. Pilorus

Pilorus merupakan anatomi lambung yang berada di ujung/akhir lambung  dan terhubung langsung dengan usus halus. Pada pilorus ini terdapat sfingter pilorus yang merupakan cincin otot tebal yang berfungsi sebagai katup yang mengatur keluarnya makanan dari lambung menuju duodenum.

Sfingter pilorus ini berfungsi untuk mencegah makanan yang sudah masuk kedalam duodenum agar tidak kembali ke lambung.

loading...

Baca Juga : Fungsi Kerongkongan (Esofagus) Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Lapisan Dinding Lambung

Fungsi Lambung

Fungsi Lambung

Dikutip dari University of Rochester Medical Center, lambung terdiri dari beberapa lapisan pada dinding lambung, diantaranya:

  1. Mukosa (Selaput Lendir)

Mukosa merupakan lapisan terdalam pada lambung yang langsung bersentuhan dengan makanan di dalam lambung. Ketika perut kita kosong, mukosa ini akan berbentuk seperti gerigi yang terdiri dari rugae (dinding-dinding yang berkerut).

Rugae ini akan memipih ketika lambung sudah dipenuhi oleh makanan. Lapisan mukosa ini menghasilkan dua zat pencernaan, yakni asam klorida dan pepsin guna untuk membantu lambung dalam mencerna makanan.

  1. Submukosa

Submukosa merupakan  lapisan lambung yang terdiri atas jaringan ikat yang diamana jaringan ikat ini mengandung pembuluh darah, pembuluh getah bening, sel-sel saraf, dan serat tubuh.

  1. Muscularis Propria (Muscularis Eksterna)

Muscularis Propria merupakan lapisan lambung yang menutupi submukosa. Muscularis propia terdiri dari 3 lapisan otot sekaligus, antara lain lapisan otot melingkar, memanjang, dan menyerong yang membantu mencerna makanan dengan enzim pencernaan.

  1. Serosa

Serosa merupakan  lapisan terluar lambung yang memiliki fungsi untuk melindungi lambung dari gesekan dengan organ lainnya. Lapisan serosa ini biasa disebut juga dengan peritoneum viseral.

Enzim Pada Lambung

Fungsi Lambung

Fungsi Lambung

  1. Enzim Pepsin

Enzim Pepsin merupakan salah satu enzim pada lambung yang dihasilkan oleh kelenjar di lambung berupa pepsinogen. Nantinya pepsinogen ini akan bereaksi dengan asam lambung menjadi pepsin.

Cara kerja enzim pepsin yakni mengubah protein menjadi pepton dengan bantuan enzim pepsin.  Enzim pepsin ini akan memecah molekul protein yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana yaitu pepton. Molekul pepton perlu dipecah lagi supaya bisa dibawa oleh darah.

  1. Enzim Renin

Enzim Renin ini berbeda dengan enzim pepsin, enzim ini dihasilkan oleh kelenjar di dinding lambung. Fungsi enzim renin yaitu untuk mengendapkan kasein dari air susu.

Kasein merupakan protein susu, sering disebut keju. Setelah kasein diendapkan dari air susu maka zat dalam air susu bisa dicerna.

  1. Asam Khlorida

Asam khlorida biasa dikenal dengan sebutan asam lambung, dihasilkan oleh kelenjar didalam dinding lambung. Asam khlorida berfungsi untuk membunuh mikroorganisme tertentu yang masuk bersama-sama dengan makanan. Produksi asam khlorida yang tidak stabil dapat menyebabkan sakit pada lambung.

Gangguan Pada Lambung

Fungsi Lambung

Fungsi Lambung

Berikut ini merupakan beberapa gangguan/peyakit pada lambung yang perlu kalian ketahui, diantaranya:

  1. Penyakit Gastroesophageal Reflux (GERD)

Penyakit GERD merupakan salah satu penyakit/gangguan pada lambung dan terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan(esofagus). Ketika hal tersebut terjadi, rasa sakit akan terasa hingga membakar bagian tengah dada kamu.

GERD umumnya terjadi setelah makan siang atau makan malam. Gejala yang timbul ketika seseorang yang terkena GERD akan mengalami mulas yang terus-menerus, bau mulut, mual, nyeri di dada, sampai sulit untuk menelan makanan.

  1. Gastritis

Gastritis merupakan sebuah kondisi dimana lambung sedang mengalami peradangan karena asam lambung yang terlalu kuat, sehingga dapat merusak lapisan pelindung tersebut.

Umumnya, gastritis ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti alkohol, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), sampai infeksi dari bakteri H. pylori.

Selain rasa sakit pada perut bagian atas, gejala lainnya yang bisa terjadi ialah perasaan kembung, nafsu makan berkurang, mual dan muntah, hingga lebih cepat kenyang.

  1. Gastroparesis

Gastroparesis merupakan salah satu gangguan pada lambung yang terjadi karena lambung mengalami perlambatan saat mencerna makanan. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada fungsi lambung yang disebabkan karena otot-otot pada dinding lambung tidak bekerja secara maksimal.

Akibatnya, fungsi lambung untuk mencerna makanan jadi terganggu. Gangguan ini biasanya terjadi pada pengidap diabetes. Gejala yang timbul pada seseorang yang mengidap gastroparesis yaitu perut akan mengalami kram, selalu merasa kenyang, sampai muntah setelah makan.

Apabila sudah parah, orang yang mengidapnya akan mengalami penurunan berat badan. Penyakit ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Dispepsia

Dispepsia merupakan gejala-gejala yang timbul karena adanya penyakit pada bagian perut atas. Gejala yang timbul yaitu perut terasa tidak nyaman, mudah kenyang, terasa nyeri pada hati sehabis makan, kembung, dan merasakan mual sampai muntah.

Hal ini biasanya berhubungan dengan gastritis, tukak lambung, sampai kanker lambung. Gangguan ini bisa diatasi dengan pola makan yang sehat dan menghindari gejala yang bisa menyebabkannya.

Baca Juga : Fungsi Mulut Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Nahh, itulah penjelasan mengenai Fungsi Lambung yang meliputi, Pengertian, Bagian-Bagian, Anatomi, Lapisan Dinding, Enzim & Gangguan/Penyakit pada lambung yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin

loading...

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply