15
42

Fungsi Laring : Pengertian, Struktur, Bagian & Penyakitnya

Fungsi Laring – Pada kesempatan kali ini Admin akan memberikan pengetahuan tentang fungsi laring pada sistem pernapasan manusia. Sebelumnya kita sudah membahas fungsi faring yang merupakan urutan dari sistem pernapasan manusia. Apa kalian sudah tau fungsi laring pada tubuh? Jika belum, langsung saja kita simak artikel berikut ini dengan seksama.

Pengertian Laring

Fungsi Laring

Fungsi Laring

Laring adalah salah satu organ pada pernapasan manusia. Fungsi laring di saluran udara yakni untuk melindungi organ berikutnya dan untuk mengatur masuknya udara ke dalam trakea. Saat trakea menempel pada kerongkongan (organ sistem pencernaan), bisa dikatakan bahwa laring juga berperan dalam menjaga keamanan sistem pencernaan manusia.

Baca Juga : Fungsi Faring Dalam Sistem Pernapasan Manusia

Fungsi Laring

Fungsi Laring

Fungsi Laring

Berikut ini merupakan fungsi laring dalam sistem pernapasan manusia yang perlu kita ketahui, antara lain:

  1. Dapat Menghasilkan suara

Fungsi utama laring adalah dapat membentuk suara pada manusia dengan melibatkan sejumlah organ tubuh yang akan terlibat untuk menghasilkan suara pada paru-paru dengan berjalannya pada rongga hidung.

Ada 3 Proses pembentukan nya, antara lain:

  • Sumber suara
  • Vibrator
  • Resonator
  1. Melindungi Saluran Pernapasan

Fungsi laring selanjutnya yakni melindungi saluran pernapasan. Pada dasaran laring ada epligotis yang akan berfungsinya menjadi katup laring dengan membuka ataupun menutup trakea dengan melindungi saluran pernapasan dari benda asing.

Berikut merupakan upaya untuk mencegah nya perlu melakukan beberapa hal, antara lain:

  • Kunyah makanan hingga halus.
  • Tidak makan ketika bicara.
  • Tidak memberikan minuman saat anak menangis
  • Hindari banyak makanan.
  • Makanlah dengan posisi duduk.
  • Dudukkanlah 10 menit setelah makan serta atur saluran pernapasan.
  1. Mengarahkan Makanan Saat Masuk Pada Tubuh

Fungsi lainnya yakni dapat berfungsi sebagai mengarahkan makanan ke kerongkongan dengan menelan makanan yang akan menempatkan epiglotis pada saat makanan masuk langsung dari kerongkongan sehingga bisa melindungi tubuh manusia dari beberapa makanan yang masuk yang akan menyebabkan sakit di tenggorokan.

  1. Menghubungkan Trakea dan Faring

Laring juga berfungsi untuk menghubungkan trakea dengan tenggorokan ketika mulut mulai menelan makanan sehingga makanan masuk ke trakea akan dapat terkontrol dengan baik dan berfungsi untuk memahami tubuh manusia.

  1. Melindungi tabung trakea

Fungsi dasar yang ada pada laring adalah mampu mencegah masuknya makanan atau air selama makanan belum memperoleh saringan dari Epligotis secara otomatis akan menutup tabung trakea.

Struktur dan Bagian-Bagian Laring

Fungsi Laring

Fungsi Laring

Berikut ini merupakan Struktur dan Bagian-Bagian Laring dalam sistem pernapasan manusia, antara lain:

  1. Jaringan Epitel

Jaringan epitel merupakan salah satu bagian laring jaringan epitel yang membentuk laring, tetapi sebagian besar adalah epitel silinder bersilia. Epitel lain merupakan epitel datar yang membentuk epiglotis.

  1. Jaringan Binding/Ikat

Jenis-jenis jaringan penghubung di laring adalah:

  • Lamina Propia

Merupakan bagian dari membran basal pada lapisan epitel, yang berfungsi untuk menghubungkan lapisan epidermis dengan jaringan lain. Lamina propria ini mengandung kartilago laring, yang mengalami kalsifikasi seiring bertambahnya usia.

  • Ligamen

Ligamen adalah sekelompok jaringan ikat padat yang menghubungkan otot ke tulang. Bundel pita membentuk pita suara yang menghasilkan suara.

  1. Tulang Rawan (Cartilage)

Tulang rawan merupakan salah satu bagian laring dan umumnya yang membentuk laring adalah tulang rawan hialin. Tulang rawan bertugas sebagai dukungan struktural dan fungsional untuk laring. Ada beberapa tulang rawan yang membentuk sebuah laring, yaitu Tulang rawan besar dan tidak berpasangan,antara lain:

  • Krikoid
  • Kelenjar gondok
  • Katup nafas
  • Tulang rawan kecil berpasangan
  • Arytenoide
  • Corniculate
  • Runcing
  1. Jaringan Otot

Otot-otot yang membentuk laring adalah otot rangka (otot bergaris) yang dapat dipindahkan sesuai keinginan kita. Otot-otot ini merupakan bagian dari pita suara bersama dengan ligamen. Getaran untuk menghasilkan suara adalah hasil dari gesekan pita suara dengan otot dan ligamen ini dengan udara yang masuk.

  1. Jakun

Jakun adalah kelenjar tiroid yang luar biasa di leher seorang pria. Ada juga yang menjadi awal bagi wanita, tetapi tidak terlalu besar. Rahang sendiri terletak pada tulang rawan tiroid, tempat pertemuan dari 2 tulang rawan hialin.

  1. Penutup Tenggorokan

Epiglotis adalah susunan tulang rawan yang terletak di belakang lidah dan di depan laring. Epiglottis biasanya memiliki bentuk ke atas, sehingga udara nantinya bisa mencapai saluran pernapasan. Jika termakan, epiglotis akan mengarah ke bawah untuk menutup jalan napas dan membawa makanan ke kerongkongan.

Penyakit Pada Laring

Fungsi Laring

Fungsi Laring

Berikut ini beberapa penyakit pada laring yang harus kalian ketahui, antara lain:

  1. Laringitis

Laringitis merupakan peradangan yang terjadi pada laring. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya penggunaan suara yang berlebihan, iritasi, ataupun infeksi. Gejala laringitis yang paling umum ialah suara serak/melemah, kehilangan suara, tenggorokan kering, sensasi geli di tenggorokan, dan batuk kering.

Umumnya gejala laringitis ini bersifat ringan dan bisa sembuh sendiri. Yang dibutuhkan hanya mengistirahatkan suara agar sembuh serta minum air cukup. Namun inflamasi laring juga bisa berlangsung lama sampai berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Kondisi ini disebut dengan laringitis kronis.

Dengan kebiasaan merokok, penyakit asam lambung naik, bronkitis, dan alergi merupakan beberapa pemicu laringitis kronis.

  1. Croup

Peradangan pada laring ini biasanya menyerang pada anak-anak. Gejala yang biasa dikeluarkan yakni batuk yang terdengar seperti suara gonggongan. Batuk ini biasanya terjadi pada malam hari.

Penyakit croup juga bisa disertai dengan gejala berupa suara berisik saat bernapas (stridor), suara yang serak, ruam, mata merah dan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Penyebab croup ini bisa infeksi virus ataupun infeksi bakteri. Penyakit ini bisa dihilangkan/diredakan dibutuhkan istirahat, pemberian cairan, dan paracetamol untuk meredakan nyeri.

Apabila ada kendala pada pernapasan, dokter mungkin akan meresepkan/membuatkan obat kortikosteroid. Dalam kasus yang parah, croup pada anak ini membutuhkan perawatan di rumah sakit agar fungsi laring bisa dikembalikan seperti sedia kala.

  1. Kelumpuhan Pita Suara

Kelumpuhan pita suara terjadi ketika pita suara tidak bisa bergerak. Kondisi ini dikarenakan oleh kerusakan saraf, dan bisa membuat seseorang sulit berbicara.

Orang yang mengalami kelumpuhan pita suara biasanya merasakan suara serak, volume suara yang menjadi pean, sakit pada tenggorokan saat berbicara dan mudah tersedak.

Cara mengatasinya kelumpuhan pita suara biasanya terdiri dari terapi dan operasi. Dokter akan menentukan langkah pengobatan yang tepat untuk pasien dengan melihat penyebab, tingkat keparahan gejala, serta durasinya.

  1. Polip dan Nodul Pita Suara

Polip dan nodul pita suara merupakan adanya benjolan pada pita suara. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penggunaan suara yang berlebihan (misalnya, sering berteriak) dan kebiasaan merokok.

Untuk mengatasi kondisi ini, tindakan pembedahan bisa menjadi pilihan. Sementara untuk nodul pada pita suara anak biasanya bisa diatasi dengan terapi suara.

  1. Kanker Laring

Penyakit selanjutnya Kanker Laring. Penyakit ini yang memiliki dua tipe, yaitu karsinoma sel skuamosa dan karsinoma verucosa. Penyebab kanker laring biasanya adalahorang yang  kebiasaan merokok.

Gejala kanker laring ini mulanya berupa suara serak yang lalu diikuti batuk keringatau batuk darah. Lambat-laun, pasien bisa mengalami kesulitan bernapas dan menelan. Prosedur medis untuk menangani kanker laring adalah dengan radioterapi, kemoterapi, dan operasi.

Baca Juga : Fungsi Hidung Dalam Sistem Pernapasan Manusia

Nahh, itulah penjelasan mengenai fungsi laring yang meliputi pengertian, struktur, bagian & penyakitnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply