2
27

Fungsi Mulut : Pengertian, Fungsi, Gangguan, Struktur & Bagiannya

loading...

Fungsi Mulut – Dalam kehidupan sehari-hari, mulut sangat aktif dalam semua aktivitas manusia. Fungsi utamanya adalah untuk berkomunikasi dan berbicara di antara orang-orang. Setiap orang tidak hanya berbicara untuk bernyanyi, tetapi juga memiliki suara yang berbeda.

Pengertian Mulut

Fungsi Mulut

Fungsi Mulut

Mulut adalah awal dari proses pencernaan makanan, di mulut juga ada proses kimia melalui air liur, yang kemudian mencapai perut melalui kerongkongan. Mulut juga merupakan salah satu sistem pencernaan manusia dan organ pertama yang masuk kedalam proses pencernaan dan berhubungan langsung dengan bagian luar tubuh. Mulut berfungsi sebagai tempat masuknya makanan dan udara.

Makanan yang masuk ke dalam mulut nantinya akan melewati saluran pencernaan yang lain, dicerna dan diserap di usus, dan selanjutnya sisa makanan tersebut akan di keluarkan melalui anus. Didalam mulut ada beberapa komponen penting, diantaranya  gigi, lidah dan kelenjar liur.

Fungsi Mulut 

Fungsi Mulut

Fungsi Mulut

                                                   

Berikut ini adalah fungsi mulut manusia antara lain:

loading...
  1. Sebagai alat berbicara.
  2. Menjadi salah satu bagian dari sistem pencernaan
  3. Menjadi tempat keluarnya nafas selain hidung.
  4. Sebagai tempat mengunyah dan menggiling makanan
  5. Merasakan makanan
  6. Menelan makanan
  7. Sebagai tempat pertama untuk makanan masuk pada pencernaan

Bagian – Bagian Mulut

Fungsi Mulut

Fungsi Mulut

  1. Mulut

Mulut memiliki dua struktur seluler & otot yang membentuk pintu masuk ke mulut. Bibir menandai transisi dari kulit membran mukosa lembab.

  1. Gigi

Gigi berfungsi untuk menghaluskan makanan yang masuk ke mulut. Penghalusannya menurut teori 21 kali pengunyahan. Tetapi apabila makanan yang sedikit lembek maka akan cepat halus.

  1. Lidah

Lidah merupakan bagian untuk memudahkan makanan yang masuk dan sebagai indra perasa. Tanpa lidah kita tidak akan pernah merasakan asin, asam, manis, dan pahit.

  1. Gusi

Langit-langit pada mulut dan memisahkan mulut dari rongga hidung. Langit-langit terdiri dari 2 bagian yang sangat berbeda. Selama proses menelan, langit-langit lunak dan uvula akan bergerak ke atas agar makanan tidak langsung masuk ke rongga hidung dan ke orofaring.

  1. Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah merupakan kelenjar kecil, bisa ditemukan pada bagian mulut yang menghasilkan air liur. Semuanya terletak di bawah selaput lendir. Kelenjar ludah terbesar yakni kelenjar parotid yang terletak pada setiap sisi, hanya didepan telinga.

Struktur Mulut

Fungsi Mulut

Fungsi Mulut

Struktur Utama Mulut, meliputi:

  • Bibir

Ada dua struktur seluler untuk masuk ke mulut. Bibir menandai transisi dari kulit lembab ke selaput lendir.

  • Ruang Depan

Tempat antara bibir dan pipi dan gigi serta gusi. Ruang depan disimpan lembab oleh sekresi dari kelenjar ludah parotid, yang terletak di depan telinga dan di belakang sudut rahang.

  • Rongga Mulut

Rongga mulut dibatasi oleh beberapa struktur. Lengkungan alveolar (struktur tulang bergigi) mengelilingi rongga mulut di depan dan di samping – rasanya keras dan lembut di bagian atas dan lidah terletak di bawahnya. Rongga mulut tetap lembab karena sekresi dari kelenjar liur submaxillary dan sublingual, yang terletak di bagian bawah mulut di bawah lidah.

  • Gusi

terdiri dari jaringan berserat dan padat yang melapisi lengkung alveolar dan memeluk gigi.

  • Gigi

Seseorang memiliki dua gigi seumur hidup. Rata-rata anak memiliki 20 set susu lengkap atau gigi susu pada usia tiga tahun. Gigi susu mulai rontok sekitar usia enam hingga tujuh tahun dan secara bertahap digantikan oleh gigi permanen (atau sekunder atau dewasa). Pada sekitar 21 tahun, rata-rata orang memiliki 32 gigi permanen – 16 di rahang atas dan 16 di rahang bawah.

loading...

Gangguan – Gangguan Mulut

Fungsi Mulut

Fungsi Mulut

Berikut ini merupakan beberapa gangguan mulut diantaranya:

  • Halitosis (bau mulut)
  • Sindrom mulut kering
  • ulkus mulut
  • kanker mulut
  • Sumbing dan bibir sumbing
  • Infeksi seperti sariawan, herpes (sakit sariawan) atau tonsilitis
  • Masalah Tongue seperti permukaan retak atau dilapisi
  • Masalah gigi seperti gigi berlubang atau dampak gigi bungsu

Nahh, itulah penjelasan mengenai Fungsi Mulut yang meliputi, Pengertian, Struktur, Gangguan, Bagian & Fungsinya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua. Aamiin

loading...

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply