3
20

Fungsi Pankreas : Pengertian, Struktur, Gangguan & Gambarnya

loading...

Fungsi Pankreas РPada kesempatan kali ini admin akan memberikan pengetahuan mengenai Fungsi Pankreas pada tubuh manusia dan sistem pencernaan. Salah satu organ manusia yakni pankreas memiliki peran penting dalam sistem kelenjar pencernaan. Oleh karna itu untuk mengetahui proses pencernaan yang ada di pankreas mari kita simak artikel ini dengan seksama.

Pengertian Pankreas

Fungsi Pankreas

Fungsi Pankreas

Pankreas merupakan salah satu organ yang juga berperan penting pada sistem pencernaan manusia. Letak pankreas berada di rongga perut, tepatnya ada di bagian sebelah kiri atas perut. Bagian atas dari pankreas ini posisinya menempel dengan duodenum atau usus dua belas jari.

Pankreas memiliki bentuk memanjang dengan ukuran 18-25 cm. Tugas utama pankreas adalah untuk menghasilkan enzim dan hormon yang tujuannya untuk menghancurkan makanan yang masuk ke dalam perut.

Baca Juga : Fungsi Lambung Pada Sistem Pencernaan Manusia

Struktur Pankreas

Fungsi Pankreas

Fungsi Pankreas

  1. Struktur pankreas terdapat dalam 4 bagian utama yaitu kepala, leher, badan dan ekor. Berikut ini penjelasannya.
  2. Kepala Pankreas bagian yang terlibat menempel langsung pada usus halus kepala merupakan bagian terluas dari pankreas.
  3. Leher PankreasBagian pankreas dengan ukuran panjang sekitar 2.5 cm dan terletak diantara kepala dan badan.
  4. Badan PankreasBagian yang berada diantara leher dan ekor, hal ini merupakan bagian paling penting pada pankreas.
  5. Ekor PankreasBagian meruncing yang ada di perut kiri, bagian ekor merupakan bagian terakhir dari tubuh pankreas.
  6. Saluran Pankreas (Duktus Pankreatikus)  yang tergabung dengan duktus koledukus ( saluran empedu ) dan bermuasa di usus 12 jari ( duodenum ). Saluran pankreas akan mengeluarkan sejumlah enzim dari pankreas untuk membantu sistem pencernaan.

Fungsi Pankreas

Fungsi Pankreas

Fungsi Pankreas

loading...

Dibawah ini terdapat 2 fungsi pankreas yakni fungsi eksokrin dan fungsi endokrin dengan penjelasannya.

  1. Fungsi Eksokrin Pankreas

Dalam tubuh kita tardapat kelenjar eksokrin, yaitu kelenjar yang dapat menghasilkan satu produk yang dialirkan melalui saluran ke jaringan tubuh lainnya.

Fungsi pankreas sebagai kelernjar eksokrin adalah dapat memproduksi enzim yang didistribusikan ke saluran pencernaan. Setiap enzim yang dihasilkan nantinya akan memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Beberapa enzim pencernaan yang dihasilkan antara lain:

  1. Enzim NaCHO3

Enzim NaCHO3 merupakan sebuah cairan yang memiliki fungsi memberikan suasana basa di makanan yang masuk ke dalam duodenum karena makanan berasal dari lambung yang sifatnya asam akibat pengaruh dari asam lambung. Jika makanan terus bersifat asam melewati usus, hal tersebut bisa melukai dinding usus dan menyebabkan enzim dari getah pankreas tidak aktif lagi.

  1. Enzim Lipase Pankreas

Enzim Lipase Pankreas merupakan enzim yang memiliki fungsi memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Tidak hanya itu, enzim lipase juga berfungsi mengatur simpanan lemak untuk tidak terlalu berlebihan didalam tubuh.

  1. Enzim Tripsinogen

Enzim Tripsinogen merupakan komponen Proteinase ( pemecah ) protein yang belum aktif dan saat aktif dia akan berubah menjadi enzim tripsin yang berfungsi memecah pepton tersebut menjadi beberapa asam amino.

  1. Enzim Amilase Pankreas

Enzim Amilase Pankreas merupakan sebuah enzim yang memiliki fungsi mengubah amilum yang merupakan polisakarida menjadi monosakarida ( zat gula yang sangat sederhana ). Hal ini bisa terjadi karena tubuh hanya bisa menyerap gula dalam bentuk monosakarida.

  1. Enzim Karbohidrase Pankreas

Enzim Karbohidrase Pankreas merupakan salah satu enzim yang memiliki fungsi untuk memecah gula dalam makanan. Enzim ini juga berfungsi memecah disakarida menjadi 2 monosakarida ( bentuk gula paling sederhana ).

Kaerna tubuh hanya mampu dapat menyerap gula pada bentuk monosakarida, Contohnya ialah lactase, sukrase, maltase, dll.

  1. Fungsi Endokrin Pankreas

Dalam tubuh manusia terdapat langerhans yang memiliki perna dalam menjalankan fungsi Endokrin pankreas. Pula langerhans adalah kelompok sel-sel yang tersebar di seluruh organ pankreas yang kaya dengan pembuluh darah dan menyusun 1-2% seluruh dari masa pankreas.

Langerhans terbagi dari 4 jenis sel yang mana setiap selnya dapat menghasilkan hormon yang beragam dan setiap hormon memiliki fungsi yang beragam pula. Macam-macam sel tersebut ialah sebagai berikut.

  1. Sela Alfa Pankreas

Sel Alfa Pankreas merupakan salah satu sel yang dapat menghasilkan hormone glucagon. Fungsi hormone glucagon yaitu untuk meningkatkan kadar gula dalam darah dan memecah cadangan gula dalam hati yang nantinya akan dibawa ke darah.

loading...
  1. Sel Beta Pankreas

Sel Beta Pankreas merupakan salah satu sel yang dapat menghasilkan hormone insulin. Fungsi hormone insulin yaitu untuk menurunkan kadar gula dalam darah, apabila kadar gula dalam darah berlebihan maka insulin akan menyimpan gula berlebih tersebut ke dalam hati. Apabila hormone ini tidak ada atau kurang maka orang itu akan terkena penyakit diabetes militus.

  1. Sel F Pankreas(Sel Gamma Pankreas)

Sel F Pankreas merupakan sel yang dapat menghasilkan polipeptida pankreas.Fungsi polipeptida yaitu untuk memperlambat penyerapan makanan.

  1. Sel Delta Pankreas

Sel Delta Pankreas merupakan salah satu sel yang dapat menghasilkan somatostatin. Fungsi hormone hematostatin yaitu untuk menghambat sekresi Glukagon oleh sel alfa pankreas dan menghambat sekresi insulin oleh sel beta pankreas serta menghambat produk polipeptida oleh sel F Pankreas.

Baca Juga : Fungsi Hati Pada Sistem Pencernaan Manusia

Fungsi Pankreas Secara Umum

Fungsi Pankreas

Fungsi Pankreas

Dibawah ini merupakan fungsi pankreas secara umum, diantaranya:

  1. Sebagi kelenjar eksorin atau kelenjar mensekresikan zat-zat tertentu tanpa dengan melalui pembuluh darah.
  2. Sebagai kelenjar endokrin atau kelenjar yang mampu mensekresikan zat-zat tertentu melalui pembuluh darah
  3. Memiliki peran menjaga keseimbangan kadar gula tubuh
  4. Menghasilkan cairan pankreas untuk proses pencernaan dalam saluran pencernaan
  5. Berperan untuk menjaga keseimbangan lemak tubuh
  6. Memiliki peran metabolism baik dengan anabolisme ataupun kataboisme gula dan bentuk lainnya
  7. Berfungsi dalam metabolism lemak
  8. Sebagai penghasil berbagai protease seperti tripsin, amylase dan lipase untuk membantu proses pencernaan.

Gangguan Pankreas

Fungsi Pankreas

Fungsi Pankreas

  1. Pankreatitis

Pankreatitis merupakan kondisi dimana pankreas bisa rusak dan terjadilah peradangan akibat dari zat-zat pencernaan tersebut. Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab dari kondisi ini. Tetapi umumnya, pankreastitis dikarenakan banyak mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dan juga adanya penyakit batu empedu.

  1. Fibrosis sistik

Gangguan pankreas yang kedua adala fibrosis sistik. Gangguan ini merupakan gangguan genetik yang bisa merusak paru-paru dan sistem pencernaan. Kondisi ini cukup berbahaya bahkan bisa mengancam nyawa seseorang.

  1. Kanker Pankreas

Penyakit selanjutnya adlaah kanker pankreas. Gangguan ini bisa disebakan oleh beberapa faktor seperti faktor genetik, kebiasaan merokok, dan juga konsumsi alkohol berlebih. Dari beberapa jenis sel yang ada di pankreas, sel yang sangat berpotensi menjadi kanker ialah sel yang ada di saluran pankreas.

Kanker pankreas adalah penyakit yang cukup mematikan. Hal yang lebih membuatnya berbahaya adalah karena gejala awalnya sering kali tidak terlihat sehingga sulit untuk mendiagnosa penyakit yang satu ini.

  1. Kista Pankreas

Gangguan selanjutnya adalah kista atau pseudokista pankreas. Gangguan ini dapat terjadi akibat terbentuknya rongga berisi cairan yang terbentuk akibat adanya pankreatitis. Rongga tersebut mengandung cairan yang disebut psudokista.

  1. Diabetes

Gangguan pada pankreas juga bisa menyebabkan penyakit diabetes. Seorang penderita diabetes tipe 1, pankreas tidak mampu melepaskan dan memproduksi insulin yang diperlukan tubuh. Selain itu, insulin juga tidak bisa bekerja dengan baik sehingga kadar gula naik.

Sedangkan seorang penderita diabetes tipe 2, pankreas tidak mampu lagi memproduksi insulin karena sistem imun tubuhnya sudah menyerang sel-sel pankreas. Hal ini lah yang menyebabkan penderita diabetes tipe 2 memerlukan suntikan insulin terus-menerus.

Baca Juga : Fungsi Kerongkongan (Esofagus) Pada Sistem Pencernaan Manusia

Nahh, itulah penjelasan seputar Fungsi Pankreas yang meliputi, Pengertian, Struktur, Fungsi Umum & Gangguan nya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin

loading...

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply