10
75

Fungsi Plasma Darah : Pengertian, Kandungan, Susunan & Komponen

Fungsi Plasma Darah – Pada kesempatan kali ini Admin akan memberikan pengetahuan tentang fungsi plasma darah pada tubuh manusia yang mana fungsi plasma darah ini memiliki peran yang sangat penting. Apa kalian tau fungsi plasma darah bagi tubuh manusia?, Jika belum mari kita simak artikel berikut ini dengan seksama.

Pengertian Plasma Darah

Fungsi Plasma Darah

Fungsi Plasma Darah

Plasma darah adalah salah satu bagian cairan yang kut tergabung dengan darah. Cairan yang aslinya berwarna sedikit kuning ini merupakan larutan garam-protein yang mana sel darah merah, darah putih, dan trombosit berada di dalamnya. Warnanya menjadi terlihat merah karena banyaknya sel darah merah dalam darah kita.

Cairan plasma darah ini mengandung 90 persen air dan 10 persen nya merupakan zat-zat lain yang akan dialirkan ke seluruh tubuh. Dan merupakan komponen darah terbanyak pada manusia yaitu menyumbang sekitar 55 persen dari total volume darah, sisanya yang 45 persen diisi oleh sel-sel darah.

Di dalam plasma darah juga terkandung berbagai zat yang meliputi protein darah, komponen penggumpalan, hormon, dan zat gizi dari makanan. Contohnya albumin (penyusun protein utama), fibrinogen (bertanggung jawab untuk pembekuan darah) dan globulin (termasuk antibodi).

Banyaknya komponen penyusunnya inilah yang membuat fungsi plasma darah memiliki peran yang sangat penting. Mulai dari mempertahankan tekanan darah dan volume yang stabil sampai memasok protein penting untuk pembekuan dan imunitas.

Baca Juga : Fungsi Sel Darah Putih

Fungsi Plasma Darah

Fungsi Plasma Darah

Fungsi Plasma Darah

Berikut ini merupakan fungsi plasma darah yang harus kalian ketahui, antara lain:

  1. Mengangkut Air

Plasma darah sebdiri mengandung 90 persen air, hal ini menunjukkan bahwa fungsi plasma darah mengangkut air dan sekaligus menyebarkannya ke seluruh tubuh.

Air di dalam aliran darah ini masuk dan keluar ke jaringan tubuh dengan hukum keseimbangan dan diregulasi secara otomatis oleh tubuh kita.

Bersama dengan air, di dalamnya terlarut zat-zat penting seperti glukosa yang digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai sumber energi, asam amino serta ion-ion.

  1. Mengangkut Nutrisi

Fungsi plasma juga dapat mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh. Setelah makanan tersebut dicerna di lambung dan usus, maka akan menghasilkan sari-sari makanan dengan struktur molekul yang lebih sederhana.

Misalnya, protein dipecah menjadi asam amino, lipid (lemak) menjadi asam lemak, dan karbohidrat menjadi glukosa. Nutrisi ini akan diserap oleh saluran cerna dan dialirkan ke pembuluh darah untuk menuju hati.

Dari hati zat-zat nutrisi yang telah diolah ini disebarkan melalui plasma darah ke sel-sel di seluruh tubuh di mana nutrisi tersebut dimanfaatkan untuk menjaga fungsi pertumbuhan dan kesehatan.

  1. Membuang Limbah

Selain mengangkut nutrisi, fungsi plasma darah lainnya juga mengangkut produk limbah, seperti asam urat, kreatinin dan ammonium, dari sel-sel tubuh untuk menuju ginjal. Ginjal akan menyaring limbah ini dari plasma dan mengeluarkannya dari tubuh.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Menurut Science Encyclopedia, sekitar 7 persen plasma darah merupakan protein. Protein yang ditemukan dalam konsentrasi tertinggi dalam plasma ialah albumin, protein penting untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan. Konsentrasi albumin yang tinggi ini penting untuk menjaga tekanan osmotik darah.

Albumin juga ada dalam cairan yang mengelilingi sel, yang dikenal sebagai cairan interstisial. Konsentrasi albumin dalam cairan ini lebih rendah daripada yang ada pada plasma darah. Maka daripada itu, air tidak bisa berpindah dari cairan interstisial ke dalam darah.

Apabila plasma darah tidak mengandung begitu banyak albumin, air akan masuk ke dalam darah, meningkatkan volume darah dan menyebabkan peningkatan tekanan darah yang akan membuat jantung bekerja lebih keras.

  1. Menjaga Keseimbangan pH

Plasma darah mengandung garam, yang disebut juga dengan elektrolit di seluruh tubuh. Garam-garam ini, meliputi natrium, kalsium, potasium, magnesium, klorida dan bikarbonat, yang penting bagi banyak fungsi tubuh.

Tanpa garam tersebut, otot tidak akan berkontraksi dan saraf tidak akan bisa mengirim sinyal ke otak dan dari otak.

  1. Antibodi untuk Pertahanan Tubuh

Plasma darah akan membawa protein lain selain albumin ke seluruh tubuh yakni meliputi imunoglobulin dan fibrinogen.

Imunoglobulin, juga dikenal sebagai antibody yang merupakan protein yang mampu melawan zat asing, seperti bakteri, yang menyerang tubuh. Karena itu, plasma darah saat ini sedang diteliti karena bisa jadi kandidat kuat untuk pengobatan covid-19.

  1. Pembekuan Darah

Fibrinogen adalah protein yang dibutuhkan untuk membantu platelet (sel dalam darah) membentuk bekuan darah. Dengan membawa protein ini, plasma akan memainkan peran penting nya dalam mempertahankan tubuh pada infeksi dan kehilangan darah.

  1. Mengedarkan Hormon.

  2. Membantu Penyembuhan luka.

  3. Sebagai Pengatur Suhu Tubuh.

Kandungan Plasma Darah

Fungsi Plasma Darah

Fungsi Plasma Darah

Berikut ini merupakan Kandungan Plasma Darah yang harus kalian ketahui, antara lain:

  1. Mengandung suatu zat Makanan dan juga Mineral , ialah seperti gliserin, glukosa, kolesterol, asam amino, garam mineral, asam lemak dan lain sebagainya
  2. zat-zat yang dihasilkan dari sel-sel tersebut yaitu enzim, antibodi, dan juga hormon.
  3. Kandungan protein yang terdapat pada plasma darah ini yaitu, antheofilik, tromboplastin, gamaglobulin, protrombin & albumin fibrinogen
  4. terdapat Karbon dioksida, oksigen, dan juga nitrogen
  5. terdapat Asam Urat, Urea

Susunan Plasma Darah

Fungsi Plasma Darah

Fungsi Plasma Darah

Berikut ini merupakan Susunan Plasma Darah yang harus kalian ketahui, antara lain:

  1. Protein plasma, terdiri dari albumin, globulin, dan fibrinogen.
    Albumin berfungsi untuk menjaga volume dan tekanan darah pada tubuh.
    Globulin berfungsi untuk melawan bibit penyakit (sehingga sering disebut immunoglobulin). Ketiga protein ini dihasilkan oleh hati dengan konsentrasi 8%.
  2. Garam (mineral) plasma dan gas terdiri dari O2 dan CO2 dengan Konsentrasi garam kurang dari 1%. Garam ini diserap oleh usus dan berfungsi untuk menjaga tekanan osmotik dan pH darah. Adapun gas diserap dari jaringan paru-paru. O2 berfungsi untuk pernapasan sel dan CO2 merupakan sisa metabolism pada tubuh.
  3. Zat-zat makanan terdiri atas lemak, glukosa, dan asam amino sebagai makanan sel. Zat makanan ini diserap dari usus.
  4. Sampah nitrogen hasil metabolisme terdiri atas urea dan asam urat. Sampah-sampah ini diekskresikan oleh ginjal.
  5. Zat-zat lain seperti hormon, vitamin, dan enzim yang berfungsi untuk membantu metabolism pada tubuh. Zat ini dihasilkan oleh bermacam- macam sel.

Komponen Plasma Darah

Fungsi Plasma Darah

Fungsi Plasma Darah

Komponen penyusun darah terdiri dari plasma darah (cairan) dan sel-sel penyusun darah.Darah terdiri daripada beberapa jenis korpuskula (sel-sel darah) yang membentuk 45% bagian dari darah.

Bagian 55% yang lain berupa cairan kekuningan yang membentuk medium cairan darah yang disebut plasma darah.

Nahh, itulah penjelasan mengenai fungsi plasma darah pada peredaran darah manusia yang meliputi, pengertian, kandungan, susunan & komponen yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply