11+ Model Atap Rumah Minimalis, Modern & Sederhana (LENGKAP)

11+ Model Atap Rumah Minimalis, Modern & Sederhana (LENGKAP)

Model Atap Rumah – Sebuah rumah yang kokoh pasti membutuhkan atap yang tepat untuk melindunginya. Terlebih lagi atap adalah bagian rumah yang paling tinggi dan terlihat dari kejauhan. Meski mempunyai fungsi penting dalam sebuah rumah, banyak orang melupakan bagian ini.

Model atap rumah akan mempengaruhi model keseluruhan rumah, walaupun modelnya cenderung sama, terlepas dari itu Anda pasti membutuhkan konsep untuk memilih model desain atap Rumah Minimalis anda. Diabwah ini adalah penjelasan dari Model Atap Rumah dengan berbagai jenis yang bisa Anda jadikan referensi untuk membangun sebuah rumah. Okee langsung saja kita simak artikel berikut ini dengan seksama. Selamat Membaca.

Model Atap Rumah

Model Atap Rumah
Model Atap Rumah

Model atap rumah adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk sebuah rumah, sebab atap rumah dapat mempengaruhi tampilan tempat tinggal anda. Karena atap rumah adalah bagian yang sering sekali di lihat orang dan tempatnya juga di luar rumah maka anda harus mendesain atap rumah sebaik mungkin sebab saat orang melihat rumah anda akan merasa terkesan, karena model desain atap rumah yang keren dan indah.

Kebanyakan saat ini orang membuat model atap rumah dengan menggunakan konsep minimalis, karna dengan menggunakan konsep minimalis ini rumah kita terlihat sangat indah dan keren,  dan atap rumah minimalis mengungsung konsep modern sehingga tampilannya simple namun masih mempunyai kesan elegan karena bentuknya yang modern.

Atap mempunyai fungsi penting dalam desain rumah. Selain mempengaruhi konsep rumah, atap mempunyai fungsi vital untuk melindungi bangunan kokoh yang menyokongnya dari hujan maupun panas terik matahari. Sehingga, diperlukan pemilihan bahan yang tepat untuk membuat atap rumah kuat dan tidak mudah rusak.

Model Atap Rumah Minimalis

Model Atap Rumah Minimalis
Model Atap Rumah Minimalis

Desain atap rumah minimalis modern adalah salah satu desain atap rumah yang dapat anda gunakan untuk untuk atap rumah idaman anda, sebab desain yang dimiliki sangat lah modern, dengan bentuk yang keren dan indah dapat menjadikan tempat tinggal anda nampak lebih mewah.

Untuk menambah tampilan atap rumah agar tampak lebih elegan anda perlu merancang dengan sedemikian rupa agar hunian anda jika dilihat dari depan nampak elegan karena ada penambahan beberapa desain di bagian tertentu pada desain atap rumah modern. (baca juga: Desain Ruang Tamu Minimalis)

Model Atap Rumah Minimalis 2 Lantai

Model Atap Rumah Minimalis 2 Lantai
Model Atap Rumah Minimalis 2 Lantai

Model desain atap rumah minimalis ini menyatukan genteng dan semen yang terdiri atas 2 susun. Efek yang dikeluarkan dalam penggunaan model atap ini akan membuat rumah terlihat lebih lebar dan di bagian tengah terdapat 1 susunan atap yang tinggi menjulang.

Model atap akan mempengaruhi model keseluruhan rumah. Jika dibangingkan antara model atap rumah type 36 dan atap rumah minimalis 2 lantai tentu saja berbeda. Meskipun desainnya cenderung sama, anda akan tetap membutuhkan konsep untuk memilih model desain atap Rumah Minimalis 2 lantai Anda.

Model Atap Rumah Miring

Model Atap Rumah Miring
Model Atap Rumah Miring

Di Indonesia sendiri, model atap rumah pelana termasuk paling populer. Karena desainnya terbilang sangat aman bahkan sederhana sehingga pas dengan berbagai jenis desain rumah. Atap ini terdiri dari dua bidang miring yang dimana ujung atasnya bertemu pada satu garis yang  lurus, dan biasanya orang menyebutnya dengan bumbungan.

Keunggulan yang dapat Anda peroleh dari desain atap ini adalah, Anda menjadi lebih mudah mengetahui jika adanya kebocoran yang biasanya terjadi pada bumbungan. Desain atap pelana ini juga punya daya serap radiasi dan panas yang cukup baik bila dipakai di daerah yang tropis.

30 derajat kemiringan desain atap pelana dan terdapat tempat air hujan jatuh yang dinamakan teritis di tepi bawah atap.

Model Atap Rumah Datar

Model Atap Rumah Datar
Model Atap Rumah Datar

Buat Anda yang suka dengan model sederhana, cocok banget nih memilih desain atap datar. Pasalnya, desain atap ini paling mudah dibuat. Terlebih, atap seperti ini diaplikasikan pada rumah yang bergaya minimalis maupun bangunan bertingkat, balkonnya hanya dapat dibuat dari beton bertulang, lho.

Tak hanya itu, terasnya juga berbahan asbes maupun seng yang tepat. Adapun agar air hujan yang tertampung bisa mengalir, umumnya atap dibuat miring ke salah satu sisi kecil dengan kemiringan yang cukup.

Kelebihan denngan menggunakan desain ini yaitu bisa dimanfaatkan untuk atap teras atau kebun di atap. Sayangnya, atap seperti ini terbilang susah perawatannya.

Terlebih, Anda juga perlu memperhitungkan rungan sirkulasi udara di bawahnya agar ruangan tak panas saat mengaplikasikan desain atap seperti ini.

Model Atap Rumah Sederhana

Model Atap Rumah Sederhana
Model Atap Rumah Sederhana

Model atap selanjutnya yaitu menggunakan Atap rumah seng yang dimana dulu sering sekali dipakai di rumah-rumah sederhana. Namun pada dasarnya seng juga dapat dipakai di rumah-rumah modern.

Apalagi dengan kemajuan teknologi bangunan saat ini, atap seng bisa dipasang dengan mudah pada rangka atap baja ringan.

Namun sebelum menggunakan atap seng, Anda perlu memperhatikan lingkungan. Karena seringkali atap seng justru membuat ruang di bawahnya lebih panas.

Selain itu seng juga merupakan material yang bising, khususnya saat hujan. Atap seng ini lebih cocok untuk rumah-rumah di wilayah yang dingin, contohnya di dataran tinggi.

Model Atap Rumah Modern

Model Atap Rumah Modern
Model Atap Rumah Modern

Pembentukan atap berjenis pelana bisa juga dimodifikasi secara modern sehingga dapat menciptakan sebuah fasade rumah yang lebih mengikuti perkembangan zaman.

Di Indonesia sendiri, modifikasi atap pelana telah diterapkan oleh kolonial Belanda, yang membentuk atap jengki. Atap jengki merupakan atap miring dua sisi yang dibentuk dengan ketinggian yang berbeda.

Modifikasi lain dari atap pelana di era modern bisa dilakukan dengan maju mundur bangunan seperti contoh di atas. Selain itu, Anda juga bisa menghilangkan lebihan atap, sehingga atap dengan dinding menjadi satu kesatuan yang masif. (baca juga: Desain Dapur Minimalis)

Model Atap Rumah Mewah

Model Atap Rumah Mewah
Model Atap Rumah Mewah

Atap ini, memiliki empat bidang atap yakni dua bidang bertemu pada satu garis hubungan jurai dan dua bidang bertemu pada garis bubungan atas. Desain Rumah Minimalis biasanya didesain dengan menggunakan atap seperti ini. Bukan tanpa alasan, desain atap seperi ini mampu memberi kesan mewah dan luas.

Model Atap Rumah Piramida

Model Atap Rumah Piramida
Model Atap Rumah Piramida

Beberapa arsitektur sangat menyarankan menggunakan jenis atap sederhana ini untuk rumah yang mempunyai porsi luas tanah yang kecil. Khusus bentuk denahnya, bisa berupa segi 5, segi 6, bahkan segi 8.

Model Atap Teras Rumah

Model Atap Teras Rumah
Model Atap Teras Rumah

Atap yang satu ini sangat sederhana karena bentuknya hampir sama seperti atap teras rumah. Namun, jenis atap seperti ini lebih cocok jika Anda mempunyai rumah lantai 2.

Tampilannya yang sederhana namun tetap unik, membuat rumah ini juga banyak dijadikan pilihan terutama di Indonesia.

Model Atap Rumah Baja Ringan

Model Atap Rumah Baja Ringan
Model Atap Rumah Baja Ringan

Atap dari baja ringan merupakan produk buatan pabrik, konstruksi baja ringan mempunyai konsistensi dalam hal bentuk serta kualitasnnya. Keunggulan dari atap ini, memiliki daya tahan yang kuat.

Memang berbahan metal, tapi konstruksi baja ringan mempunyai daya tahan pada karat. Dengan demikian, konstruksi baja ringan masih dapat digunakan kembali atau didaur ulang ketika sudah tidak terpakai.

Model Atap Rumah Standar

Model Atap Rumah Standar
Model Atap Rumah Standar

Sekarang ini banyak model rumah kontemporer sudah menerapkan rumah sandar ini. Desain atap ini, biasanya digunakan untuk bangunan tambahan seperti emperan.  Dan kini sudah banyak artisetek yang memilih atap sandar atau skilion yang akan dikombinasikan dengan atap pelana.

Bagian atas pada desain atap yang satu ini, biasanya menempel dengan tembok yang vertikal. Tidak cuma karakteristik arsitekturnya yang atraktif, namun desain atap seperti ini juga sangat bermanfaat untuk mengalirkan air hanya ke satu tempat saja seperti sisi samping rumah.

Tips Desain Atap Rumah Minimalis

Model Atap Rumah
Model Atap Rumah

Berikut ini adalah tipas desain atap rumah minimalis yang bisa anda gunakan, dinataranya:

1. Kondisikan Cuaca Lingkungan

Di beberapa daerah, cuaca memang berbeda dan hal ini adalah faktor yang penting dalam pemilihan atap rumah. Anda tentu tidak memilih atap seng di daerah yang sering terkena angin besar.

Selain cuaca, pertimbangkan suhu di daerah rumah anda, karena suhu juga mempengaruhi tingkat awet tidaknya suatu bahan.

2. Material

Ada berbagai jenis atap rumah yang dijual di pasaran yang tentunya memiliki bahan dan karakteristik yang berbeda. Ada material yang digunakan sidah terlalu lama/tua dan itu akan mengakibatkan retak, berkarat bahkan ada material yang berbahaya bagi kesehatan.

Anda bisa melihat pada bangunan kuno seperti Rumah Joglo Jawa, istana di Jepang atau Cina yang sudah berumur ratusan tahun menggunakan genteng keramik yang tetap awet hingga kini karena proses produksi dengan temperatur tinggi.

3. Kriteria Atap

Selain material yang baik, pilihlah bentuk atap rumah yang presisi (tidak deformasi/meleot) agar rapi saat dipasang. Anda juga dapat menentukan ketebalan atap yang sesuai dengan rumah anda dan pastikan kuat.

4. Kualitas

Carilah info mengenai kualitas berbagai jenis atap rumah.

5. Warna

Pilihlah warna yang sesuai dengan tema Rumah Minimalis anda agar terlihat lebih nyaman. Setiap barang yang dicat tentu ada waktu resiko perubahan warna. Tentukan cat yang sesuai dengan material atap rumah. Pilihlah cat yang bisa menangkal panas dan memiliki ketahanan pada cuaca.

Nahh, itulah penjelasan dari Model Atap Rumah dengan berbagai jenis yang bisa Anda gunakan untuk refernsi Anda. Dengan adanya pembahasan ini Anda dapat memilih apa yang cocok untuk atap rumah Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapaat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Leave a Comment