Penyebab HP Panas

10 Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya dengan Ampuh

Penyebab HP Panas – Sekarang ini banyak sekali yang salah menggunakan HP dengan baik. Alhasil banyak HP yang cepat rusak karena tidak tahu cara menggunakannya yang bisa menyebabkan  HP tersebut mengeluarkan panas yang dapat mengakibatlan HP tersebut bisa saja langusng rusak. Berikut ini akan dijelaskan mengenai Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasi HP cepat panas dengan ampuh.

Penyebab Hp Panas

Penyebab HP Panas
Penyebab HP Panas

1. Main Game Terlalu Lama

Salah satu penyebab primer handphone anda cepat panas adalah apabila anda bermain game terlalu lama. Game-game berat seperti PUBG membuat kinerja GPU handphonemu bekerja keras.

Idealnya, anda cukup bermain 1-2 jam. sesudah itu, istirahatkan sejenak handphone anda supaya panasnya berkurang. Hal ini juga tentu berguna bagi membuat baterai handphone anda lebih awet.

2. Melalui pelaksanaan Streaming Terlalu Lama

Selain bermain game, pelaksanaan streaming pun juga dapat mengeluarkan handphone terasa panas jika dipakai terlalu lama. Streaming membutuhkan koneksi internet, dan itu membutuhkan daya yang bukan kecil.

Coba anda ingat-ingat, berapa jam yang anda habiskan apabila sudah menonton Youtube. Apalagi, sekarang ada Netflix yang juga menyediakan beludak tema serial berkualitas.

3. Pengaturan yang Belum Optimal

Coba anda cek, apakah pengaturan handphonemu sudah optimal ataupun belum. dapat jadi, adanya pengaturan yang mengeluarkan handphone anda sebagai cepat panas.

Contohnya, taraf kecerahan layar yang terlalu terang, widget yang terlalu banyak, melalui live wallpaper yang boros baterai, dan lain sebagainya.

4. Faktor Lingkungan

Salah satu penyebab handphone dapat cepat panas merupakan faktor lingkungan lo geng! Sebisa mungkin, hindari kontak langsung sekitar handphonemu dengan sinar matahari.

Selain mengeluarkan handphone panas, sinar matahari juga dapat menimbulkan layar sentuhmu bukan berfungsi dengan baik dan menyebabkan baterai sebagai lebih cepat habis.

5. Update Aplikasi dan Software

Aplikasi yang mempunyai bug berpotensi menyebabkan masalah dalam handphonemu, termasuk menyebabkan ponsel panas karena melalui prosesor dengan kurang optimal.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah membuat update aplikasi karena dengan membuat update, bug yang ditemukan dalam aplikasi seringkali telah diperbaiki oleh developer.

Selain update aplikasi yang anda gunakan, ingat bagi selalu melakukan update sistem operasi kamu. tentu ada banyak bug yang tentu diperbaiki sesudah anda melakukan update.

6. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan Bersamaan

anda juga butuh nih geng mengecek berapa aplikasi yang anda jalankan pada satu waktu. Semakin beludak aplikasi yang anda buka, semakin besar kemungkinan handphonemu akan mengalami panas.

Yang herus anda lakukan yaitu menutup aplikasi yang bukan anda gunakan. apabila anda malas menutup satu persatu, maka anda dapat memanfaatkan fitur clear recent app yang selalu ada di HP merek apapun.

7. Kualitas Baterai yang Buruk

Jika usia handphonemu sudah cukup tua, dapat jadi kualitas baterainya sudah menurun. apabila handphone yang anda miliki masih tipe lama di mana baterainya dapat dilepas, menyimpan baiknya anda mengganti bateraimu yang baru.

Baterai keluaran handphone-handphone terbaru biasanya sudah mempunyai baterai tanam, sehingga bukan dapat diganti. Tapi anda tenang saja, karena baterai yang dalam handphone modern mempunyai daya tahan yang lama.

8. Susah Sinyal

Penyebab terakhir yang mengeluarkan handphone anda panas adalah susahnya frekuensi yang ada. Apalagi saat anda main game yang membutuhkan frekuensi yang kuat, maka handphonemu tentu cepat panas.

Sebaiknya, gunakan Wi-Fi agar jaringan lancar serta mengurangi beban handphonemu. Jika pun tidak ada sinyal, kamu bisa mencari lokasi di mana bisa mendapatkan sinyal terbaik.

9. Virus dan Malware

Virus dan Malware juga termasuk dalam beberapa faktor yang mengakibatkan cepat panas pada smartphone. Hal ini disebabkan karena kegiatan operasi yang terjadi secara terus-menerus dan sering kali para pengguna smartphone tidak menyadari karena letaknya yang berada di background sistem smartphone yang bertugas untuk mengakses berbagai informasi. Apalagi di barengi dengan penggunaan beberapa aplikasi.

10. Menggunakan HP yang Sedang Dicharge

Kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan beberapa orang pada saat sedang mencharge smartphone adalah tetap menggunakannya terutama bagi para pecinta game online atau bagi yang tidak bisa lepas dari kegiatan yang berhubungan dengan internet. Hal ini jugalah yang mengakibatkan smartphone Anda cepat panas karena dalam keadaan seperti ini baterai maupun CPU mengeluarkan panas yang berlebihan.

Jika Anda tidak berhenti menggunakan smartphone saat sedang di charge akan mengakibatkan baterai cepat rusak dan memperlambat kinerja smartphone Anda. Agar aktivitas Anda saat menggunakan smartphone tidak sampai menimbulkan overheat, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas Yang Ampuh

Penyebab HP Panas
Penyebab HP Panas

1. Gunakan Charger Original

Charger original mengalami kerusakan? Kamu ingin berhemat dengan membeli charger yang lebih murah, akan tetapi gak jelas asal-usul dan kualitasnya.

Menggunakan sembarang charger malah tentu membahayakan baterai dan smartphone kamu, lebih-lebih jadi lupa satu faktor primer yang menyebabkan HP cepat panas. Biasakan selalu melalui charger orisinil dan apabila rusak, belilah charger orisinil yang baru.

Untuk memastikan bahwa charger yang anda pergunakan orisinil dan mempunyai aliran daya yang baik, anda dapat pakai aplikasi bernama Ampere. Download menggunakan tautan berikut:

2. Cek Penggunaan WiFi

Fitur ini hampir selalu diaktifkan bagi anda si fakir kuota. Tidak ada salahnya memang, mengaktifkan WiFi tidak akan secara langsung menyebabkan HP cepat panas.

Tapi secara gak langsung, aplikasi background yang otomatis berjalan saat smartphone terhubung dengan WiFi yang dapat bikin smartphonemu panas.

Supaya wifi anda nggak menyala terus-terusan, dapat pakai aplikasi bernama Smart Wifi ataupun Wifi Sleeper.

Aplikasi ini merupakan cara mengatasi hp cepat panas yang ampuh, download menggunakan tautan berikut:

3. Matikan Bluetooth dan GPS

Dua fitur ini termasuk yang jarang kita perhatikan. beludak pengguna smartphone yang membiarkan bluetooth dan GPS tetap antusias menyala padahal sedang pada posisi gak dipakai dan dibutuhkan.

Dua fitur ini nyatanya dapat menyebabkan HP cepat panas. Pastikan anda mematikan 2 fitur ini apabila memang lagi gak dibutuhkan.

4. Kurangi Multi-tasking

Spesifikasi smartphone yang semakin dewa memang menawarkan performa tokcer untuk melakukan multi-tasking. Meski begitu, kamu tetap harus jaga-jaga suhu smartphonemu saat melakukan berbagai pekerjaan sekaligus.

Banyaknya aplikasi aktif yang kamu gunakan bersamaan, belum lagi ditambah aplikasi background yang tetap berjalan, tentu akan menyebabkan HP cepat panas.

Salah satu aplikasi terbaik untuk mengurangi multi tasking, yaitu bernama Hibernaor. Aplikasi ini  sudah terbukti ampuh sebagai cara mengatasi hp cepat panas.

5. Istirahatkan Smartphone dari Streaming ataupun Gaming Nonstop

Kamu memang gak membuat multi-tasking, melainkan hanya membuat satu aktivitas di smartphone. contohnya seperti streaming ataupun bermain game.

Meski hanya satu aktivitas, akan tetapi baik streaming ataupun gaming nyatanya sama-sama tentu mengeluarkan HP cepat panas apabila diusahakan secara terus-menerus alias nonstop.

Ketahui batas waktu penggunaan smartphone, terutama bagi 2 aktivitasdi atas.

6. Cek Kondisi Baterai

Kamu ngerasa gak membuat apa-apa alias gak memaksakan smartphone bagi aktivitas berat, tapi tetap aja HP cepat panas. anda butuh memeriksa kondisi baterai yang menyimpan di smartphone kamu.

Usia baterai yang sudah lama dan kondisinya yang sudah usang (seperti gambar di atas) akan jadi dari yang bikin smartphone anda jadi cepat panas. Segera tukar baterai dengan yang baru.

Salah satu aplikasi terbaik yang dapat anda gunakan bagi mengecek kesehatan baterai yaitu CurrentWidget: Battery Monitor . anda dapat download secara gratis menggunakan tautan berikut:

7. Perhatikan ‘Ventilasi’

Mayoritas orang pastinya selalu membawa smartphone kemanapun dia ingin berpergian. Gak sedikit dari mereka yang memasukkannya ke pada tas ataupun lebih-lebih celana jeans yang super ketat.

Hati-hati! Hal itu dapat bikin HP cepat panas dan otomatis memperlambat performa si smartphone itu sendiri.

Jika memang meletakkan smartphone di zona tertutup, usahakan bagi sesekali mengeluarkannya bagi memberinya ‘udara segar’.

8. Hindari dari Air

Hal yang satu ini harusnya sudah gak perlu dikasih tahu lagi, kecuali jika smartphone kamu water resistant.

Untuk yang smartphonenya gak kuat sama air, hindari menggunakannya di tempat-tempat rawan basah seperti kamar mandi, kolam renang atau pantai.

Air dalam julah cukup banyak bisa jadi salah satu penyebab HP cepat panas.

9. Hapus File Sampah

Semua file sampah, cache, hingga cookies yang sudah sangat bertumpuk ternyata juga jadi salah satu penyebab HP cepat panas.

Tiga hal di atas tentu mengakibatkan akibat langsung dalam CPU dan RAM yang nantinya tentu memancing suhu smartphone jadi cepat panas.

Untuk itu, rutinlah menghapus file, cache dan cookies yang sudah gak dibutuhkan ataupun sudah bertumpuk.

Supaya nggak kerepotan saat menghapus arsip sampah, anda dapat juga memakai aplikasi bernama Clean Master. Aplikasi ini dapat sebagai cara mengatasi hp cepat panas yang ampuh, download menggunakan tautan berikut:

10. Gunakan aplikasi ‘Pendingin’

Belum lengkap rasanya apabila belum mengandalkan aplikasi. bagi cara mengatasi HP cepat panas, ada beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan.

ari pendinginan cepat seperti menempatkannya di lemari es ataupun di depan AC karena perbedaan besar sekitar poin pada dan luar ponsel tentu menyebabkan kondensasi yang tentu merusak telepon.

11. Suhu Tinggi

Suhu kerja bagi smartphone merupakan 0 ~ 35 derajat Celcius, serupa dengan 32 ~ 95 derajat Fahrenheit. Sadarilah saat ponsel kamu terkena panas musim panas ataupun sinar matahari langsung bagi waktu yang lama penyebab hp cepat panas.

12. Beban Kerja Intens

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar depan ataupun latar belakang menghasilkan prosesor yang selalu bekerja dan bertahan pada status kelebihan beban yang mengeluarkan perangkat bukan mampu membuang panas benar waktu.

13. frekuensi Buruk

Jika perangkat kamu berada pada jaringan seluler yang buruk, perangkat tentu meningkatkan daya pemancar bagi mempunyai hubungan data yang besar dengan stasiun pangkalan terdekat, yang juga akan menyebabkan prosesor berjalan berlebih dan bukan memiliki waktu bagi pendinginan.

14. Baterai rusak

Baterai orisinil yang tentu menyelesaikan servisnya ataupun baterai rusak yang diproduksi oleh produsen pihak ketiga.

15. Penutupan Berat

Tutupi telepon kamu dalam kotak pelindung ataupun barang-barang berat tentu menyebabkan pembuangan panas yang buruk.

16. Memanggil ketika Pengisian

Input dan output baterai dalam ketika yang serupa tentu menghasilkan panas dan input serta output arus listrik juga tentu menempatkan kamu pada bahaya saat kamu menelepon saat telepon sedang diisi.

17. Ketidaksesuaian Perangkat Lunak

IPhone sesudah jailbreak ataupun ponsel Android sesudah root mampu dipasang beberapa plugins berbahaya ataupun bukan kompatibel tanpa pemberitahuan, yang mengakibatkan pemanasan ponsel.

18. Matikan latar belakang menjalankan aplikasi dan uninstall jarang dipakai ataupun bukan pernah melalui aplikasi.

19. Nonaktifkan unduhan otomatis dan alternatif pembaruan otomatis.

20. Lepaskan kotak pelindung ketika ponsel Anda panas.

21. Gunakan earphone berkualitas baik daripada meletakkan telepon dekat dengan pipi kamu ketika membuat percakapan panjang.

22. Hentikan pelaksanaan yang kamu gunakan ataupun video yang kamu tonton ketika ponsel Andapanas.

23. Instal pelaksanaan profesional bagi mendeteksi apa yang menyebabkan ponsel Anda panas.

24. Mengawasi pemanasan yang aneh kapan saja.

25. Matikan perangkat kamu bagi membiarkannya beristirahat sejenak.

26. Belok ke pusat layanan lokal ataupun bengkel bagi meminta bantuan.

27. Hindari bermain game, menonton video ataupun menelepon ketika telepon sedang diisi.

28. Hindari melindungi ponsel kamu dengan kasus disipasi panas yang buruk.

29. Hindari mengisi daya ponsel kamu dengan pengisi daya ataupun kabel yang salah.

30. Hindari menggenggam ponsel kamu ataupun memasukkannya ke dalam saku ketika sudah panas.

Mengapa smartphone memanas?

Penyebab HP Panas
Penyebab HP Panas

Penyebab hp panas awabannya terletak dalam sifat dasar fisika: aksi menghasilkan hp cepat panas. Ponsel pintar kami harus mengalir secara fisik bagi bekerja serupa sekali, jadi mereka harus menghasilkan panas. Jumlah panas yang dihasilkan ponsel cerdas kamu sebagian besar sebanding dengan jumlah listrik yang melaluinya. apabila kamu memainkan game yang menuntut banyak tentang unit pemrosesan pusat dan grafis, keduanya ditempatkan di sistem-on-a-chip sentral (SoC), mereka tentu sebagai hangat, karena mereka membutuhkan lebih banyak kekuatan bagi melaksanakan tugas-tugas mereka.

Ponsel kamu menjadi hangat bukanlah alasan bagi khawatir, mereka dirancang bagi bekerja seperti itu, tetapi apabila itu menjadi panas yang bukan menyenangkan, kamu mungkin mempunyai kekhawatiran. Secara umum, SoCs paling dioptimalkan, dan terlalu panas jarang menjadi masalah. Mereka secara spesifik dirancang bagi menangani suhu tinggi. saat perangkat kamu mendekati suhu yang berpotensi merusak, kecepatan prosesor itu tentu berkurang, dan membuat kecepatan operasi lebih lambat lupa satu tanda-tanda overheating; pada keadaan yang lebih parah, peringatan akan ditampilkan, mencegah kamu melalui perangkat sampai dingin.

Jika ponsel kamu sering mengalami panas yang berlebih, mungkin saja bisa karena sejumlah alasan yang mampu dipecahkan, sebagian besar terkait dengan kelebihan beban perangkat keras. Mendorong GPU kamu terlalu lama merupakan lupa satu cara tercepat bagi overheat ponsel kamu (karena siapa juga yang telah mencoba Gear VR paham semua terlalu baik). Hal yang serupa mampu terjadi dengan pelaksanaan yang menuntut, tetapi beban di sini tentu jatuh dalam CPU. Multitasking salah satu fitur dan fungsi tambahan, seperti widget, dan untuk alasan apa pun, ponsel kamu harus mengecek jaringan konektivitasnya.

– baik itu Wi-Fi, Bluetooth, apa pun

– semua memerlukan kekuatan pemrosesan

– pemanasan SoC

– dan lebih beludak listrik

– menghangatkan baterai .

Faktor lain yang bisa menyebabkan pemanasan yang berlebih yaitu pada eksternal: jauhkan smartphone kamu di bawah sinar matahari langsung, misalnya, ataupun lemparkan ke oven. apabila kamu bukan overexert ponsel kamu dan masih terlalu panas secara berlebihan, itu bisa  kerusakan perangkat keras, dan tentu lebih baik mencoba bagi mencetak pengganti.

Tidak ada model yang lebih baik mulai perangkat keras yang kurang dioptimalkan yang mengarah ke masalah overheating daripada Snapdragon 810 yang terkenal. Ini merupakan prosesor andalan tahun 2015, dan ditampilkan di nyaris setiap perangkat utama.

mulai pertama itu terganggu dengan isu-isu panas, dan, sementara kinerja bervariasi mulai perangkat ke perangkat, chip pasti mencekik kecepatan pemrosesan yang berat dan sering bagi menghindari overheating, yang mengarah ke kinerja yang lebih lambat.

Masalahnya secara spesifik akan tampak dan bisa mengganggu perangkat Sony, dengan perusahaan membuat beberapa patch perangkat lunak bagi Xperia Z3 + dan bahkan menambahkan pipa pendingin ke dalam model Xperia Z5-nya, sesuatu yang juga Samsung lakukan dengan flagship-nya, Galaxy S7 dan S7 Edge.

walaupun sudah ada pemeriksaan keamanan, dan sebagian besar ponsel tidak sering kepanasan, ketika itu terjadi secara teratur atau ekstrem, panas dapat merusak perangkat Anda. Baterai lithium-ion merupakan baterai isi ulang terbaik yang tersedia ketika ini, tetapi mereka masih mempunyai kekurangan. ada 2 masalah utama:

Salah satunya adalah mereka merosot, bahkan saat mereka bukan digunakan. Ini terjadi relatif lambat, tetapi kamu masih beruntung menyeret 2 ataupun tiga tahun penggunaan lupa satunya. Kedua, mereka paling sensitif terhadap panas.

Lebih dari 30 derajat celcius tentu akan berdampak negatif dalam baterai lithium-ion, dan ini merupakan suhu yang mungkin naik di atas setiap kali kamu mengisinya.Dampak panas primer dalam baterai adalah bahwa ia mempercepat degradasi dan dengan begitu lebih cepat mengurangi kapasitasnya, meninggalkan kamu dengan baterai mati lebih cepat.

Salah satu gejala overheating sangat dramatis adalah mampu menyebabkan baterai lithium-ion meledak. walaupun kita semua telah membaca cerita horor di media, kemungkinan baterai meledak paling tipis. supaya hal itu terjadi, butuh ada pelarian termal, lingkaran umpan balik yang ganas, di mana kenaikan suhu meningkatkan laju reaksi, yang selanjutnya tentu meningkatkan suhu, dan seterusnya.

Proses ini mengharuskan terjadinya malfungsi internal, yang biasanya dikelola oleh pemutus sirkuit, ataupun kondisi eksternal ekstrem (melemparkannya ke dalam api, misalnya). supaya baterai meledak, kamu harus mendapatkannya di atas 200 derajat Celcius, hal yang paling bukan biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

  • System-on-a-chip

Ketika berasal ke SoC, kecepatan prosesor tentu dicekik bagi mencegah panas berlebih, yang memperlambat perangkat Anda, adakalanya ke titik bukan mampu digunakan. apabila terlalu beludak panas terlalu lama, itu mampu merusak chip secara fisik.

Sekali lagi, seperti baterai, kemungkinan terakhir ini bukan mungkin terjadi, karena ada langkah-langkah keamanan di tempat. akan tetapi demikian, itu dapat sebagai kekhawatiran bagi mencicipi panas yang berlebihan, dan menjengkelkan harus menunggu perangkat kamu bagi mendinginkan. Beberapa perangkat condong terlalu panas (Sony Xperia Z3 +, saya melihat Anda), tetapi ini bukan biasa, sebaliknya.

Nah, itulah penjelasan mengenai Penyebab HP Panas, Cara Mengatasi HP cepat panas yang ampuh secara lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan bisa bermanfaat.

Penyebab HP Panas

 

Leave a Comment