PETA BENGKULU : Sejarah, Letak Geografi & Gambarnya (LENGKAP)

PETA BENGKULU : Sejarah, Letak Geografi & Gambarnya (LENGKAP)

Peta Bengkulu – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar Provinsi Bengkulu mulai dari Gambar Peta nya secara lengkap dan Sejarah serta Letak Geografi Bengkulu. Sebelumnya kita telah membahas Peta Kepulauan Bangka Belitung yang dimana ini adalah posisi urutan Provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Okee langsung saja kita simak artikel dibawah ini dengan seksama!.

Ganbar Peta Bengkulu

Peta Bengkulu
Peta Bengkulu

Peta Bengkulu Lengkap

Peta Bengkulu Lengkap
Peta Bengkulu Lengkap

Peta Buta Bengkulu

Peta Buta Bengkulu
Peta Buta Bengkulu

Peta Administrasi Bengkulu

Peta Administrasi Bengkulu
Peta Administrasi Bengkulu

Peta Bengkulu

Peta Bengkulu
Peta Bengkulu

Provinsi Bengkulu adalah salah satu Provinsi yang ada di Pulau Sumatera, tepatnya di bagian barat daya pulau Sumatera. Provinsi Bengkulu didirikan pada tanggal 18 November 1968 berdasarkan UU No. 9 Tahun 1967 tentang Pembentukan Provinsi Bengkulu.

UU No. 9 Tahun 1967 ini barus bisa direalisasikan melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 20 Tahun 1968 tentang Berlakunya UU No. 9 Tahun 1967 dan Pelaksanaan Pemerintahan di Provinsi Bengkulu.

Geografi Bengkulu

Peta Bengkulu
Peta Bengkulu

Secara geografis, Provinsi Bengkulu terletak di antara 5⁰ 40′ – 2⁰ 0′ Lintang Selatan dan 100⁰ 40′ – 104⁰ 0′ Bujur Timur. Provinsi Bengkulu berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat di sebelah Utaranya sedangkan di sebelah Selatannya berbatasan dengan Provinsi Lampung.

Disebelah Timur Provinsi Bengkulu berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan sedangkan di sebelah Barat Provinsi Bengkulu adalah Samudera Hindia.

Provinsi Bengkulu memiliki luas wilayah sebesar 19.919,33 Km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 1.923.875 Jiwa. Suku bangsa Bengkulu diantaranya adalah Suku Rejang, Suku Serawai, Suku Melayu Bengkulu, Suku Mukomuko, Suku Ketahun, Suku lembak, Suku Enggano dan Suku Pasemah. Ibukota Provinsi Bengkulu adalah Kota Bengkulu.

Letak Geografis Bengkulu

Peta Bengkulu
Peta Bengkulu

Setelah sebelumnya Sejarah Negaramembahas tentang Peta Jambi, kali ini akan dilanjutkan pembahasan mengenai peta Bengkulu yang terletak di sebelah barat daya provinsi tersebut. Provinsi Bengkulu beribukota di Bengkulu.

Jika kita lihat dari Peta Indonesia, ProvinsiBengkulu terletak di sebelah barat daya Pulau Sumatera. Tak ketinggalan dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia, pada zaman kerajaan di provinsi Bengkulu pernah berdiri beberapa kerajaan yang mencatat sejarah daerah tersebut.

Kerajaan-kerajaan tersebut antara lain : Sungai Serut, Selebar, Pat Petulai, Balai Buntar, Sungai Lemau, Sekiris, Gedung Agung, dan Marau Riang. Beberapa kerajaan tersebut di bawah pemerintahan Kesultanan Banten.

Di provinsi Bengkulu ini terdapat kerajinan tradisional yang  bernama batik besurek, yaitu kain batik berhias huruf-huruf Arab gundul. Batik tersebut diakui oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu warisan budaya yang turut memperkaya khazanah budaya Nusantara.

Selain itu, di Bengkulu juga memiliki banyak tarian tradisi, antara lain : Tari Penyambutan, Tari Tombak Kerbau, Tari Topeng dan lain-lain. Di sanapun terdapat banyak tempat wisata alam dan wisata bersejarah yang patut kita kunjungi, antara lain : Pantai Panjang, Danau Dendam Tak Sudah, Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno, dan lain sebagainya.

Batas – Batas Provinsi Bengkulu

Peta Bengkulu
Peta Bengkulu

Jika dilihat dari peta di atas, provinsi Bengkulu terletak di pesisir barat Pulau Sumatera bagian barat daya. Adapun batas-batasnya sebagai berikut :

  • Bagian Utara : Berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat
  • Bagian Timur Laut : Berbatasan dengan Provinsi Jambi
  • Bagian Timur : Berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan
  • Bagian Selatan : Berbatasan dengan Provinsi Lampung
  • Bagian Barat : Berbatasan dengan Samudra Indonesia

Sejarah Bengkulu

Sejarah Bengkulu
Sejarah Bengkulu

Di Provinsi Bengkulu dulu pernah berdiri kerajaan-kerajaan yang berdasarkan etnis seperti Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Selebar, Kerajaan Pat Petulai, Kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sekiris, Kerajaan Gedung Agung, dan Kerajaan Marau Riang.

Di bawah Kesultanan Banten, mereka menjadi vazal. Sebagian wilayah Bengkulu juga pernah berada di bawah kekuasaan Kerajaan Inderapura pada abad ke-17.

British East India Company (EIC) sejak 1685 mendirikan pusat perdagangan lada. Bencoolen atau Coolen yang berasal dari bahasa inggris “Cut Land” yang berarti tanah patah wilayah ini adalah wilayah patahan gempa bumi yang paling aktif di dunia dan kemudian gudang penyimpanan di tempat yang sekarang menjadi Kota Bengkulu.

Saat itu, ekspedisi EIC dipimpin oleh Ralph Ord dan William Cowley untuk mencari pengganti pusat perdagangan lada setelah Pelabuhan Banten jatuh ke tangan VOC, dan EIC dilarang berdagang di sana. Traktat dengan Kerajaan Selebar pada tanggal 12 Juli 1685 mengizinkan Inggris untuk mendirikan benteng dan berbagai gedung perdagangan. Benteng York didirikan pada tahun 1685 tepatnya di sekitar muara Sungai Serut.

Sejak tahun 1713, dibangun benteng Marlborough  yang selesai pada tahun 1719 dan sampai sekarang masih tegak kokoh berdiri. Namun, perusahaan ini berlama-lama kelamaan menyadari tempat itu tidak menguntungkan karena tidak bisa menimbulkan lada pada jumlah mencukupi.

Saat dilaksanakannya Perjanjian London pada tahun 1824, Bengkulu telah diserahkan ke Belanda, dengan imbalan Malaka sekaligus penegasan atas kepemilikan Tumasik atau Singapura dan Pulau Belitung). Sejak perjanjian itu Bengkulu sebagai bagian dari Hindia Belanda.

Penemuan deposit emas di daerah Rejang Lebong pada paruh kedua zaman ke-19 menyebabkan tempat itu sebagai pusat penambangan emas hingga zaman ke-20. Sekarang ini,aktivitas penambangan komersial sudah dihentikan semenjak habisnya deposit.

Pada tahun 1930-an, Bengkulu telah menjadi tempat pembuangan sejumlah aktivis pendukung kemerdekaan, termasuk Soekarno. Dan pada masa inilah Sukarno berkenalan dengan Fatmawati yang kelak menjadi istrinya.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Bengkulu menjadi keresidenan dalam provinsi Sumatera Selatan. Dan baru pada tanggal 18 November 1968 ditingkatkan statusnya menjadi provinsi ke-26 di Indonesia dan menjadi Provinsi termuda sebelum Timor Timur.

Kota / Kabupaten Provinsi Bengkulu

Peta Bengkulu
Peta Bengkulu

Berikut ini adalah Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu, Antara Lain:

  1. Kabupaten Bengkulu Selatan
  2. Kabupaten Bengkulu Tengah
  3. Kabupaten Bengkulu Utara
  4. Kabupaten Kaur
  5. Kabupaten Kepahiang
  6. Kabupaten Lebong
  7. Kabupaten Muko muko
  8. Kabupaten Rejang Lebong
  9. Kabupaten Seluma
  10. Kota Bengkulu

Nahh, itulah penjelasan mengenai seputar Provinsi Bengkulu yang meliputi, Peta Bengkulu Lengkap, Sejarah, Letak Geografi, Kota/Kabupaten Provinsi Bengkulu dan lain sebagainya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi atau Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Leave a Comment