PETA INDONESIA : 34 Provinsi & Penjelasannya ( dilengkapi gambarnya )

PETA INDONESIA : 34 Provinsi & Penjelasannya ( dilengkapi gambarnya )

Peta Indonesia – Salah satu negara di Asia Tenggara ini mempunyai keragaman dan keunikan yang berbeda dengan negara Asia Tenggara lainnya. Sehingga, tidak heran apabila banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi Indonesia bahkan terdapat yang menunjuk menetap di Indonesia. Dibawah ini akan dipaparkan secara jelas tentang Provinsi di Indonesia besera gambar pertanya!.

Peta Indonesia

Peta Indonesia
Peta Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara dengan wilayah yang luas. Hal ini bisa dilihat dari peta Indonesia yang jumlah pulaunya lebih banyak dibanding dengan negara di Asia Tenggara lainnya. Indonesia dikenal juga dengan negara kepulauan, negara maritim, negara agraris, dan masih banyak lagi.

Hal ini tak lain dipengaruhi oleh bermacam faktor, salah satunya kondisi geografis Indonesia yang berbeda dengan negara lain di dunia.

Geografi Indonesia

Peta Indonesia
Peta Indonesia

Negara yang beribukota di Jakarta ini mempunyai letak yang strategis. Indonesia terletak diantara 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º BT yang mempunyai luas daratan seluas 1.922.570 km2. Sedangkan luas perairannya merupakan 3.257.483 km2. Hal ini terlihat jelas pada peta Indonesia yang wilayahnya dikelilingi dengan lautan luas dan berada digaris khatulistiwa.

Dengan jumlah pulau yang dimiliki yaitu 17.504 pulau, sebanyak 6.000 pulau tidak berpenghuni. Hal ini karena kebanyakan penduduknya mendiami 5 pulau besar, yaitu Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Indonesia mempunyai batas laut ataupun darat sehingga biasa kali terlibat konflik dengan negara-negara tetangga. mengenai batas-batas wilayah Indonesia sebagai berikut :

  • Utara. Di sebelah utara Indonesia berbatasan dengan Negara Malaysia, Singapura, Samudra Pasifik, Filipina, Thailand, dan Vietnam.
  • Barat. Di bagian barat, Indonesia dibatasi oleh Samudera Hindia dan Negara India.
  • Selatan. Negara Indonesia dibatasi Samudra Hindia dan Timor Leste
  • Timur. Di bagian Timur yaitu berbatasan dengan negara tetangga yakni Papua Nugini

Topografi Dan Iklim Di Indonesia

Peta Indonesia
Peta Indonesia

Indonesia sebagai negara yang terletak di garis khatulistiwa biasanya mempunyai iklim yang tropis. Sehingga tidak heran apabila Indonesia mempunyai 2 musim, yakni musim hujan dan musim kemarau.

Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang mempunyai perairan luas ditambah letaknya yang diapit oleh 2 Samudera menyebabkan Indonesia beriklim laut.

Dengan adanya iklim ini, maka kelembagaan angin cukup tinggi yang mana mencapai lebih dari 80%. Hal ini sebagai efek dari sifat kepulauan daerah tropis sehingga disebut iklim tropis basah.

Keuntungan dengan adanya iklim laut ini salah satunya adanya pengaruh angin laut yang membawa kelembapan ke daratan. Sehingga, pengaruh tersebut bisa menyejukkan daratan yang panas dan kering di musim kemarau. Sedangkan di malam harinya tidak terlalu dingin karena pengaruh laut yang hangat.

Kepulauan di Indonesia yang tersusun twilayah lapang rendah, wilayah lapang tinggi, dan pegunungan dengan puncak-puncak yang menjulang menciptakan variasi iklim. Sehingga, di zona Indonesia ditemukan iklim tropis lembab di daratan rendah dan iklim salju kekal di ujung pegunungan Jaya Wijaya. terdapat juga iklim hujan tropis di daerah hadap angin dan iklim kering di daerah bayangan hujan.

Dengan bermacam bentuk topografi juga menciptakan keanekaragaman lainnya seperti tanaman dan hewan yang bisa ditemukan di persebaran bermacam daerah di peta Indonesia.

Selain itu, bermacam bentuk topografi di Indonesia juga menciptakan bermacam iklim yang memberi pengaruh terhadap kegiatan kehidupan manusianya.

Demografi Indonesia

Peta Indonesia
Peta Indonesia

Indonesia menjadi negara yang luas juga mempunyai penduduk yang jumlahnya paling besar. Tidak heran apabila Indonesia menempati posisi keempat dengan penduduk terbesar didunia.

Berdasarkan Biro Pusat Statistik, penduduk Indonesia mempunyai populasi hampir 270.054.853 juta jiwa terhadap tahun 2018 ini.

Namun diantara 5 pulau besar Indonesia, Pulau Jawa ialah pulau dengan penduduk terbanyak khususnya Jakarta yang paling padat penduduknya.

Penduduk Indonesia sebagian besar ialah bangsa Austronesia, ditemukan juga kelompok Melanesia, Polinesia, dan Mikronesia. terhadap kesimpulannya setiap daerah di setiap pulau mempunyai jenis suku masing-masing yang menjadi identitas mereka.

Di Indonesia terdapat beberapa kepercayaan yang diakui, diantaranya merupakan Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. kecuali itu juga ditemukan bermacam kepercayaan yang dimiliki penduduk Indonesia terutama didaerah pedalaman-pedalaman. Sedangkan yang menjadi kelompok mayoritas merupakan penduduk yang beragama Islam.

Lingkungan Hidup Indonesia

Peta Indonesia
Peta Indonesia

Indonesia mempunyai keanekaragaman hidup yang tinggi sehingga tidak jarang disebut dengan “mega biodiversity”. Baik flora ataupun fauna yang terdapat di Indonesia jenisnya paling banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Daftar flora identitas provinsi di Indonesia merupakan agenda flora nusantara yang menjadi simbol flora nasional Indonesia.

Selain itu, dikenal bunga nasional yang mana bunga yang ditetapkan pemerintah sebagai karakteristik bangsa Indonesia, diantaranya bunga melati sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bulan sebagai puspa pesona, bunga patma raksasa sebagai puspa langka.

Di setiap provinsi di Indonesia juga ditemukan bunga provinsi yang menjadi identitas masing-masing provinsi di Indonesia. Hal ini ditetapkan pada Surat Kemendagri No. 48 tahun 1989 yang mengerjakan mengenai panduan Penetapan Identitas flora dan fauna Daerah.

Selain flora Indonesia, Indonesia juga dikenal dengan fauna yang beraneka ragam. Hal ini karena dipengaruhi keadaan alam, gerakan hewan, dan rintangan alam.

Persebarannya bisa dilihat di peta Indonesia sesuai daerahnya masing-masing. Indonesia sendiri telah menggolongkan jenis fauna menjadi 3 golongan, diantaranya :

  • Fauna Tipe Asiatis. Fauna jenis ini berdasarkan peta Indonesia dalam persebarannya di bagian barat Indonesia sampai Selat Makassar dan Selat Lombok. Hewan-hewan yang hidup didaerah ini berjenis hewan menyusui yang besar, diantaranya merupakan gajah, harimau, badak, beruang, dan orang utan.
  • Fauna Tipe Australis. Dilihat dari peta Indonesia, maka fauna tipe ini tentu mudah ditemukan di bagian timur Indonesia yaitu Papua dan sekitarnya. Contoh fauna yang tersebar di daerah ini dominan jenis burung, seperti burung kasuari, cendrawasih, dan kakaktua.
  • Fauna Peralihan. Fauna tipe ini tentu mudah ditemukan di peta Indonesia bagian tengah, yaitu Sulawesi dan Nusa Tenggara. Hewan tipe ini disebut juga hewan asli Indonesia yang tidak bisa ditemui di negara lain. Persebaran hewan yang termasuk fauna peralihan diantaranya merupakan komodo, babi rusa, anoa daratan dan burung maleo.

Penggolongan fauna di terhadap ialah berdasar terhadap pengelompokan oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber.

Dibawah ini adalah penjelasan 34 Provinsi yang ada di Indonesia Beserta Gambar Peta.

Peta Pulau Sumatera

Peta Pulau Sumatera
Peta Pulau Sumatera

Di pada peta Sumatera anda bisa mengetahui letak dari pulau Sumatera ini. Untuk lebih memudahkan anda berikut ini sksn dipaparkan letak pulau Sumatera secara astronomis dan geografis. Berikut ini informasinya:

1. Letak Secara Astronomis

Jika dilihat secara astronomis, pulau Sumatera terletak di posisi 6ᵒLU sampai 6ᵒLS dan juga terletak diantara 95ᵒBB sampai 109ᵒBT. Dengan posisi astronomis ini berarti pulau Sumatera berada di zona tropis. tidak cuma itu, bahkan pulau Sumatera juga dilewati oleh garis 0ᵒ (garis khatulistiwa).

Secara geografis pulau Sumatera ini terletak pada bagian barat dari kepulauan Indonesia. Pada bagian utara, pualau Sumatera berbatasan dengan Teluk Benggala, sedangkan pada bagian Timur berbatasan dengan Selat Malaka. Pada bagian barat pulau Sumatera berbatasan langusng dengan Samudera Hindia. Pada bagian selatan, pulau Sumatera berbatasan langsung dengan selat Sunda.

Ditinjau dari letaknya, pulau Sumatera ialah pulau yang lumayan luas. Leluasa pulau ini mencapai 473.481 kilometer persegi. Dengan luas yang memadai setidaknya terdapat 57.940.361 penduduk yang memadati pulau Sumatera (survei sensus 2018). Pulau Sumatera ini dibagi menjadi 10 provinsi.

Peta Aceh

Peta Aceh
Peta Aceh

Aceh adalah provinsi  yang beribukota di Banda Aceh ini terletak di wilayah paling barat dari negara Indonesia ataupun di ujung utara pulau Sumatera.

Sedangkan ibu kotanya sendiri berada di ujung utara. berlandaskan letak astronomis, peta Aceh terletak antara 2°-6° lintang utara dan 95°-98° lintang selatan dengan ketinggian 125 meter di pada permukaan laut.

Wilayahnya tidak terlalu luas apabila dibandingkan dengan provinsi-provinsi di Sumatera lainnya. Bahkan semakin ke utara, wilayah tentu semakin sempit. akan tetapi walaupun wilayahnya yang kecil, Aceh ialah alam yang paling makmur bahkan menyimpan catatan sejarah Islam yang paling besar.

Peta Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara
Peta Sumatera Utara

Sumatera Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal dengan sebutan Sumut. Provinsi yang satu ini terletak di bagian utara pulau Sumatera, itulah mengapa provinsi ini dikatakan dengan provinsi Sumatera Utara. Sebenarnya apabila anda menatap di peta Sumatera, letak dari provinsi ini tidak yang paling utara, sebab provinsi yang paling utara di Sumatera merupakan Aceh.

Jika menatap secara astronomi, berarti kita mengacu terhadap posisi Sumatera utara sesuai dengan garis lintang dengan garis bujurnya. Posisi provinsi Sumatera Utara terletak pada titik koordinat 0ᵒ50’ LS – 4ᵒ40’ LU dan 96ᵒ40’ – 100ᵒ 50’ BT. Secara astonomis ini, kondisi provinsi Sumatera Utara sama seperti kondisi provinsi di Indonesia pada biasanya yang tropis.

Peta Sumatera Barat

Peta Sumatera Barat
Peta Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera dengan Padang sebagai ibu kotanya.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah, wilayah lapang tinggi Bukit barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Dari utara sampai selatan, dengan provonso yang memiliki wilayah seluas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan 4 provinsi, yaitu Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Peta Riau

Peta Riau
Peta Riau

Riau Adalah salah satu provinsi di Indonesia yang beribukota di Pekanbaru. Letaknya di tengah-tengah akan tetapi di tepi pantai Pulau Sumatera. Provinsi Riau ialah salah satu provinsi yang kaya, kekayaan daerah didapat dari sumber upaya alam seperti minyak bumi dan gas alam (migas), dari tanaman contohnya dari perkebunan karet, perkebunan kelapa sawit dan perkebunan serat.

Luas wilayah provinsi Riau merupakan 87.023,66 km², yang membentang dari lereng Bukit deretan hingga Selat Malaka. Riau mempunyai iklim tropis basah dengan rata-rata curah hujan berkisar antara 2000-3000 milimeter per tahun, serta rata-rata hujan per tahun sekitar 160 hari.

Peta Kepulauan Riau

Peta Kepulauan Riau
Peta Kepulauan Riau

Kepulauan Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi Kepulauan Riau berbatasan langsung dengan Negara Vietnam dan Negara Kamboja dan di sebelah utara; Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat di timur; provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan; Negara Singapura, Malaysia dan provinsi Riau di sebelah barat. Provinsi ini termasuk provinsi kepulauan di Indonesia.

Secara keseluruhan wilayah Kepulauan Riau sendiri terdiri dari atas 5 kabupaten, dan 2 kota, 52 kecamatan serta 299 kelurahan atau desa dengan jumlah 2.408 pulau besar, dan kecil yang 30% belum bernama, dan berpenduduk. mengenai luas wilayahnya sebesar 8.201,72 km², sekitar 95% ialah lautan, dan cuma sekitar 5% daratan.

Secara geografis provinsi Kepulauan Riau berbatasanlangsung dengan negara tetangga, yakni Negara Singapura, Malaysia, dan Vietnam yang mempunyai luas wilayah 251.810,71 km² dengan 96 persennya merupakan perairan dengan 1.350 pulau besar, dan kecil telah menunjukkan perkembangan pada penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Ibu kota provinsi Kepulauan Riau berkedudukan di Tanjungpinang. Provinsi ini terletak pada jalur kemudian lintas transportasi laut, dan angin yang strategis, dan terpadat pada tingkat internasional serta pada bibir pasar dunia yang mempunyai peluang pasar. Titik tertinggi di Kepulauan Riau merupakan bukit Daik (1.165 mdpl) yang ditemukan di pulau Lingga.

Peta Jambi

Peta Jambi
Peta Jambi

Jambi adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera bagian tengah tetapi berada di bagian timur. Secara jelasnya anda bisa menatap pada peta Jambi yang kami lampirkan di bawah ini lengkap dengan kabupaten dan kota yang ada. Ibu kota Jambi juga bernama Jambi. berdasarkan sejarahnya dari sinilah Bangsa Melayu berasal, yakni dari Kerajaan Malayu, Batang Hari.

Sama seperti provinsi-provinsi di Indonesia lainnya, Jambi juga mempunyai seni tradisi, dan salah satu yang terkenal merupakan sebuah tarian norma yang bernama Tari Rentak Besapih. Tarian tersebut menggambarkan keharmonisan, keserasian, dan keseragaman pada menjalani kehidupan bermasyarakat.

Provinsi Jambi terletak antara 0,45 derajat LU, 2,45 derajat LS dan 101,10 derajat – 104,55 derajat BBT. Luas wilayahnya sekitar 53.435 km persegi, dan berdasarkan catatan sensus Indonesia tahun 2010 jumlah penduduknya telah mencapai 3.088.618 jiwa.

Peta Sumatera Selatan

Peta Sumatera Selatan
Peta Sumatera Selatan

Sumatera Selatan adalah provinsi di Indonesia yang terletak pada  bagian selatan Pulau Sumatera. Provinsi Sumatera Selatan ibukotanya Palembang. Secara geografis, Sumatera Selatan berbatasan langsung dengan provinsi Jambi di utara, provinsi Kep. Bangka-Belitung di bagian timur, provinsi Lampung di bagian selatan dan Provinsi Bengkulu di bagian barat.

Provinsi ini kaya tentu sumber upaya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Selain itu ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Palembang, telah terkenal sejak dulu karena menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya.

Di samping itu, provinsi ini banyak mempunyai tujuan liburan yang menarik untuk didatangi seperti Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau, Kota Pagaralam dan lain-lain. Karena sejak dulu telah menjadi pusat perdagangan, secara tidak langsung ikut memengaruhi kebudayaan masyarakatnya.

Makanan khas dari provinsi ini paling beragam, di antaranya merupakan pempek, model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes dan tempoyak.

Provinsi Sumatera Selatan secara geografis terletak antara 1–4° Lintang Selatan dan 102–106° Bujur Timur, dan luas daerah seluruhnya merupakan 87.017.41 km2.

Peta Kepulauan Bangka Belitung

Peta Kepulauan Bangka Belitung
Peta Kepulauan Bangka Belitung

Kepulauan Banka Belitung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri atas 2 pulau penting yakni Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni cuma 50 pulau.

Bangka Belitung sendiri terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, mempunyai pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Ibu kota provinsi ini adalah Pangkalpinang.

Pemerintahan provinsi ini disahkan terhadap tanggal 9 Februari 2001. sesudah dilantiknya Pj. Gubernur yaitu H. Amur Muchasim, SH (mantan Sekjen Depdagri) yang menandai dimulainya kegiatan roda pemerintahan provinsi. Posisi geografis provinsi ini merupakan 1º50′ – 3º10′ LS dan 105º – 108º BT.

Peta Bengkulu

Peta Bengkulu
Peta Bengkulu

Bengkulu adalah provinsi yang terletak di sebelah barat upaya Pulau Sumatera. Tak ketinggalan dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia, terhadap masa kerajaan di provinsi Bengkulu pernah berdiri beberapa kerajaan yang mencatat sejarah daerah tersebut.

Kerajaan-kerajaan tersebut antara lain : Sungai Serut, Selebar, Pat Petulai, Balai Buntar, Sungai Lemau, Sekiris, Gedung Agung, dan Marau Riang. Beberapa kerajaan tersebut di bawah pemerintahan Kesultanan Banten (Wikipedia Bebas).

Di provinsi Bengkulu ditemukan kerajinan tradisional bernama batik besurek, yakni kain batik berhias huruf-huruf Arab gundul. Batik tersebut diakui oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu warisan budaya yang ikut memperkaya khazanah budaya Nusantara.

Peta Lampung

Peta Lampung
Peta Lampung

Lampung adalah sebuah provinsi yang paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, dengan ibu kota Bandar Lampung. Provinsi ini mempunyai 2 kota yakni Kota Bandar Lampung dan Kota Metro serta 13 kabupaten. Posisi Lampung secara geografis berada di sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia, di sebelah timur dengan Laut Jawa, di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatera Selatan, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Sunda.

Provinsi Lampung mempunyai pelabuhan penting bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta bandar udara penting yaitu “Radin Inten II” terletak 28 km dari ibu kota provinsi.

Lampung ialah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera paling ujung selatan. Provinsi Lampung resmi berdiri terhadap tanggal 18 Maret 1964.

Provinsi ini mempunyai potensi yang besar dengan corak kebudayaan eksotis di dalamnya, sehingga menambah kekayaan budaya Republik Indonesia. Karena terhadap masa penjajahan Belanda, provinsi ini tak luput dari incaran Belanda.

Secara Geografis Provinsi Lampung terletak antara : 103º 40′ – 105º 50′ Bujur Timur Utara – dan 6º 45′ – 3º 45′ Lintang Selatan. arena terbang penting Lampung merupakan Radin Inten II, dan arena terbang AURI yang berada di Menggala dengan nama Astra Ksetra.

Peta Pulau Jawa

Peta Pulau Jawa
Peta Pulau Jawa

Peta Pulau Jawa jika dilihat ternyata pulau ini lebih padat dan banyak yang imigrasi penduduknya daripada pulau-pulau yang  lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban yang terdapat sejak masa kerajaan, salah satunya yaitu Kerajaan Majapahit.

Dengan adanya banyak sejarah ini secara otomatis menjadi tempat bersejarah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik pada negeri ataupun luar negeri. bisa dilihat pula dari peta jawa bahwa pulau ini dibagi menjadi 4 provinsi.

Diantaranya yakni Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Pembagian tersebut dibagi berdsarkan data administratif, yang dimana masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota yang berbeda antara provinsi satu dengan provinsi lainnya.

Pada pulau jawa terdapat sebanyak tiga bahasa utama, akan tetapi mayoritas penduduk banyak yang menggunakan bahasa Jawa. Bahasa Jawa di sini ialah bahasa ibu dari 60 juta penduduk Indonesia. Bahkan terhadap sebagian besar penuturnya yang berdiam di pulau Jawa.

Peta DKI Jakarta

Peta DKI Jakarta
Peta DKI Jakarta

DKI Jakarta adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia sampai sekarang. Jakarta ialah satu-satunya kota di Indonesia yang mempunyai status setingkat provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. dulu pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Di dunia internasional Jakarta juga memiliki julukan J-Town karena dinilai kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.

Jakarta mempunyai luas antara 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan jumlah penduduk 10.374.235 jiwa di tahun 2017. Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk antara 28 juta jiwa, ialah metropolitan terbesar di Asia Tenggara ataupun urutan kedua di dunia.

Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta ialah tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN. Jakarta dilayani oleh 2 bandar udara, yaitu bandar udara Soekarno–Hatta dan bandar udara Halim Perdanakusuma, serta tiga pelabuhan laut di Tanjung Priok, Sunda Kelapa, dan Ancol.

Peta Banten

Peta Banten
Peta Banten

Banten adalah sebuah provinsi di Tatar Pasundan, dan wilayah paling barat di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, tetapi menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang.

Wilayah Banten terletak di antara 5º7’50”-7º1’11” Lintang Selatan dan 105º1’11”-106º7’12” Bujur Timur, berlandaskan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2000 luas tanah Banten merupakan 9.160,70 km². Provinsi Banten sendiri terdiri atas 4 kota, 4 kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan, dan 1.273 desa.

Peta Jawa Barat

Peta Jawa Barat
Peta Jawa Barat

Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang berada di bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat.

Kawasan pantai utara ialah tanah lapang rendah. Di bagian tengah ialah pegunungan, yaitu bagian dari rangkaian pegunungan yang membujur dari barat hingga timur Pulau Jawa. Titik tertingginya merupakan bukit Ciremay, yang berada di sebelah barat upaya Kota Cirebon. Sungai-sungai yang lumayan penting merupakan Sungai Citarum dan Sungai Cimanuk, yang bermuara di Laut Jawa.

Iklim di Jawa Barat adalah tropis, dengan suhu 9 °C di Puncak Gunung Pangrango dan 34 °C di Pantai Utara, untuk curah hujan rata-rata 2.000 mm per tahun, akan tetapi di beberapa daerah pegunungan antara 3.000 sampai 5.000 mm per tahun.

Peta Jawa Tengah

Peta Jawa Tengah
Peta Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kotanya merupakan Semarang. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara.

Luas wilayahnya 32.548 km², ataupun luas 28,94% dari luas pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa.

Pengertian Jawa Tengah secara geografis dan budaya sering juga mencakup wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jawa Tengah dikenal sebagai “jantung” budaya Jawa. walaupun begitu di provinsi ini terdapat pula suku bangsa lain yang mempunyai budaya yang berbeda dengan suku Jawa seperti suku Sunda di daerah perbatasan dengan Jawa Barat.

Selain terdapat pula warga Tionghoa-Indonesia, Arab-Indonesia dan India-Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi ini. Sejak tahun 2008, provinsi Jawa Tengah mempunyai hubungan kembar dengan provinsi Fujian di Tiongkok.

Provinsi Jawa Tengah mempunyai luas 25% dari luas Pulau Jawa ataupun luas 32.548 km2. Letak Jawa Tengah berbatasan langsung dengan provinsi lain yakni Jawa Barat dan Jawa Timur. apabila dilihat dari peta Jawa Tengah kita tentu bisa menatap dengan jelas batas-batas wilayah Jawa Tengah

Peta DI Yogyakarta

Peta DI Yogyakarta
Peta DI Yogyakarta

DI Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang ialah peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia.

Daerah Istimewa yang mempunyai luas 3.185,80 km2 ini tersusun terhadap satu kotamadya, dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk tahun 2010 Provinsi Jawa Tengah mempunyai populasi 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki, dan 1.746.986 perempuan, serta mempunyai kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2.

DIY terletak di bagian tengah-selatan Pulau Jawa, secara geografis terletak terhadap 8º 30′ – 7º 20′ Lintang Selatan, dan 109º 40′ – 111º 0′ Bujur Timur. Berdasarkan bentang alam, wilayah DIY bisa dikelompokkan menjadi empat satuan fisiografi, yakni satuan fisiografi Gunungapi Merapi, satuan fisiografi Pegunungan Sewu ataupun Pegunungan Seribu, satuan fisiografi Pegunungan Kulon Progo, dan satuan fisiografi wilayah lapang Rendah.

Peta Jawa Timur

Peta Jawa Timur
Peta Jawa Timur

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia dengan Ibu kotanya terletak di Surabaya. Provinsi Jawa Timur memiliki luas wilayahnya 47.922 km², dan jumlah penduduknya 42.030.633 jiwa (sensus 2017).

Jawa Timur mempunyai wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan mempunyai jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia sesudah Jawa Barat. Jawa Timur berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur, samudra Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat.

Wilayah Jawa Timur juga mencakup Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangean serta sejumlah pulau-pulau kecil di Laut Jawa (Kepulauan Masalembu), dan Samudera Hindia (Pulau Sempu, dan Nusa Barung).

Jawa Timur dikenal sebagai pusat tempat Timur Indonesia, dan mempunyai signifikansi perekonomian yang lumayan tinggi, yaitu berkontribusi 14,85% kepada Produk Domestik Bruto nasional. Provinsi Jawa Timur berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur.

Samudera Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat Panjang bentangan barat-timur luas 400 km, Lebar bentangan utara-selatan di bagian barat luas 200 km, akan tetapi di bagian timur lebih sempit hingga luas 60 km. Madura merupakan pulau terbesar di Jawa Timur, dipisahkan dengan daratan Jawa oleh Selat Madura. Pulau Bawean berada luas 150 km sebelah utara Jawa.

Di sebelah timur Madura ditemukan gugusan pulau-pulau, yang paling timur merupakan Kepulauan Kangean, dan yang paling utara merupakan Kepulauan Masalembu. Di bagian selatan ditemukan 2 pulau kecil yaitu Nusa Barung, dan Pulau Sempu.

Peta Bali

Peta Bali
Peta Bali

Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kota provinsi ini merupakan Denpasar. Bali juga ialah salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Di dahulu kemerdekaan Indonesia, pulau ini termasuk pada Provinsi Sunda Kecil yang beribu kota di Singaraja, dan kini terbagi menjadi 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.[6][7005D

Selain tersusun dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga tersusun dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yakni Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Serangan, dan Pulau Menjangan.

Pulau Bali merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km luas 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara geografis, Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Bujur Timur yang membuatnya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain.

Peta Nusa Tenggara Barat (NTB)

Peta Nusa Tenggara Barat
Peta Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada pada bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi NTB dengan ibu kota Mataram dan mempunyai 10 Kabupaten dan Kota.

Pada dahulu kemerdekaan Indonesia, wilayah ini termasuk pada wilayah Provinsi Sunda Kecil yang beribu kota di Singaraja. Kemudian, wilayah Provinsi Sunda Kecil dibagi menjadi 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 2 pulau terbesar di provinsi ini merupakan Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur.

Sebagian besar dari penduduk Lombok ini datang dari suku Sasak, dan sementara masyarakat Bima (suku Mbojo) dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam, yakni luas (94%).

Nusa Tenggara Barat tersusun dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, mempunyai luas wilayah 20.153,15 km2. Terletak antara 115° 46′ – 119° 5′ Bujur Timur dan 8° 10′ – 9 °g 5′ Lintang Selatan. Selong ialah kota yang memiliki ketinggian paling tinggi, yakni 148 m dari permukaan laut, sementara Raba terendah dengan 13 m dari permukaan laut.

Dari tujuh bukit yang terdapat di Pulau Lombok, bukit Rinjani ialah bukit tertinggi dengan ketinggian 3.775 m, sedangkan bukit Tambora ialah bukit tertinggi di Sumbawa dengan ketinggian 2.851 m.

Peta Nusa Tenggara Timur (NTT)

Peta Nusa Tenggara Timur
Peta Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang mencakup bagian timur dariKepulauan Nusa Tenggara. Provinsi ini beribu kota di Kupang dan mempunyai 22 Kabupaten/Kota.

Jaman kemerdekaan Indonesia dulu, kepulauan ini adalah wilayah Provinsi Sunda Kecil. yang beribu kota di kota Singaraja, kini tersusun kepada 3 provinsi (berturut-turut dari barat): Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

sesudah pemekaran, Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tenggara Indonesia. Provinsi ini tersusun dari beberapa pulau, antara lain Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo dan Pulau Palue.

Provinsi ini tersusun dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau penting di Nusa Tenggara Timur merupakan Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat (biasadipanggil Timor).

Provinsi ini menempati bagian barat pulau Timor. Sementara itu pada bagian timur, pulau tersebut adalah bekas provinsi Indonesia yang ke 27, yaitu Timor Timur yang merdeka menjadi negara Timor Leste pada tahun 2002.

Peta Pulau Kalimantan

Peta Pulau Kalimantan
Peta Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan berada di tengah-tengah Asia Tenggara karena itu pulau ini banyak mendapat pengaruh budaya lan politik sekang pulau-pulau sekitarnya. Sekitar tahun 400 pulau Kalimantan telah memasuki masa sejarah dengan ditemukan prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai tetapi kemajuan perkembangan peradaban relatif lebih lambat dibandingkan pulau lain karena hambatan geografis dan penduduk yang sedikit.

Pada zaman ke-14 Odorico da Pordenone, seorang rahib Katolik telah mengunjungi Kalimantan. Sekitar tahun 1362 Majapahit dibawah pimpinan Patih Gajah Mada menjadi perluasan kekuasaannya ke pulau Kalimantan, yakni negeri-negeri : Kapuas-Katingan, Sampit, Kota Ungga, Kota Waringin, Sambas, Lawai, Kadandangan, Landa, Samadang, Tirem, Sedu, Barune, Kalka, Saludung (Maynila), Solot, Pasir, Barito, Sawaku, Tabalong, Tanjung Kutei lan Malano tetap yang terpenting di pulau Tanjungpura.[4]

Di masa Hindia-Belanda, Kalimantan dikenal sebagai Borneo. Ini tidak berarti nama Kalimantan tidak dikenal. Didalam surat-surat Pangeran Tamjidillah sekang Kerajaan Banjar pada tahun 1857 kepada pihak Residen Belanda di Banjarmasin dia mengatakan pulau Kalimantan, bukan pulau Borneo. Ini menunjukkan bahwa nang kalangan penduduk, nama Kalimantan lebih dikenal sekang pada nama Borneo sing digunakan pada tata usaha pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Nama Kalimantan kembali mulai terkenal pada sekitar tahun 1940-an.

Peta Kalimantan Barat

Peta Kalimantan Barat
Peta Kalimantan Barat

Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dengan ibukota nya Pontianak. Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat merupakan 146.807 km² (7,53% luas Indonesia). ialah provinsi terluas keempat sesudah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang bisa dijuluki provinsi “Seribu Sungai”. Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang memiliki ratusan sungai besar dan kecil yang di antaranya bisa dan biasa dilayari.

Beberapa sungai besar sampai saat ini masih ialah urat nadi dan jalur penting untuk transportasi daerah pedalaman, meskipun prasarana jalan darat telah bisa menjangkau sebagian besar kecamatan.Jumlah penduduk di Provinsi Kalimantan Barat berdasarkan sensus tahun 2016 berjumlah 5.365.256 jiwa (1,85% penduduk Indonesia).

Peta Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah
Peta Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan. Ibu kotanya merupakan Kota Palangka Raya. Kalimantan Tengah mempunyai luas 157.983 km². Berdasarkan sensus tahun 2010, provinsi ini mempunyai populasi 2.202.599 jiwa, yang terdiri daro 1.147.878 laki-laki dan 1.054.721 perempuan.

Data BPS Kalimantan Tengah tahun 2018 menunjukkan penduduk provinsi ini tahun 2017 bertambah menjadi 2.605.274 (Laki-laki 1.361.715 jiwa dan perempuan 1.243.559 jiwa).[1] Kalimantan Tengah memiliki 13 kabupaten dan 1 kota.

Peta Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan
Peta Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya merupakan Banjarmasin. Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai luas 37.530,52 km²[5] dengan populasi hampir 3,7 juta jiwa. Provinsi ini memiliki 11 kabupaten dan 2 kota. DPRD Kalimantan Selatan dengan surat keputusan No. 2 Tahun 1989 tanggal 31 Mei 1989 menetapkan 14 Agustus 1950 ditetapkan sebagai Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan.

Tanggal 14 Agustus 1950 menggunakan Peraturan Pemerintah RIS No. 21 Tahun 1950, ialah tanggal dibentuknya provinsi Kalimantan, sesudah pembubaran Republik Indonesia perkumpulan (RIS), dengan gubernur Dokter Moerjani. Secara historis wilayah Kalimantan Selatan mula-mula dibentuk ialah wilayah Karesidenan Kalimantan Selatan di pada Propinsi Kalimantan itu sendiri. Penduduk Kalimantan Selatan berjumlah 3.626.616 jiwa

Secara geografis, Provinsi Kalimantan Selatan berada di bagian tenggara pulau Kalimantan, mempunyai kawasan wilayah dataran rendah di bagian barat dan pantai timur, serta wilayah dataran tinggi yang dibentuk oleh Pegunungan Meratus di tengah.

Peta Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur
Peta Kalimantan Timur

Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang langsung berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi. Luas total Kaltim merupakan 127.346,92 km² dan populasi sebesar 3.575.449 jiwa (2017).[1] Kaltim ialah wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di nusantara. Ibu kota provinsi ini merupakan kota Samarinda.

Provinsi Kalimantan Timur sebelum dimekarkan menjadi Kalimantan Utara ialah provinsi terluas kedua di Indonesia sesudah Papua, dengan luas 194.489 km persegi yang hampoir sama dengan Pulau Jawa ataupun antara 6,8% dari total luas wilayah Indonesia.

Daerah Kalimantan Timur yang terdiri dari luas wilayah daratan 127.346,92 km² dan luas pengelolaan laut 25.656 km², terletak antara 113°44′ dan 119°00′ Bujur Timur, dan antara 2°33 ‘Lintang Utara dan 2°25’ Lintang Selatan.

Peta Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara
Peta Kalimantan Utara

Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, yaitu Negara Bagian Sabah dan Sarawak. Pusat pemerintahan Kalimantan Utara sekarang ini berada di kota Tanjung Selor, bersamaan dengan pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan.

Saat ini Kalimantan Utara ialah provinsi termuda Indonesia yang resmi disahkan menjadi provinsi pada rapat Paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012.

Peta Pulau Sulawesi

Peta Pulau Sulawesi
Peta Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesiadalah sebuah pulau pada wilayahBendera Indonesia Indonesia yang terletak di antara Pulau Kalimantan di sebelah barat dan Kepulauan Maluku di sebelah timur. Dengan luas wilayah sebesar 174.600 km², Sulawesi ialah pulau terbesar ke-11 di dunia. Di Indonesia cuma luas Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Pulau Papua sajalah yang lebih luas wilayahnya daripada Pulau Sulawesi, sementara dari segi populasi cuma Pulau Jawa dan Sumatera sajalah yang lebih besar populasinya daripada Sulawesi.

Nama Sulawesi sendiri diperkirakan datang dari kata pada bahasa-bahasa di Sulawesi Tengah yakni kata sula yang berarti nusa (pulau) dan kata mesi yang berarti besi (logam), yang mungkin merujuk terhadap praktik perdagangan bijih besi hasil produksi tambang-tambang yang ditemukan di antara Danau Matano, dekat Sorowako, Luwu Timur. Sedangkan bangsa/orang-orang Portugis yang tiba antara zaman 14-15 masehi merupakan bangsa asing pertama yang menggunakan nama Celebes untuk menyebut pulau Sulawesi secara keseluruhan.

Peta Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara
Peta Sulawesi Utara

Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan ibu kota terletak di kota Manado. Sulawesi Utara berbatasan langsung dengan Laut Maluku dan Samudera Pasifik di sebelah timur, Laut Maluku dan Teluk Tomini di sebelah selatan, Laut Sulawesi dan provinsi Gorontalo di sebelah barat, dan provinsi Davao del Sur (Filipina) di sebelah utara.

Luas wilayah Provinsi Sulawesi Utara merupakan 15.069 km² dengan persentase 0,72% kepada luas Indonesia yang tersusun dari 11 (sebelas) Kabupaten dan 4 (empat) Kota.

Sulawesi Utara terletak di jazirah utara Pulau Sulawesi ataupun tepatnya 0°LU – 3°LU dan 123°BT – 126°BT serta ialah salah satu daerah yang terletak di sebelah utara garis khatulistiwa.

Peta Gorontalo

Peta Gorontalo
Peta Gorontalo

Gorontalo adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang lahir pada tanggal 5 Desember, 2000 dan mempunyai Ibu kota provinsi bernama sama yaitu, Kota Gorontalo. Sama halnya juga dengan ibu kotanya, Provinsi Gorontalo terkenal dengan julukan “Serambi Madinah”.

Pada catatan sejarah Indonesia, satu-satunya Presiden RI yang datang dari Suku Gorontalo merupakan Presiden Republik Indonesia ke-3, Prof. DR. Ing. B.J. Habibie, dari garis keturunan ayahnya yang mempunyai marga Habibie, yakni Alwi Abdul Jalil Habibie.

Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah yang berkenaan dengan Otonomi Daerah di Era Reformasi, Provinsi ini terus dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember dan menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia.

Provinsi Gorontalo terletak di Semenanjung Gorontalo (Gorontalo Peninsula) di Pulau Sulawesi, tepatnya di bagian barat dari Provinsi Sulawesi Utara. Luas wilayah provinsi ini 12.435,00 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.166.142 jiwa (2018), dengan kecepatan pertumbuhan penduduk sebesar 0.91%.

Wilayah Provinsi Gorontalo pada masa kolonial Belanda dulu dikenal dengan sebutan “Semenanjung Gorontalo” (Gorontalo Peninsula) terletak pada bagian utara Pulau Sulawesi, tepatnya pada 0° 19′ 00” – 1° 57′ 00” LU (Lintang Utara) dan 121° 23′ 00” – 125° 14′ 00” BT (Bujur Timur).

Peta Sulawesi Tengah

Peta Sulawesi Tengah
Peta Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah adalah sebuah provinsi di bagian tengah Pulau Sulawesi, Indonesia. Ibu kota provinsi ini merupakan Kota Palu. leluasa wilayahnya 61.841,29 km², dan jumlah penduduknya 3.222.241 jiwa (2015).

Sulawesi Tengah mempunyai wilayah terluas di antara semua provinsi di Pulau Sulawesi, dan mempunyai jumlah penduduk terbanyak dari kedua di Pulau Sulawesi sesudah provinsi Sulawesi Selatan. Gubernur yang menjabat sekarang merupakan Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. bersama dengan (Alm) Sudarto untuk periode kedua.

Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah bagian utara berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi dan Provinsi Gorontalo, bagian timur berbatasan langsung dengan Provinsi Maluku, bagian selatan berbatasan langusng dengan Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, bagian tenggara berbatasan langsung dengan Sulawesi Tenggara, dan bagian barat berbatasan dengan Selat Makassar.

Peta Sulawesi Barat

Peta Sulawesi Barat
Peta Sulawesi Barat

Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera dengan Ibukota Padang. Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah, wilayah lapang tinggi Bukit deretan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Dari utara ke selatan, provinsi ini memiliki dengan wilayah seluas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan 4x provinsi, yaitu Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat merupakan rumah bagi etnis Minangkabau, meskipun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini. Provinsi ini berpenduduk dengan jumlah 4.846.909 jiwa dengan mayoritas beragama Islam.

Provinsi ini terdiri atas 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif setelah kecamatan di semua kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) yang dinamakan menjadi nagari.

Sumatera Barat sendiri terletak di pesisir barat di bagian tengah pulau Sumatera yang terdiri dari wilayah lapang rendah tepatnya di pantai barat dan wilayah lapang tinggi vulkanik yang dibentuk oleh Bukit Barisan. Provinsi ini mempunyai daratan seluas 42.297,30 km² yang setara dengan 2,17% luas dari Indonesia.

Dari luas tersebut, lebih dari 45,17% ialah tempat yang masih ditutupi hutan lindung. Garis pantai provinsi ini semuanyabersentuhan dengan Samudera Hindia sepanjang 2.420.357 km dengan luas perairan laut 186.580 km². Kepulauan Mentawai yang terletak di Samudera Hindia termasuk pada provinsi ini.

Peta Sulawesi Selatan

Peta Sulawesi Selatan
Peta Sulawesi Selatan

Sumatera Selatan adalah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Provinsi ini beribukota di Palembang. Secara geografis, Sumatera Selatan berbatasan dengan provinsi Jambi di utara, provinsi Kepulauan Bangka Belitung di bagian timur, provinsi Lampung di bagian selatan dan Provinsi Bengkulu di bagian barat.

Provinsi ini kaya akan sumber upaya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Selain itu ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Palembang, telah terkenal sejak dulu karena menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya.

Dalam hal lain, provinsi ini banyak mempunyai tujuan liburan yang menarik untuk dikunjungi  di provinsi ini seperti Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau, Kota Pagaralam, dll. Karena sejak dulu telah menjadi pusat perdagangan, secara tidak langsung ikut memengaruhi kebudayaan masyarakatnya.

Makanan khas dari provinsi ini paling beragam, di antaranya merupakan pempek, model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes dan tempoyak.

Provinsi Sumatera Selatan secara geografis terletak di antara 1–4° Lintang Selatan dan 102–106° Bujur Timur, dan luas daerah seluruhnya adalah  87.017.41 km2.

Peta Sulawesi Tenggara

Peta Sulawesi Tenggara
Peta Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara  adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak pada bagian tenggara pulau Sulawesi dengan ibu kota nya Kendari.

Provinsi Sulawesi Tenggara secara geografis terletak di bagian selatan dengan  garis khatulistiwa di antara 02°45′ – 06°15′ Lintang Selatan dan 120°45′ – 124°30′ Bujur Timur serta memiliki wilayah daratan seluas 38.140 km² (3.814.000 ha) dan perairan (laut) seluas 110.000 km² (11.000.000 ha).

Peta Maluku

Peta Maluku
Peta Maluku

Maluku adalah salah satu provinsi di Indonesia memiliki beberapa pendapat atas munculnya nama Maluku. Pendapat pertama menyatakan kata Maluku datang dari bahasa Arab yakni kata Al-Mulk, Al-Mulk berarti sebagai tanah ataupun pulau ataupun negeri para raja. Hal ini sebenarnya benar karena Maluku sampai sekarang pun terdiri ada negeri-negeri kecil yang lumayan banyak dengan rajanya sendiri-sendiri.

Pendapat kedua menyatakan kata Maluku datang dari bahasa Ternate yakni kata Moloku ataupun Moloko, 2 kata itu Moloku ataupun Moloko sama-sama berarti sebagai tanah air. Hal ini tercermin dari pembicaraan bangsa Ternate terhadap masa lampau yang menyebutkan bumi Maluku belahan utara sebagai Moloku Kie Raha yang berarti tanah air dengan empat gunung.

Keempat bukit yang dimaksud merupakan 4 kerajaan ataupun kesultanan besar dari Maluku Utara yakni Kesultanan Ternate, Kerajaan Tidore, Bacan, dan Jailolo.

Peta Maluku Utara

Peta Maluku Utara
Peta Maluku Utara

Maluku Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia. Maluku Utara resmi keluar pada tanggal 4 Oktober 1999, menggunakan UU RI Nomor 46 Tahun 1999 dan UU RI Nomor 6 Tahun 2003. Sebelum resmi menjadi sebuah provinsi, Maluku Utara ialah bagian dari Provinsi Maluku, yakni Kabupaten Maluku Utara dan Kabupaten Halmahera Tengah.

Pada dahulu pendiriannya, Provinsi Maluku Utara beribu kota di Ternate yang berlokasi di kaki bukit Gamalama, selama 11 tahun. Tepatnya sampai dengan 4 Agustus 2010, setelah 11 tahun masa perpindahan dan persiapan infrastruktur, ibu kota Provinsi Maluku Utara dipindahkan ke Kota Sofifi yang terletak di Pulau Halmahera yang merupakan pulau terbesarnya.

Peta Papua Barat

Peta Papua Barat
Peta Papua Barat

Papua Barat adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Papua. Ibu kotanya merupakan Manokwari. Nama provinsi ini sebelumnya merupakan Irian Jaya Barat yang ditetapkan pada Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 18 April 2007, nama provinsi ini diubah menjadi Papua Barat. Papua Barat dan Papua ialah provinsi yang memperoleh status otonomi khusus. Provinsi Papua Barat, walau telah menjadi provinsi tersendiri, tetap mendapat perlakuan khusus sebagaimana provinsi induknya. Provinsi ini juga memiliki KPUD sendiri dan menyelenggarakan pemilu untuk pertama kalinya terhadap tanggal 5 April 2004.

Peta Papua

Peta Papua
Peta Papua

Papua adalah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua ataupun bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya ialah negara Papua Nugini. Nama Provinsi Papua ini sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Papua Bagian barat.

Sejak tahun 2003, dibagi sebagai 2 provinsi dengan bagian timur awet menggunakan nama Papua sedangkan bagian baratnya menggunakan nama Papua Barat. Papua mempunyai luas 808.105 km persegi dan ialah pulau terbesar kedua di dunia dan terbesar pertama di Indonesia.

Provinsi Papua ini mempunyai luas antara 421.981 km2, pulau Papua berada di ujung timur dari wilayah Indonesia, dengan potensi sumber upaya alam yang bernilai ekonomis dan strategis, dan telah mendorong bangsa – bangsa luar untuk menguasai pulau Papua.

Nahh, itulah penjelasan seputar Peta Indonesia, dari artikel ini kita bisa mendapatkan informasi tentang semua Provinsi yang ada di Indonesia dan berikut dengan gambar petanya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memanbah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Comment