39
1222

PETA JAKARTA : Sejarah, Iklim, Geografi & Gambarnya (LENGKAP)

Peta Jakarta – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas Peta Jakarta yang dimana Jakarta adalah salah satu Provinsi dari Pulau Jawa dan juga Ikon dari Indonesia atau Ibukota nya Indonesia dan paling banyak juga yang imigrasi dari Provinsi lain untuk mengadu nasib di sini. Okee langsung saja kita simak artikel dibawah ini agar kita lebih mengatahui tentang Provinsi ini. Selamat Membaca.

Gambar Peta Jakarta

Peta Jakarta

Peta Jakarta

Peta Jakarta Lengkap

Peta Jakarta Lengkap

Peta Jakarta Lengkap

Peta Buta Jakarta

Peta Buta Jakarta

Peta Buta Jakarta

Peta Administrasi Jakarta

Peta Administrasi Jakarta

Peta Administrasi Jakarta

Peta Jakarta

Peta Jakarta

Peta Jakarta

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) merupakan ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta ialah satu-satunya kota di Indonesia yang mempunyai status setingkat provinsi. Jakarta sendiri terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa.

Dulu pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Dalam dunia internasional Jakarta juga memiliki julukan J-Town, ataupun lebih terkenal lagi The Big Durian karena dinilai kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.

Jakarta mempunyai luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.374.235 jiwa (2017). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang memiliki penduduk sekitar 28 juta jiwa, ialah metropolitan terbesar di Asia Tenggara ataupun urutan kedua di dunia.

Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta ialah tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing.

Kota ini juga sebagai tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN. Jakarta dilayani oleh 2 bandar udara, yaitu bandar udara Soekarno–Hatta dan bandar udara Halim Perdanakusuma, serta tiga pelabuhan laut di Tanjung Priok, Sunda Kelapa, dan Ancol.

Geografi Jakarta

Peta Jakarta

Peta Jakarta

Jika dilihat dari Peta Indonesia Jakarta berada di bagian sebelah utara Pulau Jawa tepatnya di muara Ciliwung, Teluk Jakarta. Jakarta juga terletak di dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 8 meter dpl. Hal ini mengakibatkan Jakarta biasa dilanda banjir. Sebelah selatan Jakarta ialah daerah pegunungan dengan curah hujan tinggi.

Jakarta dilalui oleh 13 sungai yang semuanya bermuara ke Teluk Jakarta. Sungai yang terpenting adalah Ciliwung, yang membelah kota menjadi dua. Sebelah timur dan selatan Jakarta berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Barat dan di sebelah barat berbatasan dengan provinsi Banten.

Kepulauan Seribu ialah kabupaten administratif yang terletak di Teluk Jakarta. Sekitar 105 pulau terletak sejauh 45 km (28 mil) dari sebelah utara kota.

Iklim Jakarta

Peta Jakarta

Peta Jakarta

Jakarta mempunyai suhu udara yang panas dan kering ataupun beriklim tropis. Terletak di bagian barat Indonesia, Jakarta mengalami puncak musim penghujan di bulan Januari dan Februari dengan rata-rata curah hujan 350 milimeter dengan suhu rata-rata 27 °C.

Curah hujan antara bulan Januari dan dahulu Februari paling tinggi, pada saat itulah Jakarta dilanda banjir setiap tahunnya, dan ujung musim kemarau pada bulan Agustus dengan rata-rata curah hujan 60 milimeter .

Bulan September dan dahulu oktober merupakan hari-hari yang paling panas di Jakata, suhu udara bisa mencapai 40 °C .. Suhu rata-rata tahunan berkisar antara 25°-38 °C (77°-100 °F).

Pembagian Wilayah Jakarta

Peta Jakarta

Peta Jakarta

Provinsi DKI Jakarta mempunyai luas 662,33 kilometer persegi yang terbagi pada 6 wilayah kota dan/atau kabupaten administratif, dengan 44 kecamatan dan 267 kelurahan. Total populasi penduduk berdasarkan hasil survei tahun 2015 berjumlah 10.177.924 jiwa dengan kepadatan 15.367 jiwa per kilometer persegi. Rata-rata pertumbuhan penduduk merupakan bertambah 1,02 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

1. Kabupaten Kepulauan Seribu

Kepulauan seribu merupakan satu-satunya kabupaten yang terdapat di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Daerah kepulauan ini berada di Laut Jawa, sebelah utara wilayah Jakarta di Pulau Jawa. ialah wilayah manajerial Jakarta yang terkecil, dengan cuma mempunyai 2 kecamatan dan 6 kelurahan, serta luas wilayah 8,7 kilometer persegi.

Jumlah populasi penduduk dan kepadatan penduduknya pun terkecil dibandingkan dengan wilayah manajerial Jakarta yang lain, yaitu populasi 23.340 jiwa dengan kepadatan 2684 jiwa per kilometer persegi. Kegiatan administrasi pemerintahan kabupaten ini dijalankan di Pulau Pramuka.

2. Kota Jakarta Barat

Jakarta Barat merupakan tempat dengan populasi terbesar kedua di Provinsi DKI Jakarta, yaitu 2.463.560 jiwa penduduk dengan kepadatan 19.018 jiwa per kilometer persegi. nilai kepadatan ini merupakan yang tertinggi di seluruh provinsi.

Memiliki luas wilayah 129,54 kilometer persegi yang terbagi pada 8 kecamatan dan 56 kelurahan. Pusat pemerintahan kota diselenggarakan di Kembangan.

3. Kota Jakarta Pusat

Jakarta Pusat ialah letak di mana pusat pemerintahan Republik Indonesia dan pusat pemerintahan Provinsi DKI Jakarta berada. Di kota inilah Istana Kepresidenan yang menjadi simbol pusat pemerintahan negara ini berdiri. Sementara itu, kegiatan pemerintahan untuk kota Jakarta pusat sendiri diusahakan di Menteng.

Berfungsi sebagai letak pusat pemerintahan, Jakarta Pusat mempunyai populasi terkecil kedua sesudah Kepulauan Seribu di Provinsi DKI Jakarta. Jumlah total populasi penduduk merupakan 914.182 jiwa dengan tingkat kepadatan sebesar 18.993 jiwa per kilometer persegi, menjadi yang terpadat kedua di Jakarta. Tingginya nilai kepadatan dikarenakan luas wilayah hanyalah seluas 48,13 kilometer persegi.

4. Kota Jakarta Selatan

Jakarta Selatan ialah konsentrasi pembangunan pada masa kekuasaan Belanda sesudah era VOC berakhir. Pusat pemerintahan kota dilangsungkan di Kebayoran modern dengan luas wilayah administratif 141,27 kilometer persegi dan menaungi 10 kecamatan dan 65 kelurahan. Jumlah kecamatan dan kelurahan terbanyak bersama dengan Jakarta Timur.

Jumlah populasi penduduk merupakan sebesar 2.185.711 jiwa dengan kepadatan mencapai 15.472 jiwa per kilometer persegi.

5. Kota Jakarta Timur

Jakarta Timur ialah kota dengan daerah administratif terluas di Provinsi DKI Jakarta, yakni 188,03 kilometer persegi. Pusat pemerintahan diselenggarakan di Cakung dan mempunyai 10 kecamatan serta 65 kelurahan, sama jumlahnya dengan Jakarta Selatan.

Selain sebagai wilayah terluas, Jakarta Timur juga mempunyai populasi penduduk tertinggi sebanyak 2.843.816 jiwa. Kepadatan penduduk berlandaskan luas wilayah terhitung sebesar 15.124 jiwa per kilometer persegi.

6. Kota Jakarta Utara

Jakarta Utara merupakan pusat pertumbuhan Jakarta di masa lampau, di mana tempat Kota Tua berada (berbagi dengan Jakarta Barat). Luas wilayah merupakan yang terluas kedua sesudah Jakarta Timur, yaitu seluas 146,66 kilometer persegi dan mempunyai 6 kecamatan serta 31 kelurahan. Kegiatan administrasi pemerintahan diselenggarakan di Koja.

Populasi penduduk berjumlah 1.747.315 jiwa dan tersebar dengan kepadatan 11.914 jiwa per kilometer persegi. Kepadatan penduduk merupakan yang terendah kedua sesudah Kepulauan Seribu.

Dengan perkembangan teknologi, kini kita bisa memperoleh bermacam tema peta Jakarta sesuai yang dibutuhkan. Peta penting daerah administratif, tata ruang, persebaran penduduk, persebaran kepadatan, hingga persebaran banjir pun bisa kita peroleh. Ini tidak lepas dari jasa Holtorf yang bersedia meluangkan waktu hingga berpuluh tahun dan ‘menggambar’ Jakarta.

Sejarah Jakarta

Sejarah Jakarta

Sejarah Jakarta

Sebelum adanya nama Jakarta, kota ini telah lebih dulu mengalami banyak pergantian nama. Nama pertama kali yang dimiliki Jakarta adalah Sunda Kelapa. Bukti mengenai adanya pemukiman penduduk bernama Sunda Kelapa adalah Prasasti Tugu yakni sebuah peninggalan yang tertanam di daerah Jakarta Utara.

Prasasti Tugu memiliki hubungan dengan empat prasasti lain yang diyakini berasal dari zaman kerajaan Hindu yakni kerajaan Tarumanegara ketika dipimpin oleh Raja Purnawarman.

Empat prasati tersebut adalah prasasti Kebon Kopi, Prasasti Ciaruteun, Prasasti Lebak, dan Prasasti jambu. Nama ‘Sunda’ dari kata Sunda Kelapa yang muncul pada abad ke-10 terdapat dalam Prasasti Kebon Kopi II yang diperkirakan ada pada tahun 932 Masehi.

Pada tahun (1030-1579) berdirilah sebuah Kerajaan bernama Padjajaran di wilayah Jawa Barat. Yang keberadaan Kerajaan Padjajaran telah diketahui tepatnya di daerah batu tulis yang kini bernama kota Bogor. Letak ibukota kerajaan ini dinyatakan pada prasasti Batu tulis tahun 1433 Masehi.

Masa Pendudukan Jepang

Kekuasaan Kolonial Belanda berakhir di Indonesia pada tahun 1942 saat pihak Belanda menyerahkan kekuasaannya kepada pemerintah Jepang. Penjajahan di Indonesia terus berlanjut dengan datangnya pemerintahan Jepang dan berkuasan tahun 1942-1945.

Jepang menyuarakan propaganda 3A yaitu Jepang sebagai Pemimpin Asia, pelindung Asia, dan Cahaya Asia. Jepang menggunakan taktik sedemikian rupa dengan berpura-pura merangkul rakyat Indonesia supaya kekuasaannya perlahan-lahan bisa diterima.

Jepang melatih pemuda pemuda Indonesia untuk siap berperang dengan membentuk PETA (Pembela Tanah Air) dan menjanjikan kemerdekaan dengan membentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada 1 Maret 1945.

Nama Batavia yang dibuat oleh Belanda pun mengalami pergantian menjadi Jakarta saat masa pendudukan Jepang saat Jepang memutuskan terlibat dalam Perang Dunia II.

Peranan Kota Jakarta dalam Kemerdekaan Indonesia

Keterlibatan Jepang dalam perang Dunia II menjadi bumerang untuk negeri matahari terbit itu. Pada tahun 1945 pihak sekutu melepaskan bom atom dari udara tepatnya di kota Hiroshima tanggal 6 Agustus 1945 dan di kota Nagasaki 9 Agustus 1945.

Dengan keadaan Negara yang tengah luluh lantak maka terjadi kekosongan kekuasaan di Indonesia karena pihak Jepang yang tengah fokus pada tragedi pengeboman. Hal tersebut membuat sebagian pemuda bersikeras untuk segera memproklamirkan kemerdekaan dan ketegangan pun sempat terjadi dengan golongan tua.

Akhirnya tanggal 17 Agustus 1945 bertempat di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta yakni rumah Bung Karno pada pukul 10.00 pagi dibacakan proklamasi oleh Bung Karno yang didampingi Bung Hatta dan diteruskan dengan pengibaran bendera Merah Putih. Berita mengenai telah diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia dilakukan melewati stasiun radio RRI Jakarta.

Kota/Kabupaten Provinsi Jakarta

Peta Jakarta

Peta Jakarta

Dibawah ini adalah Kota / Kabupaten yang ada di Jakarta:

  1. Kabupaten Kepulauan Seribu
  2. Kota Jakarta Pusat
  3. Kota Jakarta Barat
  4. Kota Jakarta Selatan
  5. Kota Jakarta Timur
  6. Kota Jakarta Utara

Nahh, itulah penjelasan seputar Provinsi Jakarta yang dimana kita telah mengetahui Gambar Peta Jakart secara Lengkap dan gambar lainnya yang perlu Anda ketahui dan sebagai referensi ataupun Tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply