PETA JAMBI : Sejarah, Geografi & Gambarnya ( LENGKAP )

PETA JAMBI : Sejarah, Geografi & Gambarnya ( LENGKAP )

Peta Jambi – Pada pembahasan kali ini kita akan mengupas habis seputar Peta Jambi yang dimana sebelumnya kita telah membahas Peta Kepulauan Riau dan Provinsi ini adalah urutan dari Provinsi yang ada di Peta Indonesia. Okee langsung saja tanpa basa-basi kita simak artikel dibawah ini dengan seksama!.

Gambar Peta Jambi

Peta Jambi
Peta Jambi

Peta Jambi Lengkap

Peta Jambi Lengkap
Peta Jambi Lengkap

Peta Buta Jambi

Peta Buta Jambi
Peta Buta Jambi

Peta Administrasi Jambi

Peta Administrasi Jambi
Peta Administrasi Jambi

Peta Jambi

Peta Jambi
Peta Jambi

Jambi (Jawi: جامبي) merupakan sebuah Provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi merupakan satu dari tiga provinsi di Indonesia yang mempunyai ibukotanya sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dan Gorontalo.

Jambi ialah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra bagian tengah tetapi berada di bagian timur. Secara jelasnya anda bisa melihat pada peta Jambi yang kami paparkan di bawah ini lengkap dengan kabupaten dan kota yang ada.

Ibu kota Jambi juga bernama Jambi. Menurut sejarahnya dari sinilah Bangsa Melayu berasal, yakni dari Kerajaan Malayu, Batang Hari. Provinsi Jambi  sendiri sama seperti provinsi-provinsi lain di Indonesia, Jambi juga mempunyai seni tradisi, salah satu yang terkenal merupakan sebuah tarian adat yang bernama Tari Rentak Besapih.

Tarian tersebut menggambarkan keharmonisan, keserasian, dan keseragaman pada menjalani kehidupan bermasyarakat.

Geografi Jambi

Peta Jambi
Peta Jambi

Provinsi Jambi terletak diantara 0,45 derajat LU, 2,45 derajat LS dan 101,10 derajat – 104,55 derajat BBT. Luas wilayahnya sekitar 53.435 km persegi, dan berdasarkan catatan sensus Indonesia tahun 2010 jumlah penduduknya telah mencapai 3.088.618 jiwa.

Batas – Batas Jambi

Peta Jambi
Peta Jambi

Jika dilihat dari peta, Jambi tidak mempunyai wilayah yang luas. mengenai batas-batas provinsi Jambi merupakan sebagai berikut :

  • Bagian Utara : Berbatasan dengan Provinsi Riau
  • Bagian Timur : Berbatasan dengan Selat Berhala
  • Bagian Selatan : Berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan
  • Bagian Barat : Berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu

Sejarah Jambi

Sejarah Jambi
Sejarah Jambi

Jambi sebagai daerah pemukiman ataupun pemusatan penduduk bahkan sebagai pusat kedudukan pemerintahan telah berjalan dari masa ke masa. Sejarah Dinasti Sung menguraikan bahwa Maharaja San-fo-tsi (Swarnabhumi) bersemayam di Chan-pi.

Utusan dari Chan-pi tiba untuk pertama kalinya di istana Kaisar China pada tahun 853M. Utusan ke 2 kalinya tiba pula pada tahun 871M. Informasi ini menorehkan bahwa Chan-pi (yang diidentifikasikan Prof. Selamat Mulyana sebagai Jambi) telah muncul diberita China pada tahun – tahun tersebut.

Dengan begitu Chan-pi ataupun Jambi telah terdapat dan dikenal pada zaman ke 9M. Berita China Ling Pio Lui (890-905M) juga menyebut Chan-pi (Jambi) mengirim misi dagang ke China. Silsilah Raja-raja Jambi tulisan Ngebih Suto Dilago Priayi Rajo Sari pembesar dari kerajaan Jambi yang berbangsa 12, menulis Putri Selaro Pinang Masak keturunan rajo turun dari Pagaruyung di rajakan di Jambi.

Dari sebutan Pinang pada bahasa Jawa (Sunda) dilapas sebagai Jambe sehingga ditenggarai banyak orang sebagai asal kata Jambi. Jadi terdapat perubahan nada dan huruf dari Jambe ke Jambi. Identifikasi ini menginformasikan kata Jambe-Jambi terbuhul pada zaman ke 15 yakni di masa Puteri Selaro Pinang Masak memerintah dikerajaan Jambi Tahun 1460-1480.

Raden Syarif (yang selalu diungkapkan lagi oleh Datuk Sulaiman Hasan) dari “Riwayat Tanjung Jabung Negeri Lamo” mencatat bahwa Puteri Selaro Pinang Masak mengilir dari Mangun Jayo ke Tanjung Jabung di pandu oleh sepasang itik besar (Angso Duo) yang mupur ditanah pilih pada tanggal 28 Mei 1401.

Legenda Tanah pilih ini berbeda versi dengan Ngebi Suto Dilago. Silsilah dari Raja-raja Jambi menyebut Orang Kayo Hitam ( seorang putera dari pasangan puteri Selaro Pinang Masak dengan Ahmad Barus II/Paduko Berhalo) yang mengilir mengikuti sepasang itik besak (Angso Duo) pada saran petuah mertuanya Temenggung Merah Mato Raja Air Hitam Pauh.

Profesor Moh. Yamin berupaya mengidentifikasi Jambi yang berada disekitar Kantor Gubernur Jambi di Telanaipura sekarang. Indikasi ini pada dasar mulai dari zona Mesjid Agung Al-falah sampai ke Pematang pinggiran Danau Sipin ditemukan deretan struktur batuan bata candi yang diantaranya menunjukan sebagai komplek percandian yang lumayan besar dikawasan kampung Legok.

Tidak menutup kemungkinan penemuan tanah pilih oleh sepasang Angso yang mupur ini merupakan pembukaan kembali Kota Chan-pi yang ditinggal karena kerajaan SwarnaBhumi (San-fo-tsi) diserang oleh Singosari pada peristiwa Pamalayu tahun 1275M dan pindah ke pedalaman Batang Hari yang terus dikenal sebagai Darmasraya (Sumatera Barat).

Dua Puteri Melayu/Darmasraya yakni Dara Petak dan Dara Jingga diboyong oleh Mahisa Anabrang ke Singosari pada tahun 1292. Ternyata di saat itu Singosari telah runtuh oleh pemberontak dan terus mendapat serbuan tentara Khu Bilaikhan.

Singosari berganti menjadi Majapahit dengan Rajanya Raden Wijaya. Salah seorang keturunan Puteri melayu itu yakni dari pasangan Dara Jingga yakni Adityawarman kembali ke Darmasraya terus mendirikan dan menjadi Raja di Pagaruyung (1347-1375M). Anaknya yang bernama Ananggawarman menyampaikan teratah kerajaan Pagaruyung.

Keturunan Ananggawarman salah satunya merupakan Puteri Selaro Pinang Masak yang dirajakan di Jambi. Setelah Orang Kayo Hitam dirajakan pusat kerajaan dipindahkan dari ujung Jabung ke Tanah Pilih Jambi disekitar dahulu zaman ke 16. Jadilah Jambi kembali sebagai tempat kedudukan Pemerintahan.

Pangeran Depati Anom yang naik tahta dikerajaan Jambi bergelar Sultan Agung Abdul Jalil (1643-1665M) pernah memberikan surat izin untuk mendirikan pasar zona berjual beli di Muaro Sungai Asam pada seorang Belanda bernama Beschseven.

Izin Sultan tersebut pada tanggal 24 Juni 1657 yang dimana letak yang diizinkan itu terus-menerus berpindah dari Muaro Sungai Asam ke sekitar Muaro Sungai di bawah area WTC Batang Hari sekarang. Jambi sebagai pusat pemukiman dan zona kedudukan raja terus berlangsung.

Istana yang dibangun di Bukit Tanah Pilih disebut sebagai istana tanah pilih yang terakhir sebagai zona Sultan Thaha Saifuddin dilahirkan dan dilantik sebagai sultan tahun 1855.

Istana Tanah Pilih ini terus di bumi hanguskan sendiri oleh Sultan Thaha tahun 1858 menyusul serangan balik tentara Belanda karena Sultan dan Panglimanya Raden Mattaher menyerang dan berhasil menenggelamkan 1 kapal perang Belanda Van Hauten di perairan Muaro Sungai Kumpeh.

Kota / Kabupaten Provinsi Jambi

Peta Jambi
Peta Jambi

Pulau Sumatera mempunyai kekayaan sumber upaya alam yang tak ternilai harganya, Oleh karena itu, Jambi ialah daerah yang subur makmur. Sampai saat ini, wilayah Jambi dibagi pada 9 kabupaten dan 2 kota.

  • Batanghari
  • Bungo
  • Kerinci
  • Merangin
  • Muaro Jambi
  • Sarolangun
  • Tanjung Jabung Barat
  • Tanjung Jabung Timur
  • Tebo
  • Kota Jambi

Nahh, itulah penjelasan seputar Provinsi Jambi mulai dari Gambar Peta Jambi, Peta Buta, Peta Administrasi, Batas-Batas Provinsi Jambi, Geografi & Sejarah Jambi yang bisa Anda jadikan referensi ataupun tugas Anda.Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

1 thought on “PETA JAMBI : Sejarah, Geografi & Gambarnya ( LENGKAP )”

Leave a Comment