21
899

PETA KALIMANTAN SELATAN : Sejarah, Iklim & Geografi (LENGKAP)

Peta Kalimantan Selatan – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan salah satu Provinsi yang terdapat di Indonesia tepatnya berada di Pulau Kalimantan. Sebelumnya kita telah membahas seputar Peta Provinsi Kalimantan Tengah mulai dati Gambar Peta lengkapnya , Geografi sampai Sejarahnya kita kupas habis. Okee, langsung saja kita simak artikel berikut ini dengan seksama. Selamat Membaca.

Gambar Peta Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan Lengkap

Peta Kalimantan Selatan Lengkap

Peta Kalimantan Selatan Lengkap

Peta Buta Kalimantan Selatan

Peta Buta Kalimantan Selatan

Peta Buta Kalimantan Selatan

Peta Administrasi Kalimantan Selatan

Peta Administrasi Kalimantan Selatan

Peta Administrasi Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan (Kalsel) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya merupakan Banjarmasin. Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai luas 37.530,52 km² dengan populasi nyaris 3,7 juta jiwa.

Provinsi ini memiliki 11 kabupaten dan 2 kota. DPRD Kalimantan Selatan dengan surat keputusan No. 2 Tahun 1989 tanggal 31 Mei 1989 telah menetapkan 14 Agustus 1950 sebagai Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan.

Tanggal 14 Agustus 1950 menggunakan Peraturan Pemerintah RIS No. 21 Tahun 1950, ialah tanggal dibentuknya provinsi Kalimantan, sesudah pembubaran Republik Indonesia perkumpulan (RIS), dengan gubernur Dokter Moerjani. Secara historis wilayah Kalimantan Selatan mula-mula dibentuk ialah wilayah Karesidenan Kalimantan Selatan di pada Propinsi Kalimantan itu sendiri.

Geografi Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Jika kita lihat dari Peta Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan terletak di antara garis bujur 1 21’ 49” LS, 114 19 “33” BT – 116 33’ 28 BT, dan 21’ 49” LS 110 “14” LS di peta.

Kalimantan Selatan mempunyai total luas 37.377.53 km2 dan terbagi sebagai empat daerah. Daerah-daerah tersebut merupakan Kotabaru sebagai daerah terluas di Kalimantan Selatan dengan luas 13.044.50 km2, kabupaten Banjar dengan luas 5.039.90 km2, kabupaten Tabalong dengan luas 3.039.90 km2, dan kota Banjarmasin sebagai daerah tersempit dengan luas 72.00 km2.

Iklim Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan mempunyai 10 wilayah musim ZOM 171-178 dan ZOM 182. wilayah Musim (ZOM) merupakan daerah yang pola hujan rata-ratanya mempunyai perbedaan yang jelas antara periode musim kemarau dan musim hujan.

Daerah-daerah yang pola hujan rata-ratanya tidak mempunyai perbedaan yang jelas antara periode musim kemarau dan musim hujan, dikatakan Non ZOM. Luas suatu wilayah ZOM tidak selalu sama dengan luas suatu wilayah tata usaha pemerintahan.

Dengan demikian, satu wilayah ZOM bisa terdiri dari beberapa kabupaten, dan sebaliknya satu wilayah kabupaten bisa terdiri dari beberapa ZOM. Kalimantan selatan sebagai salah satu wilayah Indonesia yang mempunyai letak geografis bagian selatan Equator.

Pengaruh aktifitas Monsun menimbulkan sebagian besar daerah-daerah di Kalimantan Selatan memiliki tipe hujan Monsun, akan tetapi terdapat di beberapa daerah yang memiliki tipe hujan Monsun yang dipengaruhi lokal ( seperti daerah kabupaten Kota modern dan sebagian Tanah Bumbu) , sehingga dahulu berlangsungnya musim hujan /kemarau ataupun periode musimnya tidak selalu sama untuk setiap daerah.

Batas – Batas Wilayah Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Berikut ini merupakan Batas – Batas wilayah Kalimantan Selatan, diantaranya:

  • Bagian Utara : Berbatasan dengan Kabupaten Tapin
  • Bagian Selatan : Berbatasan dengan Kabupaten Tanah Laut dan Kota Banjarbaru
  • Bagian Timur : Berbatasan dengan Kabupaten Kotabaru Kuala dan Daerah Kalimantan Selatan
  • Bagian Barat : Berbatasan dengan Kabupaten Barito Kuala dan Kota Banjarmasin

Sejarah Kalimantan Selatan

Sejarah Kalimantan Selatan

Sejarah Kalimantan Selatan

Kawasan Kalimantan Selatan pada masa kemudian ialah bagian dari 3 kerajaan besar yang pernah secara berturut-turut mempunyai wilayah di daerah ini, yaitu Kerajaan Negara Dipa, diteruskan oleh Kerajaan Negara Daha dan diteruskan oleh Kesultanan Banjar.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Kalimantan dijadikan provinsi tersendiri dengan gubernur pertama Gubernur Ir. Pangeran Muhammad Noor yang menjabat, yang sampai akhirnya dibuatlah Perjanjian Linggarjati.

Pada Era ALRI Divisi IV (A)

Sejarah pemerintahan di Provinsi Kalimantan Selatan juga diwarnai dengan terbentuknya organisasi Angkatan Laut Republik Indonesia atau biasa disingkat ALRI Divisi IV di Mojokerto, Jawa Timur yang mempersatukan kekuatan dan pejuang asal Kalimantan yang berada di Jawa.

Dengan ditandatanganinya Perjanjian Linggarjati menimbulkan Kalimantan terpisah dari Republik Indonesia. pada keadaan ini pemimpin ALRI IV mengambil tindakan untuk kedaulatan Kalimantan sebagai bagian wilayah Indonesia, menggunakan suatu proklamasi yang ditandatangani oleh Gubernur ALRI Hasan Basry di Kandangan 17 Mei 1949 yang isinya menyatakan bahwa rakyat Indonesia di Kalimantan Selatan memaklumkan berdirinya pemerintahan Gubernur tentara ALRI yang meliputi seluruh wilayah Kalimantan Selatan & Kalimantan Tengah.

Wilayah itu dinyatakan sebagai bagian dari wilayah RI sesuai Proklamasi kemerdekaaan 17 Agustus 1945. usaha yang diusahakan dinilai sebagai usaha tandingan pada dibentuknya Dewan Banjar oleh Belanda”

Pembentukan Provinsi Kalimantan Selatan

Awal Pembentukan Provinsi Kalimantan ini pada waktu itu terdiri dari 3  karesidenan yaitu Karesidenan Kalimantan Barat, Karesidenan Kalimantan Selatan & Karesidenan Kalimantan Timur.

Provinsi Kalimantan, terus dipecah sebagai 3 provinsi, masing-masing Kalimantan Barat, Timur dan Selatan yang dituangkan pada Undang-Undang No.25 Tahun 1956. Berdasarkan Undang-Undang No.21 Tahun 1957, sebagian besar daerah bagian barat dan utara wilayah Kalimantan Selatan dijadikan Provinsi Kalimantan Tengah.

Sedangkan UU No.27 Tahun 1959 memisahkan bagian utara dari daerah Kabupaten Kotabaru dan memasukkan wilayah itu ke pada kekuasaan Provinsi Kalimantan Timur.

Dan semenjak  itu Provinsi Kalimantan Selatan tidak pernah lagi mengalami perubahan wilayah , dan masih tetap dengan yang sekarang.Tentang Undang – Undang No.25 Tahun 1956 yang merupakan dasar pembentukan Provinsi Kalimantan Selatan terus diperbaharui dengan UU No.10 Tahun 1957 dan UU No.27 Tahun 1959.

Kota/Kabupaten Provinsi Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan

Dibawah ini adalah Kota & Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan (KALSEL), diantaranya:

  1. Kabupaten Balangan
  2. Kabupaten Banjar
  3. Kabupaten Barito Kuala
  4. Kabupaten Hulu Sungai Selatan
  5. Kabupaten Hulu Sungai Tengah
  6. Kabupaten Hulu Sungai Utara
  7. Kabupaten Kotabaru
  8. Kabupaten Tabalong
  9. Kabupaten Tanah Bumbu
  10. Kabupaten Tanah Laut
  11. Kabupaten Tapin
  12. Kota Banjarbaru
  13. Kota Banjarmasin

Nahh, itulah penjelasan seputar Provinsi Kalimantan Selatan yang meliputi, Gambar Peta Kalimantan Selatan, Geogradi Kalimantan Selatan, Iklim Kalimantan Selatan, Batas – Batas Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, Kota/Kabupaten Provinsi Kalimantan Selatan dan Sejarah Kalimantasn Selatan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply