9
318

PETA KALIMANTAN TENGAH : Sejarah, Iklim & Geografi (LENGKAP)

loading...

Peta Kalimantan Tengah – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar Provinsi Kalimantan Tengah yang dimana kita sebelumnya telah mengulas dari Peta Provinsi Kalimantan Barat mulai dari Gambar Peta, Geografi, Iklim, Batas-Batas sampai Sejarahnya. Okee langsung saja kita simak artikel berikut ini dengan seksama.Selamat Membaca!.

Gambar Peta Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah Lengkap

Peta Kalimantan Tengah Lengkap

Peta Kalimantan Tengah Lengkap

Peta Buta Kalimantan Tengah

Peta Buta Kalimantan Tengah

Peta Buta Kalimantan Tengah

Peta Administrasi Kalimantan Tengah

Peta Administrasi Kalimantan Tengah

Peta Administrasi Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

loading...

Kalimantan Tengah (Kalteng) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan. Ibu kotanya merupakan Kota Palangka Raya. Kalimantan Tengah mempunyai luas 157.983 km². Berdasarkan sensus tahun 2010, provinsi ini mempunyai populasi 2.202.599 jiwa, yang terdiri dari 1.147.878 laki-laki dan 1.054.721 perempuan.

Data BPS Kalimantan Tengah tahun 2018 menunjukkan penduduk provinsi ini tahun 2017 bertambah menjadi 2.605.274 (Laki-laki 1.361.715 jiwa dan perempuan 1.243.559 jiwa).Kalimantan Tengah memiliki 13 kabupaten dan 1 kota.

Geografi Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Jika kita lihat dari Peta Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah terletak antara 0,45 derajat Lintang Utara, 3,30 derajat Lintang Selatan dan 111 derajat Bujur Timur.

Kondisi fisik wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, terdiri dari daerah pantai dan rawa yang ditemukan di wilayah Bagian Selatan sepanjang ± 750 km pantai Laut Jawa, yang membentang dari Timur ke Barat dengan ketinggian antara 0–50 m diatas permukaan laut (dpl) dan tingkat kemiringan 0%-8%.

Sebagian besar wilayah daratan Kalimantan Tengah ini terdiri dari jenis tanah podsolik merah dan0020kuning. Pada dasarnya jenis tanah di Kalimantan Tengah ini terdiri dari organosol, laterit, regosol, alluvial, podsol, lithosol dan latosal.

Iklim Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Berdasarkan klasifikasi iklim Schmid dan Ferguson, wilayah Provinsi Kalimantan Tengah termasuk tipe iklim A, hal ini ditandai dengan adanya jumlah bulan basah lebih banyak dari bulan kering dan pola penyebaran curah hujan nyaris merata pada semua wilayah.

Batas – Batas Wilayah Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Berikut ini adalah Batas – Batas dari Provinsi Kalimantan Tengah, diantaranya:

  • Bagian Utara : Berbatasan dengan sebagian Kalimantan Barat dan sebagian Kalimantan Timur.
  • Bagian Timur : Berbatasan dengan sebagian Kalimantan Timur dan Sebagian Kalimantan Selatan.
  • Bagian Selatan : Berbatasan dengan Laut Jawa.
  • Bagian Barat : Berbatasan dengan Kalimantan Barat.

Sejarah Kalimantan Tengah

Sejarah Kalimantan Tengah

Sejarah Kalimantan Tengah

Menurut legenda suku Dayak yang datang dari Panaturan Tetek Tatum yang ditulis oleh Tjilik Riwut mengisahkan orang pertama yang menempati bumi ataupun menginjakan kakinya di Kalimantan merupakan Raja Bunu.

Pada abad ke-14 Gubernur dari Majapahit yang bernama Maharaja Suryanata ini memerintah di Kerajaan Negara Dipa (Amuntai) yang berpusat di Candi Agung dengan wilayah mandalanya dari Tanjung Silat sampai Tanjung Puting dengan daerah-daerah yang dikatakan Sakai, yakni daerah sungai Barito, Tabalong, Balangan, Pitap, Alai, Amandit, Labuan Amas, Biaju Kecil (Kapuas-Murung), Biaju Besar (Kahayan), Sebangau, Mendawai, Katingan, Sampit dan Pembuang dengan kepala-kepala daerahnya masing-masing yang dikatakan Mantri Sakai (Kepala Distrik), sedangkan wilayah Kotawaringin pada masa itu ialah kerajaan tersendiri.

loading...

Kerajaan Negara Dipa diteruskan oleh Kerajaan Negara Daha dengan raja pertamanya Miharaja Sari Babunangan Unro [miharaja= maharaja]. Raja tersebut telah mengantar salah seorang puteranya yang bernama Raden Sira Panji Kesuma alias Uria Gadung [Uria= Aria] untuk memegang kekuasaan wilayah Tanah Dusun [atau Barito Raya] yang berkedudukan di JAAR – SANGGARWASI.

Pada abad ke-16, Provinsi Kalimantan Tengah ini masih masuk dalam wilayah mandala Kesultanan Banjar, penerus dari Negara Daha yang telah memindahkan ibu kota ke hilir sungai Barito tepatnya di Banjarmasin, dengan wilayah mandalanya yang semakin meluas meliputi daerah-daerah dari Tanjung Sambar sampai Tanjung Aru.

Pada abad ke-16, berkuasalah Raja Maruhum Panambahan yang beristrikan Nyai Siti Biang Lawai, seorang puteri Dayak keturunan Patih Rumbih dari Biaju. Tentara Biaju kerapkali dilibatkan pada revolusi di istana Banjar, bahkan dengan gerakan pemotongan kepala (ngayau) contohnya saudara muda Nyai Biang Lawai bernama Panglima Sorang yang diberi gelar Nanang Sarang membantu Raja Maruhum untuk membubarkan pemberontakan anak-anak Kiai Di Podok.

Selain itu orang Biaju (sebutan Dayak pada masa dulu) juga pernah membantu Pangeran Dipati Anom (ke-2) untuk merebut tahta dari Sultan Ri’ayatullah. Raja Maruhum memberikan tugas kepada Dipati Ngganding untuk memerintah di negeri Kotawaringin.

Dipati Ngganding digantikan oleh menantunya, yakni Pangeran Dipati Anta-Kasuma putra Raja Maruhum menjadi raja Kotawaringin yang pertama dengan gelar Ratu Kota Waringin. Pangeran Dipati Anta-Kasuma merupakan suami dari Andin Juluk binti Dipati Ngganding dan Nyai Tapu binti Mantri Kahayan.

Di Kotawaringin Pangeran Dipati Anta-Kasuma menikahi wanita setempat dan memperoleh anak, yakni Pangeran Amas dan Putri Lanting. Pangeran Amas yang bergelar Ratu Amas inilah yang  menjadi raja Kotawaringin dan penggantinya berlanjut hingga Raja Kotawaringin sekarang, yakni Pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah.

Kontrak pertama antara Kotawaringin dengan VOC Belanda terjadi pada tahun 1637. Berdasarkan informasi Radermacher, pada tahun 1780 telah ditemukan pemerintahan pribumi seperti Kyai Ingebai Suradi Raya kepala daerah Mendawai, Kyai Ingebai Sudi Ratu kepala daerah Sampit, Raden Jaya kepala daerah Pembuang dan kerajaan Kotawaringin dengan rajanya yang bergelar Ratu Kota Ringin.

 Kota/Kabupaten Provinsi Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah

Dibawah ini adalah Kota & Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah (KALTENG), diantaranya:

  1. Kabupaten Barito Selatan
  2. Kabupaten Barito Timur
  3. Kabupaten Barito Utara
  4. Kabupaten Gunung Mas
  5. Kabupaten Kapuas
  6. Kabupaten Katingan
  7. Kabupaten Kotawaringin Barat
  8. Kabupaten Kotawaringin Timur
  9. Kabupaten Lamandau
  10. Kabupaten Murung Raya
  11. Kabupaten Pulang Pisau
  12. Kabupaten Sukamara
  13. Kabupaten Seruyan
  14. Kota Palangka Raya

Nahh, itulah penjelasan mengenai seputar Provinsi Kalimantan Tengah yang meliputi, Gambar Peta Kalimantan Tengah Lengkap, Geografi Kalimantan Tengah, Iklim Kalimantan Tengah, Batas-Batas Kalimantan Tengah, Kota/Kabupaten yang terdapat di Provinsi Kalimantan Tengah & Sejarah Kalinamtan Tengah yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin

loading...

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply