PETA KALIMANTAN TIMUR : Sejarah, Iklim & Geografi (LENGKAP)

PETA KALIMANTAN TIMUR : Sejarah, Iklim & Geografi (LENGKAP)

Peta Kalimantan Timur – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Povinsi Kalimantan Timur yang dimana Provinsi ini adalah salah satu Provinsi yang ada di Indonesia tepatnya terdapat di Pulau Kalimantan dan memiliki ibukota, Kota Samarinda.

Sebelumnya kita telah membahas Peta Provinsi Kalimantan Selatan mulai dari Gambar Peta Lengkapnya, Geografi sampai Sejarahnya kita kupas habis. Okee langsung saja kita simak artikel ini dengan seksama. Selamat Membaca.

Gambar Peta Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur
Peta Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur Lengkap

Peta Kalimantan Timur Lengkap
Peta Kalimantan Timur Lengkap

Peta Buta Kalimantan Timur

Peta Buta Kalimantan Timur
Peta Buta Kalimantan Timur

Peta Administrasi Kalimantan Timur

Peta Administrasi Kalimantan Timur
Peta Administrasi Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur
Peta Kalimantan Timur

Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan salah satu provinsi yang terdapat di Indonesia tepatnya terdapat di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi.

Luas total Kaltim merupakan 127.346,92 km² dan populasi sebesar 3.575.449 jiwa (2017). Kaltim ialah wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di nusantara. Ibu kota provinsi ini merupakan kota Samarinda.

Provinsi Kalimantan Timur sebelum dimekarkan menjadi Kalimantan Utara ialah provinsi terluas kedua di Indonesia sesudah Papua, dengan luas 194.489 km persegi yang nyaris sama dengan Pulau Jawa ataupun antara 6,8% dari total luas wilayah Indonesia.

Geografi Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur
Peta Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur ini memiliki luas daratan dan lautan yakni daratan dengan luas 127.346,92 km² dan luas pengelolaan laut 25.656 km². Jika kita lihat dari Peta Indonesia Provinsi Kalimantan Timur terletak antara 113°44′ dan 119°00′ Bujur Timur, dan antara 2°33 ‘Lintang Utara dan 2°25’ Lintang Selatan.

Dengan adanya kemajuan dan pemekaran wilayah, Kalimantan Timur yang ialah provinsi terluas ketiga sesudah Papua dan Kalimantan Tengah, dibagi menjadi 7 (tujuh) kabupaten, 3 (tiga) Kota, 107 kecamatan dan 1.032 desa/kelurahan.

Tujuh kabupaten tersebut merupakan Paser dengan ibu kota Tanah Grogot, Kutai Barat dengan ibu kota Sendawar, Kutai Kartanegara dengan ibu kota Tenggarong, Kutai Timur dengan ibu kota Sangatta, Berau dengan ibu kota Tanjung Redeb, Penajam Paser Utara dengan ibu kota Penajam, dan Mahakam Ulu dengan ibu kota Long Bagun (pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat).

Sedangkan tiga Kota merupakan Balikpapan, Samarinda, dan Bontang. Kalimantan Timur ialah salah satu pintu gerbang penting di wilayah Indonesia bagian Timur. Daerah yang juga dikenal sebagai gudang kayu dan hasil pertambangan ini memiliki ratusan sungai yang tersebar pada hampir semua kabupaten/kota dan ialah media transportasi penting di samping transportasi darat, dengan sungai yang terpanjang Sungai Mahakam.

Provinsi Kalimantan Timur ini terletak di paling timur Pulau Kalimantan. Tepatnya berbatasan langsung dengan Kalimantan Utara di sebelah Utara, Laut Sulawesi dan Selat Makasar di sebelah Timur, Kalimantan Selatan di sebelah Selatan, dan Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah serta Malaysia di sebelah Barat.

Daratan Kalimantan Timur tidak terlepas dari perbukitan yang ditemukan nyaris di seluruh kabupaten. Jumlah danau di provinsi ini juga lumayan banyak yakni antara 18 buah. Sebagian besar danau-danau tersebut berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan danau yang paling luas yakni Danau Semayang dan Melintang yang masing-masing memiliki luas area 13.000 ha dan 11.000 ha.

  • Suhu dan Kelembaban

Suhu udara suatu zona ditentukan oleh tinggi dan rendahnya daerah tersebut dari permukaan laut dan jaraknya dari pantai. Secara umum, Provinsi Kalimantan Timur mempunyai iklim panas dengan suhu pada tahun 2013 berkisar antara 21,6 ⁰C di Berau pada bulan Oktober sampai 35,6 ⁰C di Berau pada bulan September.

Rata-rata suhu terendah merupakan 22,1⁰C dan tertinggi 35,1⁰C terjadi di Berau. Selain menjadi daerah tropis dengan hutan yang luas, pada tahun 2013 rata-rata kelembaban udara Kalimantan Timur antara 83-87 persen.

Kelembaban udara terendah diamati oleh stasiun meteorologi dari Samarinda terjadi pada beberapa bulan dengan kelembaban 82 persen. Sedangkan tertinggi terjadi di Berau pada bulan Februari dengan kelembaban 91 persen.

  • Curah Hujan dan Keadaan Angin

Curah hujan di daerah Kalimantan Timur paling beragam berdasarkan bulan dan letak stasiun pengamat. Rata-rata curah hujan tertinggi tercatat pada Stasiun Meteorologi Berau sebesar 245,1 mm dan terendah selama tahun 2013 tercatat pada Stasiun Meteorologi Samarinda yakni 237,8 mm.

Pada beberapa stasiun pengamat memantau kondisi angin di Kalimantan Timur pada tahun 2013. Pengamatan menunjukkan bahwa kecepatan angin antara 3 sampai 4 knot. Kecepatan angin tertinggi merupakan 4 knot terjadi di Balikpapan dan Berau, sementara yang terendah merupakan 3 knot di Samarinda.

 Iklim Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur
Peta Kalimantan Timur

Seperti iklim wilayah Indonesia pada umumnya, Kalimantan Timur beriklim tropis dan mempunyai dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau biasanya terjadi pada bulan Mei sampai dengan bulan Oktober, sedang musim penghujan terjadi pada bulan November sampai dengan bulan April.

Keadaan ini terus berlangsung setiap tahun yang diselingi dengan musim peralihan pada bulan-bulan tertentu. Selain itu, karena Provinsi Kalimantan Timur ini terletak pada garis khatulistiwa maka iklim di Provinsi Kalimantan Timur ini juga dipengaruhi oleh angin Muson, yakni angin Muson Barat dari November-April dan angin Muson Timur Mei-Oktober.

Akan tetapi, pada tahun-tahun terakhir ini, keadaan musim di Provinsi Kalimantan Timur kadang tidak menentu. Pada bulan-bulan yang seharusnya turun hujan dalam kenyataannya tidak ada hujan sama sekali, atau sebaliknya pada bulan-bulan yang seharusnya kemarau justru terjadi hujan dengan waktu yang jauh lebih panjang.

Batas – Batas Wilayah Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur
Peta Kalimantan Timur

Berikut ini adalah Batas – Batas Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, diantaranya:

  • Bagian Barat : Berbatasan degan Negara Malaysia
  • Bagian Utara : Berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Utara
  • Bagian Selatan : Berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan
  • Bagian Timur : Berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Selat Makassar

Sejarah Kalimantan Timur

Sejarah Kalimantan Timur
Sejarah Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur ini selain sebagai kesatuan administrasi, juga sebagai kesatuan ekologis dan historis. Kalimantan Timur sebagai wilayah administrasi dibentuk berlandaskan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1956 dengan gubernurnya yang pertama merupakan APT Pranoto.

Sebelumnya Kalimantan Timur ialah salah satu karesidenan dari Provinsi Kalimantan. Sesuai dengan keinginan rakyat, sejak tahun 1956 wilayahnya dimekarkan menjadi tiga provinsi, yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat. terhadap tahun 2012, kembali terjadi pemekaran wilayah yang ditandai dengan pembentukan Provinsi Kalimantan Utara.

  • Kantor Gubernur Kalimantan Timur.

Daerah-daerah Tingkat II di pada wilayah Kalimantan Timur, dibentuk berlandaskan Undang-undang No. 27 Tahun 1959, berkenaan Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan (Lembaran Negara Tahun 1955 No.9). Lembaran Negara No.72 Tahun 1959 terdiri atas:

  • Pembentukan 2 kotamadya, yaitu:
  1. Kotamadya Samarinda menjadi Ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur.
  2. Kotamadya Balikpapan, dengan kota Balikpapan sebagai ibu kotanya dan ialah pintu gerbang Kalimantan Timur.
  • Pembentukan 4 kabupaten, yaitu:
  1. Kabupaten Kutai, dengan ibu kotanya Tenggarong
  2. Kabupaten Pasir, dengan ibu kotanya Tanah Grogot.
  3. Kabupaten Berau, dengan ibu kotanya Tanjung Redeb.
  4. Kabupaten Bulungan, dengan ibu kotanya Tanjung Selor.
  • Pembentukan Kota dan Kabupaten Baru

Berdarkan Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 1981, maka dibentuk Kota Administratif Bontang di wilayah Kabupaten Kutai dan berlandaskan Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 1989, maka dibentuk pula Kota Madya Tarakan di wilayah Kabupaten Bulungan.

Pada kemajuan lebih terus sesuai dengan ketentuan di pada Undang-undang No. 22 Tahun 1999 berkenaan Otonomi Daerah, maka dibentuk 2 Kota dan 4 kabupaten, yaitu:

  1. Kabupaten Kutai Barat, beribu kota di Sendawar
  2. Kabupaten Kutai Timur, beribu kota di Sangatta
  3. Kabupaten Malinau, beribu kota di Malinau
  4. Kabupaten Nunukan, beribu kota di Nunukan
  5. Kabupaten Mahakam Ulu beribu kota di Ujoh Bilang
  6. Kota Tarakan (peningkatan kota Administratif Tarakan menjadi kotamadya)
  7. Kota Bontang (peningkatan kota Administratif Bontang menjadi kotamadya)

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2002, maka Kabupaten Pasir mengalami pemekaran dan pemekarannya bernama Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pada tanggal 17 Juli 2007, DPR RI telah menyepakati dan menyetujui  atas berdirinya Tana Tidung sebagai kabupaten baru di Kalimantan Timur, maka jumlah keseluruhan kabupaten/kota di Kalimantan Timur menajdi 14 wilayah. Pada tahun yang sama pula nama Kabupaten Pasir ini berubah menjadi Kabupaten Paser Berdasarkan PP No. 49 Tahun 2007.

Pada tanggal 25 Oktober 2012, DPR RI mengesahkan pembentukan Provinsi Kalimantan Utara yang ialah pemekaran dari Kalimantan Timur.

Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Tana Tidung, dan Kota Tarakan menjadi wilayah provinsi baru tersebut, yang menjadikan jumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Timur berkurang menjadi 9 wilayah.

Pada bulan Mei 2013 Kabupaten Mahakam Ulu ini dimekarkan dari Kutai Barat yang membuat kabupaten dan kota di Kalimantan Timur menjadi 10 wilayah.

Kota/Kabupaten Provinsi Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur
Peta Kalimantan Timur

Dibawah ini adalah kota & Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Timur (KALTIM), diantaranya:

  1. Kabupaten Berau
  2. Kabupaten Kutai Barat
  3. Kabupaten Kutai Kartanegara
  4. Kabupaten Kutai Timur
  5. Kabupaten Mahakam Ulu
  6. Kabupaten Paser
  7. Kabupaten Penajam Paser Utara
  8. Kota Balikpapan
  9. Kota Bontang
  10. Kota Samarinda

Nahh, itulah penjelasan seputar Provinsi Kalimantan Timur yang meliputi, Gambar Peta Kalimantan Timur Lengkap, Geografi Kalimantan Timur, Iklim Kalimantan Timur, Batas-Batas Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Kota/Kabupaten Provinsi Kalimantan Timur & Sejarah Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin

Leave a Comment