PETA KALIMANTAN UTARA : Sejarah, Iklim & Geografi (LENGKAP)

PETA KALIMANTAN UTARA : Sejarah, Iklim & Geografi (LENGKAP)

Peta Kalimantan Utara – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar Provinsi Kalimantan Utara yang dimana Provinsi ini merupakan salah satu Provinsi yang ada di Indonesia tepatnya terletak di Pulau Kalimantan. Ibukota dari Provinsi Kalimantan Utara ini yakni Kota Tanjung Selor. Okee langsung saja kita simak artikel ini dengan seksama. Selamat Membaca.

Gambar Peta Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara
Peta Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara Lengkap

Peta Kalimantan Utara
Peta Kalimantan Utara

Peta Buta Kalimantan Utara

Peta Buta Kalimantan Utara
Peta Buta Kalimantan Utara

Peta Administrasi Kalimantan Utara

Peta Administrasi Kalimantan Utara
Peta Administrasi Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara
Peta Kalimantan Utara

Kalimantan Utara (Kaltara) merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, yakni Negara Bagian Sabah dan Sarawak. Provinsi Kalimantan Utara memiliki ibukota yakni Kota Tanjung Selor, bersama dengan pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan.

Saat ini Kalimantan Utara ialah provinsi termuda Indonesia yang resmi disahkan menjadi provinsi dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2012.

Kementerian Dalam Negeri telah menetapkan 11 daerah otonomi baru yang terdiri atas satu provinsi dan 10 kabupaten, termasuk Kalimantan Utara tepatnya pada hari Senin, 22 April 2013. Bersama dengan penetapan itu, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melantik kepala daerah masing-masing, termasuk pejabat Gubernur Kaltara yaitu Irianto Lambrie.

Infrastruktur pemerintahan Kalimantan Utara masih dalam proses persiapan yang direncanakan akan berlangsung paling berlama-lama dalam 1 tahun.

Geografi Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara
Peta Kalimantan Utara

Provinsi Kalimantan Utara yang mempunyai luas ± 75.467.70 km². Jika kita lihat dari Peta Indonesia Provinsi Kaltara ini terletak pada posisi antara 114º 35’ 22’ – 118º 03 00’ Bujur Timur dan antara 1º 21’ 36’ – 4º 24’ 55’ Lintang Utara.

Selain itu berlandaskan batas kewenangan provinsi, Provinsi Kalimantan Utara diketahui mempunyai luas lautan seluas 11.579 km² (13% dari luas tanah total).

Kalimantan Utara yang ialah provinsi termuda di Indonesia saat ini, dibagi menjadi 5 (lima) kabupaten/kota, 4 (empat) kabupaten, 1 (satu) kota, 50 kecamatan dan 479 desa/kelurahan

Iklim Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara
Peta Kalimantan Utara

Seperti iklim tanah Indonesia pada umumnya, Kalimantan Utara beriklim tropis dan memiliki 2 musim yakni musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau umumnya terjadi pada bulan Mei sampai dengan bulan Oktober, sedang musim penghujan terjadi pada bulan Nopember sampai dengan bulan April.

Kondisi ini terus berlangsung setiap tahun yang diabarengi dengan musim peralihan pada bulan-bulan tertentu. Selain itu juga karna letaknya ada pada daerah khatulistiwa maka iklim di Kalimantan Utara ini juga dipengaruhi oleh adanya angin Muson, yakni angin Muson Barat Nopember-April dan angin Muson Timur Mei-Oktober.

Namun dalam tahun-tahun terakhir ini, keadaan musim di Kalimantan Timur sering tidak menentu. Pada bulan-bulan yang seharusnya turun hujan dalam kenyataannya tidak terdapat hujan sama sekali, ataupun sebaliknya pada bulan-bulan yang seharusnya kemarau justru terjadi hujan dengan masa yang jauh lebih panjang.

Batas – Batas Wilayah Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara
Peta Kalimantan Utara

Berikut ini merupakan Batas – Batas wilayah Provinsi Kalimantan Utara, diantaranya:

  • Bagian Utara : Berbatasan dengan Negara Sabah (Malaysia)
  • Bagian Timur : Berbatasan dengan Laut Sulawesi
  • Bagian Selatan : Berbatasan dengan  Provinsi Kalimantan Timur
  • Bagian Barat : Berbatasan dengan Negara Serawak (Malaysia)

Sejarah Kalimantan Utara

Sejarah Kalimantan Utara
Sejarah Kalimantan Utara

Provinsi Borneo saat masa  awal kemerdekaan, tahun 1945. Dalam sejarahnya negeri-negeri di bagian utara pulau Kalimantan, yang mencakup Sarawak, Sabah, Brunei  Sejak masa Hindu hingga masa sebelum terbentuknya Kesultanan Bulungan, daerah yang sekarang menajdi wilayah provinsi Kalimantan Utara hingga daerah Kinabatangan di Sabah bagian Timur ialah wilayah mandala negara Berau yang dinamakan Nagri Marancang.

Namun belakangan sebagian utara Nagri Marancang (alias Sabah bagian Timur) terlepas dari Berau karena diklaim sebagai wilayah mandala Brunei, terus oleh Brunei dihadiahkan kepada Kesultanan Sulu dan Suku Suluk mulai bermukim di sebagian wilayah tersebut.

Kemudian kolonial Inggris berhasil menguasai sebelah utara dari Nagri Marancang dan Belanda juga berhasil menguasai sebelah selatan Nagri Marancang (sekarang provinsi Kaltara). Wilayahyang menjadi provinsi Kalimantan Utara ialah bekas wilayah Kesultanan Bulungan.

Kesultanan Bulungan menjadi daerah perluasan pengaruh Kesultanan Sulu. akan tetapi Kerajaan Berau (yang ialah induk dari Kesultanan Bulungan) berdasarkan Hikayat Banjar termasuk salah satu vazal ataupun negara bagian di dalam mandala negara Kesultanan Banjar sejak dahulu kala, saat Kesultanan Banjar masih bernama Kerajaan Negara Dipa (masa Hindu).

Sampai tahun 1850, negeri Bulungan ini masih diterima sebagai negeri bawahan dalam mandala yakni negara Kesultanan Sulu. Akan tetapi dalam tahun 1853, negeri Bulungan telah dimasukkan dalam wilayah Hindia Belanda ataupun kembali menjadi bagian dari Berau.

Walaupun belakangan ini, negeri Bulungan di bawah kekuasaan Pangeran dari Brunei, namun negeri tersebut masih tetap termasuk dalam mandala negara Berau. Berdasarkan dari perjanjian antara Kesultanan Banjar & VOC Belanda yang dibukin pada tanggal 13 Agustus 1787 dan 4 Mei 1826.

Maka secara hukum negara Kesultanan Banjar menjadi daerah protektorat VOC Belanda dan beberapa daerah bagian & negara bagian yang diterima sebagai bekas vazal Banjar diserahkan sebagai properti VOC Belanda termasuk Berau dan daerah taklukannya.

Maka Kompeni Belanda menjadikan batas-batas wilayahnya yang diperolehnya dari Banjar berlandaskan perjanjian tersebut yakni wilayah paling barat merupakan negara bagian Sintang, daerah bagian Lawai dan Daerah Aliran Sungai Jelai (salah satu wilayah Kepageranan Kotawaringin di dalam negara kesultanan Banjar) sedangkan wilayah paling timur merupakan negara bagian Berau.Negara bagian Berau meliputi negeri kesultanan Gunung Tabur, negeri kesultanan Tanjung/Sambaliung, negeri kesultanan Bulungan & distrik Tidung yang dihapuskan tahun 1916.

Berdasarkan peta Hindia Belanda pada tahun 1878, yang saat itu menunjukkan posisi perbatasan jauh lebih ke utara dari perbatasan Kalimantan Utara Sabah hari ini, karena meliputi semua perkampungan suku Tidung yang ada di wilayah Tawau. Kantor Gubernur Kalimantan Utara yang terletak di kota Tanjung Selor.

Proses pemekaran Kalimantan Utara ini menjadi suatu provinsi terpisah dari Kalimantan Timur telah dimulai pada tahun 2000-an.Setelah menggunakan proses panjang, pembentukan provinsi Kalimantan Utara akhirnya disetujui dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012.

 Kota/Kabupaten Provinsi Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara
Peta Kalimantan Utara

Dibawah ini adalah Kota & Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Utara (KALTARA), diantaranya:

  1. Kabupaten Bulungan
  2. Kabupaten Malinau
  3. Kabupaten Nunukan
  4. Kabupaten Tana Tidung
  5. Kota Tarakan

 Nahh, itulah penjelasan seputar Provinsi Kalimantan Utara yang meliputi Gambar Peta Kalimantan Utara Lengkap, Geografi, Iklim, Batas – Batas Wilayah Kalimantan Utara, Kota/Kabupaten Provinsi Kalimantan Utara & Sejarah Kalimantan Utara yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Leave a Comment