Peta Kepulauan Bangka Belitung : Sejarah, Iklim & Geografi (Lengkap)

Peta Kepulauan Bangka Belitung : Sejarah, Iklim & Geografi (Lengkap)

Peta Kepulauan Bangka Belitung – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar Kepulauan Bangka Belitung yang dimana sebelumnya kita telah membahas Peta Sumatera Selatan mulai dari Gambar Lengkap, Sejarah, Iklim & Geografinya. Okee langsung saja tanpa basa basi mari kita simak artikel dibawah ini dengan seksama!.

Gambar Peta Kepulauan Bangka Belitung

Peta Kepulauan Bangka Belitung3
Peta Kepulauan Bangka Belitung3

Peta Kepulauan Bangka Belitung Lengkap

Peta Kepulauan Bangka Belitung Lengkap
Peta Kepulauan Bangka Belitung Lengkap

Peta Buta Kepulauan Bangka Belitung

Peta Buta Kepulauan Bangka Belitung
Peta Buta Kepulauan Bangka Belitung

Peta Administrasi Bangka Belitung

Peta Administrasi Kepulauan Bangka Belitung
Peta Administrasi Kepulauan Bangka Belitung

Peta Kepulauan Bangka Belitung

Peta Kepulauan Bangka Belitung
Peta Kepulauan Bangka Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah salah satu Provinsi yang ada di Indonesia dan berada di Pulau Sumatera serta terdiri dari 2 pulau besar utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Selain kedua pulau besar tersebut, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga memiliki beberapa pulau kecil disekitar 2 pulau utama tersebut yaitu pulau Pongok, pulau Lepar, pulau Mendanau, pulau Selat Nasik serta pulau-pulau lainnya.

Jika kita lihat pada Peta Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini terletak di sebelah Timurnya Pulau Sumatera berdekatan dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Luas wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah 16.424,06 Km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 1.277.586 jiwa. Suku Bangsa aslinya adalah Suku Melayu. Ibukota Provinsi Bangka Belitung adalah Kota Pangkal Pinang.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masuk kedalam zona waktu Indonesia Barat(WIB). Zona Waktu Indonesia Barat ini sama dengan Zona Waktu Internasional UTC +7 atau GMT +7.

Geografi Kepulauan Bangka Belitung

Peta Kepulauan Bangka Belitung
Peta Kepulauan Bangka Belitung

Posisi geografis provinsi ini merupakan 1º50′ – 3º10′ LS dan 105º – 108º BT.

Iklim Kepulauan Bangka Belitung

Peta Kepulauan Bangka Belitung
Peta Kepulauan Bangka Belitung

Pada tahun 2007, kelembaban udara di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini berkisar antara 77,4 % sampai dengan 87,3 % dengan rata-rata perbulannya bisa mencapai 83,1 %, dengan curah hujan antara 58,3 mm sampai dengan 476,3 mm dan tekanan udanra selama tahun 2007 antara 1.010,1 MBS.

Rata-rata suhu udara selama tahun 2007 di provinsi ini bisa mencapai 26,7 derajat C dengan rata-rata suhu udara maksimum 29,9 derajat C dan rata-rata suhu udara minimum 24,9 derajat C. Suhu udara maksimum tertinggi terjadi pada Bulan Oktober dengan suhu udara 31,7 derajat C, sedangkan untuk suhu udara minimum terendah terjadi pada Bulan Februari dan Maret dengan suhu udara sebesar 23,2 derajat C.

Kepulauan Bangka Belitung mempunyai Iklim tropis yang dipengaruhi oleh angin musimdan mengalami bulan basah selama tujuh bulan sepanjang tahun dan bulan kering selama lima bulan terus menerus. Tahun 2007 bulan kering terjadi pada Bulan Agustus sampai dengan Oktober dengan hari hujan 11-15 hari per bulan.

Untuk bulan basah hari hujan terjadi pada tanggal 16-27 hari per bulan, terjadi pada Bulan Januari sampai dengan Bulan Juli dan Bulan November sampai Bulan Desember.

Batas – Batas Kepulauan Bangka Belitung

Peta Kepulauan Bangka Belitung
Peta Kepulauan Bangka Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki batas wilayah:

  • Bagian Utara : Berbatasan dengan Laut Natuna
  • Bagian Timur : Berbatasan dengan Selat Karimata
  • Bagian Selatan : Berbatasan dengan Laut Jawa
  • Bagian Barat : Berbatasan dengan Selat Bangka

Tipologi Kepulauan Bangka Belitung

Peta Kepulauan Bangka Belitung
Peta Kepulauan Bangka Belitung

Keadaan alam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagian besar ialah dataran tinggi, lembah dan sebagian kecil pegunungan dan perbukitan.

Ketinggian dataran rendah di Provinsi ini rata-rata sekitar 50 meter di pada permukaan laut dan ketinggian daerah pegunungan antara lain untuk Gunung Maras bisa mencapai 699 meter di Kecamatan Belinyu (P. Bangka), Gunung Tajam Kaki ketinggiannya kurang lebih 500 meter di pada permukaan laut di Pulau Belitung.

Sedangkan untuk daerah perbukitan seperti Bukit Menumbing ketinggiannya bisa mencapai kurang lebih 445 meter di Kecamatan Mentok dan Bukit Mangkol dengan mencapai ketinggian sekitar 395 meter di atas permukaan laut di Kecamatan Pangkalan Baru.

Sejarah Kepulauan Bangka Belitung

Sejarah Kepulauan Banga Belitung
Sejarah Kepulauan Banga Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi di Indonesia tepatnya ada di Pulau Sumatera dan terdiri dari 2 pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni cuma 50 pulau.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, mempunyai pantai yang indah dan kerukunan antar etnis.

Ibu kota provinsi ini adalah Pangkalpinang. Pemerintahan provinsi ini pertama kali disahkan pada tanggal 9 Februari 2001. sesudah dilantiknya Pj. Gubernur yaitu H. Amur Muchasim, SH (mantan Sekjen Depdagri) yang menandai dimulainya kegiatan roda pemerintahan provinsi.

Selat Bangka sendiri memisahkan Pulau Sumatera dan Pulau Bangka, sedangkan Selat Gaspar memisahkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Di bagian utara provinsi ini bisa kita temukan  Laut Cina Selatan, bagian selatan merupakan Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkanoleh Pulau Belitung oleh Selat Karimata.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya merupakan bagian dari Sumatera Selatan, akan tetapi sebagai provinsi sendiri bersama Banten dan Gorontalo pada tahun 2000. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri dibangun Berdasarkan UU Nomor 27 Tahun 2000 Tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tanggal 21 November 2000 yang terdiri dari Kabupaten Bangka, Kabupaten Belitung dan Kota Pangkalpinang.

Pada tahun 2003 Berdasarkan UUNomor 5 Tahun 2003 tanggal 23 Januari 2003 diupayakan pemekaran wilayah dengan penambahan 4 kabupaten yaitu Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ialah pemekaran wilayah dari Provinsi Sumatera Selatan.

Kota/Kabupaten Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Peta Kepulauan Bangka Belitung
Peta Kepulauan Bangka Belitung

Dibawah ini adalah Kota & Kabupaten yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Antara lain:

  1. Kabupaten Bangka
  2. Kabupaten Bangka Barat
  3. Kabupaten Bangka Selatan
  4. Kabupaten Bangka Tengah
  5. Kabupaten Belitung
  6. Kabupaten Belitung Timur
  7. Kota Pangkal Pinang

Nahh, itulah penjelasan seputar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang meliputi Gambar Peta Kepulauan Bangka Belitung, Iklim, Geografi & Sejarah yang bisa Anda jadikan  sebagai referensi atau tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.Aamiin.

Leave a Comment