Peta Kepulauan Riau : Sejarah, Geografi & Gambarnya ( LENGKAP )

Peta Kepulauan Riau : Sejarah, Geografi & Gambarnya ( LENGKAP )

Peta Kepulauan Riau – Pada Pemahasan kali ini kita akan membahas seputar Provinsi Kepulauan Riau mulai dari gambar Peta Kepulauan Riau, Geografi sampai Sejarah nya akan kita kupas habis. Sebelumnya kita sudah membahas Peta Riau yang dimana Provinsi ini salah satu Provinsi yang sudah dipisahkan. Okee langsung saja kita simak artikel dibawah ini dengan seksama!.

Gambar Peta Kepulauan Riau

Peta Kepulauan Riau
Peta Kepulauan Riau

Peta Kepulauan Riau Lengkap

Peta Kepulauan Riau Lengkap
Peta Kepulauan Riau Lengkap

Peta Buta Kepulauan Riau

Puta Buta Kepulauan Riau
Puta Buta Kepulauan Riau

Peta Administrasi Kepulauan Riau

Peta Administrasi Kepulauan Riau
Peta Administrasi Kepulauan Riau

Peta Kepulauan Riau

Peta Kepulauan Riau
Peta Kepulauan Riau

Kepulauan Riau ialah salah satu dari 34 provinsi di Indonesia. Tetapi tidak salah, Provinsi Kepulauan Riau berbeda dengan Provinsi Riau.

Ibu kota provinsi Kepulauan Riau adalah Tanjung Pinang. Dan bila kita lihat dari Peta Indonesia sendiri Provinsi ini terletak pada jalur kemudian lintas transportasi laut, dan udara yang strategis, dan terpadat pada tingkat internasional serta pada bibir pasar dunia yang mempunyai peluang pasar.

Jika dihitung secara keseluruhan wilayah Kepulauan ini Riau terdiri dari 5 kabupaten, dan 2 kota, 52 kecamatan serta 299 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar, dan kecil yang 30% belum bernama, dan berpenduduk. mengenai xluas wilayahnya sebesar 8.201,72 km², sekitar 95% ialah lautan, dan cuma sekitar 5% daratan.

Geografi Kepulauan Riau

Peta Kepulauan Riau
Peta Kepulauan Riau

Secara geografis provinsi Kepulauan Riau berbatasan langusng dengan negara tetangga, yakni Singapura, Malaysia, dan Vietnam yang mempunyai luas wilayah 251.810,71 km² dengan 96 persennya merupakan adalah perairan dengan 1.350 pulau besar, dan kecil telah menunjukkan perkembangan pada penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Demografi Kepulauan Riau

Peta Kepulauan Riau
Peta Kepulauan Riau

Suku bangsa:

  • Suku Melayu (35,6%)
  • Suku Laut Jawa (22,2%)
  • Suku Tionghoa (9,3%)
  • Suku Minangkabau (9,3%)
  • Suku Batak (8,1%)
  • Suku Bugis (2,2%)
  • Suku Banjar (0,7%)

Agama mayoritas:

  • Islam
  • Kristen
  • Buddha
  • Khonghucu
  • Katolik dan
  • Hindu

Bahasa Sehari-hari

  • Bahasa Melayu Riau
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Hokkie dan
  • Bahasa Tiochiu

Lagu Daerah

  • Hang Tuah
  • Pak Ngah Balek
  • Pulau Bintan
  • Segantang Lada

Rumah tradisional :  Rumah Belah Bubung

Senjata Tradisional

  • Keris Sempena Riau
  • Pedang Jenawi
  • Badik

Sejarah Kepulauan Riau

Sejarah Kepulauan Riau
Sejarah Kepulauan Riau

Pembentukan provinsi Kepulauan Riau berdasarkan Undang-Undang Nomor25 Tahun 2002 tanggal 24 September 2002 ini disetujui dan ditindak lanjuti Pemerintah Pusat dengan  dikeluarkannya Keputusan Pemerintah (Kepres) tanggal 1 Juli 2004,sebagai provinsi baru yang ke-32.

Pada tanggal 1 Juli 2004 itu pula, Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno atas nama Presiden Republik Indonesia Ibu Megawati Soekarnoputri melantik Drs. H. Ismeth Abdullah sebagai pelaksana tugas ( caretaker ) Gubenur Kepulauan Riau.

Pada awalnya, Kepulauan Riau ( Kepri ) adalah salah satu kabupaten dari provinsi induk, Provinsi Riau, yang sudah terbentuk pada tahun 1958 berdasarkan UU Nomor 61 tahun 1958.

Waktu itu, Provinsi Riau yang semula masuk dalam Provinsi Sumatera Tengah dan beribukota di Bukittinggi, terdiri dari Daerah Tingkat Dua Kepulauan Riau, Bengkalis, Kampar, Indragiri dan Kotapraja Pekanbaru.

Ibu kota Provinsi Riau waktu itu adalah Tanjungpinang. Kemudian dipindahkan ke Pekanbaru pada tahun 1959. Pindahnya ibukota Provinsi Riau dari Tajungpinang ke Pekanbaru mendasari suatu perubahan penting dalam sejarah perkembangan sosial, ekonomi dan politik di Kepri.

Tanjungpinang yang awalnya adalah pusat perdagangan, budaya dan sejarah selama berabad-abad, berubah menjadi kawasan pinggiran dari Provinsi Riau, menyebabkan Kepri tidak lagi menjadi penting dan bermakna dalam kejayaan di jalur pelayaran dagang di Selat Melaka yang telah berlangsung sejak 1722.

Setelah berakhirnya masa keemasan Sriwijaya, Riau terus membangkitkan kembali tradisi kemaritiman Sriwijaya yang berlangsung selama berabad-abad.

Dengan berpindahan ibukota Provinsi Riau waktu itu ke Pekanbaru, tradisi kemaritiman itu kini berubah.  Pembangunan  yang  semula  berorientasi  maritime (karena sesuai dengan letak geografis Kepri) kini berorientasi daratan atau benua.

Kawasan seluas 251.810,71 km2 ( 96 % laut dan 4 % daratan ), dengan sebaran 2.408 pulau yang semula memiliki peran ekonomi dan potensi yang cukup besar untuk dibangkitkan, cenderung makin ditinggalkan.

Kawasan pulau-pulau nyaris tidak lagi tersentuh pembangunan. Bahkan potensi Bintan dengan tambang bauksit Singkep dengan kekayaan timahnya tidak terlalu diutamakan. Sarana dan prasarana serta pembangunan fisik di berbagai desa, kecamatan dan pulau-pulau yang bertaburan sangat kurang. Kalaupun ada, hanya dibangun oleh perusahaan.

Batas – Batas Kepulauan Riau

Peta Kepulauan Riau
Peta Kepulauan Riau

Bagian Utara : Berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja

Bagian Timur : Berbatasan dengan Malaysia dan Provinsi Kalimantan Barat

Bagian Selatan : Berbatasan dengan Provinsi Kepulauan Banga Belitung dan Jambi

Bagian Barat : Berbatasan langsung dengan Singapura, Malaysia dan Provinsi Riau

Kota/Kabupaten Provinsi Kepulauan Riau

Peta Kepulauan Riau
Peta Kepulauan Riau

Provinsi Kepulauan Riau terbentuk setelah melewati perjuangan yang  panjang masyarakatnya.  Berdasarkan UU no.25 2002 akhirnya kawasan yang dulunya dikenal sebagai pusat kerajaan Melayu ini berdiri menjadi Provinsi sendiri, kini pusat Kejayaan Melayu itu lebih dikenal dengan ama Provinsi Kepulauan Riau yang terdiri dari 2 kota dan 5 kabupaten, diantaranya :

1              Kabupaten Bintan Kepulauan

2              Kabupaten Karimun

3              Kabupaten Kepulauan Anambas

4              Kabupaten Lingga

5              Kabupaten Natuna

6              Kota Batam

7              Kota Tanjung Pinang

Nah, itulah penjelasan seputar Provinsi Kepulauan Riau yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dan tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin,

Leave a Comment