22
385

PETA MALUKU : Sejarah, Iklim & Geografi (LENGKAP)

Peta Maluku – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar Provinsi Maluku yang merupakan salah satu Provinsi yang terdapat di Indonesia dan memiliki Ibukota yakni Kota Ambon. Okee langsung saja kita simak artikel ini dengan seksama. Selamat Membaca.

Gambar Peta Maluku

Peta Maluku

Peta Maluku

Peta Maluku Lengkap

Peta Maluku Lengkap

Peta Maluku Lengkap

Peta Buta Maluku

Peta Buta Maluku

Peta Buta Maluku

Peta Administrasi Maluku

Peta Administrasi Maluku

Peta Administrasi Maluku

Peta Maluku

Peta Maluku

Peta Maluku

Provinsi Maluku ini merupakan salah satu Provinsi yang terdapat di Indoneisa memiliki luas wilayah 46.914,03 Km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 1.800.043 Jiwa. Suku Bangsa di Provinsi Maluku diantaranya adalah Suku Ambon, Suku Lumoli, Suku Nuaulu, Suku Pelauw dan Suku Rana. Ibukota Provinsi Maluku adalah Kota Ambon.

Provinsi Maluku juga memiliki beberapa pendapat, diantaranya

  • Pendapat pertama : Menyatakan bahwa kata Maluku berasal dari bahasa Arab yakni kata Al-Mulk, yang memiliki arti sebagai tanah atau pulau atau negeri para raja. Hal ini memang benar karena Maluku hingga sekarang pun terdiri dari negeri-negeri kecil yang cukup banyak dengan rajanya sendiri-sendiri.
  • Pendapat kedua : Menyatakan bahwa kata Maluku berasal dari bahasa Ternate yakni kata Moloku atau Moloko, dua kata itu Moloku atau Moloko sama-sama berarti sebagai tanah air. Hal ini tercermin dari perkataan bangsa Ternate pada masa lampau yang menyebutkan bumi Maluku belahan utara sebagai Moloku Kie Raha yang berarti tanah air dengan empat gunung  yang dimana dari 4 kerajaan atau kesultanan besar dari Maluku Utara yaitu Kesultanan Ternate, Kerajaan Tidore, Bacan, dan Jailolo.

Geografi Maluku

Peta Maluku

Peta Maluku

Jika kita lihat dari Peta Indonesia, Provinsi Maluku yang terletak di Wilayah Indonesia Timur ini berada di lokasi 2°30′ – 9°  Lintang Selatan dan 124° – 136° Bujur Timur. Di sebelah Utara, Provinsi berbatasan dengan Laut Seram dan di sebelah Selatannya berbatasan dengan Laut Indonesia dan Laut Arafuru. Provinsi Maluku ini berada diantara dua pulau besar Indonesia yaitu Pulau Sulawesi di sebelah Baratnya dan Pulau Papua di sebelah Timurnya.

Iklim Maluku

Peta Maluku

Peta Maluku

Provinsi Maluku sendiri mempunyai 2 musim yakni musim barat dan tenggara timur yang di selingi oleh dua macam pancaroba yang merupakan transisi darikedua musim tersebut.

Musim barat di Maluku berlangsung dari bulan Desember sampai bulan Maret, sedangkan bulan April adalah masa transisi ke musim tenggara. Musim tenggara berlaku rata-rata 6 bulan berawal dari bulan Mei dan berakhir pada bulan Oktober. Masa transisi ke musim barat yaitu terjadi pada bulan November.

Keadaan musim yang tidak homogen ini maksudnya setiap musim berlaku di daerah ini dan memberikan pengaruh yang berbeda-beda pada daratan maupun lautannya. Temperatur di Provinsi Maluku ini rata-rata 26,2 C.

Batas – Batas Wilayah Maluku

Peta Maluku

Peta Maluku

Berikut ini adalah Batas – Batas Wilayah Provinsi Maluku, diantaranya:

  • Bagian Utara : Berbatasan dengan Laut Seram
  • Bagian Selatan : Berbatasan dengan Lautan Indonesia dan Laut Arafuru
  • Bagian Timur : Berbatasan dengan Pulau Irian
  • Bagian Barat : Berbatasan dengan Pulau Sulawesi

Sejarah Maluku

Sejarah Maluku

Sejarah Maluku

Maluku memiliki sejarah yang panjang mengingat daerah ini telah dikuasai bangsa asing selama kurang lebih 2300 tahun lamanya dengan didominasi secara berturut-turut oleh bangsa Arab, Portugis, Spanyol, dan Belanda serta menjadi daerah pertempuran yang sangat sengit antara Negara Jepang dan Sekutu di era Perang Dunia ke II.

Para penduduk asli Banda berdagang rempah-rempah dengan negara-negara Asia lainnya, seperti Tiongkok, paling tidak sejak zaman Kekaisaran Romawi. Dengan adanya kemunculan agama Islam, perdagangan didominasi oleh para pedagang Muslim.

Salah satu sumber kuno Arab menggambarkan lokasi dari pulau ini berjarak sekitar lima belas hari berlayar dari Timur ‘pulau Jaba’ (Jawa) namun perdagangan langsung hanya terjadi hingga akhir tahun 1300-an.

Para pedagang Arab tidak hanya membawa agama Islam, tetapi juga sistem kesultanan dan mengganti sistem lokal yang di mana didominasi oleh Orang Kaya, yang di samping itu lebih efektif digunakan jika berurusan dengan pihak luar.

Melalui perdagangan dengan para pedagang Muslim, bangsa Venesia kemudian datang untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah dari Eropa antara 1200 dan 1500, melalui dominasi atas Mediterania ke kota pelabuhan seperti Iskandariyah (Mesir), setelah jalur perdagangan tradisional mulai terganggu oleh Mongol dan Turki. Dalam menunjang monopoli ini kemudian mereka mengikut sertakan dalam Abad Eksplorasi Eropa.

Portugal mengambil langkah awal penjelajahan dengan berlayar ke sekitar tanjung selatan benua Afrika, mengamankan rute-rute penting perdagangan, bahkan tanpa sengaja menemukan pantai Brasil dalam pencarian ke arah selatan.

Portugal akhirnya sukses dan pembentukan daerah monopolinya sendiri dan memancing kekuasaan maritim lain seperti Spanyol-Eropa, Prancis, Inggris dan Belanda untuk mengganggu posisinya.

Karena tingginya nilai rempah-rempah di Eropa dan besarnya pendapatan yang diperoleh, maka Belanda dan Inggris juga ikut terlibat dalam konflik untuk mendapatkan monopoli atas wilayah ini.

Persaingan untuk memiliki kontrol atas kepulauan ini menjadi sangat intensif bahkan untuk itu Belanda bahkan memberikan pulau Manhattan (sekarang New York), di pihak lain Inggris memberikan Belanda kontrol penuh atas kepulauan Banda.

Lebih dari 6.000 jiwa di Banda telah gugur dan mati syahid dalam peperangan yang memperebutkan rempah-rempah tersebut. Kemudian di lain hari, kemenangan atas kepulauan ini dikantongi Kerajaan Belanda.

Kota/Kabupaten Provinsi Maluku

Peta Maluku

Peta Maluku

Berikut ini adalah Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Maluku, diantaranya:

  1. Kabupaten Buru
  2. Kabupaten Buru Selatan
  3. Kabupaten Kepulauan Aru
  4. Kabupaten Maluku Barat Daya
  5. Kabupaten Maluku Tengah
  6. Kabupaten Maluku Tenggara
  7. Kabupaten Maluku Tenggara Barat
  8. Kabupaten Seram Bagian Barat
  9. Kabupaten Seram Bagian Timur
  10. Kota Ambon
  11. Kota Tual

Nahh, itulah penjelasan mengenai Provinsi Maluku yang meliputi, Gambar Peta Maluku Lengkap, Geografi Maluku, Iklim Maluku, Batas – Batas Wilayah Maluku, Kota/Kabupaten Provinsi Maluku & Sejarah Maluku yang bisa Anda jadikan sebagai refernsi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply