Peta Pulau Jawa : Letak Astronomis, Geografis & Gambarnya (LENGKAP)

Peta Pulau Jawa : Letak Astronomis, Geografis & Gambarnya (LENGKAP)

Peta Pulau Jawa – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar Peta Pulau Jawa yang dimana di Pulau Jawa ini penduduk atau penghuninya lebih padat karna banyak dari pulau – pulau lain yang merantau ke Pulau Jawa. Okee langsung saja kita simak artikel dibawah ini dengan seksama!.

Gambar Peta Pulau Jawa

Peta Pulau Jawa
Peta Pulau Jawa

Peta Pulau Jawa Lengkap

Peta Pulau Jawa Lengkap
Peta Pulau Jawa Lengkap

Peta Buta Pulau Jawa

Peta Buta Pulau Jawa
Peta Buta Pulau Jawa

Peta Administrasi Pulau Jawa

Peta Administrasi Pulau Jawa
Peta Administrasi Pulau Jawa

Peta Pulau Jawa

Peta Pulau Jawa
Peta Pulau Jawa

Apabila dilihat dari peta jawa ternyata pulau ini lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain yang ada di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban yang terdapat sejak masa kerajaan, salah satunya yaitu Kerajaan Majapahit.

Dengan adanya banyak sejarah ini secara otomatis menjadi tempat bersejarah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam negeri ataupun luar negeri. bisa dilihat pula dari peta jawa bahwa pulau ini dibagi menjadi 4 provinsi.

Diantaranya yakni Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Pembagian Pulau Jawa dibagi berdasarkan data administratif, yang dimana masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota yang berbeda antara provinsi satu dengan provinsi lainnya.

Pada pulau jawa terdapat sebanyak tiga bahasa utama, tentu tetapi mayoritas penduduk banyak yang menggunakan bahasa Jawa. Bahasa Jawa di sini ialah bahasa ibu dari 60 juta penduduk Indonesia. Bahkan ada sebagian besar penuturnya yang berdiam di pulau Jawa.

Batas – Batas Pulau Jawa

Peta Pulau Jawa
Peta Pulau Jawa

Pulau Jawa ialah pulau yang subur makmur, hal ini karena letaknya yang strategis. sehingga menjadikan penduduknya banyak yang makmur. Terkait batasan pulau jawa diantaranya yaitu sebagai berikut yang dilihat dari peta Jawa, yaitu :

  • Barat berbatasan dengan Selat Sunda
  • Timur berbatasan dengan Selat Bali
  • Utara berbatasan dengan Laut Jawa
  • Selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia ataupun Samudera Hindia

Pembagian Peta Pulau Jawa

Peta Pulau Jawa
Peta Pulau Jawa

Seperti yang telah disinggung diatas, bahwa pulau jawa terdiri dari Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Jawa Timur. Apabila di meninjau dari peta maka wilayahnya memanjang dari barat ke timur dengan ukurannya yang besar.

Saat anda telah mengetahui dengan pasti dimana letak pulau jawa ini maka tentu semakin mudah saat hendak berlibur khususnya di Pulau Jawa. Selain banyak tempat liburan yang menarik, pasalnya pulau ini mempunyai upaya terik tersendiri. Pembagian peta jawa yakni sebagai berikut :

1. Peta Jawa Timur Meliputi 29 Kabupaten & 9 Kota

Peta Jawa Timur
Peta Jawa Timur

Provinsi jawa Timur ialah salah satu provinsi yang terdapat di Indonesia, dimana berada di pulau jawa. Provinsi ini pada bagian utara berbatasan langsung dengan laut Jawa. Sedangkan pada bagian barat  berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, dan pada bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, dan pada bagian timur berbatasan langsung dengan selat Bali.

Ibu kota dari provinsi jawa timur yaitu kota Surabaya ataupun yang dikatakan dengan kota pahlawan. Kota ini termasuk kota terbesar kedua di negara Indonesia. Luas wilayahnya  mencapai 47.922 km², dengan jumlah penduduknya antara 38.847.561 jiwa berdasarkan data penduduk pada tahun 2015.

Beberapa tanah yang termasuk pada provinsi Jawa Timur diantaranya yaitu Pulau Bawean, Pulau Madura, Pulau Kangean dan terdapat beberapa pulau-pulau kecil lainnya. Beberapa yang terdapat di Laut Jawa (Kepulauan Masalembu), dan pada Samudera Hindia (Pulau Sempu serta Nusa Barung).

Provinsi Jawa timur ini terbagi atas 29 kabupaten dan 9 kota, ini kalau di lihat dari administratif. Hal ini dilansir oleh wikipedia dari Pemerintahan kabupaten dan kota Provinsi Jawa Timur. Provinsi ini terdiri dari 637 kecamatan dan terdapat sebanyak 8.418 kelurahan.

2. Peta Jawa Barat meliputi 18 Kabupaten & 9 Kota

Peta Jawa Barat
Peta Jawa Barat

Jawa Barat ialah provinsi yang terletak pada bagian barat Pulau Jawa. Apabila dilihat dari letaknya yaitu pada bagian utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa, pada bagian timur yaitu berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, pada bagian selatan yaitu berbatasan langsung  dengan Samudera Hindia. Sedangkan pada bagian barat berbatasan langsung dengan Banten dan DKI Jakarta.

Ibukota dari jawa barat yaitu terdapat di kota Bandung dengan luas wilayahnya kurang lebih antara 35.222,18 km persegi. Provinsi Jawa Barat memiliki 18 kabupaten serta 9 kota. Hal ini di meninjau dari data administratif.

Sedangkan, tata usaha pemerintahan kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat yaitu sebanyak 558 kecamatan dan 5.578 desa ataupun kelurahan.

Beberapa tempat liburan terkenal yang terdapat di jawa barat yakni Kebun Raya Bogor, kawah gunung Putih Ciwidey Bandung, Gunung Tangkuban Perahu, Istana Bogor, kebun binatang Bandung, Gunung Gede, Gunung Pancar dan lain sebagainya. Apabila anda hendak berlibur maka tidak terdapat salahnya mencoba beberapa tempat tersebut.

3. Peta Jawa Tengah Meliputi 29 Kabupaten & 6 Kota

Peta Jawa Tengah
Peta Jawa Tengah

Jawa Tengah ialah provinsi yang terletak pada tengah Pulau Jawa. Apabila dilihat dari letaknya yaitu berada di sebelah barat pada jawa barat, di sebelah timur pada Provinsi Jawa Timur, serta berada di sebelah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta dan pada bagian utara yang berbatasan dengan Laut Jawa.

Secara lazim provinsi ini memperoleh julukan yaitu “Jantung” budaya Jawa, dimana memiliki 29 Kabupaten dan 6 kota. Apabila di meninjau dari luas wilayahnya yaitu dengan luas antara 29% dari luas Pulau Jawa.

Hal tersebut telah termasuk pada Pulau Nusakambangan di sebelah selatan Kabupaten Cilacap dan Kepulauan Karimun Jawa yang dekat dengan Kabupaten Jepara.

4. Peta Daerah Istimewa Yogyakarta Meliputi 4 Kabupaten & 1 Kota

Peta DI Yogyakarta
Peta DI Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta ialah salah satu daerah otonom setingkat dengan provinsi yang terdapat di Indonesia. Ibukota dari provinsi ini yaitu di Yogyakarta. Apabila dilihat dari namanya, maka daerah ini termasuk daerah yang Istimewa.

Pengambilan status sebagai Daerah Istimewa ini tentunya tidak sembarangan. akan tetapi dilihat dari beberapa hal, termasuk pada runutan sejarah berdirinya provinsi ini, baik sebelum ataupun sesudah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini terdiri dari 4 kabupaten, dan 1 kota. Beberapa di antaranya yang termasuk pada agenda yaitu terdapat kabupaten bantul yang berpusat di bantul, kabupaten gunungkidul yang berpusat di wonosari, kabupaten kulon progo yang berpusat di wates, kabupaten sleman yang berpusat di sleman, dan terdapat kota yogyakarta.

Luas tanah di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu 3.185,80 km2 dimana terdiri dari menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa ataupun kelurahan. Apabila dilihat dari sensus penduduk pada tahun 2010 Provinsi ini terdiri dari 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki, dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2

Nahh, itulah penjelasan seputar Peta Pulau Jawa yang dimana kita telah mengetahui apa saja Provinsi yang ada di Pulau Jawa dan Pembagian Pulau Jawa serta Gambarnya secara lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Leave a Comment