Peta Pulau Kalimantan : Sejarah, Iklim, Geografi & 5 Provinsi (Lengkap)

Peta Pulau Kalimantan : Sejarah, Iklim, Geografi & 5 Provinsi (Lengkap)

Peta Pulau Kalimantan – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Pulau Kalimantan yang dimana Pulau ini adalah Pulau terbesar ke-3 dari Indonesia, jadi dibawah ini akan dijelaskan seputar Pulau Kalimantan yang harus kalian ketahui. Okee langsung saja kita simak artikel ini dengan seksama. Selamat Membaca!.

Gambar Peta Pulau Kalimantan

Peta Pulau Kalimantan
Peta Pulau Kalimantan

Peta Pulau Kalimantan Lengkap

Peta Pulau Kalimantan
Peta Pulau Kalimantan

Peta Buta Pulau Kalimantan

Peta Buta Pulau Kalimantan
Peta Buta Pulau Kalimantan

Peta Administrasi Pulau Kalimantan

Peta Administrasi Pulau Kalimantan
Peta Administrasi Pulau Kalimantan

Peta Pulau Kalimantan

Peta Pulau Kalimantan
Peta Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan merupakan salah satu Pulau yang ada di Indonesia dan menjadi pulau terbesar ketiga di dunia yang berada di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan sendiri  telah dibagi menjadi wilayah Brunei, Indonesia (dua per tiga) dan Malaysia (sepertiga). Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan “Pulau Seribu Sungai” karena banyaknya sungai yang bergerak di pulau ini.

Geografi Pulau Kalimantan

Peta Pulau Kalimantan
Peta Pulau Kalimantan

Jika kita lihat dari Peta Iindonesia Pulau Kalimantan ini terletak diantara 4° 24′ LU – 4° 10′ LS dan antara 108° 30′ BT – 119° 00′ BT.

Pulau kalimantan terletak di bagian utara dari pulau Jawa, sebelah timur Selat Malaka, tepatnya berada di barat pulau Sulawesi dan disebelah selatan Filipina. Sedangkan untuk luas Pulau Kalimantan yakni 743.330 Km2.

Iklim Pulau Kalimantan

Peta Pulau Kalimantan
Peta Pulau Kalimantan

Kalimantan terletak di katulistiwa dan mempunyai iklim tropis dengan suhu yang relatif konstan sepanjang tahun, yakni antara 250 -350C di dataran rendah. Tipe vegetasi tidak cuma ditentukan oleh jumlah curah hujan tahunan juga oleh distribusi curah hujan sepanjang tahun.

dataran rendah di sepanjang garis katulistiwa yang mendapat curah hujan minimum 60 mm setiap bulan bisa mendukung hutan yang selalu hijau. Semua bagian Borneo terletak di daerah yang selalu basah sepanjang tahun.

Batas – Batas Wilayah Pulau Kalimantan

Peta Pulau Kalimantan
Peta Pulau Kalimantan

Berikut ini merupakan Batas – Batas wilayah dari Provinsi Pulau Kalimantan, diantaranya:

  • Bagian Utara : Berbatasan dengan Laut Cina Selatan
  • Bagian Barat : Berbatasan dengan Selat Karimata
  • Bagian Timur : Berbatasan dengan Selat Makassar, laut Sulawesi
  • Bagian Selatan : Berbatasan dengan  Laut Jawa

Sejarah Pulau Kalimantan

Sejarah Pulau Kalimantan
Sejarah Pulau Kalimantan

Pulau Borneo (Kalimantan) ialah pulau ketiga terbesar di dunia sesudah Pulau Greenland dan Pulau Papua. Luas keseluruhan Pulau Borneo merupakan 736.000 KM 2. Pulau Borneo ditemukan juga lintasan pegunungan di sebelah timur laut dengan gunung tertinggi merupakan Gunung Kinabalu dengan ujung setinggi 4.175 M.

Pulau Kalimantan ini beriklim tropis basah dengan suhu rata-rata 24-25 derajat celcius dan dilalui oleh garis khatulistiwa. Perlu diketahui bahwa bangsa luar telah berkaitan dengan penduduk di Pulau Borneo ini sejak antara abad ke-1 M.

Berdasarkan peninggalan-peninggalan artefak sejarah yang sempat ditemukan, bahwa artefak yang paling tua yang ditemukan di Pulau Borneo ini merupakan artefak dari Kerajaan Kutai yakni dari masa abad ke-4 M yang beraliran hindu, terletak di pesisir timur dari pulau ini.

Bahkan berdasarkan temuan artefak sejarah ini, bahwa artefak Kerajaan Kutai merupakan temuan artefak yang tertua di Nusantara ini.,Pada abad ke-8 M Kerajaan Sriwijaya pernah berpengaruh di sepanjang pesisir barat Pulau Borneo ini dan pada abad ke-14 M Kerajaan Majapahit berpengaruh nyaris di seluruh Pulau ini. Pada awal abad ke-16 M orang-orang eropa mulai berkunjung ke Pulau Borneo ini.

Berdasarkan catatan orang eropa, bahwa disebutkan orang eropa awal yang mendatangi Pulau Borneo ini merupakan orang Italia yang bernama Ludovico de Verthana yakni pada tahun 1507 M yang terus diteruskan dengan orang Portugis yang bernama Laurenco de Gomez pada tahun 1518 M.

kemudian disusul oleh orang Spanyol yang bernama Ferdinand Magellen pada tahun 1519 yakni pada perjalanan mengelilingi dunia, modern terus disusul dengan Belanda, Inggris dan Prancis. Dari orang-orang Eropa inilah terus nama Borneo di kenal sejak abad ke-15 M.

Nama Borneo itu datang dari nama pohon Borneol {bahasa Latin: Dryobalanops camphora)yang memuat (C10H17.OH) terpetin, bahan untuk steril ataupun dipergunakan untuk minyak wangi dan kamper, kayu kamper yang banyak tumbuh di Kalimantan.

Kemudian oleh para pedagang dari Eropa dikatakan pulau Borneo ataupun pulau penghasil borneol,dari sebutan orang-orang eropa itu kepada nama Kerajaan Brunei,karena saat itu Kerajaan Brunei ialah Kerajaan yang paling dominan / terbesar di pulau ini sehingga setiap orang luar yang tiba di Pulau ini, tentu mengunjungi Kerajaan Brunei  sehingga terus nama Brunei menjadi ikon bagi pulau ini yang terus dipelatkan oleh lidah orang eropa menjadi Borneo yang terus terus digunakan hingga ke masa pendudukan kolonial Belanda yakni “ Pulau Borneo “.

Pada tanggal 7 Juli 1607 Ekspedisi Belanda dipimpin Koopman Gillis Michaelszoon tiba di Banjarmasin, tetapi seluruh ABK dibunuh penduduk sebagai pembalasan pada perampasan oleh VOC kepada 2 jung Banjar yang berlabuh di Banten tanun 1595.

Pada tahun 1612 di masa Sultan Mustain Billah, Belanda tiba ke Banjarmasin untuk menghukum Kesultanan Banjarmasin sebab insiden pada tahun 1607 dan menembak hancur Banjar berlama-lama (kampung Keraton) di Kuin, sehingga ibukota kerajaan Banjar dipindahkan dari Banjarmasin ke Martapura.

Berdasarkan dokumen yang ada bahwa dalam perjanjian itu tertulis pertama adalah antara orang eropa dengan penduduk Pulau Borneo yang dimana di buat pada tahun 1609 M yakni perjanjian perdagangan antara perusahaan niaga Belanda yakni VOC dengan Raja Panembahan Sambas yakni Ratu Sapudak meskipun terus bahwa hubungan perdagangan antara kedua belah pihak ini tidak berkembang.

Perjanjian yang kedua yakni Kerajaan di Pulau Borneo ini merupakan dengan Kesultanan Banjarmasin yang ditandatangani pada tanggal 4 September 1635 di masa Sultan Inayatullah. Isi dari kontrak itu disebutkan bahwa selain mengenai pembelian lada dan berkenaan bea cukai, VOC juga tentu membantu kesultanan Banjar untuk menghadapi serangan dari luar.

Aktivitas VOC terus lebih berkembang di sebelah timur dibandingkan dengan sebelah barat Pulau Borneo yakni karena sebelah timur Pulau Borneo berhampiran dengan pusat lada dunia yakni Kepulauan Maluku.

Di Indonesia pulau kalimantan terbagi menjadi 5 Provinsi yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Provinsi Yang Terdapat di Pulau Kalimantan

Dibawah ini adalah 5 Provinsi beserta Kota & Kabupaten yang terdapaat di Pulau Kalimantan, diantaranya:

1. Kalimantan Timur

Peta Kalimantan Timur
Peta Kalimantan Timur

Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan sebuah provinsi yang ada di Indonesia tepatnya ada di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi.

Luas total Kaltim merupakan 127.346,92 km² dan populasi sebesar 3.575.449 jiwa (2017). Kaltim ialah wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di nusantara. Ibu kota provinsi ini merupakan kota Samarinda.

Dibawah ini adalah kota & Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Timur (KALTIM), diantaranya:

  1. Kabupaten Berau
  2. Kabupaten Kutai Barat
  3. Kabupaten Kutai Kartanegara
  4. Kabupaten Kutai Timur
  5. Kabupaten Mahakam Ulu
  6. Kabupaten Paser
  7. Kabupaten Penajam Paser Utara
  8. Kota Balikpapan
  9. Kota Bontang
  10. Kota Samarinda

2. Kalimantan Utara

Peta Kalimantan Utara
Peta Kalimantan Utara

Kalimantan Utara (Kaltara) merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, yakni Negara Bagian Sabah dan Sarawak.

Pusat pemerintahan Kalimantan Utara sekarang ini berada di kota Tanjung Selor, bersama dengan pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan.

Dibawah ini adalah Kota & Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Utara (KALTARA), diantaranya:

  1. Kabupaten Bulungan
  2. Kabupaten Malinau
  3. Kabupaten Nunukan
  4. Kabupaten Tana Tidung
  5. Kota Tarakan

3. Kalimantan Selatan

Peta Kalimantan Selatan
Peta Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan (Kalsel) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya merupakan Banjarmasin. Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai luas 37.530,52 km² dengan populasi nyaris 3,7 juta jiwa.

Provinsi ini memiliki 11 kabupaten dan 2 kota. DPRD Kalimantan Selatan dengan surat keputusan No. 2 Tahun 1989 tanggal 31 Mei 1989 menetapkan 14 Agustus 1950 sebagai Hari /dibentuknya Jadi Provinsi Kalimantan Selatan.

Dibawah ini adalah Kota & Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan (KALSEL), diantaranya:

  1. Kabupaten Balangan
  2. Kabupaten Banjar
  3. Kabupaten Barito Kuala
  4. Kabupaten Hulu Sungai Selatan
  5. Kabupaten Hulu Sungai Tengah
  6. Kabupaten Hulu Sungai Utara
  7. Kabupaten Kotabaru
  8. Kabupaten Tabalong
  9. Kabupaten Tanah Bumbu
  10. Kabupaten Tanah Laut
  11. Kabupaten Tapin
  12. Kota Banjarbaru
  13. Kota Banjarmasin

4. Kalimantan Tengah

Peta Kalimantan Tengah
Peta Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah (Kalteng) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan. Ibu kotanya merupakan Kota Palangka Raya. Kalimantan Tengah mempunyai luas 157.983 km². Berdasarkan sensus tahun 2010, provinsi ini mempunyai populasi 2.202.599 jiwa, yang terdiri dari 1.147.878 laki-laki dan 1.054.721 perempuan.

Dibawah ini adalah Kota & Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah (KALTENG), diantaranya:

  1. Kabupaten Barito Selatan
  2. Kabupaten Barito Timur
  3. Kabupaten Barito Utara
  4. Kabupaten Gunung Mas
  5. Kabupaten Kapuas
  6. Kabupaten Katingan
  7. Kabupaten Kotawaringin Barat
  8. Kabupaten Kotawaringin Timur
  9. Kabupaten Lamandau
  10. Kabupaten Murung Raya
  11. Kabupaten Pulang Pisau
  12. Kabupaten Sukamara
  13. Kabupaten Seruyan
  14. Kota Palangka Raya

5. Kalimantan Barat

Peta Kalimantan Barat
Peta Kalimantan Barat

Kalimantan Barat (Kalbar) merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dengan ibu kota Provinsi Kota Pontianak. Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat merupakan 146.807 km² (7,53% luas Indonesia).  ialah provinsi terluas keempat sesudah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Dibawah ini adalah Kota & Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat (KALBAR), diantaranya:

  1. Kabupaten Bengkayang
  2. Kabupaten Kapuas Hulu
  3. Kabupaten Kayong Utara
  4. Kabupaten Ketapang
  5. Kabupaten Kubu Raya
  6. Kabupaten Landak
  7. Kabupaten Melawi
  8. Kabupaten Mempawah
  9. Kabupaten Sambas
  10. Kabupaten Sanggau
  11. Kabupaten Sekadau
  12. Kabupaten Sintang
  13. Kota Pontianak
  14. Kota Singkawang

Nahh, itulah penjelasan seputar Pulau Kalimantan yang meliputi, Gambar Peta Pulau Kalimantan Lengkap, Geografi Pulau Kalimantan, Iklim Pulau Kalimantan, Batas-Batas Wilayah Pulau Kalimantan, Provinsi yang ada di Pulau Kalimantan & Sejarah Kalimantan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Leave a Comment