PETA RIAU : Sejarah, Iklim & Geografi ( Dilengkapi Gambar )

Peta Riau – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar Peta Riau yang dimana kita akan mengetahui apa saja yang terdapat di Peta Riau mulai dari Sejarah, Geografi, Iklim dan Batas- Batas Riau. Sebelumnya kita sudah membahas Peta Sumatera Barat dan sekarang mari kita simak Urutan Peta selanjutnya. Selamat Membaca.

Gambar Peta Riau

Peta Riau
Peta Riau

Peta Riau Lengkap

Peta Riau Lengkap
Peta Riau Lengkap

Peta Buta Riau

Peta Buta Riau
Peta Buta Riau

Peta Administrasi Riau

Peta Administrasi Riau
Peta Administrasi Riau

Peta Riau

Peta Riau
Peta Riau

Riau ialah salah satu provinsi di Indonesia yang beribukota di Pekanbaru. Dan bila kita lihat dari Peta Indonesia Riau sendiri letaknya di tengah-tengah akan tetapi di tepi pantai Pulau Sumatera. Provinsi Riau ialah salah satu provinsi yang kaya, kekayaan daerah didapat dari sumber upaya alam seperti minyak bumi dan gas alam (migas), dari tanaman contohnya dari perkebunan karet, perkebunan kelapa sawit dan perkebunan serat.

Geografi Riau

Peta Riau
Peta Riau

Provinsi Riau secara georgrafis, geoekonomi dan geopolitik terletak pada jalur yang sangat strategis baik pada masa kini maupun masa yang akan datang terkait wilayah jalur perdagangan Regional maupun Internasional di Kawasan ASEAN melalui kerjasama IMT-GT dan IMS-GT. Wilayah Provinsi Riau mulai dari 01o05’00 ” Lintang Selatan sampai 02o25’00 ” Lintang Utara dan 100o00’00 ” hingga 105o05’00 ” Bujur Timur

Luas wilayah provinsi Riau merupakan 87.023,66 km², yang membentang dari lereng Bukit Barisan hingga Selat Malaka. Riau mempunyai iklim tropis basah dengan rata-rata curah hujan berkisar antara 2000-3000 milimeter per tahun, serta rata-rata hujan per tahun sekitar 160 hari.

Iklim Riau

Peta Riau
Peta Riau

Provinsi Riau merupakan wilayah yang beriklim tropis dengan suhu udara maksimum antara 35,10C dan suhu minimum antara 21,80C. Wilayah Provinsi Riau tergolong dalam kelompoktidak mudah terbakardengan Indeks potensi membara api hanya 0 – 330 (rendah – tinggi).

Oleh karena itu, wilayah provinsi Riau pada setiap triwulan selalu ditemukan banyak titik api yang terjadi pada saat bencana terjadi di seluruh wilayah Provinsi Riau. Sementara itu, intensitas Hujan Curah 1700 mm – 4000 mm / Tahun.

Letak Provinsi Riau

Peta Riau
Peta Riau

Bisa kita lihat pada Peta Indonesia, bahwa Riau terletak di Sumatera bagian tengah akan tetapi di bagian pantai timur berbatasan langsung dengan Selat Malaka yang menghubungkan antara Riau dengan Singapura dan Malaysia.

Batas – Batas Riau

Peta Riau
Peta Riau

Bagian Utara :Selat Malaka dan Provinsi Sumatera Utara

Baian Barat : Berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat

Bagian Selatan : Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat

Bagian Timur : Provinsi Kepulauan Riau dan Selat Malaka

Di bawah ini bisa anda meninjau bagaimana peta Provinsi Riau yang ialah salah satu provinsi terkaya di Indonesia.

Peta Provinsi Riau ini mencakup peta dataran, peta perairan, peta kota, gunung, batas-batas wilayah dan peta kemudian lintas. Peta dataran dan perairan bisa anda meninjau pada kotak LEGENDA berupa nilai yang tertera.

Sejarah  Riau

Sejarah Riau
Sejarah Riau

Mengapa dinamakan Riau? Dilansir dari wikipedia, berdasarkan sejarahnya ada 3 pendapat sumber mula Riau.

  1. Kata Riau berasal dari bahasa Portugis. yakni : rio yang berarti sungai. Diriwayatkan pada tahun 1514 Protugis mengadakan ekspedisi militer dan menelusuri sepanjang Sungai Siak. Tujuannya merupakan untuk mencari letak sebuah kerajaan yang mereka diyakini berada di sekitar zona tersebut. Selain itu, ekspedisi tersebut pada rangka mengejar pengikut Sultan Mahmud Syah yang melarikan diri sesudah Kerajaan Malaka runtuh.
  2. Pendapat yang kedua mengatakan bahwa kata Riau sendiri berasal dari kata riahi yang artinya air laut. Kata tersebut diduga berasal dari seorang tokoh bernama Sinbad al-Bahar pada kitab terkenal berjudul 1001 malam,
  3. Sedangkan pendapat ketiga, kata riau berasal dari bahasa penduduk riau sendiri, yakni rioh/riuh, yang artinya ramai, gaduh seperti orang bekerja.

Dimungkinkan nama riau bersasal dari bahasa rakyat setempat, yakni orang-orang Melayu yang hidup di daerah Bintan, akan tetapi sekarang telah masuk ke wilayah ataupun provinsi Kepulauan Riau.

Peta Riau ditemukan ikon-ikon yang menjelaskan hal-hal penting yang terdapat pada gambar tersebut. Keterangan ikon-ikon peta meliputi sebagai berikut:

  • Ikon ibukota meliputi ibukota provinsi, ibukota kabupaten, kota besar, dan kota.
  • Ikon gunung ada 2 yakni gunung berapi dan gunung saja.
  • Ikon batas meliputi batas negara dan batas provinsi.
  • Ikon lalu-lintas meliputi jalan arteri, jalan kolektor, jalan lokal, jalur kereta api, lapangan terbang nasional, lapangan terbang perintis, pelabuhan laut nasional, dan pelabuhan laut penyeberangan.

Nah, itulah penjelasan seputar Peta Riau yang mencakup Peta Buta Riau, Peta Administrasi Riau, Geografi Riau, Iklim Riau, Batas – Batas Riau & Sejarah Riau yang bisa Anda jadikan sebagai referensi aataupun tugas Anda.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

 

Leave a Comment