PETA SULAWESI UTARA : Sejarah, Iklim & Geografi (LENGKAP)

PETA SULAWESI UTARA : Sejarah, Iklim & Geografi (LENGKAP)

Peta Sulawesi Utara – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar Provinsi Sulawesi Utara yang merupaka salah satu Provinsi yang terdapat di Pulau Sulawesi Negara Indonesia. Pada artikel ini akan dipaparkan secara rinci dan jelas mulai dari Gambar Petanya sampai Sejarahnya. Okee langsung saja kita simak artikel ini dengan seksama. Selamat Membaca.

Gambar Peta Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara
Peta Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara Lengkap

Peta Sulawesi Utara Lengkap
Peta Sulawesi Utara Lengkap

Peta Buta Sulawesi Utara

Peta Buta Sulawesi Utara
Peta Buta Sulawesi Utara

Peta Administrasi Sulawesi Utara

Peta Administrasi Sulawesi Utara
Peta Administrasi Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara
Peta Sulawesi Utara

Sulawesi Utara (Sulut) merupakan salah satu provinsi yang terdapat di Indonedia yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dan memiliki Ibukota yakni Kota Manado

Luas wilayah Provinsi Sulawesi Utara merupakan 15.069 km² dengan persentase 0,72% terhadap luas Indonesia yang terdiri dari 11 (sebelas) Kabupaten dan 4 (empat) Kota.

Geografi Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara
Peta Sulawesi Utara

Jika kita mwlihat dari Peta Indonesia Provinsi Sulawesi Utara ini terletak di jazirah utara Pulau Sulawesi ataupun tepatnya 0°LU – 3°LU dan 123°BT – 126°BT serta ialah salah satu daerah yang terletak di sebelah utara garis khatulistiwa.

  • Demografi

Jumlah penduduk yang terdapat diProvinsi Sulawesi Utara pada tahun 2010 sebanyak kurang lebih 2.270.596 jiwa dengan kecepatan pertumbuhan penduduk 1,28 persen per tahunnya. Hampir 45% penduduk tinggal di perkotaan, dan sisanya sebesar 55% tinggal di pedesaan.

Angka partisipasi sekolah untuk tingkat sekolah dasar lumayan tinggi sebesar 96,10% sehingga penduduk yg tidak menikmati bangku sekolah dasar cuma kurang dari 5%

  • Suku Bangsa

Provinsi Sulawesi Utara memiliki berbagai Suku dan mayoritas penduduknya yakni, Suku Minahasa, Suku Bolaang Mongondow, Suku Sangihe, Suku Talaud, Suku Siau namun demikian, etnisitas di Sulawesi Utara lebih heterogen.

Suku Minahasa dan Bolaang Mongondow menyebar nyaris di seluruh wilayah Sulawesi Utara daratan. Suku Sangihe, Suku Talaud, Suku Siau menetap di Kepulauan Sangihe Talaud, dan Pulau Lembeh, terutama di daerah pesisir utara, timur dan barat daratan Sulawesi utara.

Suku Bajo menetap beberapa desa pinggir pantai Sulawesi Utara tepatnya di bagian utara Kabupaten Minahasa Utara. Suku Bantik, konon merupakan keturunan pengungsian dari Talaud, tersebar di Bolaang, dan Minahasa bagian Barat. Dan Suku Wawontehu mendiami di sebagian wilayah Kecamatan Bunaken Kota Manado.

Selain penduduk asli, Sulawesi Utara juga ialah zona tinggal bagi para pendatang. Orang Tionghoa merupakan minoritas yang lumayan signifikan, dan mayoritas di beberapa tempat, diikuti dengan Gorontalo, Ternate; Suku Bali, Suku Jawa mereka biasanya tinggal di daerah transmigran Suku Bali juga tinggal di sejumlah kota.

Topografi Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara
Peta Sulawesi Utara

Sulawesi Utara ditemukan 41 buah Gunung dengan ketinggian berkisar antara 1.112 – 1.995 dpl. Kondisi geologi pada Provinsi Sulawesi Utara sebagian besar merupakan wilayah vulkanik muda dan sejumlah besar erupsi serta bentuk kerucut gunung merapi antusias yang padam menghiasi Minahasa bagian tengah, daerah Bolaang Mongondow dan kepulauan Sangihe.

Material-material yang dihasilkan letusannya berbentuk padat serta lain-lain bahan vulkanik lepas. Semua vulkanik ini berbentuk pegunungan yang menimbulkan morfologi yang berbukit-bukit dan bergunung-gunung dengan perbedaan relief topografik yang cukup besar. Sulawesi Utara ditemukan 5 wilayah yang di kelilingi oleh gunung api aktif yaitu:

1. Kabupaten Bolang Mongondow

  • Gunung Ambang dengan ketinggian 1.689 dpl

2. Kabupaten Minahasa Selatan

  • Gunung Soputan dengan ketinggian 1.783 dpl

3. Kota Tomohon

  • Gunung Lokon dengan ketinggian 1.579,6 dpl
  • Gunung Mahawu dengan ketinggian 1.331,0 m yang ialah hulu dari 12 sungai besar dengan 7 danau

4. Kepulauan Sangihe

  • Karangetang dengan ketinggian 1.320,0 dpl
  • Ruang dengan ketinggian 714,0 dpl
  • Banuawuhu
  • Submarin
  • Gunung Awu.

5. Kota Bitung

  • Gunung Tangkoko dengan ketinggian 1.149,0 dpl

Iklim Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara
Peta Sulawesi Utara

Provinsi Sulawesi Utara memiliki ikllim tropis yang dipengaruhi oleh angin muson. Pada bulan-bulan November-April bertiup angin barat yang membawa hujan di pantai utara, sedangkan pada Bulan Mei sampai Oktober terjadi perubahan angin selatan yang kering.

 Batas – Batas Wilayah Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara
Peta Sulawesi Utara

Berikut ini adalah Batas – Batas Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, diantaranya:

  • Bagian Selatan   : Berbatasan dengan Provinsi Goronralo
  • Bagian Timur      : Berbatasan dengan Lau Maluku
  • Bagian Utara      : Berbatasan dengan Davao del Sur (Filiphina)
  • Bagian Barat       : Berbatasan dengan Laut Sulawesi

Sejarah Sulawesi Utara

Sejarah Sulawesi Utara
Sejarah Sulawesi Utara

Di Sulawesi Utara ditemukan temuan purbakala berwujud goa, yang ditemukan di Minahasa, Talaud, Mongondow, Bolaang. Di Minahasa banyak ditemukan Kubur batu Waruga. Pada zaman glasial , terjadi pergeseran bumi pada zaman Pleistosen, terjadi migrasi hewan besar-besaran dari Asia menuju Selatan menggunakan Filipina ataupun Sulawesi Utara.

Dari latar belakang tersebut, maka baik di Filipina ataupun Sulawesi Utara banyak ditemukan fosil-fosil binatang purba, seperti stegodon (gajah purba) dan fosil hewan-hewan purba lainnya. Fosil gading dan geraham gajah purba banyak ditemukan di Desa Pintareng, Tabukan Selatan di Pulau Sangihe.

Menurut peneliti sejarah nasional, fosil-fosil diklaim sebagai bagian dari fosil Stegodon, dan hewan tersebut pernah hidup di Kepulauan Nusantara di zaman Pleistosen (sekitar 2 juta tahun yang lalu). Fosil Stegodon juga ditemukan di Sangiran, di Kabupaten Sragen (Jawa Tengah), di Lembah Besoa (Sulawesi Tengah), dan di Lembah Cabenge (Sulawesi Selatan).

Menurut sejarawan, Stegodon di Indonesia pernah hidup dengan binatang-binatang purba lain, seperti Rinocheros (badak purba), kerbau purba dan hewan-hewan purba lainnya.

Kota/Kabupaten Pronvinsi Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara
Peta Sulawesi Utara

Berikut ini adalah Kota/Kabupaten yang terdapat di Provinsi Sulawesi Utara, diantaranya:

  1. Kabupaten Bolaang Mangondow
  2. Kabupaten Bolaang Mangondow Selatan
  3. Kabupaten Bolaang Mangondow Timur
  4. Kabupaten Bolaang Mangondow Utara
  5. Kabupaten Sangihe
  6. Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro
  7. Kabupaten Talaud
  8. Kabupaten Minahasa
  9. Kabupaten Minahasa Selatan
  10. Kabupaten Minahasa Tenggara
  11. Kabupaten Minahasa Utara
  12. Kota Bitung
  13. Kota Kotamobagu
  14. Kota Manado
  15. Kota Tomohon

Nahh, itulah penjelasan tentang Provinsi Sulawesi Utara yang meliputi, Gambar Peta Sulawesi Utara Lengkap, Geografi Sulawesi Utara, Iklim Sulawesi Utara, Batas – Batas Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Kota/Kabupaten Provinsi Sulawesi Utara & Sejarah Sulawesi Utara yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Leave a Comment