PETA SULAWESI : Sejarah, Iklim, Geografi & 6 Provinsi (Lengkap)

PETA SULAWESI : Sejarah, Iklim, Geografi & 6 Provinsi (Lengkap)

Peta Sulawesi – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas Peta Pulau Sulawesi yang dimana terdapat 6 Provinsi yakni, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, SulawesI Tenggara & Gorontalo. Dan juga akan dijelaskan secara rinci seputar Pulau Sulawesi ini. Okee langsung saja kita simak artikel ini dengan seksama. Selamat Membaca.

Gambar Peta Sulawesi

Peta Sulawesi
Peta Sulawesi

Peta Sulawesi Lengkap

Peta Sulawesi Lengkap
Peta Sulawesi Lengkap

Peta Buta Sulawesi

Peta Buta Sulawesi
Peta Buta Sulawesi

Peta Administrasi Sulawesi

Peta Administrasi Pulau Sulawesi
Peta Administrasi Pulau Sulawesi

Peta Sulawesi

Peta Sulawesi
Peta Sulawesi

Sulawesi atau Pulau Sulawesi merupakan salah satu Pulau yang terdapat di Indonesia tepatnya terletak di antara Pulau Kalimantan di sebelah barat dan Kepulauan Maluku di sebelah timur.

Dengan luas wilayah sebesar 174.600 km², Sulawesi ialah pulau terbesar ke-11 di dunia. Di Indonesia cuma luas Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Pulau Papua sajalah yang lebih luas wilayahnya daripada Pulau Sulawesi, sementara dari segi populasi cuma Pulau Jawa dan Sumatera sajalah yang lebih besar populasinya daripada Sulawesi.

Geografi Sulawesi

Peta Sulawesi
Peta Sulawesi

Dilihat dari kondisi geografis pulau sulawesi yang mempunyai luas wilayah yakni 174.600 km2. Jika kita lihat dari Peta Indonesia Pulau Sulawesi ini terletak di antara 2°08′ LU dan pada 170°17′ BT. Dengan bentuknya yang eksotis yakni menyerupai seperti bunga mawar laba-laba ataupun seperti huruf K besar.

Bentuknya membujur dari utara ke selatan dengan tiga semenanjung yang membujur ke arah timur laut, timur timur dan tenggara. Hal inilah yang membedakan kondisi geografis antara Pulau Sulawesi berbeda dengan pulau lainnya yang ada di Indonesia.

Pulau Sulawesi dibatasi oleh Selat Makasar pada bagian barat yang terpisah dari Kalimantan serta terpisah dari kepulauan Maluku dari Laut Maluku. Pulau Sulawesi ini berbatas dengan Borneo disebelah barat. Sedangkan untuk sebelah Utara yakni berbatasan dengan Filipina, sebelah selatan dengan Flores, dan sebelah timur yakni Timor Tenggara dan Maluku.

Iklim Sulawesi

Peta Sulawesi
Peta Sulawesi

Karakter topografi Pulau Sulawesi yang terdiri dari pegunungan dengan lereng yang terjal dan adanya lembah serta dataran pantai, berpengaruh terhadap kemajuan iklim di pulau ini.

Secara umum, Pulau Sulawesi termasuk pada iklim tropis yang teridiri dari 2 musim yakni musim kemarau dan musim hujan.

Batas – Batas Wilayah Sulawesi

Peta Sulawesi
Peta Sulawesi

Berikut ini adalah Batas – Batas Wilayah dari Pulau Sulawesi, diantaranya:

  • Bagian Timur : Berbatasan dengan Kepulauan Maluku dan Laut Banda
  • Bagian Barat : Berbatasan dengan Pulau Kalimantan dan Selat Makassar
  • Bagian Selatan : Berbatasan dengan Laut Sulawesi & Pulau NTT dan NTB
  • Bagian Utara : Berbatasan dengan Negara Filiphina dan Laut Flores

Sejarah Sulawesi

Sejarah Sulawesi
Sejarah Sulawesi

Sulawesi ialah pulau terbesar keempat di Indonesia sesudah Papua, Kalimantan dan Sumatera dengan luas daratan 174.600 kilometer persegi. Pulau ini memiliki bentuk yang unik menyerupai bunga mawar laba-laba ataupun huruf K besar yang membujur dari utara ke selatan dan tiga semenanjung yang membujur ke timur laut, timur, dan tenggara.

Pulau ini dibatasi oleh Selat Makasar di bagian barat dan terpisah dari Kalimantan serta dipisahkan juga dari Kepulauan Maluku oleh Laut Maluku. Pulau Sulawesi

sendiri berbatasan langsung dengan Borneo di sebelah barat, Filipina di utara, Flores di selatan, Timor di tenggara dan Maluku di sebelah timur.

Nama Sulawesi sendiri muncul dari kata bahasa yang digunakan oleh Provinsi Sulawesi Tengah yakni kata sula yang berarti nusa (pulau) dan kata mesi yang berarti besi (logam), yang mungkin merujuk pada praktik perdagangan bijih besi hasil produksi tambang-tambang yang ditemukan di antara Danau Matano, dekat Sorowako, Luwu Timur.

Sedangkan bangsa Portugis yang datanag pada abad 14-15 masehi lalu merupakan bangsa luar pertama yang menggunakan nama Celebes untuk menyebut pulau Sulawesi secara keseluruhan.

Sejak abad ke-13, jalan masuk terhadap barang perdagangan berharga dan sumber mineral besi mulai mengubah pola berlama-lama budaya disulawesi, dan ini memungkinkan individu yang ambisi untuk membangun unit politik yang lebih besar.

Tidak diketahui mengapa kedua hal tersebut muncul bersama-sama, mungkin salah satu merupakan hasil yang lain. Pada 1400an, sejumlah kerajaan pertanian yang baru telah muncul di barat lembah Cenrana, serta di daerah pantai selatan dan di pantai timur dekat Parepare yang baru.

Orang-orang Eropa pertama yang mengunjungi pulau ini (yang dipercayai menjadi negara kepulauan karena bentuknya yang mengerut) merupakan pelaut Portugis pada tahun 1525, dikirim dari Maluku untuk menelusuri emas, yang kepulauan mempunyai reputasi penghasil.

Belanda tiba pada tahun 1605 dan dengan lekas diikuti oleh Inggris, kemudian mendirikan pabrik di Makassar. Sejak 1660, Belanda berperang melawan Kerajaan Gowa Makasar terutama di bagian pesisir barat yang berkuasa. Pada tahun 1669, Laksamana Speelman memaksa penguasa Sultan Hasanuddin untuk dapat menandatangani Perjanjian Bongaya, yang tujuannya untuk menyerahkan kontrol perdagangan ke Perusahaan Hindia Belanda.

Belanda dibantu pada penaklukan mereka oleh panglima perang Bugis Arung Palakka, penguasa kerajaan Bugis Bone. Belanda membangun benteng di ujung Pandang, sedangkan Arung Palakka menjadi penguasa daerah dan kerajaan Bone menjadi dominan.

Perkembangan politik dan budaya tampaknya telah melambat menjadi efek dari status quo. Pada tahun 1905 seluruh Sulawesi menjadi bagian dari koloni negara Belanda dari Hindia Belanda sampai pendudukan Jepang pada Perang Dunia II.

Semenjak Revolusi Nasional Indonesia, “Turk” Westerling Kapten Belanda telah membunuh sedikitnya 4.000 orang selama Kampanye Sulawesi Selatan. sesudah penyerahan kedaulatan pada Desember 1949, Sulawesi menjadi bagian dari Republik Indonesia perkumpulan (RIS). Dan pada tahun 1950 menjadi tergabung pada kesatuan Republik Indonesia.

Provinsi Yang Terdapat di Pulau Sulawesi

Berikut ini adalah 6 Provinsi beserta Kota/Kabupaten yang ada di Pulau Sulawesi, diantaranya:

1. Provinsi Sulawesi Utara

Peta Sulawesi Utara
Peta Sulawesi Utara

Sulawesi Utara (Sulut) merupakan salah satu provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan ibu kota terletak di kota Manado.

Provinsi Sulawesi Utara berbatasan langsung dengan Laut Maluku dan Samudera Pasifik di sebelah timur, Laut Maluku dan Teluk Tomini di sebelah selatan, Laut Sulawesi dan provinsi Gorontalo di sebelah barat, dan provinsi Davao del Sur (Filipina) di sebelah utara.

Luas wilayah Provinsi Sulawesi Utara merupakan 15.069 km² dengan persentase 0,72% terhadap luas Indonesia yang terdiri dari 11 (sebelas) Kabupaten dan 4 (empat) Kota.

Berikut ini adalah Kota/Kabupaten yang terdapat di Provinsi Sulawesi Utara (SULUT), diantaranya:

  1. Kabupaten Bolaang Mangondow
  2. Kabupaten Bolaang Mangondow Selatan
  3. Kabupaten Bolaang Mangondow Timur
  4. Kabupaten Bolaang Mangondow Utara
  5. Kabupaten Sangihe
  6. Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro
  7. Kabupaten Talaud
  8. Kabupaten Minahasa
  9. Kabupaten Minahasa Selatan
  10. Kabupaten Minahasa Tenggara
  11. Kabupaten Minahasa Utara
  12. Kota Bitung
  13. Kota Kotamobagu
  14. Kota Manado
  15. Kota Tomohon

2.  Provinsi Gorontalo

Peta Gorontalo
Peta Gorontalo

Provinsi Gorontalo merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang lahir pada tanggal 5 Desember, 2000 dan mempunyai Ibu kota provinsi bernama sama yaitu, Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo ini terkenal dengan julukan “Serambi Madinah”.

Dalam catatan sejarah Indonesia, satu-satunya Presiden RI yang datang dari Suku Gorontalo merupakan Presiden Republik Indonesia ke-3, Prof. DR. Ing. B.J. Habibie, dari garis keturunan ayahnya yang mempunyai marga Habibie, yakni Alwi Abdul Jalil Habibie.

Berikut ini adalah Kota/Kabupaten yang terdapat di Provinsi Gorontalo, diantaranya:

  1. Kabupaten Boalemo
  2. Kabupaten Bone Bolango
  3. Kabupaten Gorontalo
  4. Kabupaten Gorontalo Utara
  5. Kabupaten Pohuwato
  6. Kota Gorontalo

3. Provinsi Sulawesi Barat

Peta Sulawesi Barat
Peta Sulawesi Barat

Sulawesi Barat (Sulbar) merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian barat Sulawesi. Pembentukan Provinsi Sulawesi Barat ini telah diperjuangkan sejak tahun 1960. Pada masa itu pulau Sulawesi ditemukan 3 (tiga) Provinsi yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Utara.

Namun, pada tahun 1963 Pemekaran Provinsi di pulau Sulawesi oleh pemerintah pusat merupakan pembentukan Provinsi Sulawesi Tenggara. Saran pembentukan Provinsi Sulawesi Barat tidak disetujui oleh Pemerintah Pusat.

Berikut ini adalah Kota/Kabupaten yang terdapat di Provinsi Sulawesi Barat (SULBAR), diantaranya:

  1. Kabupaten Majene
  2. Kabupaten Mamasa
  3. Kabupaten Mamuju
  4. Kabupaten Mamuju Tengah
  5. Kabupaten Mamuju Utara
  6. Kabupaten Polewali Mandar

4. Provinsi Sulawesi Tengah

Peta Sulawesi Tengah
Peta Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah (Sulteng) merupakan sebuah provinsi di bagian tengah Pulau Sulawesi, Indonesia. Ibu kota provinsi ini merupakan Kota Palu. Luas wilayahnya 61.841,29 km², dan jumlah penduduknya 3.222.241 jiwa pada tahun 2015.

Provinsi Sulawesi Tengah sendiri memiliki wilayah terluas di antara semua provinsi yang terdapat di Pulau Sulawesi, dan juga mempunyai jumlah penduduk terbanyak kedua di Pulau Sulawesi sesudah provinsi Sulawesi Selatan. Gubernur yang menjabat sekarang merupakan Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. bersama dengan (Alm) Sudarto untuk periode kedua.

Berikut ini adalah Kota/Kabupaten yang terdapat di Provinsi Sulawesi Tengah (SULTENG), diantaranya:

  1. Kabupaten Banggai
  2. Kabupaten Banggai Kepulauan
  3. Kabupaten Banggai Laut
  4. Kabupaten Buol
  5. Kabupaten Donggala
  6. Kabupaten Morowali
  7. Kabupaten Morowali Utara
  8. Kabupaten Parigi Moutong
  9. Kabupaten Poso
  10. Kabupaten Sigi
  11. Kabupaten Tojo Una-Una
  12. Kabupaten Tolitoli
  13. Kota Palu

5. Provinsi Sulawesi Tenggara

Peta Sulawesi Tenggara
Peta Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara (Sultra) ialah salah satu Provinsi yang terdapat di Indonesia tepatnya terletak di bagian tenggara pulau Sulawesi dengan ibu kota Kendari.

Secara geografis Provinsi Sulawesi Tenggara ini terletak di bagian selatan garis khatulistiwa di antara 02°45′ – 06°15′ Lintang Selatan dan 120°45′ – 124°30′ Bujur Timur serta memiliki wilayah daratan seluas 38.140 km² (3.814.000 ha) dan perairan (laut) seluas 110.000 km² (11.000.000 ha).

Berikut ini adalah Kota/Kabupaten yang terdapat di Provinsi Sulawesi Tenggara (SULTRA), diantaranya:

  1. Kabupaten Bombana
  2. Kabupaten Buton
  3. Kabupaten Buton Selatan
  4. Kabupaten Buton Tengah
  5. Kabupaten Buton Utara
  6. Kabupaten Kolaka
  7. Kabupaten Kolaka Timur
  8. Kabupaten Kolaka Utara
  9. Kabupaten Konawe
  10. Kabupaten Konawe Kepulauan
  11. Kabupaten Konawe Utara
  12. Kabupaten Konawe Selatan
  13. Kabupaten Muna
  14. Kabupaten Muna Barat
  15. Kabupaten Wakatobi
  16. Kota Baubau
  17. Kota Kendari

6. Provinsi Sulawesi Selatan

Peta Sulawesi Selatan
Peta Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan (Sulsel) merupakan salah satu Provinsi yang ada di Indonesia, tepatnya terletak di bagian selatan Sulawesi. Ibu kotanya merupakan Makassar. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat di utara, Teluk Bone dan Sulawesi Tenggara di timur, Selat Makassar di barat dan Laut Flores di selatan.

Letak wilayah Sulawesi Selatan terletak di antara 0o12’ – 8’ Lintang Selatan dan 116o48’ – 122o36’ Bujur Timur. Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memiliki luas wilayah 46.717,48 km2 dengan Jumlah Penduduk pada Tahun 2012 + 8.214.779 Jiwa dengan Kepadatan Penduduk 175,84 Jiwa/km2 yang tersebar di 24 Kabupaten/Kota yakni 21 kabupaten dan 3 kotamadya, 304 kecamatan, dan 2.953 desa/kelurahan, yang mempunyai 4 suku daerah yakni suku Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja.

Berikut ini adalah Kota/Kabupaten yang terdapa di Provinsi Sulawesi Selatan (SULSEL), diantaranya:

  1. Kabupaten Bantaeng
  2. Kabupaten Barru
  3. Kabupaten Bone
  4. Kabupaten Bulukumba
  5. Kabupaten Enrekang
  6. Kabupaten Gowa
  7. Kabupaten Jeneponto
  8. Kabupaten Kepulauan Selayar
  9. Kabupaten Luwu
  10. Kabupaten Luwu Timur
  11. Kabupaten Luwu Utara
  12. Kabupaten Maros
  13. Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan
  14. Kabupaten Pinrang
  15. Kabupaten Sidenreng Rappang
  16. Kabupaten Sinjai
  17. Kabupaten Soppeng
  18. Kabupaten Takalar
  19. Kabupaten Tana Toraja
  20. Kabupaten Toraja Utara
  21. Kabupaten Wajo
  22. Kota Makasaar
  23. Kota Palopo
  24. Kota Parepare

Nahh, itulah penjelasan mengenai Peta Pulau Sulawesi yang meliputi, Gambar Peta Sulawesi Lengkap, Geografi Sulawesi, Iklim Sulawesi, Batas – Batas Wilayah Sulawesi, Sejarah Sulawesi & 6 Provinsi yang ada di Pulau Sulawesi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Leave a Comment