PETA SUMATERA SELATAN : Sejarah, Iklim & Geografi ( LENGKAP )

PETA SUMATERA SELATAN : Sejarah, Iklim & Geografi ( LENGKAP )

Peta Sumatera Selatan – Pada pembasan kali ini kita akan membahas seputar Provinsi Sumatera Selatan yang dimana Ibukotanya adalah Palembang. Sebelumnya kita telah mengetahui Peta Jambi yang dimana juga Provinsi sebelah dari Provinsi ini. Okee langsung saja kita simak artikel ini dengan seksama!.

Gambar Peta Sumatera Selatan

Peta Sumatera Selatan
Peta Sumatera Selatan

Peta Sumatera Selatan Lengkap

Peta Sumatera Selatan Lengkap
Peta Sumatera Selatan Lengkap

Peta Buta Sumatera Selatan

Peta Buta Sumatera Selatan
Peta Buta Sumatera Selatan

Peta Administrasi Sumatera Selatan

Peta Administrasi Sumatera Selatan
Peta Administrasi Sumatera Selatan

Peta Sumatera Selatan

Peta Sumatera Selatan
Peta Sumatera Selatan

Sumatera Selatan (Sumsel) merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Provinsi ini beribukota di Palembang. Provinsi ini kaya tentu sumber upaya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara.

Selain itu ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Palembang, telah terkenal sejak dulu karena menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya. Di lain hal itu, provinsi ini banyak memiliki tujuan wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi seperti Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau, Kota Pagaralam dan lain-lain.

Karena sejak dulu telah menjadi pusat perdagangan, secara tidak langsung ikut memengaruhi kebudayaan masyarakatnya.  Makanan khas dari provinsi ini paling beragam, di antaranya merupakan pempek, model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes dan tempoyak.

Geografi Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan secara geografis terletak celah 1–4° Lintang Selatan dan 102–106° Bujur Timur, dan luas daerah seluruhnya merupakan 87.017.41 km2.

Iklim Sumatera Selatan

Iklim Sumatera Selatan
Iklim Sumatera Selatan

Iklim merupakan rata-rata cuaca pada periode yang panjang. Sedangkan cuaca ialah keadaan atmosfer pada suatu saat. Ilmu yang mempelajari iklim merupakan klimatologi. Meteorologi mempelajari proses fisis dan fenomena cuaca yang terjadi didalam atmosfer terutama terhadap lapisan bawah (troposfer).

Provinsi Sumatera Selatan memiliki iklim tropis dan basah dengan variasi curah hujan celah 9/7 – 492/23 mm sepanjang tahun 2003. Setiap bulannya hujan cenderung turun.Dipantai Timur tanah nya terdiri dari rawa-rawa dan payau yang dipengarui oleh pasang surut.

Vegitasinya berupa tumbuhan palmase dan kayu rawa (Bakau).Sedikit makin kebarat ialah dataran rendah yang luas.lebih masuk pada tanah semakin daerahnya bergunung-gunung Sumatera Selatan mempunyai Iklim Am, yakni iklim tropis dengan musim kemarau yang pendek.

Batas – Batas Sumatera Selatan

Peta Sumatera Selatan
Peta Sumatera Selatan

Jika kita lihat dari Peta Indonesia, Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki batas-batas oleh Provinsi lain.

  • Bagian Utara : Berbatasan dengan Provinsi Jambi,
  • Bagian Selatan : Berbatasan dengan Provinsi Lampung,
  • Bagian Timur : Berbatasan dengan Provinsi Bangka Belitung,
  • Bagian Barat : Berbatasan dengan Provinsi Bengkulu.

Topografi Sumatera Selatan

Peta Sumatera Selatan
Peta Sumatera Selatan

Secara topografi, wilayah Sumatera Selatan di Pantai Timur tanahnya terdiri dari rawa-rawa dan payau yang dipengaruhi oleh pasang surut. Vegetasinya berupa tumbuhan palmase dan kayu rawa (bakau). Sedikit makin ke barat ialah dataran rendah yang luas.

Lebih masuk kedalam wilayahnya semakin bergunung-gunung. Disana ditemukan bukti deretan yang membelah Sumatera Selatan dan ialah daerah pegunungan dengan ketinggian 900 – 1.200 meter dari permukaan laut.

Bukit Barisan tterdiri pada puncak Gunung Seminung (1.964 m), Gunung Dempo (3.159 m), Gunung Patah (1.107 m) dan Gunung Bengkuk (2.125m). Disebelah Barat Bukit Barisan ialah lereng. Provinsi Sumatera Selatan memiliki beberapa sungai besar.

Kebanyakan sungai-sungai itu bermata air dari Bukit Barisan, kecuali Sungai Mesuji, Sungai Lalan dan Sungai Banyuasin. Sungai yang bermata air dari Bukit Barisan ini bermuara ke Selat Bangka yang merupakan Sungai Musi, sedangkan Sungai Ogan, Sungai Komering, Sungai Lematang, Sungai Kelingi, Sunga Lakitan, Sungai Rupit dan Sungai Rawas ialah anak sungai dari Sungai Musi.

Sejarah Sumatera Selatan

Sejarah Sumatera Selatan
Sejarah Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan sejak berabad yang kemudian dikenal juga dengan sebutan Bumi Sriwijaya. Pada zaman ke-7  sampai zaman ke-12 Masehi tanah ini ialah pusat kerajaan Sriwijaya yang juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara. Gaung dan pengaruhnya bahkan sampai ke Madagaskar di Benua Afrika.

Sejak zaman ke-13 sampai zaman ke-14, tanah ini berada di bawah kekuasaan Majapahit. Selanjutnya tanah ini pernah menjadi daerah tak bertuan dan bersarangnya bajak laut dari Mancanegara terutama dari negeri China.

Sumatera Selatan dibentuk pada tanggal 12 September 1950 yang awalnya mencakup daerah Jambi, Bengkulu, Lampung, dan kepulauan Bangka Belitung dan keempat tanah yang terakhir disebutkan kemudian masing-masing dijadikan tanah provinsi tersendiri tentu akan tetapi mempunyai akar budaya bahasa dari keluarga yang sama yaitu bahasa Austronesia proto bahasa Melayu dengan pembagian daerah bahasa dan logat selang lain seperti Palembang, Ogan, Komering, Musi, Lematang dan sedang banyak bahasa lainnya.

Meneladani sumber antropologi disebutkan bahwa asal usul manusia Sumatera anggota selatan bisa dieksplorasi mulai dari masa paleolitikum dengan tidak kekurangannya benda-benda masa paleolitikum.

Pada beberapa tanah selang lain sekarang diketahui sebagai Kabupaten Lahat, Kabupaten Sarolangun Bangko, Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Tanjung Karang yaitu gampong Bengamas lereng utara pergunungan Gumai, di dasar (cabang dari Sungai Musi) sungai Saling, sungai Kikim kemudian di gampong Tiangko Panjang (Gua Tiangko Panjang) dan gampong Padang Bidu ataupun daerah Podok Salabe serta penemuan di Kalianda dan Kedaton dimana bisa ditemui tradisi yang datang dari acheulean yang bermigrasi menjalani sungai Mekong yang merupakan anggota dari bangsa Monk Khmer.

Kota/Kabupaten Provinsi Sumatera Selatan

Peta Sumatera Selatan
Peta Sumatera Selatan

Dibawah ini adalah Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, Antara lain:

  1. Kabupaten Banyuasin
  2. Kabupaten Empat Lawang
  3. Kabupaten Lahat
  4. Kabupaten Muara Enim
  5. Kabupaten Musi Banyuasin
  6. Kabupaten Musi Rawas
  7. Kabupaten Musi Rawas Utara
  8. Kabupaten Ogan Ilir
  9. Kabupaten Ogan Komering Ilir
  10. Kabupaten Ogan Komering Ulu
  11. Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
  12. Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir
  13. Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
  14. Kota Lubuklinggau
  15. Kota Pagar Alam
  16. Kota Palembang
  17. Kota Prabumulih

Nahh, itulah penjelsan seputar dari Provinsi Sumatera Selatan yang dimana kita sudah mengetahui mulai dari Peta Sumatera Selatan, Geografi, Iklim, Batas-Batas, Kota/Kabupaten Provinsi Sumatera Selatan & Sejarah Sumatera Selatan yang perlu kalian ketahui.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

1 thought on “PETA SUMATERA SELATAN : Sejarah, Iklim & Geografi ( LENGKAP )”

Leave a Comment