Peta Sumatera Utara

PETA SUMATERA UTARA : Sejarah, Iklim & Geografi (dilengkapi gambar)

Peta Sumatera Utara – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas secara rinci tentang Peta Sumatera Utara yang ibukota nya adalah Medan. Sebelumnya kita telah membahas mengenai Peta Aceh mulai dari sejarah, iklim, geografi dan gambar peta lengkapnya. Nah sekarang mari kita simak artikel dibawah ini agar memahami seputar Sumatera Utara. Selamat Membaca.

Gambar Peta Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara
Peta Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara Lengkap

Peta Sumatera Utara Lengkap
Peta Sumatera Utara Lengkap

Peta Buta Sumatera Utara

Peta Buta Sumatera Utara
Peta Buta Sumatera Utara

Peta Administrasi Sumatera Utara

Peta Administrasi Sumatera Utara
Peta Administrasi Sumatera Utara

 Peta Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara
Peta Sumatera Utara

Sumatera Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal dengan sebutan Sumut. Provinsi yang satu ini berada di bagian utara Pulau Sumatera, dan itulah mengapa provinsi ini disebut dengan provinsi Sumatera Utara.

Sebenarnya bila anda melihat di Peta Pulau Sumatera, letak dari provinsi ini tidak yang paling utara, sebab provinsi yang paling utara di Pulau Sumatera merupakan Aceh. Anda juga lihat dari Peta Indonesia, disitu terlihat posisi Aceh berada di paling ujung utara.

Jika dilihat dari peta Sumatera Utara maka anda akan mengetahui bahwa Medan merupakan ibukota dari provinsi ini. Kota Medan masuk pada agenda kota-kota terbesar di Indonesia.

Hal ini dikarenakan keanekaragaman penduduk, ras serta budaya yang terdapat di kota Medan. Sumatera Utara sendiri ialah wilayah yang luas dan termasuk  ke pada provinsi yang mempunyai potensi yang besar.

Ada banyak hal informasi penting berkenaan Sumatera Utara. Di bawah ini tentu disajikan informasi penting seputar letak serta nama-nama kota besar yang terdapat di Sumatera Utara. Letak Sumatera Utara juga bisa kita meninjau secara astronomis dan juga geografis menggunakan peta Sumatera Utara.

Letak Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara
Peta Sumatera Utara

Sumatera utara telah jelas ialah provinsi yang terdapat di pulau Sumatera. Untuk mengetahui bentuk dari provinsi yang satu ini, anda bisa melihatnya menggunakan peta Sumatera Utara. Letak dari provinsi Sumatera Utara ini, bisa dilihat secara astronomis dan juga geografis.

1. Letak Secara Astronomis

Secara astronomi, berarti kita berpacu pada posisi Sumatera Utara sesuai dengan garis lintang dengan garis bujurnya. Posisi provinsi Sumatera Utara terletak pada titik koordinat 0ᵒ50’ LS – 4ᵒ40’ LU dan 96ᵒ40’ – 100ᵒ 50’ BT. Secara astonomis ini, kondisi provinsi Sumatera Utara sama seperti kondisi provinsi di Indonesia pada biasanya yang tropis.

2. Letak Secara Geografis

Jika dilihat secara geografis provinsi Sumatera Utara sesungguhnya terbagi 2 bagian. Bagian pertama merupakan bagian terbesar yang terletak di pulau Sumatera, sedangkan bagian yang kedua berupa pulau kecil yang dikatakan pulau Nias. Pulau Nias sendiri berada pada sisi sebelah barat dari provinsi Sumatera Utara.

Provinsi Sumatera Utara pada bagian utara berbatasan  langsung dengan provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Sedangkan pada bagian selatan provinsi Sumatera Utara berbatasan langsung dengan provinsi Riau dan sebelah timur berbatasan langsung dengan selat Malaka. Di provinsi Sumatera Utara terdapat beberapa kota penting yang mempunyai kerakteristik yang khas.

Iklim Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara
Peta Sumatera Utara

Daerah ini beriklim tropis. Pada bulan Mei hingga September, curah hujan ringan. Sedangkan Oktober hingga April, curah hujan relatif lebat efek intensitas udara yang lembap.

Batas – Batas Wilayah Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara
Peta Sumatera Utara

Bagian Utara                      : Provinsi Aceh dan Selat Malaka

Bagian Timur                      : Selat Malaka

Bagian Selatan                   : Provinsi Riau, Provinsi Sumatra Barat, dan Samudera Indonesia

Bagian Barat                       : Provinsi Aceh dan Samudera Indonesia

Terdapat 419 pulau di propisi Sumatra Utara. Pulau-pulau terluar merupakan pulau Simuk (kepulauan Nias), dan pulau Berhala di selat Sumatra (Malaka).

Kepulauan Nias terdiri dari pulau Nias menjadi pulau penting dan pulau-pulau kecil lain di sekitarnya. Kepulauan Nias terletak di lepas pantai pesisir barat tepatnya di Samudera Hindia. Pusat pemerintahan terletak di Gunung Sitoli.

Kepulauan Batu terdiri dari 51 pulau dengan 4 pulau besar: Sibuasi, Pini, Tanahbala, Tanahmasa. Pusat pemerintahan di Pulautelo di pulau Sibuasi. Kepulauan Batu terletak di tenggara kepulauan Nias.

Pulau-pulau lain yang ada di Sumatra Utara yaitu: Imanna, Pasu, Bawa, Hamutaia, Batumakalele, Lego, Masa, Bau, Simaleh, Makole, Jake, dan Sigata, Wunga.

Di Sumatra Utara saat ini ditemukan 2 lahan nasional, yaitu lahan Nasional Gunung Leuser dan lahan Nasional Batang Gadis. berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan, Nomor 44 Tahun 2005, luas hutan di Sumatra Utara saat ini 3.742.120 hektare (ha).

Yang terdiri dari kawasan Suaka Alam atau Kawasan Pelestarian Alam seluas 477.070 ha, Hutan Lindung 1.297.330 ha, Hutan Produksi Terbatas 879.270 ha, Hutan Produksi awet 1.035.690 ha dan Hutan Produksi yang bisa dikonversi kan seluas 52.760 ha.

Namun nilai ini sifatnya secara de jure saja. Sebab secara de facto, hutan yang terdapat tidak seluas itu lagi. Terjadi banyak kerusakan efek perambahan dan pembalakan liar. Sejauh ini, telah 206.000 ha lebih hutan di Sumut telah mengalami perubahan fungsi.

Telah berubah sebagai wilayah perkebunan, transmigrasi. Dari luas tersebut, sebanyak 163.000 ha untuk dipakai areal perkebunan dan 42.900 ha dipakai untuk areal transmigrasi.

Sejarah Sumatera Utara

Sejarah Sumatera Utara
Sejarah Sumatera Utara

Pada masa pemerintahan Belanda dulu, Sumatera Utara adalah suatu pemerintahan yang dikenal dengan Gouvernement van Sumatera dengan wilayah yang mencakup seluruh pulau Sumatera, dengan dipimpin oleh seorang Gubernur yang berkedudukan di kota Medan.

Setelah kemerdekaan berlangsung, terjadilah sidang pertama Komite Nasional Daerah (KND), dan dari sidang itu Provinsi Sumatera diputuskan untuk dibagi menjadi 3 sub provinsi antara lain: Sumatera Utara, Sumatera Tengah, dan Sumatera Selatan.

Provinsi Sumatera Utara sendiri ialah penggabungan dari tiga daerah manajerial yang disebutkan keresidenan yaitu: Keresidenan Aceh, Keresidenan Sumatera Timur, dan Keresidenan Tapanuli.

Dengan diterbitkannya Undang-Undang Republik Indonesia (R.I.) No. 10 Tahun 1948 pada tanggal 15 April 1948, ditetapkan bahwa Sumatera dibagi menjadi tiga provinsi yang masing-masing berhak mengerjakan dan mengurus rumah tangganya sendiri yaitu: Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Tengah, dan Provinsi Sumatera Selatan. Tanggal 15 April 1948 berikutnya ditetapkan sebagai hari jadi nya Provinsi Sumatera Utara.

Pada awal tahun 1949, diusahakan kembali reorganisasi pemerintahan di Sumatera. Dengan Keputusan Pemerintah Darurat R.I. Nomor 22/Pem/PDRI pada tanggal 17 Mei 1949, jabatan Gubernur Sumatera Utara dikosongkan. Selanjutnya dengan Ketetapan Pemerintah Darurat R.I.

Pada tanggal 17 Desember 1949, dibentuklah Provinsi Aceh dan Provinsi Tapanuli atau Sumatera Timur. Kemudian, dengan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No. 5 Tahun 1950 pada tanggal 14 Agustus 1950, dengan ketetapan tersebut dicabut dan dibentuk kembali oleh Provinsi Sumatera Utara.

Dengan Undang-Undang R.I. No. 24 Tahun 1956 yang diundangkan pada tanggal 7 Desember 1956, dibentuk Daerah Otonom Provinsi Aceh, sehingga wilayah Provinsi Sumatera Utara sebahagian sebagai wilayah Provinsi Aceh.

Kota – Kota Penting Di Sumatera Utara

Peta Sumatera Utara
Peta Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan provinsi yang luas, jadi wajar apabila provinsi yang satu ini mempunyai banyak kota-kota penting di dalamnya.

Anda bisa menemukan kota-kota ini dengan mudah pada peta Sumatera Utara. Beberapa kota ini dinilai penting karena mempunyai kelebihan tersendiri. Apa saja nama kota-kota penting itu? Berikut ini ulasannya:

1. Medan

Provinsi Sumatera Utara ibukotanya merupakan kota Medan, jadi wajar saja apabila kota ini merupakan kota yang paling penting di Sumatera Utara. Medan bahkan masuk ke pada agenda kota-kota terbesar di Indonesia. Kota Medan ditinggali banyak suku mulai dari suku Batak, Melayu dan beragam suku lainnya.

Di Medan ditemukan banyak tempat wisata penting. Beberapa tempat wisata menarik di Medan merupakan Istana Maimun, Kebun Buaya kecut Kumbang, Masjid Raya, dan Medan Zoo. Untuk bisa sampai ke kota Medan, anda bisa lewat jalur udara menggunakan bandar udara Kualanamu.

2. Binjai

Binjai ialah kota yang letaknya tidak terlalu jauh dari kota Medan. Kota Binjai ini ialah kota yang berada di sisi utara kota Medan. Mayoritas penduduk Binjai merupakan suku asli Melayu. Kota yang satu ini juga lumayan maju dibandingkan kota-kota yang lainnya. Pesatnya perkembangan ini karena jalan masuk yang mudah menuju kota Binjai.

Di kawasan Binjai anda juga bisa menemukan tempat wisata alam. Salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Binjai merupakan wisata Palaruga. Semua kawasan wisata di Binjai masih tergolong alami.

3. Berastagi

Jika anda mencari kota yang menawarkan keindahan alam pegunungan, maka Berastagi merupakan tempatnya. Di sini anda bisa melihat langsung 2 Gunung yang menaungi Sumatera Utara. Kedua Gunung tersebut merupakan Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Berastagi merupakan kota yang paling subur dan pemandangannya paling indah.

Di kota ini anda dapat menjumpai kebun-kebun strawberry dan juga kebun sayur. Kota ini ialah kota wisata yang harus dikunjungi wisatawan yang tiba ke Sumatera Utara. Kawsan ini bahkan dikenal sebagai kota yang sejuk.

4. Pematang Siantar

Pematang Siantar ialah kawasan kabupaten Simalungun. Kota yang satu ini bahkan disebut-sebut sebagai kota terbesar nomor 2 sesudah Medan. Mayoritas penduduk Simalungun merupakan masyarakat suku batak. Maka tidak heran apabila anda menemukan banyak orang yang mempunyai marga batak di kota ini.

Kota Pematang Siantar juga mempunyai banyak tempat yang bisa dikunjungi. Salah satu temapt yang terkenal di Siantar merupakan kebun binatangnya. Selain itu, kawasan Siantar juga dikenal dengan perkebunan tehnya yang luas.

5. Parapat

Danau Toba merupakan danau terbesar yang terdapat di Sumatera Utara, bahkan termasuk kedalam danau terbesar di Indonesia. Untuk menikmati danau Toba dengan puas, maka anda wajib menuju kota Parapat. Kota Parapat merupakan kota yang diberkahi dengan keindahan alam. Mayoritas penduduk Parapat merupakan suku Batak.

Parapat dikenal sebagai kota liburan yang menyuguhkan keindahan Danau Toba. terdapat banyak hotel dan penginapan yang langsung mengarah kearah danau. Bahkan di tengah Danau Toba ditemukan pulau yang dikatakan dengan nama Pulau Samosir.

6. Tanjung Balai

Di pesisir timur provinsi Sumatera Utara ditemukan sebuah kota yang terkenal dengan hasil lautnya, kota tersebut dinamakan kota Tanjung Balai. Kota Tanjung Balai bahkan mendapat julukan sebagai kota kerang.

Hal ini dikarenakan Tanjung Balai merupakan supplier kerang terbesar di Sumatera Utara. Bahkan kota ini mengadakan agenda pesta kerang setiap tahunnya.

Mayoritas penduduk kota Tanjung Balai merupakan orang Melayu pesisir. Kota ini ialah kota yang berbatasan langsung dengan bagian laut selat Malaka. Bisa dikatakan apabila Tanjung Balai merupakan lumbung ikan bagi Sumatera Utara.

7. Tebing Tinggi

Jika anda hendak membeli ragam oleh-oleh dari Sumatera Utara, maka kota ini yang harus anda kunjungi. Tebing Tinggi merupakan kota yang biasa dilalui oleh para turis. lebih-lebih apabila anda hendak menuju ke kota Parapat. Letaknya yang strategis menjadikan kota Tebing Tinggi masuk kedalam kota yang besar di provinsi Sumatera Utara.

8. Sibolga

Laut biru bertemankan bukit hijau sebagai ciri khas dari kota Sibolga. Kota Sibolga terkenal karena keindahan lautnya. Mayoritas dari penduduk Sibolga juga orang bersuku Batak. Kota Sibolga juga langsung berbatasan dengan laut. Kota ini terkenal dengan hasil rumput lautnya.

Itulah nama kota-kota penting yang terdapat di Sumatera Utara. apabila anda hendak mengunjungi langsung kota-kota ini, anda bisa menatap posisinya terhadap peta Sumatera Utara. Semua kota-kota ini mempunyai keunikan yang sebagai ciri khas. Banyak orang yang merasa senang bisa berkunjung ke kota-kota yang ada di Sumatera Utara.

Bentangan alamnya yang indah menjadikan provinsi Sumatera Utara ialah provinsi yang menakjubkan. Bahkan provinsi ini merupakan provinsi yang terbilang maju di pulau Sumatera. Terdapat banyak potensi dari Sumatera Utara yang bisa dikembangkan.

Nah, itulah penjelasan mengenai seputar Sumatera Utara yang meliputi Peta Sumatera Utara, Peta Buta Sumatera Utara, Peta Administrasi Sumatera Utara, Sejarah Sumatera Utara, Iklim Sumatera Utara & Geografis Sumatera Utara yang bisa Anda jadikan sebagai referensi atau tugas Anda.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aaminn

Leave a Comment