✓ Kumpulan Pidato Kemerdekaan Indonesia Yang Menggetarkan Jiwa

✓ Kumpulan Pidato Kemerdekaan Indonesia Yang Menggetarkan Jiwa

Pidato Kemerdekaan – Pidato Kemerdekaan ini adalah suatu ajang dimana pada saat dibaca nya tentang Kemerdekaan Indonesia yang telah berjuang untuk Negara Indonesia. Artikel kali ini akan diberikan Contoh beberapa Pidato Kemerdekaan yang dapat dibacakan saat memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Simak dibawah ini.

Pidato Kemerdekaan

Pidato Kemerdekaan
Pidato Kemerdekaan

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Yang saya hormati bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 22 Bandar Lampung

Yang saya hormati bapak wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 22 Bandar Lampung

Yang saya hormati bapak / ibu guru beserta staff TU dan karyawan SMA Negeri 22 Bandar Lampung

Dan yang saya banggakan rekan-rekan siswa-siswi kelas 10, 11, 12 SMA Negeri 22 Bandar Lampung

Pertama kalinya marilah kita panjatkan puji syukur yang setinggi-tingginya kepada Allah SWT yang telah memberikan kita banyak sekali kenikmatan yang tak terhingga. Sehingga apabila kita mencoba menghitung-hitung nikmat tersebut, tentu kita tidak akan sanggup untuk menghitungnya. Karenanya marilah senantiasa kita menempatkan rasa syukur dengan baik ke dalam setiap aktivitas kehidupan kita.

Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan juga umat beliau. Semoga kita diberikan kekuatan untuk tetap istiqamah mengikuti beliau hingga akhir hayat kita.

Pertama kalinya ucapan terima kasih saya sampaikan kepada segenap panita pelaksana peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 atas kesempatan yang diberikan kepada saya selaku ketua OSIS untuk menyampaikan sedikit pidato yang erat hubungannya dengan peringatan hari kemerdekaan ini. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada bapak / ibu pembina kegiatan ekstrakulikuler yang telah memfasilitasi segala keperluan acara ini, sehingga dapat terselenggara dengan sangat baik.

Hadirin yang saya hormati,

Hari ini tanggal 17 Agustus 2016, bertepatan dengan HUT RI ke-72. Pada hari ini adalah tahun ke-72 negara kita merdeka dari tangan para penjajah. Peringatan kemerdekaan ini bukanlah semata-mata hanya mengikuti euforia semaraknya saja, namun lebih dari itu. Diharapkan dengan diselenggarakannya berbagai agenda pada hari ini dapat menambah semangat nasionalisme, patriotis, bangga akan bangsa sendiri, serta cinta tanah air dalam pribadi kita masing-masing.

Pasca perang kemerdekaan terdahulu adalah pada saat dimulailah era para pendiri bangsa. Mulai dari era itulah generasi selanjutnya disebut sebagai generasi pengisi kemerdekaan. Kita yang hidup di zaman ini, adalah termasuk generasi yang mengemban amanah para pejuang kemerdekaan untuk dapat mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Dahulu para pahlawan bertempur mati-matian demi merebut kemerdekaan bangsa dari tangan penjajah.

Mereka mengorbankan segala yang mereka punya, bahkan nyawa menjadi taruhan demi bebasnya bangsa dan negara ini. Saat musuh berada di depan mata, pantang bagi mereka untuk mundur. Sekelumit kisah para pejuang telah banyak kita dengar dari lisan-lisan para sejarawan, bapak / ibu guru, dan orang tua kita terdahulu. Adalah sebuah kewajiban bagi kita untuk dapat mengisi kemerdekaan yang sudah susah payah direbut oleh para pahlawan. Pertanyaannya adalah dengan apa kita mengisi kemerdekaan tersebut?

Hadirin yang saya hormati,

Kita generasi yang tidak pernah bertempur melawan penjajah seperti para pejuang kemerdekaan terdahulu, sejatinya kita memiliki musuh yang jauh lebih dahsyat dibandingkan hanya sekedar penjajah. Bung Karno pernah berkata bahwa perjuangan kita akan lebih berat dari pada perjuangan generasi terdahulu. Mereka melawan musuh-musuh yang nyata yakni penjajah yang bertujuan untuk merampok negeri kita.

Namun perjuangan kita amatlah berat di era sekarang ini. Kita tak hanya melawan kolonialisme model baru, akan tetapi kita juga harus melawan bangsa sendiri yang berpihak pada asing. Dengan kata lain, musuh kita saat ini bukan hanya para penjajah. Akan tetapi musuh kita adalah saudara sebangsa dan setanah air yang berpihak pada asing dan bangga akan budaya serta adat istiadat mereka.

Hadirin yang saya hormati,

Peran generasi muda seperti kita saat ini sangat dibutuhkan dalam rangka melawan musuh-musuh bangsa dan negara. Kaum muda pula-lah yang memiliki potensi besar dalam membawa bahtera kepemimpinan negara ini ke depannya. Potensi yang kita miliki hendaknya dipergunakan dengan sebaik-baiknya dalam rangka meneruskan perjuangan para pejuang terdahulu.

Perjuangan seperti apa yang dapat kita lakukan sebagai kaum muda? Banyak hal yang dapat kita perbuat untuk mengisi kemerdekaan kita. Sesuatu yang dapat kita perbuat tentu bisa dimulai dari hal yang kecil. Seorang guru dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan cara mengabdi dan mendedikasikan dirinya untuk dunia pendidikan bangsa. Seorang ulama mampu mengisi kemerdekaan Indonesia dengan berperan sebagai pengayom umat untuk persatuan dalam keberagaman.

Seorang pemimpin dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan mempersatukan bangsa dalam keberagaman etnis. Seorang pelajar mampu mengisi kemerdekaan negerinya dengan belajar sekuat tenaga demi cita-cita mengharumkan nama bangsa. Pada akhirnya kita semua dapat mengisi kemerdekaan bangsa dengan porsi serta jalan hidupnya masing-masing.

Hadirin yang saya hormati,

Apa yang kita hadapi dewasa ini sungguhlah berat. Dalam situasi politik, perekonomian, dan masalah sosial dalam negeri yang tidak menentu memaksa kita untuk ambil bagian dalam mengawal jalannya roda pemerintahan bangsa dan negara.

Karenanya marilah bersama-sama kita berjuang demi bangsa dan negara dengan sesuatu hal yang kita punyai, dengan seuatu hal yang kita mampu untuk melakukannya, dan dengan segenap jiwa raga untuk mengabdi pada bangsa. Marilah kita isi kemerdekaan bangsa Indonesia ini dengan semangat kerja keras, semangat persatuan, dan semangat membangun Indonesia menuju bangsa yang lebih baik ke depannya.

Dirgahayu IndonesiaKu!

Merdekaa !! Merdekaa!!

Wasalammualaikum Warahmatullahi wabarakaatuhh

Pidato Kemerdekaan Singkat

Pidato Kemerdekaan
Pidato Kemerdekaan

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Pada hari ini mari kita ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini guna memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Guna memperigati Hari Kemerdekaan kita ini, saya akan menyampaikan pidato singkat yag mudah-mudahan bermanfaat bagi hadirin sekalian.

Para hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa bahwa sudah 72 tahun kita merdeka dari penjajahan asing. Tak terasa pula bahwa negara kita ini mengalami banyak perkembangan dan lika-liku dalam mempertahankan dan menghayati kemerdekaan ini. Semestinya, peringatan Hari Kemerdekaan kita ini dapat menjadi moment untuk kita untuk merenungkan jasa dan perjuangan pahlawan-pahlawan kita, sekaligus merenungkan kembali tentang kondisi negara kita, apakah sudah merdeka sepenuhnya, atau justru malah terjajah secara tidak sadar? Sayangnya, moment Hari Kemerdekaan ini cuma dirayakan dengan lomba-lomba dan acara panggung musik yang beberapa diantaranya tidak berhubugan dengan filosofi perjuangan atau kemerdekaan negara kita.

Sah-sah saja bila mau mengadakan lomba atau panggung musik untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Namun, alangkah lebih bijak jika kedua hal tersebut dapat dijadikan sarana untuk merenungi jasa para pahlawan, sekaligus kemerdekaan negara yang kita cintai ini.

Maka dari itu, di hari yang berbahagia ini, mari kita kenang kembali jasa para pahlawan kita yang berhasil menghantarkan kemerdekaan negara ini, sehingga kita bisa terbebas dari belenggu penjajahan dan mampu berkumpul di tempat mulia ini.

Selain itu, mari kita jadikan momen Hari Kemerdekaan ini sebagai ajang untuk meresolusi atau merencanakan kontribusi kecil apa yang akan kita lakukan agar kemerdekaan kita tetap terjaga, dan agar negara ini damai sentosa. Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar kemerdekaan ini dapat kita nikmati sampai anak cucu kita nanti.

Mungkin hanya itu saja yang bisa sampaikan di dalam pidato kali ini. Semoga bermanfaat untuk hadirin sekalian. Mohon dimaafkan jika ada kata-kata yang menyinggung atau salah ucap dalam pidato yang saya utarakan tadi. Kesempurnaan hanyalah milik-Nya, dan salah serta dosa tak pernah luput dari kita.

Wassalamualaikum wr, wb.

 

Pidato Kemerdekaan Indonesia

Pidato Kemerdekaan
Pidato Kemerdekaan

Assalamualaikum Wr. Wb. , Selamat Pagi dan salam sejahtera untuk   kita semua

Bapak-bapak dan Ibu-Ibu yang saya hormati serta rekan-rekan sekalian yang saya hormati dan muliakan.

Pertama-tama, mari kita panjatkan puja serta puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Saya mengucapkan banyak terima kasih karena tlah memberikan kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dengan tema “Hari Kemerdekaan Republik Indonesia”.

Seperti yang kita semua tahu bahwa setiap tanggal 17 Agustus, Bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Terutama dengan mengadakan upacara bendera untuk menaikkan sang saka Merah Putih dan menghormati jasa para pahlawan yang berjuang mengusir penjajah. Sehingga, kita bisa menikmati kemerdekaan seperti sekarang ini.

Tapi, rasa kemerdekaan diartikan berbeda oleh generasi jaman sekarang yakni hanya dimaknai setiap tanggal 17 Agustus saja. Argumen ini dirasa kurang tepat karena kemerdekaan sendiri tak hanya saat peringatan hari kemerdekaan RI saja, tetap setia hari yang kita lalu bersama di Negera Indonesia Tercinta ini.

Oleh karena itu, jangan hanya pada tanggal 17 Agustus saja, kita membicarakan tentang semangat persatuan, bela negara dan menghargai jasa para pahlawan. Namun, setiap hari sikap kita maupun perkataan yang kita ucapakan haruslah mencerminkan semua itu. Jika diri kita diliputi rasa cinta tanah air yang besar, maka kita dapat mempertahankan Negara ini dengan seluruh kehormatannya dan takkan ada bangsa lain yang berani menjajah kita lagi.

Sekian kalimat yang bisa saya sampaikan di pagi yang semangat ini, semoga bisa berguna dan tertanam pada hati kita semua, khususnya para generasi muda. Jika ada salah-salah kata, saya mohon maaf.

Wassalamau’alaikum Wr. WB.

 

Pidato Kemerdekaan Terbaik

Pidato Kemerdekaan
Pidato Kemerdekaan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabartakaatuh.

Dengan anugerah Allah Swt, yang telah diberikan kepada kita semua berupa kesehatan jasmani dan rokhani, sehingga pagi yang cerah ini kita sebagai bangsa Indonesia tercinta, baik di kota maupun pelosok tanah air kita dapat memperingati hari yang amat bersejarah, yaitu kemerdekaan.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia.

Pada Pagi hari ini tepatnya tanggal 17 Agustus tahun 20.. berarti bangsa Indonesia memperingati Indonesia merdeka yang ke     Hari yang bersejarah, tak akan pernah dilupakan selalu dikenang, diperingati, k arena mulai tanggal dan bulan tersebut Indonesia lahir, Indonesia bebas dari cengkeraman penjajah yang menindas, menjajah memperkosa hak asasi bangsa Indonesia kala itu.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia

Perlu Anda ketahui bahwasannya kemerdekaan semata-mata anugerah dari Allah Swt, dan juga disertai perjuangan yang mati-matian tak kenal lelah, tak pantang mundur, tak putus asa semuanya demi Indonesia yang tercinta ini. Pada pejuang kita bermandikan darah aikibat serangan dari penjajah angkara murka.

Para penjajah bersenjatakan serba lengkap dan modem, namun pejuang kita hanya menggunakan senjata tradisional, yakni bambu runcing, Walaupun tidak imbang tentara yang dihadapi pejuang kita, namun semangat berkobar membara pejuang kita terus maju, maju, maju tidak selangkahpun mundur beliau bersemboyan lebih baik mati dari pada diinjak-injak penjajah.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia.

Para pahlawan menyingkirkan para penjajah tidaklah ringan. akan tetapi nyawalah menjadi taruhan. Walaupun senjata yang serba terbatas, tetapi berkat pertolongan Allah Swt, disertai semangat yang membara akhimya kemenangan ditangan pahlawan kita, yakni para penjajah menyingkir dari bumi tercinta Indonesia ini

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia

Sebagai bangsa Indonesia harusnya mengetahui mengenai liku-liku perjuangan untuk merebut tanah air Indonesia. Sehingga sebagai generasi penerus tentunya merasa bangga dan menghargai jasa-jasa beliau para pejuang, yang banyak mati di medan perang demi Indonesia yang tercinta.

Kita sebagai generasi penerus harusnya mengungkapkan rasa syukur yang sedalam-dalamnya atas anugerah kemerdekaan Indonesia ini. Isi kemerdekaan ini dengan belajar, dan bekerja yang giat sesuai dengan pekerjaan masing-masing.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang kami hormati.

Kita sekarang hidup ditanah air Indonesia maju ini tentunya harus bangga berterima kasih kepada pemimpin-pemimpin kita atas keberhasilan dalam,pembangunan di segala bidang. Indonesia maju demi kesejahteraan rakyatnya. Keberhasilan pembangunan di Indonesia sudah kita rasakan bersama, sudah merasa, baik di kota maupun di desa-desa. Hal ini haruslah kita sadar, bahwa semuanya bisa terwujud adanya kerja sama yang baik, bersatu, bersemangat antara satu dengan lainnya

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia yang tercinta.

Sebagai generasi muda haruslah mampu mendukung pembangunan ini dengan sepenuhnya, ikut serta turun aktif, serta menjaga dan melestarikan pembangunan yang sudah wujud itu, jangan malah bikin keributan, perusakan, hura-hura yang mendampakkan mengganggu ketenangan masyarakat, mengganggu ketertiban keamanan, bila hal tersebut sampai terjadi sedemikian itu maka namanya generasi muda yang tidak mau mengisi serta meneruskan kemerdekaan, Indonesia.

Itu namanya generasi muda yang tidak berfikir rasional hanya bersenang-senang membuat keributan, bahkanmenentang pemimpin padahal orang Islam harus patuh dan laat kepada Allah, kepada Rasul, dan kepada pemimpin-pemimpin kita.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang tercinta.

Melalui pidato peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke …. saya mengajak terutama kepada pribadi saya dan kepada generasi muda, mari kita melaksanakan aktifitas yang positif demi kemajuan kita bersama, agar menjadi generasi muda yang handal, kreatif maju demi bangsa Indonesia.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang tercinta.

Dengan kemajuan yang begitu pesat negara Indonesia yang tercinta ini kita harus bangga atas keberhasilan pemimpin-pemimpin kita.

Mari kita berdo’a kepada Allah Swt, mudah-mudahan bangsa Indonesia tetap jaya selamanya, mudah-mudahan pemimpin-pemimpin kita diberi kekuatan untuk memimpin beraneka ragam corak bangsa Indonesia. Mudah-mudahan bangsa Indonesia damai, tentram dari gangguan, baik yang datangnya dari luar-maupun dari dalam.

Demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan bila terdapat kata-kata yang kurang berkenan dihati saudara sekalian kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Ihdinash shraathal mustaqiim.

Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

 

Pidato Proklamasi Kemerdekaan 

Pidato Kemerdekaan
Pidato Kemerdekaan

Assalamualaikum. wr. wb

Hadirin yang berbahagia,
pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas berkat limpahan rahmat dan hidayahNya kita semua bisa berkumpul di tempat yang berbahagia ini untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke …… . Kemerdekaan Indonesia adalah sebuah anugerah besar dari Tuhan kepada bangsa Indonesia yang patut kita syukuri.

Hadirin yang berbahagia,

Sebagai sebuah negara, Indonesia telah melalui perjalanan panjang sejak jaman kerajaan-kerajaan hingga kini bersatu menjadi sebuah negara kesatuan RI. Dahulu Indonesia merupakan sebuah daerah yang terdiri dari beberapa kerajaan-kerajaan di tiap daerah.

Kerajaan-kerajaan ini memiliki peradaban yang tinggi di masanya, dibuktikan dengan artefak, situs atau bangunan peninggalan yang kini berdiri kokoh di berbagai lokasi. Lalu di abad pertengahan bangsa Eropa mulai masuk ke Indonesia dan melakukan gerakan kolonialisasi, dari mulai Portugis, Spanyol, Inggris dan Jepang mencoba untuk menguasai wilayah Indonesia.

Invasi bangsa luar tersebut membuat penderitaan panjang bagi bangsa Indonesia. Perlawanan lalu dilakukan oleh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Tidak mengenal suku, ras, agama dan perbedaan lainnya, para pejuang dengan semangat rela berkorban jiwa dan raga untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sampai akhirnya perjuangan fisik dan mental tersebut membuahkan hasil pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia menyatakan merdeka dari penjajahan dan siap memulai kehidupan sebagai sebuah negara berdaulat.

Hadirin yang berbahagia,

Kini puluhan tahun sudah semenjak proklamasi dikumandangkan dan Indonesia terus membangun diri untuk menjadi sebuah negara yang madani. Penjajahan secara fisik gaya kolonial memang sudah tidak nampak, namun penjajahan secara mental kini tengah melanda.

Berbagai penetrasi budaya asing, produk asing, berita hoax, pertikaian intern antar masyarakat menjadi gangguan yang dapat mengancam keutuhan dan kemandirian Indonesia sebagai sebuah negara. Jauh sebelumnya proklamator Soekarno pernah berkata “Perjuanganku lebih mudah karena hanya mengusir penjajah, tapi perjuangan kalian lebih berat karena melawan bangsa sendiri”.

Kini apa yang dikatakan Soekarno nampaknya menjadi kenyataan. Masyarakat Indonesia kini seolah terpecah belah oleh kepentingan politik praktis, radikalisme berlatar agama dan lainnya. Berbagai media sosial dipenuhi ocehan penuh hujatan, makian, dendam yang tentunya menjadi bara dalam sekam yang siap membakar habis seluruh kehidupan bernegara suatu saat nanti jika tidak diredam dan didinginkan dengan segera.

Hadirin yang berbahagia,

Pada peringatan proklamasi RI kali ini marilah kita bersama-sama untuk menjernihkan pikiran, menghilangkan semua dendam, introspeksi diri sendiri terhadap segala hal yang telah kita lakukan. Apakah yang kita lakukan selama ini di era serba keterbukaan memberikan dampak positif bagi kemajuan Indonesia atau hanya akan menambah benih perpecahan dan kehancuran bangsa.

Masih ada harapan untuk berubah dan Indonesia harus tetap berdiri kokoh sebagai sebuah negara. Marilah sekali lagi kita singkirkan pikiran-pikiran kusut, jahat, dendam yang sebenarnya tidak ada untungnya sama sekali. Pada momentum kemerdekaan kali ini mari kita kembali satukan tekad, menjalin kembali kasih, meleburkan perbedaan dalam persatuan demi kemakmuran Indonesia masa kini dan di masa depan. Wassalamualaikum wr. wb.

 

Nah, itulah beberapa Contoh Pidato Kemerdekaan yang dapat Anda jadikan sebagai referensi atau tugas kalian. Contoh Pidato Kemerdekaan ini juga  bisa Anda bacakan pada Hari Kemerdekaan Indonesia.

Pidato Kemerdekaan meliputi, Pidato Kemerdekaan Singkat, Pidato Kemerdekaan Indonesia, Pidato Kemerdekaan Terbaik, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua,

Pidato Kemerdekaan

Leave a Comment