✓ Kumpulan Contoh Pidato Persuasif & Pengertian, Struktur (LENGKAP)

✓ Kumpulan Contoh Pidato Persuasif & Pengertian, Struktur (LENGKAP)

Pidato Persuasif – Pidato persuasif adalah salah satu cara mengggerakkan masyarakat untuk berbuat lebih baik dan lebih kreatif, jadi tidak jarang pada setiap event-event tertentu pidato persuasif cukup efektif untuk memberikan inspirasi kepada khalayak.

Pengertian Pidato Persuasif

Pengertian Pidato Persuasif
Pengertian Pidato Persuasif

Pidato persuasif adalah pidato yang berisi ajakan kepada masayarakat untuk melakukan sesuatu. Sejatinya pidato adalah kegiatan berbicara didepan umum atau banyak orang yang bertujuan untuk menyampaikan maksud dan pendapatnya tentang suatu hal. Pidato persuasif bersifat menghimbau atau mengajak kepada masyarakat untuk melakukan suatu hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

Pidato sudah seharusnya dapat memberikan informasi yang menarik bagi audeins. Sehingga audiens tidak mudah merasa bosan sehingga kurang respect terhadap pidato yang kita ungkapkan. Seseorang yang berpidato biasanya menyelipkan lelucon atau kata-kata yang menggelitik sehingga dapat mengundang tawa dari audiens. Dengan begitu suasana menjadi cair dan informasi menjadi mudah diterima oleh audiens.

 

Struktur Pidato Persuasif

Struktur Pidato Persuasif
Struktur Pidato Persuasif

Struktur pidato persuasif nyaris dengan pidato-pidato lainnya, yang meliputi

  1. Salam pembukaan
  2. Pendahuluan – pada bagian ini sebaiknya utarakan mengenai gambaran dari isi pidato secara singkat
  3. Isi Pidat – Berikan pemaparan mengenai maksud dan tujuan anda berpidato, baik renca, sasaran dan semua yang ingin dicapai dari isi pidato tersebut.
  4. Penutup – berisi simpulan dan harapan yang menjadi tujuan dari pidato

 

Contoh Pidato Persuasif

Pidato Persuasif
Pidato Persuasif

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantisa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul di sini, di gedung ini dengan keadaan sehat wa-afiat. Yang kedua tidak lupa sholawat dan salam yang senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir zaman nanti.

Yang saya hormati para petinggi perusahaan Anak Muda Kreatif

yang saya hormati para peserta Seminar Pengembangan Pemuda Menjadi Pribadi Pengusaha.

Dan saya mengucapkan banyak terimakasih untuk npanitia yang sudah mempersiapkan acara ini dengan baik dan lancar.

Sebelum kita membahasnya lebih jauh, pernahkah kita menyadari bahwa betapa banyak pengusaha-pengusaha sukses yang meniti karir kehidupannya mulai dari nol besar. Mereka-mereka adalah kebanyakan yang mempunyai latar belakang orang susah atau orang tidak mampu namun mempunyai mimpi yang begitu besar. Kebanyakan kisah dari pengusaha-pengusaha besar yang sukses mereka yang memiliki latar belakang pendidikan sekolah yang tidak terlalu tinggi, lususan SD contohnya, Seperti kisahnya Pak Kusrin dari Karanganyar Jawa Tengah yang sukses membuat tv dan usahanya berkembang hingga ke tingkat nasional adalah seorang lulusan SD yang memiliki etos kerja dan semangat juang yang sangat tinggi bisa mewujudkan cita-citanya.

Pendidikan yang tinggi tidak menjamin kita akan menadapat pekerjaan yang baik dan menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan jika kita tidak pernah beranjak dari mimipi kita yang tidak pernah kita wujudkan. Kebanyakan pengusaha-pengusaha yang sudahberhasil malah memperkerjakan orang-orang mempunyai latar belakang pendidikan yang lebih tinggi. Jadi, pada intinya, kita yang berjiwa muda memiliki kesempatan yang sangat luas untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. Masih cukup banyak waktu untuk berusaha sebaik mungkin untuk mewujudkan apa yang kita raih dan cita-citakan. Kita sebagai generasi muda harus mempunyai cara berfikir yang visioner, yakni mampu melihat peluang dimasa depan dan mampu memanfaatkan peluang tersebut. Disini saya bukan berarti melarang anda untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya. Namun, kita semua harus memiliki jiwa-jiwa pengusaha sehingga nantinya bisa diandalkan untuk mengangkat perekonomian Indonseia yang lebih baik.

Remaja-remaja yang saat ini sedang mencari dan membentuk jatidirinya harus mempunyai sudut pandang yanglebih baik mengenai kehidupan. Khususnya dalam membangun perekonomiannya sediri, terlebih dapat bermanfaat dan memajukan perekonomian bangsa. Salah satu caranya adalah pembekalan dan pelatihan berwira usaha sehingga nantinya dapat menubuhkan benih-benih pemuda berjiwa interpreneur. Hal ini penting, karena salah satu unsur pokok penunjang kehidupan adalah perekonomian. Marilah para pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa teruslah bergerak, berfikir kreatif dan inovatif dan jangan pernah ragu untuk mencoba. Jangan takut gagal, karena orang-orang yang sukses bermuloa dari kegagalan-kegagalan yang mewarnai prosesnya menuju suatu kesuksesan.

Jika kita mampu bergerak dan mengalahkan diri sendiri, segalanya menajdi mungkin. Sebenarnya yang membatasi kemampuan kita adalah pikiran kita sendiri. Kemampuan berfikir manusia itu tidak ada batasnya, kita sendiri yang sering membatasi pemikiran-pemikiran kita tersebut. Kita harus menjadi jiwa muda yang mempunyai pengaruh-pengaruh yang baik bagi generasi-genarsi yang akan datang.

Sekian yang bisa saya sampaikan dalam sambutan pada acara seminar kali ini, pada penutupan kali ini saya juga ingin menegaskan sekali lagi, kita harus menjadi pemuda yang selalu memupuk semangat untuk menjadi generasi wirauasha. Semoga apa yang saya sampaikan dan saya ungkapkan bermanfaat untuk anda semua khususnya untuk saya sendiri, dan mohon maaf atas semua kesalahan.

Billahitaufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Pidato Persuasif Tentang Pendidikan

Pidato Persuasif
Pidato Persuasif

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Pertama kali saya sampaikan adalah, marilah kita panjatkan puja dan rasa syukur kita kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantisa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini, di gedung ini dengan keadaan sehat wa-afiat. Yang kedua tidak lupa sholawat teriring salam yang senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.

Yang saya hormati Bapak Kepala Desa…

Yang saya hormati Bapak sekretaris Desa beserta jajaran-jajarannya…

Dan yang sangat saya banggakan anggota karang taruna dan seluruh masyarakat Sukamakmur…

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan berkenaan tentang “Peran Pemuda DalamMenjaga Kebersihan Lingkungan Demi Kehidupan yang Sehat”. Para hadirin sekalian, betapa pentingnya menjaga lingkungan tempat tinggal kita. Dimana kita melakukan aktivitas setiap hari di lingkungan tempat dimana kita tinggal. Jika dilingkungan sekitar kita kotor dan tercemar tentunya akan menimbulkan berbagai bahaya bagi kehidupan kita. Nah, pada keempatsn kali ini saya hendak menghinmbau masyarakat desa Sukamakmur untuk senantia menjaga kebersihan lingkungan.Seperti membersihkan saluran air dari kotoran-kotoran yang dapat mengganggu aliran air sehingga dalam jangka panjang dapat menyebabkan banjir. Selain itu kita juga harus membersihkan lingkungan rumah dari sampah-sampah plastik yang berceceran.

Untuk para pemuda dan seluruh anggota karang taruna Desa Sukamakmur, marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan dan alam kita agar menjadi bersih dan menyehatkan. Betapa banyak penyakit yang timbul dari lingkungan yang kotor dan kumuh. Seperti penyakit muntaber, penyakit kulit, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Marilah kita mencanangkan program-program yang dapat menumbuhkan kebersihan lingkungan seperti kerja bakti membersihkan desa setiap satu minggu sekali, penanaman pohon di pinggir jalan, membersihkan saluran air rutin setiap minggu. Dengan begitu segala kemungkinan-kemungkinan buruk dapat di cegah seperti banjir, dan munculnya berbagai penyakit.

Terutama bagi remaja, pemuda, dan pemudi yang menajadi penggerak untuk mewujudkan kebersihan dan ketentraman desa. Pemuda adalah generasi yang bisa memberikan pengaruh untuk perkembangan bangsa khususnya dipedesaan. Sebisa mungkin para orang tua selalu memberikan dedikasi yang baik untuk anaknya yang hendak menuju fase remaja. Karena remajalah yang memiliki jiwa yang berkobar dan menggebu-gebu dalam melaksanakan sesuatu. Alangkah baiknya bila pemuda memiliki kegiatan yang positif dan tentunya dapat memberikan manfaat untuk orang lain. Peran pemuda sangat vital dalam rangka pembangunan desa yang lebih baik. Apabila pemudanya baik, maka pedesaannya juga akan baik dan tertata. Namun juga sebaliknya, jika pemudanya tidak baik, maka akan sulit untuk mewujudkan pembangunan desa menuju yang lebih baik.

Penggerak-penggerak memang sangat dibutuhkan demi mewujudkan cita-cita bersama. Khususnya dalam bidang kesehatan, karena merupakan hal yang sangat penting mengingat masih rendahnya taraf kebersihan dan kesehatan desa. Maka dari itu peran pemuda sangat diharapkan mampu membawa desa menuju masa depan yang lebih cerah.

Sekian yang bisa saya sampaikan pada sambutan kali ini selaku ketua Karang Taruna Desa Sukamakmur. Semoga apa yang telah saya sampaikan bisa bermanfaat bagi para hadirin semua, dan apabila terdapat kesalahan yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian, saya mohon maaf sebanyak-banyaknya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Pidato Persuasif Singkat

Pidato Persuasif
Pidato Persuasif

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang senantisa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini, dengan keadaan sehat wa-afiat.

Tidak lupa sholawat teriring salam semoga terus tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.

Yang saya hormati, ………

Yang saya hormati para peserta ………..

Sebelumnya, saya ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan acara ini dengan sangat baik.

Sebelum kita bahasa lebih jauh, marilah sejenak kita belajar dari para pengusaha yang membangun usaha mereka dari nol. Banyak dari mereka yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi seperti kita semua di sini. Beberapa diantara mereka adalah orang-orang yang berlatar belakang dari keluarga yang tidak mampu. Namun satu yang mereka miliki, yaitu impian, harapan dan semangat yang kuat untuk meraih itu semua.

Pendidikan tinggi tidak menjamin kita langsung menjadi orang sukses, mendapat pekerjaan yang layak dengan gaji besar. Tidak, itu tidak akan terjadi tanpa semangat dan etos kerja yang kuat dari Anda. Jika Anda memiliki mimpi, maka bangunlah dan beranjaklah dari mimpi kemudian wujudkan dengan kerja nyata agar mimpimu dapat kamu pegang.

Kebanyakan pengusaha-pengusaha yang sudah berhasil malah memperkerjakan orang-orang mempunyai latar belakang pendidikan yang tinggi. Jadi, pada intinya, kita yang berjiwa muda memiliki kesempatan yang selebar-selebarnya untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. Masih cukup banyak waktu untuk berusaha sebaik mungkin menjadikan kenyataan  apa yang kita cita-citakan. Kita sebagai generasi muda harus mempunyai cara berfikir yang visioner, yakni mampu melihat peluang dimasa depan dan mampu memanfaatkan peluang tersebut. Disini saya bukan berarti melarang anda untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya. Namun, kita semua harus mempunyai jiwa-jiwa pengusaha sehingga nantinya bisa diandalkan untuk mengangkat perekonomian Indonesia yang lebih baik.

Remaja-remaja yang saat ini sedang mencari dan membentuk jati dirinya harus mempunyai sudut pandang yang lebih baik mengenai kehidupan. Khususnya dalam membangun perekonomiannya sediri, terlebih dapat bermanfaat dan memajukan perekonomian bangsa. Salah satu caranya adalah pembekalan dan pelatihan berwira usaha sehingga nantinya dapat menumbuhkan benih-benih pemuda berjiwa interpreneur. Hal ini penting, karena salah satu unsur pokok penunjang kehidupan adalah perekonomian. Marilah para pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa teruslah bergerak, berfikir kreatif dan inovatif dan jangan pernah ragu untuk mencoba. Jangan takut gagal, karena orang-orang yang sukses bermuloa dari kegagalan-kegagalan yang mewarnai prosesnya menuju suatu kesuksesan.

Jika kita mampu bergerak dan mengalahkan diri sendiri, segalanya menjadi mungkin. Sebenarnya yang membatasi kemampuan kita adalah pikiran kita sendiri. Kemampuan berfikir manusia itu tidak ada batas, kita sendiri yang kadang membatasi pemikiran-pemikiran kita tersebut. Kita harus menjadi jiwa muda yang mempunyai pengaruh-pengaruh yang baik bagi generasi-generasi yang akan datang.

Sekian pidato yang bisa saya sampaikan dalam sambutan pada acara seminar kali ini, pada penutupan kali ini saya hendak menegaskan sekali lagi, kita harus menjadi pemuda yang selalu memupuk semangat untuk menjadi generasi wirausaha. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda semua, dan mohon maaf atas semua kesalahan.

Billahitaufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Pidato Persuasif Tentang Lingkungan

Pidato Persuasif
Pidato Persuasif

Yang terhormat kepada Bapak dan Ibu tamu undangan beserta para hadirin sekalian yang telah hadir dalam pertemuan ini.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, tepatnya tanggal 5 juni 2016. Setiap kita tahu bahwa lingkungan hidup ini sangat penting bagi setiap kita dalam kehidupan sehari-hari, yaitu lingkungan yang bersih dan sehat.

Kebersihan ini, mulai dari kebersihan pribadi, kebersihan tempat tinggal, kebersihan sekolah, kebersihan perkantoran atau tempat kerja, kebersihan lapangan tertutup maupun terbuka dan kebersihan lingkungan luar sekitarnya.

Kebersihan pribadi sering kita jaga dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana dengan kebersihan lingkungan?

Para bapak dan ibu tamu undangan beserta para hadirin yang saya hormati. Dengan adanya peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, mulai saat ini, marilah kita menjaga kebersihan lingkungan mulai dari diri kita masing-masing.

Mulai dari kebiasaan hidup diri kita, seperti: di rumah, buanglah sampah pada tempatnya. Untuk bekas kertas, kantong plastik maupun karet. Itu bisa disimpan dan dipakai ulang. Di lingkungan sekolah, anak-anak sekolah dibimbing untuk membuang sampah pada tempatnya. Di lingkungan kerja, kita juga harus menjaga kebersihan tempat kerja. Menjaga kebersihan, tidak saja hanya terfokus pada sampah. Tetapi butuh pembersihan lingkungan, baik di rumah, sekolah, perkantoran maupun lingkungan sekitar kita.

Jika kita tidak peduli dan tidak menjaga kebersihan lingkungan kita, maka lingkungan kita akan menjadi kotor, rusak bahkan bisa mengundang nyamuk, lalat, tikus dan lainnya yang bisa menyebabkan tersebarnya penyakit sampar.

Para bapak dan ibu tamu undangan serta para hadirin yang saya hormati, sebagaimana pepatah: “Kebersihan Pangkal Kesehatan”, sebagaimana kita menjaga kebersihan baik terhadap pribadi maupun lingkungan, tentu akan terwujudnya kesehatan jasmani  serta mencegah terjadinya penyakit sampar, bukan?

Oleh sebab itu, marilah kita menjaga kebersihan, mulai dari diri kita sendiri maupun terhadap lingkungan hidup kita, sehingga bisa terciptanya pola dan kebiasaan hidup dengan lingkungan yang bersih dan sehat.

Demikianlah, yang ingin saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada tutur kata yang salah ucapkan, mohon maaf sebesar-besarnya.

Sekian, terima kasih.

 

Pidato Persuasif Tentang Kesehatan

Pidato Persuasif
Pidato Persuasif

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang saya hormati bapak kepala SMA Negeri 788 Jakarta
Yang saya hormati bapak wakil kepala SMA Negeri 788 Jakarta
Yang saya hormati bapak / ibu guru serta staff karyawan kepala SMA Negeri 788 Jakarta
Dan yang saya sangangi serta banggakan anandaku sekalian siswa siswi SMA Negeri 788 Jakarta

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat yang begitu luar bisa dalam diri kita sehingga kita dapat merasakan indahnya kehidupan ini. Sholawat serta salam semoga selalu tercurah pada nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan umat beliau sampai hari kiamat kelak.

Bapak / ibu guru serta murid-murid sekalian,

Pada kesempatan upacara bendera hari senin ini, saya ingin menyapaikan hal-hal penting yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan sekolah kita. Tentu kita menyadari akan pentingnya kebersihan dalam keseharian terlebih pada lingkungan sekolah. Sekolah adalah tempat belajar yang utama bagi para siswa. Sekolah juga dapat dikatakan sebagai rumah kedua bagi mereka, mengingat hampir seharian penuh para siswa berkutat dengan segala aktivitas belajarnya di tempat ini. Begitu pula halnya dengan saya dan bapak / ibu sebagai guru, sekolah ini tak ubahnya seperti rumah kedua bagi kita. Sebagaimana rumah yang kita tinggali, setiap hari senantiasa kita jaga kebersihannya demi kenyamanan dan kesehatan penghuni di dalam rumah tersebut. Saya rasa para siswa sekalian ketika berada di rumah juga seringkali diperintah oleh orang tuanya untuk menjaga kebersihan kamar, ruang tamu, kamar mandi dan seterusnya. Mengenai kesadaran akan pentingnya kebersihan di dalam rumah sebagai sebuah hunian yang layak, saya yakin para guru serta siswa sekalian telah memahami hal tersebut. Lalu bagaimana dengan sekolah kita yang juga merupakan “rumah” bagi kita?

Bapak / ibu guru serta siswa sekalian

Jika kita telah menganggap sekolah ini sebagai rumah kedua, tentu seyogyanya kita dapat menjaga kebersihan tempat ini dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana kita menjaga kebersihan lingkungan di rumah kita masing-masing. Pertanyaannya adalah, sudahkah kita peduli terhadap tempat yang dianggap sebagai rumah kedua ini? Sampai sejauh manakah kepedulian kita terhadap sekolah tentang hal-hal yang berkaitan dengan kenyamanan serta kebersihan ruang belajar yang kita miliki ini? Mari sama-sama kita lihat kondisi lingkungan sekolah kita! Di sisi sebelah timur sekolah pemandangan sampah plastik berupa botol minuman, snack, dan bungkus makanan basah berserakan di mana-mana. Bukankah wilayah tersebut terdiri dari lorong kelas, laboratorium, dan perpustakaan yang seharusnya nyaman untuk dijadikan tempat belajar? Apa anandaku sekalian betah berlama-lama berada di tempat belajar dengan kondisi semacam itu? Silahkan ananda renungkan sendiri!

Coba perhatikan pada sisi gedung sekolah bagian barat yang terdiri atas ruang eskul, mushala, dan UKS. Pada wilayah ini sirkulasi air tersumbat sehingga air comberan meluap hingga ke lantai teras ruang-ruang tersebut. Apa ananda sekalian betah berada di ruang organisasi dengan segala aktivitas kalian di tempat menggenangnya air kotor? Sebagai manusia yang beriman, tegakah kita melihat teras mushala kita dibanjiri oleh air kotor dan najis? Dimana letak keseriusan kita sebagai manusia yang mengupayakan kesehatan jasmaninya dengan kondisi ruang UKS yang dipenuhi genangan air kotor? Sama halnya dengan ruang guru serta staff karyawan, saya rasa tidak jauh berbeda.

Bapak / ibu serta siswa sekalian,

Dalam agama Islam, Nabi mengajarkan kepada kita untuk senantiasa menjaga kebersihan dalam hal apapun. Bahkan dalam cakupan keilmuan fiqih (hal-hal tentang peribadatan), yang diajarkan pertama kalinya adalah bab Thaharah atau bersuci. Pertama kali dalam urusan fiqih, yang diajarkan adalah tata cara berwudhu. Selain itu salah satu syarat sah shalat adalah suci dari hadast dan najis. Beberapa fakta tersebut menunjukkan bahwa kebersihan adalah sesuatu yang penting dan dijunjung tinggi dalam kehidupan beragama. Saya meyakini bahwa bapak / ibu guru serta siswa sekalian adalah penganut agama yang taat terhadap ajaran yang ada padanya. Hanya saja mungkin kita sebagai manusia seringkali lalai terhadap apa yang sesungguhnya telah kita pahami dalam hal apapun tak terkecuali pada aspek kebersihan. Karenanya saya mengajak bapak / ibu serta anandaku sekalian untuk sungguh-sungguh menjaga kebersihan lingkungan dalam rangka menjalankan perintah agama sebagaimana yangb telah saya jelaskan sebelumnya.

Mari bersama-sama kita tumbuhkan kembali kesadaran akan urgensi kebersihan. Setelah itu jangan ragu untuk menerapkannya pada setiap aktivitas kehidupan kita tak terkecuali di sekolah. Jika sekolah ini bersih, tentu para siswa akan menjalani proses belajar dengan nyaman dan bahagia. Kita semua juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa timbul akibat kurangnya kesadaran menjaga kebersihan. Pada akhirnya saya sebagai guru sekaligus penghuni sekolah ini mengajak bapak / ibu serta siswa sekalian untuk menerapkan gaya hidup bersih di sekolah ini.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga kita dapat merubah perilaku hidup tidak sehat yang selama ini kita lakukan, dengan cara menjaga kebersihan lingkungan terutama di lingkungan sekolah, sekian dan terima kasih.

Wabillahitaufik Walhidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Nah, itulah beberapa Contoh Pidato Persuasif yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dan tugas kalian. Pidato Persuasif ini meliputi, Pidato Persuasif Singkat, Pidato Persuasif Tentang Lingkungan, Pidato Persuasif Tentang Kebersihan, Pidato Persuasif Tentang Pendidikan, Pidato Persuasif Kesehatan, Pengertian Pidato Persuasif dan Struktur Pidato Persuasif. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Pidato Persuasif

Leave a Comment