✓ Kumpulan Pidato Sumpah Pemuda Yang  Menggetarkan Jiwa { Terbaru }

✓ Kumpulan Pidato Sumpah Pemuda Yang Menggetarkan Jiwa { Terbaru }

Pidato Sumpah Pemuda – Sebagai penerus bangsa kita harus mengingat bahwa Indonesia pernah melakukan perjuangan untuk merdeka nya Indonesia. Kita dapat merasakan hidup di Negara Indonesia karna berkat perjuangan rakyat Indonesia yang mempertahankan Negara Indonesia terhadap negara asing. Kali ini ada beberapa Contoh Pidato Sumpah Pemuda yang dapat Anda sampaikan pada saat memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan tema yang menggetarkan jiwa. Mari Simak dibawah ini.

 

Kumpulan Pidato Sumpah Pemuda

 

Pidato Sumpah Pemuda
Pidato Sumpah Pemuda

Berikut ini adalah beberapa Contoh Pidato Sumpah Pemuda yang Terbaik :

Contoh Pidato Sumpah Pemuda 1

Asslamualaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Bapak Luki Nugroho, M. Pd selaku kepala SMA 2 Kota Langit
Yang terhormat Ibu Susilawati, M. Pd selaku wakil kepala SMA 2 Kota Langit
Yang terhormat bapak, ibu guru beserta seluruh staff
Dan Teman – teman yang saya cintai

Sebelumnya marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT karena atas berkah rahmat, serta inayahnya lah kita semua masih dapat berkumpul bersama – sama dengan kondisi sehat dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda pada pagi hari ini.

Selain itu, shalawat serta salam marilah kita sampaikan kepada nabi besar yang telah menyelamatkan kita dari jurang kebodohan, Nabi Muhammad SAW. Semoga kita menjadi salah satu orang yang diberikan syafaat olehnya di Yaumil Akhir kelak amin.

Hadirin yang berbahagia,
Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, tepatnya 28 oktober 1928 terjadilah suatu hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari tersebut juga telah menentukan nasib bangsa ini sehingga Negara ini menjadi Negara yang merdeka seperti saat ini. Delapan puluh tujuh tahun yang lalu, pemuda – pemuda dari beberapa daerah di Indonesia bersatu menjadi satu di tempat dengan satu tujuan yang sama.

Perkumpulan tersebut diberikan nama dengan kongres pemuda dan menghasilkan sebuah sumpah yang sangat penting bagi bangsa ini, yaitu sumpah pemuda. Yang berbunyi :

  • KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
  • KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
  • KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Sumpah pertama menyatakan bahwa seluruh pemuda Indonesia bersaksi bahwa Indonesia adalah tanah air mereka. Sumpah yang kedua menyatakan bahwa kita adalah bangsa Indonesia, dan yang terakhir menyatakan bahwa bahasa kita adalah satu, yaitu bangsa Indonesia.

Sumpah inilah yang menjadi tonggak perjuangan bangsa kita. Dengan lahirnya sumpah pemuda ini, semua pemuda Indonesia bersatu untuk melawan penjajah.

Hadirin yang berbahagia,
Apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita sangatlah penting untuk diteladani. Mereka sadar bahwa kaum mudalah yang akan menentukan nasib bangsa ini. Coba bayangkan bila mereka tidak bersatu untuk melawan para penjajah, pasti sekarnag ini juga kita masih berada di dalam cengkraman penjajah.

Untuk itulah kita sebagai pemuda harus melanjutkan semangat persatuan mereka. Saat ini kita tidak perlu lagi mengangkat senjata, tetapi hanya dengan mengisi kemerdekaan ini saja. Namun sebenarnya, tugas kita ini pun bisa menjadi sulit karena pepatah yang mengatakan bahwa mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan.

Oleh karena itu, sebagai pemuda yang hidup di jaman ini jangan sampai kita terlena dengan kemerdekaan yang telah tercapai. Justru, kita harus lebih bersemangat lagi untuk membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional dengan cara berprestasi.
Hadirin yang berbahagia,

Pentingnnya peran pemuda ini bahkan diakaui sendiri oleh presiden pertama kita, Soekarano yang berkata, “beri aku sepuluh pemuda maka aku akan mengguncang dunia.” Statemen tersebut menunjukan betapa besar peran pemuda bagi kehidupan sebuh bangsa.

Oleh sebab itu, saat momen peringatan hari sumpah pemuda ini marilah kita kembali mengembalikan semangat persatuan yang sudah memudar dari diri kita. Mari kita menjaga persatuan ini dan jangan sampai kita tercerai berai karena jika kita tidak bersatu, maka hancurlah bangsa ini.

Hadirin yang berbahagia,
Saya kira apa yang bisa saya sampaikan cukup sampai di sini. Untuk mengakhiri pidato ini saya berpesan kepada seluruh pemuda – pemudi semuanya agar menjaga dan mengamalkan sumpah pemuda ini.

Terimakasih atas perhatiannya dan bila ada salah kata dalam penyampaian pidato ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Saya akhiri

Wassalamualaikum wr wb.

 

Contoh Pidato Sumpah Pemuda 2

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Saudara-saudara sebangsa dan setanah Air, yang berbahagia.

Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt, karena pada pagi hari ini kita bisa berkumpul di tempat ini guna memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Pagi ini tepatnya tanggai 28 Oktober tahun …. segenap lapisan bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pala tanggal terbut mempunyai arti terpenting dalam sejarah bangsa, karena generasi muda mengadakan konggres II di Jakarta mengikrarkan Sumpah Sakti yang mengikat persatuan dan kesatuan bangsa. Adapaun isi sumpah pemuda adalah sebagai berikut

  • Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia.
  • Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
  • Kami putra putri bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia.

Itulah ikrar Sumpah Pemuda yang telah dikenal oleh semua Lipisan bangsa Indonesia. Dengan memperingati hari Sumpah Pemuda yang terpenting untuk kita semua adalah harusnya kita menjadi pemuda yang aktif dalam ikut berpartisipasi dalam pembangunan pada masa sekarang ini.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Demikian pidato yang telah saya sampaikan dalam peringatan hari Sumpah Pemuda ini, mudah-mudahan generasi semakin semangat dalam melaksanakan berbagai aktifitas yang positif. Kurang lebihnya kami mohon maaf, Ihdinash shiraathal mustaqiim.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

 

Contoh Pidato Sumpah Pemuda 3

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati, Bapak wali kelas yang saya hormati, juga dewan guru yang saya hormati, tak lupa juga kepada rekan-rekan kelas 3 yang saya cintai.

Pertama, marilah kita panjatkan puja serta puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Yang sudah memberikan nikmat kesehatan sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul disini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda.

Rekan-rekan dan hadirin yang saya cintai.
Jika kita melihat kenyataan sekarang, orang-orang yang dimanjakan oleh zaman. Kemajuan tekhnologi yang semakin tinggi ini semakin “meninabobokan” kita sehingga kita tertinggal jauh dengn negara lain . Telivisi sudah memakai remote, handphone sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Kendaraan yang sudah semakin lengkap dan banyak. Semuanya serba bisa kita temukan di zaman sekarang.

Akan tetapi, dibalik semua itu keluar suatu kebiasaan baru yaitu kebiasaan bermalas-malasan. Semua kemudahan membuat kita malas untuk melakukan hal-hal yang dianggap kita sulit.

Jika hal ini kita biarkan tentunya dapaknya akan sangat buruk bagi mereka dan masa depan mereka. Kita untuk kaum muda juga harus berhati-hati penyakit malas ini. Penyakit malas ini sangat berbahaya bagi masa depan kita. Lambat laun kemalasan akan membuat kita tidak dapat berbuat apa-apa saat kita dihadapkan dengan kerasnya kehidupan.

Rekan-rekan saya yang saya banggakan, maka dari itu mulai saat ini marilah kita singsingkan lengan baju dan bangkitkan semangat kita. Jangan biarkan rasa malas membelenggu kita. Jangan biarkan rasa malas mengalahkan kita sehingga kita menjadi generasi pengecut, menjadi generasi yang lemah dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Kita harus bisa menjadi generasi yang bisa diandalkan dan dibanggakan. Kita harus mampu menjadi agen pembaharu lingkungan kita. Masa muda merupakan masa yang penuh semangat, masa muda adalah masa yang penuh gairah. Mari kita bertindak ke arah yang positif. Kita buat diri kita menjadi contoh kebaikan yang mampu menularkan semangat kepada rekan-rekan kita yang lain.

Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan, semoga lain kali kita dapat berjumpa lagi. Mohon maaf jika ada salah kata atau kata-kata yang kurang berkenan di hati Anda sekalian.
Saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

 

Contoh Pidato Sumpah Pemuda 4

Assalamualaikum Wr.Wb

  1. Bapak Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah yang kami hormati
  2. Bapak/ Ibu Wali Kelas, Guru, dan semua Ciitas akademik yang kami hormati
  3. Dan Teman-teman semua yang saya cintai.

Pertama-tama, kita panjatkan Puji dan Puja kepada Allah SWT, Tuhan yang maha pengasih dan penyayang, dimana atas berkat dan rahmatnya telah memberikan Kemerdekaan kepada kita semua, dan mempertemukan kita semua di Aula ini.

Kemajuan Teknologi Informasi semakin hari kian meningkat pesat, semua informasi mudah diakses, semakin cepat, dan semakin efisien. Banyak keuntungan yang kita dapat, banyak juga kerugian yang kita rasakan.

Pengembangan jejaring sosial yang membuat kecanduan banyak siswa juga semakin berkembang, semakin banyak jejaring baru yang mewarnai dunia anak-anak di luar sekolah, juga semakin murah gawai dengan berbagai merk yang menjadi incaran para siswa.

Bapak/ Ibu dan teman-teman sekalian.

Pada hari ini, tanggal 28 Oktober, yang mana bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. Pada tangga ini, tahun 1928, satu ikrar dan janji tercipta, dengan semangat dan keyakinan yang tinggi, untuk melawan juga merelakan nyawa demi kemerdekaan Indonesia.

Para pemuda pada zaman itu bermimpi dan berharap, agar kelak nanti, anak cucunya tidak hidup di bawah penjajah, dibawah tekanan, sehingga bisa menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia maju dan berdaulat.

Maka dari itu, mulai sekarang, berjanjilah!

Bahwa kita sebagai generasi muda Indonesia, siap untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Atur waktu antara bermain dan belajar, ubah penggunaan gawai untuk main-main menjadi sarana belajar, agar lebih efisien dan efektif.

Teman! Kita Merdeka bukan atas belaskasihan, tetapi dari jutaan jiwa pahlawan yang sudah gugur, demi melihat kita bahagia hari ini.

Ingat! Jangan sampai kelak, kita malah dijajah kembali akbat kebodohan anak mudanya zaman sekarang. Merdeka!

Kiranya hanya ini yang dapat saya sampaikan, kurang atau lebihnya mohon dimaafkan.

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah, Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

Contoh Pidato Sumpah Pemuda 5

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah beserta Dewan Guru.
Yang saya sayangi rekan-rekan sesama pelajar.

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ini perkenankanlah saya selaku Ketua Osis menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan peristiwa yang bertepatan terjadi di hari ini.

Hadirin yang berbahagia,

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bertepatan dengan hari ini, berpuluh-puluh tahun silam, yakni 28 Oktober 1928,telah terjadi sebuah peristiwa besar dalam sejarah. Peristiwa ini begitu dahsyat sampai bisa menggerakkan seluruh pemuda Indonesia untuk berseru “kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.Peristiwa yang kemudian dikenal sebagai Sumpah Pemuda ini merupakan bukti semangat menggelora yang mengalir dalam darah para pemuda Indonesia untuk bersatu memperjuangkan kedaulatan Republik Indonesia.Mereka sadar bahwa untuk mencapai cita-cita bersama diperlukan kesamaan visi yang jelas selain semangat pantang menyerah dan rela berkorban. Penyatuan visi yang sama ini, lalu diwujudkan dalam peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda menjadi bukti lahirnya para pemuda tangguh di muka bumi Indonesia yang dengan bangga mengumumkan identitas dirinya. Sungguh sebuah peristiwa yang luar biasa.

Hadirin yang berbahagia,

Berbicara tentang pemuda, betapa pentingnya peran pemuda telah digambarkan dengan jelas di masa lalu oleh presiden pertama kita, Bapak Ir. Soekarno. Tidak hilang dari catatan buku-buku sejarah yang kita pelajari semasa di bangku sekolah saat dimana beliau mengatakan “berikan aku 10 pemuda, maka niscaya akan kuguncangkan dunia”. Ya, hanya dengan 10 pemuda maka dunia mampu berguncang. Sungguh hal yang mengagumkan. Pernyataan tersebut tentunya bukan kutipan puisi atau cerita fiksi yang berupa angan-angan belaka tapi itu jelas merupakan buah pemikiran yang bersumber pada keyakinan seorang pemimpin pertama negeri ini. Presiden Soekarno jelas tidak asal bicara. Beliau paham sekali bahwa kemampuan pemuda tidak dapat dianggap sepele karenamereka merupakan ujung tombak sebuah perubahan yang di tangannya ditentukan akan kemana nasib suatu bangsa.

Hadirin yang berbahagia,

Jika kita menoleh ke belakang, kita tentu patut berbangga atas keberanian para pemuda dalam mempejuangkan kemerdekaan bangsa kita. Para pemuda pemberani itulah yang mendorong para pejuang lainnya untuk memanfaatkan momentum kekalahan Jepang atas sekutunya dengan mendeklarasikan kemerdekaan Republik Indonesia.Keinginan untuk menjadi bangsa yang merdeka tanpa pemberian dari negara lain membuat mereka berfikir dengan baik dalam bertindak. Permasalahan perbedaan pendapat mengenai kapan sepatutunya proklamasi harus dilaksanakan juga menjadikan mereka harus melakukan negosisasi dengan berbagai pihak. Akan tetapi, kecerdasan dan sikap pantang menyerah menjadikan mereka pemuda terpilih, golongan tua tunduk pada usulan mereka. Satu kalimat yaitu luar biasa menjadi penghargaan atas kemampuan mereka menyelesaikan masalah dalam waktu yang singkat dengan pemikiran yang tepat. Mereka tidak mengandalkan emosi sesaat dan tetap menghormati para pendahulunya hingga pada akhirnya Indonesia berdaulat.

Hadirin yang berbahagia,

Peran pemuda tidak hanya berhenti pada beberapa peristiwa yang telah saya sebutkan tadi. Kita ingat ketika tahun 1966 dilatarbelakangi kondisi pemerintahan saat itu, munculah gerakan mahasiswa secara nasional yang tergabung dalam Kelompok Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). Gerakan ini mencetuskan Tiga Tuntutan Rakyat (Tri Tura) yang meminta dibubarkannya PKI beserta ormas-ormasnya, perombakan kabinet Lamira, dan diturunkannya harga sembako. Aksi-aksi yang terus berlanjut berakhir pada diluncurkannya Surat Perintah Sebelas Maret yang menandai berakhirnya Orde Lama dan berganti menjadi Orde Baru. Berlanjut ke tahun 1998, mahasiswa menuntut adanya reformasi dan dihilangkannya praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepoteisme yang kita tahu merajalela pada kala itu. Peristiwa ini berakhir dengan turunnya Presiden Soeharto dari jabatannya pada masa itu dan bergantinya OrdeBaru menuju Orde Reformasi. Meski dengan susah payah hingga menimbulkan korban jiwa, peristiwa ini menjadi titik awal perubahan tatanan kehidupan masyarakat
Indonesia yang telah lama dinantikan dan ini merupakan buah dari kesatuan visi yang sama, semangat pantang menyerah, dan kerelaan berkorban dari para pemuda.

Hadirin yang berbahagia,

Serangkaian peristiwa ini menjadi salah satu contoh nyata peran besar pemuda di masa lampau. Sekedar berkaca dari sejarah, perbedaan peran dan semangat pemuda di masa lampau dan masa sekaranag nyatanya berbeda. Pergeseran telah terjadi di berbagi sisi kehidupan. Dalam hal budaya misalnya, betapa banyak budaya asing yang telah terserap dan mendarah daging di jiwa pemuda kita saat ini. Ketertarikan lebih pada musik-musik asing dan model pakaian yang jauh dari adat ketimuran menjadi contoh nyata di sekitar kita. Munculnyafenomena perasaan bangga ketika mampu menyerap kebudayaan dari negara lain sementara merasa malu untuk mengakui budaya sendiri tidak dapat dielakkan lagi. Semakin lama budaya ketimuran pun semakin tergerus zaman. Memang sudah seharusnya kita, pemuda terutama, berfikiran terbuka terhadap semua hal. Namun perlu kita sadari bahwa terbuka tidak harus berarti menerima begitu saja tanpa memikirkan dampak negatifnya. Bukankah sudah dicontohkan oleh para pendahulu kita berkenaan tentang bagaimana mengelola sesuatu dengan memanfaatkan kecerdasan berfikir.

Hadirin yang berbahagia,

Pada akhirnya, kita sebagai generasi penerus bangsa patut berbangga dan bersyukur atas apa yang dilakukan para pemuda pendahulu kita. Mari kita manfaatkan apa yang telah mereka perjuangkan dengan sebaik mungkin agar mereka tidak kecewa atas apa yang telah mereka upayakan dengan segenap jiwa dan raga. Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf untuk kesalahan. Atas perhatian hadirin sekalian saya sampaikan terimakasih.

Wassalamu’alaikum. Wr.Wb.

 

Contoh Pidato Sumpah Pemuda 6

Assalamu`alaikum Wr. Wb.

Puji dan puji syukur kita haturkan ke hadlirat Allah SWT, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Akhirul Jaman, yakni Nabi Muhammad SAW, tak lupa kepada keluarganya, sahabatnya, serta seluruh umat muslim di seantero dunia.

Bapak dan ibu serta saudara/saudari yang saya hormati. Perkenankan saya pada kesempatan ini akan menyampaikan pidato dengan judul ” Melalui Peringatan Sumpah Pemuda, Kita Tingkatkan Semangat Persatuan dan Kesatuan Indonesia”.

Bapak, Ibu serta saudara/saudari yang saya hormati.

Bulan Oktober memiliki makna yang sungguh besar dalam sejarah Negara republik Indonesia. Bagaimana tidak, di bulan tersebut tepatnya tanggal 28 oktober 1928 seluruh perwakilan para pemuda dari penjuru tanah air berikrar untuk bersatu, bergandengan tangan menjadikan bangsa Indonesia, Bahasa Indonesia, dan Tumpah darah Indonesai sebagai pedoman perjuangan menuju Indonesia merdeka.

Saat itu tanggal 28 oktober 1928 mereka berikrar :

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Sumpah pemuda ialah cikal bakal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanpa Sumpah Pemuda mungkin saja tidak ada negara Indonesia sekarang ini. Indonesia tanpa sumpah pemuda tidak akan terbentuk dengan sempurna. Mungkin hanya akan muncul negara Jawa, Negara sunda, Negara kalimantan dan lain-lain.

Bapak, Ibu serta saudara/saudari yang saya hormati.

Presiden RI yang pertama pernah berujar : Jangan sekali-kali melupakan sejarah. tanpa sejarah kita bukan siap-siapaa. Tanpa sejarah kita kehilangan akar masa lalu. Kita akan bangga dan hormat kepada pendahului kita jika kita belajar sejarah. Tanpa sejarah, negara ini tanpa arti. Tanpa sejarah, tak akan timbul kebanggaan di dada pemuda-pemudi Indonesia.

Sejarah sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 1928 merupakan sejarah yang harus dikenang dan dipelajarai. Kita dapat belajar bagaimana para pemuda saat itu ditengah keterbatasan dan kebhinekaan dapat melakukan satu lompatan yang sangat luar biasa, mempersatukan indonesia.

Kini, tugas kita adalah meneruskan roh perjuangan para pemuda tahun 1928. Persatuan dan kesatuan adalah harga mati di republik ini. Persatuan dan kesatuan akan membuat Negara Indonesia besar dan disegani bangsa di dunia. Tapa persatuan, kita adalah kecil. Tanpa persatuan dengan mudah kita akan runtuh bercerai berai.

Bapak, Ibu serta saudara/saudari yang saya hormati.

Pada kesempatan kali ini, saya mengajak seluruh warga indonesia untuk tetap memprioritaskan persatuan dan kesatuan. Marilah kita jadikan momen peringatan hari sumpah pemuda ini untuk lebih meningkatkan rasa persatuan dan rasa kecintaan kita kepada tanah air Indonesia. Siapa lagi yang harus menjaga persatuan dan kesatuan itu kalau bukan kita.

Terakhir, untuk indonesiaku …Merdeka!

Rupanya sekian pidaato dari saya. Mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan di hati ibu atau bapak.

Wabilahitaufik walhidayah, Wassalamu`alaikum Wr.Wb

 

Contoh Pidato Sumpah Pemuda 7

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi
Kepada yang terhormat Bapak Andi Saputra selaku walikota beserta seluruh jajarannya,
Yang terhormat seluruh dewan guru,
Dan siswa-siswi yang saya banggakan

Puji dan syukur  tak henti-hentinya kita haturkan kepada Allah SWT, tuhan semesta alam karena atas berkah dan nikmatnya kita bisa berkumpul di lapangan meredeka ini dalam keadaan sehat dan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Tak lupa shalawat serta salam selau tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw semoga beliau memberikan syafaatnya kepada kita semua aminnn.

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang bertemakan “marilah kembali kepada semangat persatuan nasional” agar kita semua kembali sadar akan kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai penerus bangsa ini.

Wahai Pemuda-pemudi Indonesia

33 tahun yang lalu tepatnya hari ini pada tanggal 28 otober 1982. Seluruh perwakilan pemuda-pemudi Indonesia dari berbagai daerah seperti jawa , sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan seluruh daerah lainnya berkumpul di dalam satu ruangan dengan semangat nasionalisme yang tinggi yaitu untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Pertemuan yang diadakan di Jakarta waktu itu merupakan hasil dari kongres ke 11 yang dilaksanankan sebelumnya. Pertemuan ini kemudian menghasilkan sebuah sumpah sebagai tali pengikat persatuan seluruh pemuda-pemudi Indonesia pada waktu itu. Sumpah tersebut dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Adapun isinya adalah sebagai berikut:

Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia,berbahasa satu bahasa Indonesia

Kini 33 tahun sudah sumpah tersebut mempersatukan seluruh pemuda-pemudi di tanah air ini. Mereka telah berjuang dengan mempertaruhkan seluruh jiwa dan raga mereka untuk merebut kemerdekaan ini dari tangan penjajah.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia,

Kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia hendaknya bersyukur dengan keadaan kita sekarang ini karena kita hanya tinggal menikmati kemerdekaan ini saja berkat perjuangan para pendahulu kita. Namun, sesungguhnya perjuangan kita juga cukup berat karena pada dasarnya mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan. Oleh karena itu, Sebagai pemuda-pemudi Indonesia saat ini kita harus melanjutkan perjuangan para pendahulu kita tapi kita berjuang bukanlah dengan mengangkat senjata, melainkan dengan berpresatasi dan memberikan kontribusi yang nyata kepada bangsa yang kita cintai ini.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan ini, diantaranya adalah:

Berprestasi

Jadilah pemuda-pemudi yang berprestasi. Dengan berpresatai, kita bisa mengharumkan bangsa ini dan menunjukan kepada dunia bahwa bangsa kita ini adalah bangsa yang harus diperhitungkan. Beprestasilah sesuai dengan bidang kita masing-masing.

Menjauhi narkoba

Pemuda yang baik adalah pemuda yang sehat baik rohani maupun jasmani. Oleh karena itu dengan menjauhi narkoba saja kita sudah ikut berjuang dalam mengisi kemerdekaan ini karena bangsa yang kuat adalah bangsa yang pemuda-pemudinya sehat dan jauh dari narkoba. Sesungguhnya narkoba adalah perenggut masa depan kita dan jika masa depan para pemuda Indonesia telah terenggut oleh narkoba, maka bisa dipastikan masa depan bangsa ini juga ikut terenggut.

Aktif dalam bermasyarakat

Sebagai pemuda, kita harus aktif ikut peran dalam bermasyarakat ataupun berpolitik. Pemuda seharusnya menjadi agent of change karena pemuda mempunyai konsep-konsep pemikiran yang masih segar sehingga biasanya pemuda banyak mempunyai ide yang brilliant untuk membangun bangsa ini bukannya hanya diam melihat apa yang dilakukan para golongan tua di kursi jabatannya.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia, apa yang telah saya sampaikan diatas adalah sebagian cara untuk berjuang dalam mengisi kemerdekaan kita saat ini. Jangan sampai apa yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita yang telah rela mengorbankan nyawa dan hartanya hilang begitu saja.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia

Marilah kita jadikan momentum pringatan sumpah pemuda ini untuk kembali mempersatukan seluruh pemuda-pemudi di Indonesia dan kembali kepada semangat persatuan, jadilah pemuda yang kreatif dalam pembangunan jangka panjang tahap dua ini,  Dan yang teraakhir jadilah pemuda yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang mengabdikan diri kepada nusa bangsa tanpa pamrih apapun.

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Nah, itulah beberapa Contoh Pidato Sumpah Pemuda yang dapat Anda jadikan sebagai referensi atau tugas kalian. Semoga artikel berkeaan tentang Pidato Sumpah Pemuda ini dapat Anda sampaikan kepada penerus-penerus bangsa agar lebih semangat untuk membanggakan Indonesia dan semoga juga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Pidato Sumpah Pemuda

 

Leave a Comment