Seni Musik

Seni Musik : Pengertian, Fungsi, Macam, Unsur & Jenisnya (LENGKAP)

Seni Musik – Seperti yang kita ketahui, seni musik mempunyai banyak sekali model-model musik. Terutama untuk musik yang sedang berkembang di zaman ini. Berbagai macam alat musik diciptakan cuma untuk memuaskan rasa bermusik dan memanjakan pecinta musik. Dibawah akan dijelaskan secara rinci tentang Seni Musik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Selamat Membaca.

Pengertian Seni Musik

Seni Musik
Seni Musik

Seni Musik merupakan susunan bunyi ataupun suara yang didalamnya berisi irama, nada, musik dan juga keharmonisan yang timbul dari komponen atau alat yang dapat menghasilkan irama, musik digolongkan sebagai jenis fenomena intuisi, untuk membuat, memperbaiki, dan mempersembahkan.

Oleh karena itu musik ialah suatu bentuk seni. Mendengarkan musik ialah jenis hiburan. Musik merupakan sebentuk fenomena yang unik yang bisa timbul oleh sejumlah alat musik, akan tetapi bisa juga dihasilkan tanpa alat yang dirancang untuk menciptakan nada.

Baca Juga : Seni Lukis

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Seni Musik
Seni Musik

Berikut ini merupakan beberapa pengertian menurut para ahli, diantaranya:

  1. Banoe

Musik berasal dari kata muse yakni dewa pada mitologi Yunani antik bagi cabang ilmu dan seni; dewa seni dan juga ilmu pengetahuan. Lebih lanjut, beliau berpendapat bahwa musik juga ialah cabang seni yang membahas dan menetapkan bermacam suara ke pada pola-pola yang bisa dimengerti dan dipahami oleh manusia.

  1. Jamalus

Seni Musik merupakan hsil krya seni brupa bunyi pada bentuk musik dan komposisi yang mengungkapkan pikiran ataupun perasaan penciptanya dengan unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk ataupun struktur musik serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.

  1. Sylado

Menyatkan bhwa seni musik merupakan wjud hidup dari kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelas beliau mengtakan bhwa alunan musik dengan nada yang berjiwa tentu mampu menggerakkan hati penikmatnya.

  1. Lexicographer

Sebagai seorang ahli kamus menyatakan bahwa seni musik ialah kombinasi nada, vocal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

Dari beberapa Pengertian Seni Musik menurut Para ahli diatas, bisa kita simpulkan bahwa seni musik ialah sebuah karya seni yang timbul efek dari ekspresi perasaan manusia menggunakan nada ataupun suara yang serasi dan indah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih.

Baca Juga : Seni Tari

Fungsi Seni Musik

Seni Musik
Seni Musik

Berikut ini merupakan Fungsi Seni Musik yang harus kalian ketahui, diantaranya:

  1. Sarana Ekspresi Diri

Seni musik ini menjadi sarana ekspresi diri karna lebih mudah memberikan ungkapan perasaan dari pemainnya. Selain itu nada-nada yang terdapat pada musik juga mewaliki ekspresi yang dikeluarkan.

Seperti ekspresi saat perasaan sedih, nada yang dibunyikan merupakan nada yang bertempo lambat dan halus, sedangkan saat perasaan bahagia, nada yang dibunyikan merupakan nada yang bertempo lekas dan menggebu-gebu.

  1. Sarana Hiburan

Seni musik ialah pilihan yang benar untuk hiburan. Bahkan setiap orang memerlukan musik untuk selalu menjaga mood nya agar tetap stabil. akan tetapi musik juga bisa melalaikan orang dari kegiatan sehari-harinya apabila tidak dipakai dengan efektif.

  1. Sarana Terapi

Seni musik sebagai sarana terapi telah dikenal sejak perang dunia ke-II untuk mengobati para korban pada peperangan. Sampai saat ini juga penyakit mental ataupun kelumpuhan organ tubuh menggunakan terapi dengan musik, karena musik mampu menyegarkan kembali sistem kerja otak.

  1. Sarana Upacara

Upacara-upacara di Indonesia seperti upacara kenegaraan, keagamaan, perkawinan, kelahiran dan kematian terhadap biasanya menggunakan iringin dari seni musik. Di beberapa daerah juga terdapat yang meyakini bahwa alat musik mempunyai kekuatan magis.

  1. Sarana Komersial

Bagi para seniman ataupun musisi, seni musik dijadikan salah satu sumbel mata pencarian. Mereka merekam karya seninya lewat sebuah kaset ataupun CD yang terus dijual ke pasaran. Hasil penjualan dari bermusik dijadikan penghasilan sehari-hari mereka, dari hobi menjadi pekerjaan.

Selain itu terdapat juga para musisi yang membuat pertunjukan seperti konser, pentas seni dari panggung ke panggung yang dipungut biaya. Ditambah lagi musik biasa dikontrak sebagai penggiring sebuah film, ikan, televisi, radio dan dan sebagainya.

  1. Sarana Tari

Seni tari juga sangat erat hubungannya bila digabungkan dengan seni musik. Keduanya mempunyai keselarasan pola dan ritme satu sama lain, suatu tarian tanpa iringan irama musik tentu terapa hampa dan menyulitkan si penari karna penari membutuhkan tempo dan ritme untuk gerakannya.

Di Indonesia, bunyi-bunyian ataupun alat musik diciptakan juga untuk mengiringi tarian-tarian daerah. Maka dari itu kebanyakan tarian daerah cuma bisa diiringi oleh musik daerahnya sendiri.

Jenis – Jenis Seni Musik

Seni Musik
Seni Musik

Berikut ini merupakan Jenis-Jenis Seni Musik yang perlu kalian ketahui,  diantaranya:

  1. Musik Tradisional

Musik tradisional nini telah menjadi salah satu jenis musik yang pertama, jenis seni musik ini ialah musik yang diwariskan dari nenek moyang secara turun temurun dari generasi satu ke generasi selanjutnya.

Musik tradisional sendiri masih menggunakan berbagai jenis lirik daerah, alat musiknya masih tradisional, dan juga tidak mempunyai notasi di dalamnya. mengenai di Indonesia sendiri berbagai daerah di Indonesia juga mempunyai alat musiknya masing-masing.

Beberapa contoh alat musik tradisional yang terdapat di Indonesia merupakan seperti gamelan, Sharon, angklung, karawitan, gong dan masih banyak lainnya.

  1. Musik Modern

Selain musik tradisional, terdapat juga seni musik modern. Musik yang satu ini menjadi salah satu jenis musik yang paling berkembang saat ini dimana ia bersifat universal dan banyak dikenal oleh orang di seluruh dunia.

Seni musik ini telah semakin berkembang dimana telah berartikulasi dengan menggunakan teknologi serta budaya yang baru. Hal ini juga mengakibatkan munculnya instrumen musik yang lebih baik untuk didengarkan.

  1. Musik Kontemporer

Tahukah Anda apa itu jenis seni musik kontemporer? Musik pada zaman ini sendiri di Indonesia mulai berkembang di tahun 1990 an. Musik ini mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan musik modern ataupun musik tradisional.

Salah satu ciri khasnya merupakan adanya variasi suara yang lebih kompleks dimana ia mempunyai jenis bunyi, warna, ritme, dan juga tempo yang bervariasi. Nah, sumber bunyi yang bervariasi ini ternyata tidak hadir dari musik instrumental saja.

Unsur – Unsur Seni Musik

Seni Musik
Seni Musik

Dibawah ini merupakan Unsur-Unsur Seni Musik yang perlu kalian ketahui, diantaranya:

  1. Melodi

Pengertian melodi merupakan gabungan dari sejumlah nada ataupun bunyi, yang dipilih berdasarkan perbedaan tinggi rendah dan bertmabah turunnya. Melodi tersebut terdiri dari tone, durasi dan pitch. Pengertian dari tone merupakan not bisa dihasilkan dari berbagai jenis alat musik dengan warna suara yang berbeda-beda.

Durasi merupakan serangkaian not-not yang digabungkan menjadi melodi pada waktu tertentu. Sedangkan untuk pitch merupakan sesuatu yang mengerjakan not-not dan diberi lambang susunan alfabet yakni A-G. Perlu diketahui bahwa pitch juga biasa disebut sebagai timbre ataupun warna suara.

  1. Ritme (Irama)

Pengertian dari ritme ataupun irama merupakan sebuah gerakan yang teratur karena adanya aksen secara tetap. Ritme ataupun irama tentu menjadi lebih indah karena adanya gabungan perbedaan nilai pada satuan bunyi. Bisa dikatakan bahwa ritme ialah ketukan dasar yang bergerak secara teratur mengikuti gerak dari melodi yang bervariasi.

Untuk bisa merasakan ritme pada sebuah lagu, dengarkanlah sebuah musik secara berulang-ulang.  Pola irama musik merupakan penggerak sebuah perasaan yang paling berkaitan dengan gerakan fisik. Ritme ini sendiri bisa melekat erat di benak seseorang apabila biasa dilatih secara teratur.

  1. Birama

Pengertian Birama merupakan unsur seni musik berupa ketukan ataupun ayunan yang diusahakan secara berulang-ulang yang diusahakan secara teratur pada waktu yang sama. Birama sendiri umumnya ditulis pada bentuk angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3 dan seterusnya.

Angka pembilang yang terletak di atas garis miring (/) menunjukan jumlah ketukan, sedangkan angka penyebut yang terletak dibawah garis miring (/) menunjukan nilai sebuah nada pada satu ketukan.

Untuk birama yang memiliki angka penyebut genap dinamakan birama bainar, sedangkan untuk birama yang memiliki angka penyebut ganjil dinamakan birama ternair.

Dalam seni musik ditemukan 2 jenis birama yakni birama perduaan dan birama pertigaan. Untuk birama perduaan ini yakni birama 2/4 dan 2/8, sedangkan untuk birama perduaan bertingkat yakni birama 4/4, 8/4, 4/8 dan 8/8.

Untuk jenis birama pertigaan bersahaja yakni birama 3/4 dan 3/8 sedangkan untuk birama pertigaan bertingkat yakni birama 6/4, 6/8, 9/4 dan 9/8.

  1. Harmoni

Pengertian harmoni merupakan sesuatu hal yang berkaitan dengan keselarasan bunyi. Harmoni meliputi peranan, susunan dan hubungan dari perpaduan bunyi pada bentuk secara keseluruhan. Selain itu harmoni juga memiliki elemen-elemen yakni interval dan akor.

Interval ialah susunan antara nada-nada yang saat dibunyikan secara serentak tentu terdengar paling harmonis. Sedangkan akor tentu mengiringi melodi sebuah musik sebagai satu kegiatan dan nantinya musik tersebut akan nyaman untuk didengar.

  1. Tempo

Pengertian dari tempo merupakan sesuatu hal yang berkaitan dengan lekas lambatnya musik ataupun lagu. Tempo juga bisa diartikan sebagai ukuran kecepatan birama pada sebuah lagu. apabila permainan suatu musik tersebut semakin cepat, maka nilai tempo pada musik tersebut juga semakin besar.

Tempo mempunyai 8 kategori yaitu:

  • Largo =Lambat Sekali
  • Lento =Lebih Lambat
  • Adagio =Lambat
  • Andante =Sedang
  • Moderato =Sedang Agak Cepat
  • Allegro =Cepat
  • Vivace =Lebih Cepat
  • Presto =Cepat Sekali
  1. Tangga Nada

Unsur seni musik yang satu ini mempunyai pengertian yakni urutan ataupun sederetan nada-nada yang tersusun secara berjenjang dan diantara nada satu dengan nada yang lain tedapat sebuah jarak tertentu.

Jarak pada nada-nada tersebut paling bervariasi yaitu ada yang berjarak 1/2, 1, 1 1/2 dan 2. Nantinya jarak-jarak inilah yang tentu menentukan variasi nada dan tangga nada.

Tangga nada dibagi menjadi 2 jenis, yakni:

  • Tangga Nada Diatonis

pengertian tangga nada diatonis yakni tangga nada yang menggunakan tujuh buah nada dengan 2 macam jarak yakni ½ dan 1

  • Tangga Nada Pentatonis

pengertian tangga nada pentatonis yakni tangga nada yang menggunakan lima buah nada dengan jarak berdasarkan aturan- tata cara tertentu. berlandaskan nadanya, tangga nada pentatonis dipisah menjadi 2 yaitu pelog dan slendro.

  1. Timbre

Pengertian dari timbre merupakan kwalitas bunyi ataupun warna bunyi yang nantinya tentu memberi sebuah kesan. Timbre pada sebuah alat musik dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetarnya bunyi tersebut.

  1. Dinamika

Pengertian dinamika merupakan tanda untuk memainkan nada dengan kenyaringan bunyi lembut ataupun keras. Dinamika penting karena mampu menunjukan nuansa sebuah musik (sedih, senang, riang, agresif, datar, dll).

  1. Ekspresi

Pengertian ekspresi merupakan ungkapan perasaan yang muncul dari pada hati hal itu bisa ditunjukkan dengan ekspresi, contohnya gembira, sedih, romantis, dan lainnya. Karena itu penyanyi yang baik merupakan bernyanyi secara total supaya bisa tersampaikan pesan dari sebuah musik dan pendengar pun bisa terbawa suasana.

Macam – Macam Genre Seni Musik

Seni Musik
Seni Musik

Berikut ini merupakan Macam-Macam Seni Musik yang perlu kalian ketahui, diantaranya:

  1. Klasik

Klasik menjadi salah satu genre musik yang dipakai untuk pengantar tidur. Ya, jenis genre ini mempunyai nada dan juga harmonisasi yang paling menarik dibandingkan dengan genre musik lainnya. Genre musik ini juga dibawakan dengan kalem dimana para pendengarnya tentu lebih rileks saat mendengarkan genre musik ini.

  1. Jazz

Di Indonesia jazz menjadi salah satu genre musik yang mempunyai lumayan banyak pendengar. Genre musik ini sebenarnya berasal dari Amerika pada abad ke 60. Pada genre musik ini alat musik yang lebih didominasi merupakan piano, biola, gitar bass, terompet dan juga menggunakan lirik yang mendalam. Genre musik ini juga berhasil melahirkan banyak musisi terkenal di dunia.

  1. Blues

Apakah Anda pernah mendengarkan musik blues? Blue menjadi salah satu jenis musik yang sudah berkembang di Negara Amerika. Genre ini diciptakan dari sebuah konotasi perasan putus asa dan melankolis. Jenis musik ini bisanya dijadikan sebagai musik spiritual ataupun pujian-pujian.

  1. Funk

Musik funk ialah genre musik yang tersusun atas musik jazz, blues dan rythm. Musik ini sendiri mulai berembang pertama kali di tahun 1996 an tepatnya di Amerika. Jenis musik ini juga mempunyai nada gitar yang lebih mendominasi dengan drum. Selain itu, musik yang dihasilkan juga terpotong-potong sehingga menghasilkan alunan gembira yang paling enak dipakai untuk berdansa.

  1. Hip Hop

Hip hop merupakan jenis musik yang timbul dari perpaduan nada dan ritme unik yang cocok dimana ia tentu dipadukan dengan musik rapp. Jenis genre musik ini mulai berkembang di masyarakat pada tahun 1970-an di Negara Amerika. Bahkan saat ini juga menghasilkan banyak musisi terkenal di dunia.

  1. Reggae

Genre musik ini mempunyai salah satu ciri khas dimana ritme yang back bear juga juga mempunyai progresif kord yang bisa dikatakan mudah.

Di Amerika sendiri, musik  ini bisa  dinikmati dengan cara berjoget. Bahkan menggunakan jenis musik ini bisa dipakai untuk mengekspresikan suatu kebebasan, jiwa muda dan juga ekspresi pemberontak.

  1. Pop

Nama pop sendiri berasal dari kata “populer” dimana jenis musik ini sebenarnya sudah menjadi salah satu genre musik yang paling terkenal dan mempunyai banyak pendengar dan peminat.

Awalnya di tahun 1920 an, musik pop umumnya cuma dijadikan sebagai musik untuk mengiringi tarian. Namun, di tahun 1980 musik ini menjadi paling mendunia dan mempunyai banyak penggemar.

  1. Rock

Rock ialah salah satu genre musik yang terdiri atas perpaduan musik jazz, ryth,. Country dan juga bles. mengenai alat musik yang dipakai pada musik ini merupakan bass, gitar dan drum.

  1. Dangdut

Dangdut merupakan salah satu genre musik yang berasal dari Indonesia dan sekarang sudah pouler. Jenis musik ini berasal dari perpaduan antara India dan Melayu dimana di dalamnya terdapat sentuhan campursari.

Bahkan saat ini dangdut juga sudah mendunia dimana dahulunya musik ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke bawah saja.

Nahh, itulah penjelasan mengenai Seni Musik yang meliputi, Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis, Unsur-Unsur & Macam – Macam yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin

Leave a Comment