Seni Patung

Seni Patung : Pengertian, Fungsi, Teknik, Unsur & Contohnya (LENGKAP)

Seni Patung – Jika kita pernah ke monumen bersejarah, maka tak asing bagi kita melihat patung – patung bersejarah. Dan itu merupakan sebuah karya seni patung yang dibuat untuk menghormati orang telah berjasa untuk negara atau lainnya, dibawah ini akan dijelaskan secara rinci tentang Seni Patung untuk menambah wawasan Anda. Okee langsng saja kita simak artikel berikut ini dengan seksama. Selamat Membaca.

Pengertian Seni Patung

Seni Patung
Seni Patung

Seni Patung merupakan bentuk hasil karya dari jiwa seseorang dengan membuat bentuk memvisualisasikan media 3 dimensi yang menampakkan keindahan. Bentuk seni patung di dunia sendiri mempunyai berbagai banyak ukuran, mulai dari kecil sampai ukuran besar.

Baca Juga : Seni Kriya

Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli

Seni Patung
Seni Patung

Dibawah ini merupakan beberapa pendapat mengenai Seni Patung, antara lain:

  1. Menurut Ensiklopedia

Menurut Ensiklopedia seni patung merupakan seni pahat yang padat dan diwujudkan dalam 3 dimensional yang ciptaannya bisa berupa gambar-gambar yang timbul (relief) atau patung yang di buat dari media kayu ataupun logam.

  1. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI seni patung merupakan benda tiruan, bentuk manusia dan hewan yang cara pembuatannya dengan dipahat.

  1. Mikke Susanto

Menurut Susanto seni patung merupakan sebuah tipe karya tiga dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subtraktif (mengurangi bahan seperti memotong, menatah) ataupun aditif (membuat model lebih dulu seperti mengecor dan mencetak) (Susanto, 2011: 296).

  1. Soenarso & Soeroto

Menurut Soenarso & Soeroto seni patung merupakan semua karya dalam bentuk meruang.

  1. S Mayers

Menurut B.S Mayers seni patung merupakan karya tiga dimensi yang tidak terikat pada latar belakang apa pun ataupun bidang manapun pada suatu bangunan. Karya ini diamati dengan cara mengelilinginya, sehingga wajib nampak mempesona ataupun terasa memiliki makna pada semua 6 seginya (Mayers, 1958: 131-132).

Mayers (1969: 351) sendiri menambahkan bahwa seni patung berdiri dengan sendirinya dan memang benar-benar berbentuk 3 dimensi sehingga dari segi manapun kita melihatnya, kita akan dihadapkan kepada bentuk yang bermakna.

Baca Juga : Seni Grafis

 Sejarah Seni Patung

Seni Patung
Seni Patung

Pada jaman batu, seni rupa di Indonesia sangat berkembang dengan arsitek seni ukirnya. Berdasarkan tentang sejarah di Indonesia pada jaman kerajaan pada tahun 1500 SM, di Indonesia tercinta kita sudah mengenal seni ukir.

Nenek moyang di Indonesia sendiri sudah banyak sekali menghasilkan seni ukir yakni berupa kapak batu yang berbahan batu yang dikerjakan masih sangat sederhana.

Pada perkembangan di Indonesia, salah satu seniman seni ukir pada jaman tersebut membuatkan candi-candi maupun patung sang raja dan maha pati nya guna menghormati kerajaan di Indonesia pada masuknya agama Hindu, Budha dan Islam.

Fungsi Seni Patung

Seni Patung
Seni Patung

Dibawah ini merupakan fungsi seni patung berdasarkan tujuan pembuatannya yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  1. Patung Dekorasi, Berfungsi untuk memperindah suatu ruangan atau lingkungan eksterior.
  2. Patung Monumen, Dibuat untuk mengenang jasa tokoh atau kelompok tertentu, seperti sosok pahlawan suatu negara atau memperingati peristiwa bersejarah.
  3. Patung Kerajinan, Merupakan patung yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar, sehingga dapat diminati untuk dibeli berdasarkan berbagai kebutuhan umum yang tidak spesifik.
  4. Patung Arsitektur, dibuat untuk menunjang atau melengkapi kontruksi suatu bangunan sehingga lebih terpadu dan harmonis dengan desain arsitektur yang telah dirancang.
  5. Patung Seni (fineart), Patung seni atau seni murni dibuat hanya untuk kepentingan estetis dan dapat menjadi sangat eskperimental bentuknya (seni tidak selalu indah).
  6. Patung Religi, Bagi beberapa agama dan kepercayaan patung memiliki unsur dan makna religius dan digunakan sebagai sarana beribadah.

Unsur – Unsur Seni Patung

Seni Patung
Seni Patung

Dibawah ini merupakan Unsur – Unsur dari Seni Patung yang harus kalian ketahui, antara lain:

  1. Garis

Unsur rupa garis ialah pertemuan dari satu titik ke titik yang lain.

  1. Warna

Warna merupakan unsur rupa yang menentukan kualitas rupa dengan membedakan kedua gambar ataupun bentuk yang identik raut, ukuran, serta nilai gelap terangnya.

  1. Tekstur

Tekstur ialah unsur rupa yang menyampaikan rasa permukaan bahan, yang sengaja dibentuk serta disampaikan di pada susunan untuk mencapai bentuk rupa. Sebagai salah satu usaha untuk meyampaikan rasa tertentu pada sebuah permukaan bidang.

  1. Raut

Raut atau shape merupakan sebuah bidang kecil yang muncul karena dibatasi oleh sebuah kontur atau garis dan atau dibatasi sebab adanya warna yang berbeda atau gelap terangnya pada suatu arsiran ataupun bisa juga disebabkan oleh adanya tekstur.

  1. Bentuk

Bentuk tak lepas dari hubungannya dengan elemen garis. Bidang ialah suatu bentuk dataran yang dibatasi oleh garis, dengan kata lain bentuk juga disebut sebagai bidang yang bertepi. Bentuk ialah wujud, semisal ditemukan pada sebuah karya seni patung yang selalu mempunyai bentuk yang berbeda.

  1. Ruang

Space atau ruang ialah daerah atau unsur yang mengitari sosok bentuknya. Unsur ruang sendiri sebenarnya tidak bisa dilihat ataupun pada kata lain disebut juga “khayal”.

  1. Volume

Volume ialah sebuah ruang yang dibatasi dengan adanya bidang. Volume pada sebuah seni patung ditemukan pada bagian-bagian dari keseluruhan massanya, terbentuk oleh keluasan dan kedalaman.

  1. Gelap Terang

Unsur gelap terang juga disebut sebagai cahaya, yang dimana berasal dari cahaya matahari yang berubah-ubah derajat intensitasnya.

Alat & Bahan Seni Patung

Seni Patung
Seni Patung

Dibawah ini merupakan Alat & Bahan serta kegunaannya yang harus kalian ketahui, antara lain:

  • Alat & Kegunaannya :
  1. Pahat : dipakai untuk bahan sedang ataupun keras untuk memahat atau mengurangi bahan keras sehingga membentuk objek yang yang diinginkan. Pahat terbuat dari logam keras yang tajam, tersedia pada bermacam mata pisau, dipakai dengan cara memalu pahat pada bahan patung.
  2. Butsir : merupakan semacam pisau/alat sudip untuk mengukir bahan lunak. umumnya butsir terbuat dari kayu ataupun mempunyai mata logam yang tumpul. terdapat juga butsir yang bermatakan kawat, untuk memudahkan pembentukan bahan lunak.
  3. Alat Las : telah jelas untuk membentuk logam secara langsung (tanpa mencairkannya) dibutuhkan alat las supaya bisa menyusun logam, sesuai dengan keinginan kita.
  4. Meja Putar : Berupa meja bundar yang bisa berputar ke segala arah. Fungsinya untuk lebih mudah melihat dan mengontrol bentuk patung dari bermacam arah tanpa wajib bergerak mengintari patung.
  5. Palu : Palu dipakai untuk memukul pahat.
  6. Tang : saat membuat patung yang memerlukan rangka kawat, maka alat ini paling dibutuhkan untuk mebengkokan dan meluruskan kawat sesuai dengan rancangan yang diinginkan.
  • Bahan & Kegunaannya

1. Bahan Lunak

Yaitu bahan untuk membuat seni patung yang mempunyai tekstur yang empuk sehingga mudah di bentuk. Contohnya: tanah liat, clay, plastisin, sabun, dan lain sebagainya.

2. Bahan sedang

Yaitu bahan untuk membuat patung yang teksturnya tidak terlalu keras biasanya berupa kayu, misalnya seperti kayu mahoni, randu, waru, dan lain sebagainya.

3. Bahan keras

Yaitu bahan untuk membuat patung yang teksturnya keras dan tentunya sangat berat, biasanya berupa batuan, tetapi ada juga dari jenis kayu tertentu. Contohnya: batu granit, batu marmer, batu andesit, kayu jati, kayu sonokeling, dan lain sebagainya.

Teknik – Teknik Seni Patung

Seni Patung
Seni Patung

Dibawah ini merupakan Teknik – Teknik Seni Patung yang harus kalian ketahui, antara lain:

  1. Teknik Pahat

ialah teknik untuk mengurangi bahan menggunakan benturan benda keras (alat pahat) terhadap bahan patung yang diolah. Selain alat pahat, palu juga dibutuhkan untuk membenturkan pahat pada bahan patung.

  1. Teknik Butsir

Butsir merupakan teknik yang membentuk bahan lunak dengan mengurangi bahan menggunakan alat butsir dan menambahkan bahan apabila diperlukan. Butsir biasa dipakai untuk mengolah bahan lunak seperti tanah liat, lilin ataupun modeling clay.

  1. Teknik Las

yakni membuat karya patung dengan cara menggabungkan bahan ke bahan yang lain untuk memperoleh bentuk yang diinginkan. Teknik las dipakai untuk menggabungkan bahan logam dan merakitnya mennjadi bentuk tertentu.

  1. Teknik Cor

Membuat karya seni dengan membuat cetakannya terlebih dahulu, kemudian bahan adonan cor dituangkan kedalam cetakan, sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan (sesuai dengan bentuk cetakan).

  1. Teknik Cetak

Seperti teknik cor, cetakan dibuat terlebih dahulu, akan tetapi bahan tidak wajib dicor ataupun dituangkan, bahan lunak ataupun sedang bisa langsung dijepit menggunakan cetakan Bivalve yang mempunyai 2 sisi simetris seperti kerang.

Jenis – Jenis Seni Patung

Seni Patung
Seni Patung

Dibawah ini ada 2 jenis dari Seni Patung yang harus kalian ketahui, antara lain:

  1. Seni Patung Berdasarkan Bentuknya

  • Figuratif

Figuratif adalah suatu jenis patung yang diciptakan dengan mencotoh bentuk objek tertentu pada kehidupan real (nyata). Contohnya, gunung, alam sekitar, hewan dan manusia.

  • Non Figuratif

Non figuratif adalah suatu jenis patung diciptakan dengan bentuk aslinya.

  1. Seni Patung Berdasarkan Jenisnya

  • Zonde Bosse

Zonde bosse adalah suatu bentuk patungnya berdiri dan tidak menempel pada dinding.

  • Relief

Relief adalah suatu bentuk patung yang menempel pada dinding, karena seni patung ini cuma bisa dinikmati dari arah depan saja.

Baca Juga : Seni Musik

Contoh Seni Patung

Seni Patung
Seni Patung

Dibawah ini merupakan Contoh Seni Patung yang bisa Anda jadikan sebagai referensi, antara lain:

  1. Relief
  2. Patung
  3. Lukisan
  4. Kerajinan Gantungan
  5. Kerajinan Keramik
  6. Ukiran
  7. Topeng

Baca Juga : Seni Tari

Nahh, itulah penjelasan mengenai Seni Patung yang meliputi Pengertian, Menurut Para Ahli, Sejarah, Fungsi, Teknik, Unsur, Alat & Bahan Serta Contohnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin

Leave a Comment