√ Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi | Teknik, Unsur, Tokoh & Contohnya

√ Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi | Teknik, Unsur, Tokoh & Contohnya

Seni Rupa 2 Dimensi – Seni rupa ialah salah satu cabang seni yang membentuk suatu karya seni menggunakan media yang bisa dilihat oleh indra penglihatan dan bisa dirasakan menggunakan indra peraba. apabila dilihat dari bentuknya, seni rupa dibagi menjadi 2 jenis, yakni seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi
Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 dimensi merupakan suatu karya seni yang cuma mempunyai 2 sisi, yakni sisi lebar dan panjang. Seni rupa 2 dimensi ini tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai ketinggian ataupun ketebalan. Sedangkan seni rupa 3 dimensi tidak cuma terdiri dari panjang dan lebar saja, melainkan mempunyai ruang ataupun volume.

Teknik – Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi
Seni Rupa 2 Dimensi

Berikut ini merupakan Teknik – Teknik  dari seni rupa dua dimensi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi, Antara lain:

  1. Teknik Plakat

Jenis teknik yang satu ini merupakan yang paling biasa dipakai pada saat melukis. Teknik plakat ini umumnya  menggunakan cat poster dan cat minyak akrelik dengan cara digoreskan lebih kurang tebal. Sehingga warna yang dihasilkan benar-benar bagus paling padat dan pekat.

  1. Teknik Kolase

Teknik Kolase ialah teknik melukis yakni caranya dengan memotong kertas terus kertas tersebut ditempelkan pada obyek tertentu sehingga membentuk lukisan. Dengan teknik ini bisa menghasilkan lukisan yang kerangka ataupun realis dari potongan kertas yang tadi ditempelkan. Hasil dari karya seni rupa yang menggunakan teknik ini biasa dikatakan dengan mozaik.

  1. Teknik Transparan

Teknik transparan ini merupakan teknik yang seringkali digunakan pada saat melukis ataupun menggambar. Pada teknik ini umumnya menggunakan cat air akan tetapi cuma digoreskan secara tipis-tipis saja jadi menghasilkan tekstur yang seperti itu transparan.

  1. Teknik Melipat, Menggunting, Dan Merekat (3 M)

Teknik yang satu ini ialah teknik yang mampu manipulasi beberapa lembaran kertas yang dirangkai sedemikian rupa hingga membentuk sebuah karya seni rupa 2 dimensi.

Jadi untuk menghasilkan sebuah karya seni yang indah dan disukai banyak orang pastinya memerlukan keahlian dan teknik-teknik khusus. Sebuah karya seni tidak akan berarti apa-apa apabila didalamnya tidak memuat nilai yang artistik. Karena itu sebelum menjadikan sebuah karya seni hendaknya terlebih dulu memperhatikan teknik-tekniknya.

(baca juga : Seni Rupa Modern)

Unsur – Unsur Seni Rupa 2 Dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi
Seni Rupa 2 Dimensi

Berikut ini merupakan Unsur – Unsur seni rupa dua dimensi yang bisa Anda jadikan referensi, Antara lain:

1. Titik

Titik ataupun bintik merupakan suatu unsur seni rupa 2 dimensi yang paling dasar ataupun paling kecil. Semua bentuk seni rupa 2 dimensi yang dihasilkan datang dari titik. Namun, titi ini juga bisa menjadi perhatian tersendiri apabila berkumpul ataupun mempunyai warna yang berbeda-beda dari yang lainnya.

2. Garis

Garis merupakan suatu goresan yang dibuat dengan tujuan untuk memberi batas kepada sebuah warna, tekstur, ruang, bidang, dan lainnya. Garis mempunyai dimensi panjang dengan arah tertentu disertai bebagai sifat seperti memanjang, pendek, tebal, tipis, vertikal, horizontal, melengkung, miring, bergelombang, dan sebagainya.

Garis bisa memberikan kesan suatu gerak, simbol, ide, serta kode-kode tertentu yang hendak disampaikan oleh pembuatnya.

3. Bidang

Bidang merupakan unsur seni rupa yang dibuat dari bermacam garis. Jadi, garis-garis yang dibuat akan membentuk bidang. Bidang juga mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi.

Berdasarkan bentuknya, bidang terbagi menjadi 4 jenis, yakni bida biomorfosis (organis), bidang geometris, bidang bersudut, dan bidang tidak beraturan. Keempat bidang tersebut bisa tercipta apabila ditemukan 2 ujung garis yang saling berpotongan ataupun bertemu. Selain itu, bidang juga bisa tercipta karena adanya sapuan gradasi warna yang dibatasi oleh kontur bidang 2 dimensi.

4. Bentuk

Menurut bahasa, bentuk mempunyai pengertian bentuk plastis (form) ataupun bangun (shape). Plastis merupakan gambaran dari bentuk suatu benda yang bisa dilihat dan dirasa karena adanya nilai pada benda tersebut, seperti kursi, meja, lemari, dan sebagainya. Sedangkan bangun ialah gambaran benda yang polos dimana cuma sejedar menyebut bentuknya yang panjang, bulat, kotak, lonjong, dan sebagainya. Jadi, bentuk merupakan gambaran benda yang tidak cuma mempunyai bentuk saja, melainkan peranan dari benda tersebut.

5. Tekstur

Tekstur merupakan sifat dari permukaan suatu benda. Tekstur dari suatu benda mempunyai kesan yang berbeda-beda, seperti kesan kasar, halus, licin, mengkilap, dan sebagainya. Kesan-kesan tersebut bisa dirasakan menggunakan indra penglihatan dan indra peraba. Oleh karena itu, tekstur dibagi menjadi 2 macam, yakni tekstur maya dan tekstur nyata.

Tekstur maya merupakan tekstur suatu benda dimana benda tersebut mempunyai kesan yang berlainan antara yang dilihat dengan yang diraba. Sedangkan tekstur nyata merupakan tekstur suatu benda dimana kesan yang didapat dari penglihatan dan perabaan sama.

6. Warna

Warna ialah suatu unsur visual yang bersangkutan dengan bahan yang dipakai dimana keberadaannya ditentukan oleh pigmennya. Dilihat dari teorinya, warna bisa kita pahami menggunakan 2 pendekatan, yakni pendekatan halus dan pendekatan pigmen warna. Pada kali ini, kita akan membahas warna menggunakan pendekatan teori pigmen.

  • Warna primer

Warna utama ialah suatu warna dasar. Warna dasar tersebut terdiri dari 3 warna, yakni merah, kuning, dan biru.

  • Warna sekunder

Warna sekunder ialah warna yang dihasilkan dari percampuran 2 warna ataupun lebih warna primer.

  • Warna tersier

Warna tersier ialah warna yang dihasilkan dari percampuran 2 warna ataupun lebih warna sekunder.

  • Warna analogus

Warna analodus ialah rentetan warna dimana posisinya bersebelahan pada lingkaran warna, seperti warna ungu ke merah-merahan, warna hijau ke kuning-kuningan, dan sebagainya.

  • Warna komplementer

Warna komplementer ialah kebalikan dari warna analogus. Warna komplementer ialah warna kontras dimana posisinya berseberangan dengan lingkaran warna, seperti warna merah dengan hijau, warna kuning dengan ungu, dan sebagainya.

7. Gelap Terang

Gelap dan terang pada karya seni rupa 2 dimensi meperlihatkan perbedaan antara sisi terang dan gelap suatu benda yang dilukiskan ataupun digambarkan. Sedangkan pada seni rupa 3 dimensi, gelap dan terang memperlihatkan suatu kesan ruang ataupun kedalaman suatu karya seni tersebut.

8. Ruang (kedalaman)

Ruang pada suatu karya seni rupa 2 dimensi merupakan lebih mengacu pada luas bidang gambar itu sendiri. Jadi, ruang pada karya seni rupa 2 dimensi bisa dikatan semu ataupun maya karena cuma didapatkan dari kesan yang disampaikan dari penggambaran dan gradasi warna suatu karya seni. Sedangkan ruang pada karya seni rupa 3 dimensi bisa dirasakan secara langsung seperti halnya kita berada di suatu ruangan rumah, gendung, dan sebagainya.

(baca juga : Unsur Seni Rupa)

Tokoh – Tokoh Seni Rupa 2 Dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi
Seni Rupa 2 Dimensi

Berikut ini merupakan Tokoh seniman dari Indonesia yang harus kalian ketahui, Antara lain:

Raden Salehh ialah tokoh seni rupa 2 dimensi yang lahir di Semarang pada tahun 1807 dan meninggal di Bogor pada tahun 1880. Bakat yang dimiliki Raden Saleh telah terlihat sejak ia masih kecil. Bakat Raden Saleh terus diasah dan didampingi oleh pelukis anak Belgia, A.A.J. Payen. menggunakan gurunya tersebut, kemampuan Raden Saleh pada melukis semakin meningkat. Berikut salah satu contoh lukisan dari Raden Saleh.

Vincent van Gogh

Vincent Willem van Gogh ialah salah satu pelukis terbesar pada sejarah kesenian di Eropa. Vincent lahir p tanggal 30 Maret 1853 dan meninggal pada tanggal 29 Juli 1890. karya-karyanya paling dikenal luas di Eropa. Berikut salah satu karya lukisan Van Gogh.

(baca juga : Seni Rupa Terapan)

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi
Seni Rupa 2 Dimensi

Berikut ini merupakan beberapa contoh seni rupa 2 dimensi yang bisa Anda gunakan sebagai referensi, Antara lain:

  1. Lukisan

Lukisan merupakan suatu karya seni rupa 2 dimensi yang dibuat menggunakan media seperti kanvas, kertas, hingga dinding. Proses pembuatan lukisan sendiri merupakan dengan memoleskan cat menggunakan kuas lukis, pisau pelet, ataupun peralatan lainnya di pada media yang dipakai hingga membentuk suatu gambar.

Hal yang menarik dari lukisan merupakan nilai yang terkandung pada suatu lukisan tersebut. Oleh karena itu, pada pembuatanya dibutuhkan suatu imaginasi tingkat tinggi serta skill yang mumpuni untuk menghasilkan lukisan yang luar biasa.

  1. Seni Grafis

seni grafis merupakan suatu cabang seni rupa dimana pada pembuatannya membutuhkan media bantu. pada hal ini, fotografi termasuk pada kategori seni grafis dimana pada pembuatannya ataupun pengerjaannya membutuhkan kamera sebagai media bantunya.

  1. Kaligrafi

Kaligrafi merupakan suatu karya seni berseni bahasa arab. pada pembuatannya, kaligrafi ialah suatu bentuk penting ekspresi seni pada hal keagamaan dan budaya islam. Biasanya, kaligrafi ini mudah kita temukan di masjid dan salah satu contoh kaligrafi yang telah terkenal merupakan kaligrafi sufi.

  1. Fotografi

Fotografi termasuk pada seni grafis dimana pada perkembangannya, fotografi semakin banyak diminati oleh banyak orang. Hal ini disebabkan oleh semakin mudahnya dan semakin canggihnya media bantu yang digunakan, yakni kamera.

Saat ini, nyaris semua handphone dilengkapi dengan kamera. Sehingga kapanpun dimanapun orang bisa mengekspresikan diri menggunakan kamera tersebut. Secara tidak sadar mereka telah menghasilkan suatu karya seni, yakni seni fotografi.

  1. Mozaik

Seni mozaik merupakan suatu karya seni dimana cara pembuatannya dengan menyusun suatu benda yang dijadikan bahan seperti pecahan kaca, kulit telur, serpihan kayu, keramik, dan benda lainnya membentuk sesuatu yang menyerupai bentuk tertentu dan mempunyai nilai estetis yang tinggi.

  1. Poster

Poster merupakan suatu karya seni yang dibuat diatas kertas membentuk suatu bentuk dimana bentuk tersebut memberikan informasi, baik informasi berupa propaganda hingga suatu ajakan.

Poster saat ini termasuk seni rupa 2 dimensi yang lumayan efektif dipakai sebagai iklan suatu produk ataupun lainnya dimana fungsinya lebih jenderung untuk mempengaruhi seseorang.

Banner termasuk pada seni grafis dimana cara pembuatannya menggunakan teknik printing dan hasilnya mempunyai nilai estetis. Sama halnya dengan poster, banner juga paling efektif dipakai sebagai iklan, baik iklan suatu produk ataupun lainnya dengan tujuan mempengaruhi orang.

Jika dibandingkan dengan poster, banner lebih efektif untuk periklanan karena ukurannya yang lebih besar dibandingkan poster.

  1. Batik

Batik ialah suatu gambar khas yang umumnya dibuat diatas kain dimana pembuatannya menggunakan teknik canting dan printing. Batik termasuk suatu seni yang saat ini telah di akui oleh UNESCO dan termasuk budaya non benda asli dari Indonesia warisan nenek moyang bangsa ini.

Sebelum diakui oleh UNESCO, batik termasuk suatu seni yang antik dan terkesan kolot, akan tetapi sesudah diusahakan sosialisasi dan bermacam inovasi, batik mempunyai upaya tarik yang lumayan tinggi, baik dikalangan anak muda hingga orang tua. Selain itu, batik juga telah di kenal di penjuru dunia dan banyak yang menyukai batik ini.

  1. Karikatur

Karikatur merupakan suatu gambaran nyata suatu objek dimana objek tersebut dibuat dengan cara melebih-lebihkan objek yang dibuat tersebut. Hal ini sesuai dengan makna karikatur itu sendiri yang diambil dari Bahasa Italia, yakni caricare yang berarti melebih-lebihkan.

Karikatur umumnya menggambarkan subjek yang dikenal dengan maksud mengakibatkan kelucuan bagi subjek tersebut. akan tetapi seiring kemajuan zaman, karikatur saat ini dipakai juga untuk suatu kritikan sosial dan politis.

  1. Desain

Desain merupakan suatu proses guna bertujuan untuk menjadikan dan menciptakan suatu objek baru. Proses desain pada biasanya memperhitungkan bermacam aspek, seperti fungsi, estetika, dan sebagainya dengan sumber data yang didapat dari hasil penelitian, pemikiran, brainstorming, ataupun hasil dari desain sebelumnya.

Logo merupakan suatu gambar ataupun sketsa yang dijadikan simbul suatu organisasi, perusahaan, hingga perorangan guna menggambarkan makna yang hendak disampaikan menggunakan logo tersebut.

Melalui logo, orang tentu langsung paham mengenai organisasi, perusahaan, ataupun perorangan tersebut. Bahkan, melalui logo, suatu organisasi, perusahaan, ataupun perorangan lebih mudah di kenal oleh banyak orang.

Nahh, itulah penjelasan mengenai Seni Rupa 2 Dimensi yang meliputi, Pengertian, Teknik, Unsur, Tokoh & Contohnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Leave a Comment