SENI RUPA MURNI : Pengertian, Fungsi & Contohnya (LENGKAP)

SENI RUPA MURNI : Pengertian, Fungsi & Contohnya (LENGKAP)

Seni Rupa Murni – Seni mempunyai banyak sekali ruang lingkup. Salah satu ruang lingkup tersebut merupakan seni rupa yang bersifat murni. Secara bahasa, seni artinya merupakan sebuah hasil pekerjaan manusia yang mempunyai nilai keindahan.

Sedangkan kata murni berarti asli ataupun sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Seni rupa jenis ini secara bahasa bisa diartikan sebagai seni yang mengedepankan nilai keasliannya (keindahannya). Dibawah ini akan dijelaskan secara rinci tentang Seni Rupa Murni mulai dari pengertian, fungsi & contohnya. Okee langsung saja kita simak artikel ini dengan seksama. Selamat Membaca.

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni
Seni Rupa Murni

Seni rupa murni merupakan salah satu hasil serta bentuk dari seni rupa yang di dalam proses membuatnya menghasilkan suatu karya yang berfungsi untuk dinikmati oleh manusia dari sisi keindahan ataupun estetikanya.

Karya seni dalam bentuk ini terkesan lebih mementingkan sisi keindahan dari seni tersebut dibandingkan dengan pertimbangan praktis ataupun guna. Dan inilah yang membedakan antara karya seni rupa murni dengan seni rupa terapan.

Dari sisi pengerjaan nya, seni rupa murni ini sesungguhnya telah ada sejak zaman pra sejarah dan orang-orang dulu membuatnya menggunakan sejenis cat alami ataupun getah pohon. Mereka terus membentuknya menggunakan tangan kemudian ditempel terhadap sebuah batu ataupun sarana datar lainnya.(baca juga: Aliran Seni Rupa)

Fungsi Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni
Seni Rupa Murni

seni rupa murni sesungguhnya memiliki fungsi yang lumayan kompleks di dalamnya dan paling bersangkutan dengan kehidupan keseharian manusia di dunia. Seni rupa murni juga mempunyai peran sebagai sarana untuk mengembangkan serta meningkatkan kebahagiaan seseorang dengan menggunakan unsur keindahan ataupun sebuah estetika di dalam bentuk seni rupa.

Disebabkan karena memiliki nilai estetika yang lumayan tinggi, tidak cuma untuk menyebabkan orang yang menyaksikannya bahagia dan senang, akan tetapi ia juga bisa dipakai sebagai sarana untuk memperindah dan mempercantik sebuah ruangan dengan dijadikan sebagai hiasan agar ruangan ataupun rumah sebagai terlihat lebih nyaman dan indah.

  1. Fungsi sebagai media komunikasi

Fungsi dari seni rupa yang awal merupakan sebagai media untuk berkomunikasi. Sejak jaman dulu hingga saat ini, karya seni sebenarnya sebagai suatu media yang amat mudah digunkan untuk menyampaikan suatu hal.

Umumnya, seni ataupun khususnya jenis seni rupa sebagai suatu bahasa universal yang dipakai untuk memberi pesan kepada semua orang, baik pesan tersebut disampaikan secara tersirat ataupun tersurat. Salah satu semisal merupakan seni rupa wayang yang biasa dipakai sebagai media untuk menyampaikan pesan menggunakan hiburan.

  1. Seni sebagai kebutuhan emosional

Fungsi dari seni rupa yang kedua merupakan sebagai media untuk memenuhi kebutuhan emosional. Sebuah hasil karya seni tidak cuma dijadikan sebagai media komunikasi, akan tetapi juga untuk pemenuhan kebutuhan emosional manusia. Sebagaimana diketahui bersama bahwa manusia mempunyai banyak sekali sifat emosi, contohnya marah, sedih, ,malas, senang dan lain sebagainya.

Peran yang penting dari seni ini merupakan untuk dijadikan sebagai media menyebabkan sebuah perasaan manusia yang sedang bergejolak ataupun tidak stabil sebagai perasaan yang senang dan bahagia karena efek dari keindahan seni tersebut. contohnya saja saat sedih dan melihat lukisan ataupun ukiran yang indah dan menawan, ini tentu mendorong perasaan tenang dan nyaman tersendiri dalam hati.

  1. Seni rupa sebagai media edukasi

Di samping untuk pemenuhan kebutuhan emosional, seni rupa ialah salah satu jalan keluar untuk media pendidikan bagi seseorang. Hal itu dikarenakan seni ini bisa menyampaikan suatu informasi, baik itu sebagai informasi yang tersirat atau yang tersurat.

Seni sendiri telah dijadikan sebagai media edukasi sejak jaman dulu hingga hari ini. Ada banyak yang menyebabkan seni sebagai media pembelajaran untuk bermacam umur dan jenjang pendidikan. contohnya saja merupakan penggunaan seni wayang sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Bisa juga dengan menggunakan seni boneka tradisional sebagai media untuk pendidikan. Tujuan dari sarana-sarana seni tersebut merupakan untuk menyampaikan sesuatu agar bisa memperbaiki kualitas diri sebagai manusia. Khususnya perilaku yang baik dan luhur.

  1. Sarana pemenuhan kebutuhan fisik manusia

Fungsi lain dari seni rupa merupakan untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia. Di dalam beberapa hal, manusia memerlukan seni rupa, baik jenis seni rupa murni atau seni rupa terapan untuk memenuhi bermacam keperluan hidup mereka.

Tidak bisa di pungkiri bahwa kebutuhan manusia senantiasa bertambah dari masa ke masa, seperti itu juga kebutuhan tentu manfaat dan fungsi dari seni itu sendiri. contohnya saja kebutuhan tentu meja, piring, kursi dan lain sebagainya untuk kehidupan sehari-hari.

  1. Fungsi seni rupa sebagai media peribadatan

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, seni rupa sesungguhnya juga mempunyai fungsi yang lain, yakni sebagai media ibadah. Tujuannya merupakan untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa.

Ada banyak sekali contoh dari seni rupa semacam ini, contohnya saja masjid untuk media ibadah bagi para pemeluk Agama Islam. Pura ataupun kuil yang biasa dipakai sebagai media untuk ibadah umat Hindu dan Budha. Juga bermacam jenis Candi yang dipakai untuk sembahyang dan sebagainya.(baca juga: Unsur Seni Rupa)

Contoh Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni
Seni Rupa Murni

Berikut ini adalah beberapa contoh Seni Rupa Murni yang bisa Anda jadikan sebagai referensi, Antara lain:

  1. Seni Koreografi

Seni koreografi juga ini juga masuk kedalam seni rupa murni. Yang dimaksud dengan seni koreografi sendiri merupakan sebuah seni yang di dalamnya bertujuan untuk menciptakan ataupun bisa juga mengubah jenis tarian menjadi sebuah gerakan utuh yang paling menarik dan menyenangkan banyak orang.

  1. Seni Fotografi

Seni rupa murni yang satu ini ialah seni rupa yang paling modern. Untuk menghasilkan seni rupa yang satu ini anda membutuhkan sebuah kamera. Saat ini jenis seni rupa seperti ini paling populer.

  1. Seni Lukis

Ragam  yang awal dan paling mudah untuk ditemui merupakan lukisan. Lukisan merupakan sebuah gambar yang dibuat terhadap sebuah media yang umumnya berupa kanvas. Saat ini lukisan tidak cuma sekedar dibuat di terhadap kanvas bahkan lukisan juga dibuat di terhadap media dinding. Ada banyak lukisan terkenal di dunia, salah satunya merupakan lukisan monalisa.

  1. Seni Kaligrafi

Seni rupa  yang satu ini datang dari daerah arab. Kaligrafi merupakan tulisan arab indah  yang mempunyai bentuk unik. Di Indonesia penggunaan kaligrafi ini paling banyak ditemukan di masjid-mesjid. Kaligrafi merupakan sesuatu yang paling menarik untuk dilihat.Seni Pahat

Adapun seni pahat ialah salah satu jenis seni yang menjadi cabang dari seni rupa murni. Untuk menjadikan seni pahat ini, umumnya yang dipakai merupakan kayu ataupun bisa juga batu. Di antara hasil dari jenis seni pahat ini merupakan seni berupa patung serta bermacam bentuk kerajinan pahat yang lain.

  1. Seni Grafis

Jika anda pernah melihat logo ataupun sablonan terhadap baju maka anda telah melihat seni rupa. Logo dan sablonan baju ini ialah seni grafis. Seni grafis ini sendiri banyak jenisnya tergantung dari teknik pembuatannya.

  1. Seni Topeng

Sebenarnya topeng bisa digolongkan ke pada seni rupa yang murni dan juga seni rupa yang terapan. apabila sebuah topeng cuma dipajang, maka topeng tersebut merupakan sebuah seni rupa yang murni. akan tetapi apabila topeng tersebut tidak cuma dipajang akan tetapi juga dipakai maka topeng itu termasuk pada seni rupa terapan.

  1. Seni Ukir

Jenis seni rupa murni selanjutnya merupakan seni ukir yang menjadi salah satu seni khas Indonesia. Seni ukir ini mempunyai nuansa klasik yang paling memukau.

Seni ini juga menggunakan bahan dasar kayu. Hampir semua daerah di kawasan Indonesia mempunyai khas tersendiri pada hal seni ukir. contohnya saja seni ukir khas Jepara dan juga Papua yang terkenal khas.

  1. Seni Keramik

Yang dimaksud dengan seni keramik ialah salah satu jenis seni yang terbuat dari tanah terus dibentuk dengan bentuk yang indah kemudian diusahakan pembakaran supaya lebih keras dan juga lebih cantik.

Umumnya para seniman untuk jenis seni keramik ini akan memadukan warna dari bermacam jenis tanah untuk menjadikan hasil warna yang cantik dan menarik. Namun, terdapat juga yang membuat proses pewarnaan secara manual.

  1. Seni Mozaik

Mozaik ini merupakan sebuah seni menempelkan pecahan-pecahan benda seperti kain, kaca, keramik ataupun apapun menjadi satu. pada hal ini seniman tentu menjadikan sebuah karya modern dari serpihan ataupun pecahan sesuatu sehingga menjadi bentuk yang indah. Pada biasanya mozaik ini akan ditempelkan di dinding.

Nahh, itulah penjelasan mengenai Seni Rupa Murni yang meliputi, Pengertian, Fungsi & Contohnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Leave a Comment