3
39

Sistem Pencernaan Manusia : Proses, Urutan Organ & Gambarnya

loading...

Sistem Pencernaan Manusia – Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan informasi tentnag Sistem Pencernaan Manusia yang dimana pada saat kita memakan makanan tubuh akan melakukan proses pencernaan di dalah tubuh kita. Untuk lebih jelasnya bisa kita baca artikel dibawah dengan seksama.

Pengertian Sistem Pencernaan Manusia

Sistem Pencernaan Manusia

Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia merupakan sebuah sistem yang dapat membantu manusia dalam mencerna makanan dan minuman yang dikonsumsinya menjadi zat yang lebih mudah dicerna oleh tubuh dan diambil dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya yang berguna untuk organ dalam dan bagian tubuh secara keseluruhan.

Proses Sistem Pencernaan Manusia

Sistem Pencernaan Manusia

Sistem Pencernaan Manusia

  • Proses terjadinya makanan masuk ke dalam mulut (Injesti)
  • Proses terjadinya mengubah makanan menjadi kecil dan lembut  oleh gigi (Pencernaan mekanik),
  • Proses terjadinya mengubah molekul makanan kompleks menjadi sederehana oleh enzim, asam, ‘bile’ dan air (Pencernaan Kimiawi).
  • Penyerapan Nutrisi dan Pembuangan Kotoran (Proses Penyingkiran).

Saluran Utama Sistem Pencernaan Manusia

  1. Mulut

Sistem Pencernaan Manusia Mulut

Sistem Pencernaan Manusia Mulut

Mulut merupakan pintu gerbang saluran pencernaan. Saat kita mengunyah makanan, proses pencernaan ini sebenarnya sudah dilakukan. Bahkan, sebelum makanan ini masuk kedalam mulut, pada sistem pencernaan kita sudah bersiap-siap, dengan keluarnya air liur untuk membasahi mulut.

loading...

Saat masuk ke mulut, gerakan mengunyah akan mengubah makanan menjadi partikel yang lebih kecil, agar enzim yang ada di air liur dapat lebih mudah mengolahnya. Setelah makanan dihancurkan, lidah akan mendorong  makanan ke tujuan selanjutnya, yaitu tenggorokan.

  1. Tenggorokan

Sistem Pencernaan Manusia Tenggorokan

Sistem Pencernaan Manusia Tenggorokan

Tenggorokan  merupakan proses digunakan makanan untuk menuju esofagus. Saat makanan yang sudah hancur masuk ke tenggorokan, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi.

Pertama, makanan dapat melewati jalur yang tepat, yakni ke esofagus untuk menuju lambung. Kedua, makanan justru masuk ke jalur yang salah lebih tepatnya menuju ke saluran napas. Kemungkinan kedua inilah yang membuat kita bisa tersedak.

Untuk mencegahnya makanan melewati tempat yang salah, di tenggorokan terdapat epiglotis. Epiglotis merupakan salah satu bagian dari organ pencernaan yang berbentuk seperti daun. Fungsinya hampir sama seperti pintu, yang bisa membuka dan menutup sesuai dengan kebutuhan.

  1. Esofagus (Kerongkongan)

Sistem Pencernaan Manusia Kerongkongan

Sistem Pencernaan Manusia Kerongkongan

Esofagus terdiri dari otot dengan bentuk seperti tabung yang letaknya membentang dari faring hingga ke lambung. Melalui suatu mekanisme gerakan meremas yang dinamakan gerakan peristaltik, esofagus akan mengantarkan makanan ke lambung.

  1. Lambung

Sistem Pencernaan Manusia Lambung

Sistem Pencernaan Manusia Lambung

Alat pencernaan manusia selanjutnya adalah lambung. Selain menyimpan makanan, lambung juga berperan dalam mencampur dan menghancurkan makanan menjadi bentuk yang lebih mudah diserap.

Fungsi tersebut dilakukan oleh enzim dan asam yang diproduksi lambung. Saat makanan menuju ke organ berikutnya setelah lambung, konsistensinya telah menyerupai pasta atau cairan.

  1. Usus halus

Sistem Pencernaan Manusia Usus Halus

Sistem Pencernaan Manusia Usus Halus

Dari lambung, makanan akan menuju ke usus halus. Usus halus dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Usus dua belas jari (duodenum)
  • Jejunum
  • Ileum

Organ ini akan masih terus mengolah makanan menggunakan enzim yang diproduksi oleh pankreas dan hati. Duodenum bertugas untuk terus memecah makanan dan mengolahnya. Sementara itu, jejunum dan ileum ini berfungsi agar nutrisi yang ada pada makanan dapat diserap oleh tubuh.

loading...

Di usus kecil juga terdapat gerakan peristaltik, yang nantinya akan menggerakkan makanan dan mencampurnya dengan zat-zat yang dikeluarkan oleh alat pencernaan manusia tersebut.

  1. Usus besar

Sistem Pencernaan Manusia Usus Besar

Sistem Pencernaan Manusia Usus Besar

Setelah itu, makanan akan menuju usus besar. Di usus besar ini makanan yang masuk adalah sisa-sisa dari pencernaan dan akan dipindahkan menuju ke rektum dan langsung menuju anus. Namun sebelumnya, air yang terdapat di sisa-sisa tersebut akan dihilangkan, sehingga konsistensinya lebih padat.

Sisa makanan ini akan terus berada di usus besar, sampai adanya gerakan yang dapat memicu pengeluarannya dari rektum. Umumnya, sisa makanan tersebut membutuhkan waktu sekitar 36 jam untuk melewati usus besar.

  1. Rektum

Sistem Pencernaan Manusia Rektum

Sistem Pencernaan Manusia Rektum

Rektum merupakan sebuah “ruangan” yang menghubungkan antara usus besar dan anus. Rektum memiliki fungsi yakni untuk menerima sisa makanan yang sudah berubah menjadi feses, dan menyimpannya.

Saat ada feses masuk ke rektum, sensor yang berada di area tersebut akan mengirimkan pesan ke otak, untuk menentukan feses tersebut perlu dikeluarkan atau tidak.

  1. Anus

Sistem Pencernaan Manusia Anus

Sistem Pencernaan Manusia Anus

Anus merupakan pintu terakhir dari sistem pencernaan manusia. Organ ini terdiri dari otot yang digunakan untuk menjaga dan menahan feses keluar dari rektum jika belum saatnya. Selain itu, otot ini juga akan mencegah kita buang air besar secara spontan saat tidur.

Organ yang membantu sistem pencernaan manusia

Selain delapan organ di atas, sistem pencernaan manusia juga dibantu oleh tiga organ lain yang juga terletak di rongga perut, yaitu hati, pankreas, dan empedu.

  1. Hati

Sistem Pencernaan Manusia Hati

Sistem Pencernaan Manusia Hati

Hati juga memiliki peran dalam sistem pencernaan. Hati dapat memproduksi suatu zat bernama empedu, yang berguna untuk mencerna lemak dan menyingkirkan kelebihannya.

Nutrisi yang terdapat di makanan, juga akan disaring oleh hati. Selain itu, hati juga akan menyaring racun dan zat-zat kimia lain yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Pankreas

Sistem Pencernaan Manusia Pankreas

Sistem Pencernaan Manusia Pankreas

Pankreas merupkan tempat memproduksi enzim yang nantinya akan dilepaskan di usus dua belas jari, guna untuk membantu pencernaan lemak, protein, dan karbohidrat secara kimiawi.

  1. Empedu

  2. Sistem Pencernaan Manusia Empedu

    Sistem Pencernaan Manusia Empedu

Cairan empedu disimpan dan dikeluarkan dari kantung empedu. Saat makanan yang berlemak masuk ke usus dua belas jari, kantung empedu akan berkontraksi dan mengeluarkan cairan empedu.

Urutan Pencernaan Makanan pada Manusia

  1. Mulut
  2. Faring
  3. Esofagus (Kerongkongan)
  4. Lambung
  5. Pankreas
  6. Kantung Empedu
  7. Hati
  8. Usus Halus(Usus 12 jari,usus kosong, usus penyerapan)
  9. Usus Besar
  10. Usus Buntu
  11. Umbai Cacing
  12. Rektum
  13. Anxs(Anus)

Penjelasan Sederhananya  Makanan akan masuk ke mulut dan melalui proses pengunyahan agar menjadi halus lalu (pencernaan mekanik) diteruskan ke dalam lambung secara sedikit demi sedikit melalui kerongkongan.

Setelah berada di lambung. makan akan dilakukan proses pencernaan kimiawi yang berkaitan langusng dengan enzim dalam lambung.

Makanan akan berada dalam lambung selama kurang lebih 3 sampai 4 jam. Setelah itu nantiny akan diteruskan ke usus halus, pada usus halus inilah nantinya makanan itu akan dipilah dari kandungan yang diperlukan tubuh dan sisa makanan.

Sisa makanan akan diteruskan ke dalam usus besar dan diganti menjadi feses. Sedangkan kandungan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh akan disebarkan ke berbagai bagian tubuh yang memerlukannya.Setelah sisa makanan ini menjadi feses maka akan dilanjutkan ke rektum saat sudah penuh dan dikeluarkan melalui anxs.

Nahh, itulah penjelasan mengenai seputar Sistem Pencernaan Manusia yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua. Aamiin

loading...

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply