TUJUAN ADMINISTRASI : Pengertian, Tujuan, Unsur & Ciri ( LENGKAP )

TUJUAN ADMINISTRASI : Pengertian, Tujuan, Unsur & Ciri ( LENGKAP )

Tujuan Administrasi – Administrasi adalah usaha dan suatu kegiatan yang berhubugan dengan pengelolaan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan tertentu. Berikut ini akan dijelaskan secara rinci mengenai Tujuan Administrasi. Mari simak dibawah ini.

Pengertian Administrasi

Pengertian Administrasi
Pengertian Administrasi

Administrasi ialah suatu bentuk usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.

Pengertian Administrasi Secara Sempit

ialah suatu bentuk kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, dan sebagainya yang mempunyai sifat teknis ketatausahaan.

Pengertian Administrasi Secara Luas

ialah segala bentuk proses kerja sama dari dua orang atau lebih untuk mencapai tujuannya dengan memanfaatkan sarana dan prasana khusus secara berdaya guna dan berhasil guna.

Baca Juga : ADMINISTRASI PERKANTORAN : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Karakteristik [LENGKAP]

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli
Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli
  1. Menururt Ulbert

Menurut Ulbert Administrasi dalam arti sempit di maknakan sebagai penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara berurut baik dari pada ataupun dari luar dengan tujuan menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian ataupun menyeluruh. Definisi tata usaha secara sempit ini lebih dikenal dengan istilah Tata Usaha.

  1. Menurut WH Evans

Menurut WH Evans Administrasi adalah fungsi yang mengikutsertakan manajemen dan pengarahan semua bagian operasi perusahaan berkenaan pengolahan materi keterangan, komunikasi, dan ingatan organisasi.

  1. Menurut Arthur Grager

Menurut Arthur Grager Administrasi ialah fungsi tata penyediaan kepada komunikasi dan pelayanan surat suatu organisasi.

  1. Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson

Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson Administrasi ialah cabang ilmu manajemen yang terlibat dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan itu wajib dilaksanakan.

  1. Menurut George Terry

Menururt  George Terry Administrasi adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melakukannya supaya mencapai tujuan yang telah distabilkan. 

Tujuan Administrasi

Tujuan Administrasi
Tujuan Administrasi
  1. supaya seorang usaha bisa memantau kegiatan tata usaha perusahaannya.
  2. supaya seorang pelaksana usaha bisa menilai kegiatan-kegiatan pengorganisasian perusahaan.
  3. supaya seorang pelaksana usaha bisa menyusun program peningkatan usaha dan kegiatan pengorganisasian.
  4. supaya seorang pelaksana usaha bisa mengamankan kegiatan-kegiatan usaha dan organisasi perusahaan.

Baca Juga : ADMINISTRASI NEGARA : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkup [LENGKAP]

Fungsi Administrasi

Fungsi Administrasi
Fungsi Administrasi

1. Planning (Perencanaan)

Planning merupakan sebuah penyusunan perencana yang membutuhkan sebuah aktivitas administrasi, misalnya dalam pengumpulan data, pengolahan data, dan penyusunan perencanaan.

2. Organizing (pengorganisasian)

Organizing merupakan suatu kegiatan menyusun dan membangun suatu komunikasi kerja antara anggota-anggota sehingga akan tercapai suatu kesatuan usaha untuk mencapai suatu tujuan-tujuan yang sudah ditargetkan.

3. Coordinating

Coordinating merupakan sebagian dari fungsi manajemen yang melakukan sejumlah kegiatan agar berjalan baik dengan menjauhi terjadinya suatu kekacauan, bentrok, kekosongan aktivitas yang dilaksanakan dengan menghubungkan, menyatukan dan menyesuaikan suatu pekerjaan bawahan yang sehingga terdapat kerjasama yang terencana dalam suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

4. Reporting

Reporting merupakan manajemen yang berada pada suatu penyampaian perkembangan atau hasil dari suatu kegiatan dengan pemberian sebuah laporan dari tugas dan fungsi para pejabat yang lebih tinggi baik lisan ataupun tulisan yang sehingga dalam menerima suatu laporan dapat mendapatkan gambaran tentang pelakasanaan tugas orang yang memberi laporan.

5. Budgeting

Budgeting adalah suatu aktivitas yang mengelola dan perencanaan yang berkepanjangan yang berhubungan dengan keuangan atau anggaran.

6. Staffing

Staffing adalah salah satu fungsi dari manajemen yang menyusun personalia pada sebuah organiasi mulai dari merekrut sebuah tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha untuk setiap tenaga petugas memberi suatu daya guna yang maksimal kepada organisasi.

7. Directing (pengarahan atau bimbingan)

Directing merupakan salah satu fungsi manajemen yang bertugas berinteraksi dengan usaha memberikan bimbingan,arahan, saran, perintah-perintah, untuk tugas yang dilakukan dengan baik dan benar-benar tertuju dari yang sudah ditentukan semula.

Unsur – Unsur Administrasi

Unsur - Unsur Administrasi
Unsur – Unsur Administrasi

Unsur –Unsur Administrasi Secara Umum

  • Organisasi

Tempat dimana kegiatan administrasi dilakukan. Dalam bisnis, orang-orang yang bekerja di dalamnya akan dihimpun mejadi sebuah wadah.

  • Manajemen

Alat utama pelaksanaan administrasi. Ada pengatur, penggerak, manajer dan tenaga operasional. Didalam manajemen ini masih dibagi menjadi tiga kelompok yakni, top management, middle management dan lower management (mandor).

  • Komunikasi

Administrasi juga mengatur pola komunikasi antar departemen. Misalnya melalui surat atau warta.

  • Kepegawaian

Ini berkaitan dengan penggunaan ternaga kerja. Dalam administrasi ada proses yang saling berhubungan, yaitu; penerimaan, penempatan, pendayagunaan dan pemberhentian kerja.

  • Keuangan

Ini bersangkutan dengan pembiayaan kontrak kerjasama mulai dari trik memperoleh anggaran hingga pertanggungjawabannya.

  • Perbekalan

Berhubungan dengan pengadaan barang, penyimpanan dan penyingkiran. Pihak tata usaha tentu menyisir mana barang yang dibutuhkan untuk kerja dan tidak.

  • Tata Usaha

Meliputi kegiatan pencatatan, penyimpanan dan pengiriman.

  • Hubungan Masyarakat

Administrasi tentu menciptakan peraturan bagaimana berkaitan dengan masyarakat terutama konsumen.

 

Unsur tata usaha berdasarkan The Liang Gie:

  1. Unsur statis:

  • Organisasi
  • Manajemen
  • Komunikasi
  • Informasi
  • Personalia
  • Finansia
  • Materia
  • Relasi Publik
  1. Unsur dinamis:

  • Tata keragaan
  • Tata pimpinan
  • Tata hubungan
  • Tata keterangan
  • Tata kepegawaian
  • Tata keuangan
  • Tata perbekalan
  • Tata humas

Ciri – Ciri Administrasi

Ciri-Ciri Administrasi
Ciri-Ciri Administrasi

Adapun ciri-ciri tata usaha yang diantaranya yaitu:

  • Ada kelompok manusia yang tersusun dari 2 individu ataupun lebih.
  • Ada kerja sama.
  • Ada proses ataupun usaha.
  • Ada bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan.
  • Mempunyai tujuan.

 

Jenis – Jenis Administrasi

Jenis-Jenis Administrasi
Jenis-Jenis Administrasi

Dalam perkembangannya sistem tata usaha ini terbagi sebagai beberapa bagian yang disesuaikan dengan materi yang dijadikan pokok kajian. Beberapa jenis tata usaha tersebut antara lain:

1. Administrasi Publik

Dalam tata usaha publik pokok kajian yang dibahas adalah tiga komponen penting pada sebuah negara. Ketiga komponen tersebut yakni lembaga legislatif, eksekutif serta yudikatif. pada kajiannya, tata usaha publik mengaitkan ketiga komponen penting negara tersebut dengan beberapa peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan publik, tujuan negara serta etika yang sebagai anutan penyelenggara negara.

Awal mula kemunculan konsep tata usaha publik ini adalah gagasan dari sebuah essai yang dibuat oleh Woodrow Wilson yang judulnya Intoduction To Study Administrasi. pada pelaksanaannya tata usaha publik ini tentu selalu berkaitan dengan birokrasi, termasuk pada peraturan dan pelaksana peraturan tersebut.

2. Administrasi Pembangunan

Merupakan sistem tata usaha yang dibuat untuk membuat pengendalian usaha oleh pemerintah. Tujuannya adalah untuk meralisasikan pertumbuhan yang telah direncanakan pada suatu kondisi yang lebih baik serta maju pada beberapa aspek.

Sistem tata usaha pembangunan ini mulai muncul saat terjadinya perang dunia II, dimana pada masa itu semua negara di dunia membutuhkan sebuah sistem untuk bisa menciptakan pembangunan negara mereka sesudah berakhirnya perang yang melibatkan nyaris semua negara yang terdapat didunia.

Namun beberapa pakar berpendapat, bahwa adanya Rencana Marshall dari Amerikan ialah salah satu motivasi penting terciptanya konsep tata usaha pembangunan ini. Marshal Plan ini ialah sebuah program dari negara yang memenangkan peperangan untuk membantu negara yang hancur dan mengalami kekalahan pada masa perang dunia II tersebut.

3. Administrasi Lingkungan

Merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pemerintah dan masyarakat yang tujuannya untuk mewujudkan wawasan kawasan serta tanpa mengesampingkan kualitas manusia dan lingkungan.

Baca Juga : ADMINISTRASI PUBLIK : Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Etika [LENGKAP]

Nah, itulah penjelasan mengenai Tujuan Administrasi yang meliputi, Pengertian Administrasi, Administrasi Menurut Para Ahli, Tujuan Administrasi, Fungsi Administrasi, Unsur-Unsur Administrasi, Ciri-Ciri Administrasi & Jenis-Jenis Administrasi yang harus kalian ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tujuan Administrasi

 

Leave a Comment