11
50

Tujuan Komunikasi : Pengertian, Fungsi, Syarat & Jenis [ LENGKAP ]

Tujuan Komunikasi – Secara harafiah, definisi komunikasi merupakan hubungan antara 2 orang ataupun lebih untuk menyampaikan suatu pesan ataupun informasi. Komunikasi secara umum bertujuan untuk memberikan wawasan kepada orang lain. Dibawah ini akan dijelaskan secara rinci tentang Tujuan Komunikasi. Simak dengan seksama!

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Apa itu komunikasi? Pengertian Komunikasi merupakan suatu kegiatan penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya. umumnya kegiatan komunikasi ini diusahakan secara verbal ataupun lisan sehingga menggampangkan kedua belah pihak untuk saling mengerti.

Komunikasi yang baik merupakan komunikasi yang bisa dimengerti dan diterima oleh orang lain. Selain dengan cara verbal, komunikasi juga bisa diusahakan dengan bahasa tubuh ataupun menggunakan gesture untuk tujuan tertentu.

Dalam sebuah organisasi ataupun bisnis, komunikasi mempunyai peranan paling penting karena ialah bentuk koordinasi antar anggota ataupun tim untuk menyampaikan ide dan gagasan. pada artikel ini tentu dibahas lebih pada berkenaan pengertian komunikasi dan peranannya pada bisnis.

 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Tujuan Komunikasi

Tujuan Komunikasi

Agar lebih memahami apa arti komunikasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini pengertian komunikasi yang pernah dijelaskan oleh beberap ahli:

1. Everett M. Rogers

Menurut  Everett M. Rogers, pengertian komunikasi adalah proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu penerima atau lebih dengan tujuan agar mengubah tingkah laku.

2. James A. F. Stoner

Menurut James A. F. Stoner, pengertian komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

3. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaya,Pengertian Komunikasi adalah hubungan kontak antara individu maupun kelompok.

4. Anderson

Menurut Anderson, pengertian Komunikasi adalah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis serta konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.

5. Lexicographer

Menurut Lexicographer, definisi komunikasi adalah upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang ingin diinginkan kedua beluah pihak akan tercapai bila mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentang informasi yang saling ditransfer.

6. Aristoteles

Menurut Aristoteles, pengertian komunikasi adalah usaha yang berguna sebagai alat warga masyarakat dalam berperan dalam demokrasi.

7. Hoben

Menurut Hoben, pengertian komunikasi adalah suatu proses transfer pemikiran maupun ide dan gagasan yang dikeluarkan secara lisan.

8. Redi Panuju

Menurut Redi Panuju, pengertian Komunikasi adalah arus sistem yang melekat serta kinerja antar bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan suatu keharmonisan.

9. Murphy & Mendelson

Menurut Murphy & Mendelson, pengertian komunikasi adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk mempertahankan dan menjalin hubungan interpersonal.

10. Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid, pengertian komunikasi adalah sebuah tahapan dimana dua orang atau lebih saling bertukar informasi satu sama lain, yang pada pokoknya akan muncul dan saling pengertian yang bersifat mendalam.

11. Shannon dan Weaver

Menurut Shannon dan Weaver, pengertian Komunikasi adalah wujud interaksi manusia yang keduanya ada ikatan dan saling mempengaruhi satu sama lain, baik sengaja atau tidak sengaja.

Komunkikasi tidak hanya dalam bentuk verbal saja, namun termasuk ekspresi muka, teknologi dan lukisan seni.

12. Raymond S. Ross

Menurut Raymond S. Ross, pengertian Komunikasi adalah sebuah proses menyaring, memilah, dan memberikan berbagai simbol dalam bentuk sedemikian rupa yang mana dapat memudahkan penyimak membangkitkan arti maupun respom dari fikiran yang sama dengan yang dikehendaki komunikator.

13. William Albig

Menurut William Albig, pengertian komunikasi adalah rangkaian tahapan transfer kata yang mempunyai makna yang dilakukan oleh antar individu ataupun lebih.

14. William I. Gordon

Menurut William I. Gordon, pengertian komunikasi adalah sebuah pertukaran dinamis yang meliputi perasaan serta gagasan.

15. Djenamar SH

Menurut Djenamar SH, pengertian komunikasi adalah seni dalam menyampaikan gagasan, informasi, yang dilakukan seseorang terhadap orang lain.

16. William F. Glueck

Menurut William F. Glueck, definisi komunikasi bisa dibagi menjadi dengan dua bentuk, diantaranya:

  • Komunikasi Antar Pribadi

Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal communications) adalah proses saling bertukar informasi dan pemindahan pengertian antara dua individu atau lebih dalam suatu kelompok kecil manusia.

  • Komunikasi Dalam Organisasi

Komunikasi Dalam Organisasi (Organization Communications) adalah proses dimana pembicara memberikan informasi secara rinci dan sistematis serta memindahkan pengertian kepada orang-orang di dalam organisasi dan juga kepada orang-orang dan lembaga-lembaga di luar organisasi, akan tetapimasih terikat dengan organisasi tersebut.

Fungsi Komunikasi

Fungsi Komunikasi

Fungsi Komunikasi

Sebenarnya ada banyak sekali fungsi komunikasi yang bisa dirasakan manusia, baik itu secara individu maupun secara organisasi. Berikut ini adalah beberapa fungsi komunikasi secara umum:

1. Sebagai Alat Kendali

Fungsi komunikasi yang pertama adalah sebagai alat kendali atau kontrol. Dalam hal ini alat kendali berarti dengan komunikasi maka perilaku individu dapat dikontrol dengan penyampaian aturan yang harus dipatuhi.

2. Sebagai Alat Motivasi

Komunikasi yang baik dan persuasif bisa meningkatkan motivasi seseorang dalam melakukan sesuatu. Menyampaikan informasi yang bisa diraih dalam kehidupan akan membangun motivasi seseorang.

3. Sebagai Ungkapan Emosional

Berbagai perasaan yang ada di dalam diri seseorang dapat diungkapkan kepada orang lain dengan cara berkomunikasi. Emosi ini bisa persaan senang, marah, kecewa, gembira, dan lain-lain.

4. Sebagai Alat Komunikasi

Dengan berkomunikasi maka kita bisa memberikan informasi yang diperlukan oleh orang lain atau kelompok sehingga dengan informasi itu maka proses pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan baik.

Tujuan Komunikasi

Tujuan Komunikasi

Tujuan Komunikasi

Semua aktivitas komunikasi dilakukan dengan tujuan tertentu. Tujuan komunikasi secara umum diantaranya adalah:

1. Menemukan

Tujuan komunikasi yang paling dasar adalah menemukan, maksudnya menemukan sesuatu yang kita butuhkan berkomunikasi. Entah menemukan jati diri, menemukan informasi yang penting, dan semacamnya.

Melalui komunikasi kita akan belajar memahami bagaimana diri kita dan orang yang kita ajak bicara. Dengan terjalinnya suatu komunikasi kita jadi tahu informasi yang sebelumnya tidak kita ketahui misalnya letak suatu cafe atau resto yang bagus, jadwal olahraga, letak tempat-tempat hiburan yang bisa kita datangi, dan informasi lainnya.

2. Menjaga Hubungan Baik

Komunikasi terjadi antara dua orang atau lebih sehingga muncul adanya suatu hubungan baru yang terjalin saat berkomunikasi. Contohnya saja jika anda berkomunikasi dengan keluarga yang letak rumahnya berjauhan maka akan meningkatkan kedekatan hubungan anda.

Jika anda sedang berada di suatu perjalanan, tidak akan ada percakapan atau perkenalan jika tidak dimulai dengan komunikasi. Namun, agar tujuan ini berjalan dengan lancar, anda harus menghindari miss komunikasi, kesalahpahaman, dan lain-lain antar dua belah pihak atau lebih.

3. Meyakinkan

Komunikasi juga diusahakan dalam usaha untuk meyakinkan seseorang tentu pesan yang kita sampaikan contohnya saja sebuah media massa yang berupaya meyakinkan kita untuk membeli produk yang mereka iklankan.

Cara meyakinkan konsumen ini sebenarnya sengaja diusahakan oleh penjual untuk memperoleh profit dari hasil penjualan produk tersebut. Contoh lainnya yakni seorang guru yang menyampaikan pesan kepada muridnya untuk meyakinkan mereka mengenai kebenaran terhadap apa yang Guru ajarkan ataupun sampaikan.

4. Mendapat Hiburan

Hiburan paling penting kita dapatkan saat perasaan ataupun pikiran sedang dalam keadaan tidak baik, hiburan ini bisa anda dapatkan dari terjalinnya sebuah komunikasi. contohnya dengan menjalin komunikasi dengan teman, sahabat ataupun keluarga dengan trik bersenda gurau ataupun mencurahkan hati. Kita juga bisa membicarakan banyak hal yang menyenangkan dengan mereka contohnya membicarakan berkenaan hobi masing-masing, berkenaan film, berkenaan musik, dan lain sebagainya.

5. Memberikan Informasi Penting

Tujuan komunikasi lainnya yakni untuk memberikan suatu informasi yang penting baik kepada pribadi ataupun personal ataupun kepada khalayak ramai. Informasi penting tersebut isinya bisa bermacam-macam contohnya saat kita memberitahu teman/sahabat agenda ulang tahun ataupun pernikahan kita. Sedangkan informasi yang kita berikan terhadap orang banyak contohnya berkenaan jadwal gotong royong di suatu daerah tempat tinggal.

6. Mendidik

Mendidik di sini bermaksud untuk menggerakkan orang lain untuk membuat sesuatu contohnya membuat suatu kegiatan positif. pada hal ini komunikator wajib mempunyai trik yang baik dan benar dalam mendorong orang lain membuat sesuatu yang bermanfaat, dan bagaimana setiap komunikan menerima pesan tersebut sehingga mau membuat kegiatan yang diusulkan ataupun diminta oleh komunikator.

7. Mengubah Opini Masyarakat

Dalam mengubah pandangan ataupun opini seseorang sebenarnya menjadi hal yang lebih kurang sulit dalam berkomunikasi. Karena tidak setiap orang bisa menerima opini ataupun pendapat yang berlainan dari yang mereka miliki. akan tetapi inilah yang dinamakan tujuan dalam berkomunikasi, yakni bisa menyamakan pendapat ataupun mengubah opini yang telah terlanjur muncul di masyarakat. Tugas seorang komunikator dalam mengubah opini ataupun pandangan yang salah dalam masyarakat wajib diusahakan dengan hati-hati supaya tidak mengakibatkan kecurigaan ataupun rasa tersinggung dari komunikan.

  • Agar setiap gagasan diterima dengan baik

Pesan, informasi, ide ataupun gagasan yang dilontarkan oleh setiap komunikator tentunya wajib diterima dengan baik juga oleh si penerima pesan. apabila butuh seorang komunikator wajib memberikan pendekatan persuasive kepada orang-orang ataupun masyarakat yang menerima pesan tersebut. supaya pesan itu tidak terkesan memaksakan kehendak maka trik penyampaian pun wajib diusahakan dengan baik dan benar dan diusahakan dengan cara-cara yang baik.

  • Pesan yang diterima wajib dipahami dengan baik

Tidak semua pesan yang kita sampaikan tentu diterima dengan baik oleh para komunikan, hal itu dikarenakan trik berpikir setiap orang berbeda-beda. Maka sebagai komunikator, sampaikanlah pesan dengan sebaik-baiknya, detail dan sampai tuntas. Sampai komunikan menerima, mengerti, dan mengolah pesan yang telah disampaikan oleh seorang komunikator. Selain itu komunikator juga wajib memahami dengan baik orang yang diajak bicara, pahami keinginan ataupun keinginan masyarakat yang  sebenarnya pesan bisa dipaparkan dengan trik yang mereka inginkan.

Syarat – Syarat Komunikasi

Tujuan Komunikasi

Tujuan Komunikasi

Meskipun kelihatannya mudah dipahami, akan tetapi komunikasi mempunyai syarat-syarat tertentu yang wajib dipenuhi supaya timbul suatu komunikasi. Syarat-syarat komunikasi tersebut adalah:

1. Sumber (Source)

Yang dimaksud dengan sumber (source) merupakan dasar pada penyampaian informasi/ pesan yang tujuannya untuk memperkuat isi pesan tersebut. Beberapa sumber komunikasi contohnya buku, lembaga, orang yang dinilai ahli, Google, dan lain sebagainya.

2. Komunikator

Komunikator merupakan pelaku yang menyampaikan pesan kepada pihak lain. Pelaku penyampai informasi ini bisa seorang individu (penulis, pembicara, blogger, dan lain-lain), bisa dalam bentuk kelompok, ataupun organisasi komunikasi (radio, TV, surat kabar, majalah, dan lain-lain).

3. Komunikan

Komunikan merupakan pihak yang menerima pesan ataupun informasi dari komunikator. Pelaku penerima informasi ini bisa seorang individu ataupun organisasi.

4. Pesan

Pesan merupakan keseluruhan informasi yang disampaikan oleh komunikator. Sebuah pesan mempunyai tema penting menjadi pengarah dalam usaha untuk mengubah sikap dan perilaku orang lain. Komunikasi yang baik merupakan yang mempunyai pesan untuk diterima oleh pihak lain yang berkaitan.

5. Saluran (Kanal)

Saluran ataupun kanal merupakan media yang dipakai oleh komunikator untuk menyampaikan pesannya kepada pihak lain. Kanal ini bisa formal ataupun informal.

6. Hasil (Effect)

Effect merupakan hasil ujung dari komunikasi dimana bentuknya merupakan perubahan perilaku dan sikap dari komunikan. Perubahan tersebut bisa sesuai harapan ataupun tidak sesuai dengan harapan komunikator.

Macam – Macam Komunikasi

Tujuan Komunikasi

Tujuan Komunikasi

Ada beberapa jenis komunikasi yang bisa kita temukan sehari-hari. Berikut ini merupakan jenis-jenis komunikasi:

1. Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampaiannya

  • Komunikasi Verbal (Lisan)

Pengertian komunikasi lisan merupakan komunikasi yang terjalin secara langsung tanpa adanya jarak yang berarti. Contoh komunikasi lisan misalnya; meeting dengan klien, wawancara kerja, ataupun 2 orang yang sedang berbicara.

Komunikasi lisan bisa juga terjadi secara jarak jauh. contohnya pembicaraan menggunakan teleconference, berbicara menggunakan telepon, dan video call.

  • Komunikasi Tertulis

Saat ini komunikasi dengan tertulis umumnya diusahakan melalu pelaksanaan ataupun media teknologi. Misalnya; mengirim pesan menggunakan email, chatting menggunakan pelaksanaan WhatssApp/ BBM/ Facebook Messenger.

2. Komunikasi Berdasarkan Maksud

Komunikasi bisa juga dibedakan berlandaskan maksud dari komunikator. Kemauan dari komunikator ialah sebab penting dalam proses penyampaian pesan.

Beberapa jenis komunikasi berlandaskan maksud diantaranya adalah:

  • Pidato
  • Pemberian saran ataupun kritik
  • Memberikan perintah
  • Memberikan ceramah
  • Wawancara

3. Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Selanjutnya, komunikasi bisa juga dibedakan berlandaskan ruang lingkupnya, diantaranya adalah:

  • Komunikasi Internal

Ini ialah jenis hubungan yang berada pada batas ruang lingkup organisasi dimana hubungan cuma terjadi antar individu di dalam organisasi itu saja.

Komunikasi internal ini bisa dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:

Komunikasi vertikal; perintah atasan, teguran, arahan, dan lainnya.

Komunikasi horizontal; diskusi ataupun bertukar pikiran antar anggota organisasi yang posisinya sama.

  • Komunikasi Eksternal

Ini ialah jenis komunikasi yang diusahakan sebuah organisasi kepada publik, contohnya jumpa pers, pameran dan publikasi, program TV dan Radio, abdi sosial.

4. Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi

Dalam komunikasi ditemukan beberapa arah pada penyampaiannya, diantaranya adalah:

  • Komunikasi satu arah; yakni komunikasi yang tiba dari satu pihak, contohnya guru dan murid.
  • Komunikasi 2 arah; yakni komunikasi yang sifatnya 2 arah dimana 2 individu saling memberikan pesan dan feedback satu dengan yang lain.
  • Komunikasi ke atas; yakni komunikasi yang datang dari bawah ke atas, contohnya informasi yang di sampaikan bawahan kepada atasan.
  • Komunikasi ke samping; yakni komunikasi yang tercipta karena adanya keselarasan kedudukan, ataupun komunikasi antara 2 individu yang posisinya sejajar.

Nah, itulah penjelasan mengenai Tujuan Komunikasi yang meliputi, Pengertian Komunikasi, Tujuan Komunikasi, Fungsi Komunikasi, Syarat – Syarat Komunikasi & Macam – Macam Komunikasi yang perlu kalian ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tujuan Komunikasi

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply