TUJUAN ORGANISASI  : Pengertian, Struktur, Unsur & Ciri [LENGKAP]

TUJUAN ORGANISASI : Pengertian, Struktur, Unsur & Ciri [LENGKAP]

Tujuan Organisasi – Pada umumnya organisasi akan memanfaatkan berbagai sumber daya tertentu dalam rangka untuk mencapai tujuan, seperti; uang, mesin, metode/ cara, lingkungan, sumber daya manusia, dan sumber daya lainnya, yang dilakukan secara sistematis, rasional, dan terkendali.

Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi
Pengertian Organisasi

Pengertian organisasi adalah sebuah wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Pengertian organisasi dalam dunia bisnis adalah sekelompok orang atau kelompok yang bersatu bersama-sama demi mencapai tujuan yang komersil. Layaknya organisasi non-profit, dalam dunia binis istilah ini juga memiliki struktur yang jelas dan sudah memiliki budaya kerja. Oleh karena itu, beda organisasi akan beda juga struktur dan tujuan yang dicapai.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Tujuan Organisasi
Tujuan Organisasi

Agar lebih memahami apa arti organisasi, maka kita perlu merujuk pada pendapat para ahli. Beberapa ahli pernah menjelaskan definisi organisasi, diantaranya adalah:

1. Stoner

Menurut pendapat Stoner pengertian organisasi adalah sebuah pola hubungan-hubungan melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan untuk mencapai tujuan bersama

2. Stephen P. Robbins

Menurut pendapat Stephen P. Robbins pengertian organisasi merupakan kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif mampu diidentifikasi, yang bekerja terhadap dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama ataupun sekelompok tujuan tersebut.

3. James D. Mooney

Menurut pendapat James D. Mooney pengertian organisasi merupakan bentuk setiap perserikatan manusia untuk mewujudkan tujuan bersama.

4. Chester I. Bernard

Menurut pendapat Chester I. Bernard definisi organisasi merupakan suatu sistem kegiatan kerja sama yang diusahakan oleh 2 orang ataupun lebih.

5. Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan

Menurut pendapat Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan pengertian organisasi merupakan sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan berbagai kegiatan yang dibutuhkan untuk meraih tujuan bersama.

6. Max Weber

Menurut pendapat Max Weber pengertian organisasi merupakan suatu kerangka hubungan terstruktur yang dimana didalamnya ditemukan wewenang, dan tanggung jawab serta pembagian kerja menjalankan sesuatu fungsi tertentu.

7. Prof. Dr. Sondang P. Siagian

Menurut pendapat Siagian pengertian organisasi merupakan setiap bentuk persekutuan antara 2 orang / lebih yang saling bekerjasama serta terikat secara formal dalam rangka membuat pencapaian tujuan yang telah ditentukan dalam hubungan yang terdapat terhadap seseorang ataupun beberap orang yang dikenal sebagai kepala dan seorang ataupun kelompok orang yang dikenal sebagai bawahan.

8. Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Menurut pendapat Paul Preston dan Thomas Zimmerer organisasi merupakan suatu kumpulan orang yang telah disusun dalam sebuah kelompok-kelompok yang saling bekerjasama dalam mencapai tujuan secara bersama.

9. Philip Slznic

Menurut pendapat Philip Slznic pengertian organisasi merupakan suatu peraturan personil berguna untuk mempermudah dalam membuat pencapaian dari beberapa tujuan yang telah ditetapkan lewat alokasi tanggung jawab dan fungsi ataupun Through the allocation of functionss and responsibilites.

10. Thompson

Menurut pendapat Thompson pengertian organisasi merupakan suatu perpaduan antara beberapa anggota khusus yang paling impersonal dan rasional yang saling bekerjasama (koperasi) dalam mencapai berbagai tujuan yang khusus yang telah diumumkan.

Tujuan Organisasi

Tujuan Organisasi
Tujuan Organisasi

Mengacu pada pengertian organisasi, tujuan organisasi tidak cuma fokus terhadap tercapainya visi dan misi perusahaan saja, akan tetapi juga peningkatan penghasilan yang melebihi biaya produksi. Ini yang membedakan organisasi profit dan non-porift.

Secara umum, beberapa tujuan organisasi merupakan sebagai berikut ini:

  • Sebagai wadah untuk bersama-sama mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
  • Meningkatkan kemampuan, kemandirian, dan sumberdaya yang dimiliki.
  • Sebagai wadah bagi individu-individu yang ingin memiliki jabatan, penghargaan, dan pembagian kerja.
  • Sebagai wadah untuk mencari keuntungan secara bersama-sama.
  • Organisasi berperan dalam pengelolaan lingkungan secara bersama-sama.
  • Organisasi dapat membantun individu-individu untuk menambah pergaulan dan memanfaatkan waktu luang dengan baik.
  • Sebagai wadah untuk memiliki kekuasaan dan pengawasan.

Tujuan organisasi secara umum dibagi menjadi tiga, diantarnya:

1. Tujuan Organisasi Jangka Pendek

Ini merupakan tujuan organisasi yang harsu tercapai dalam waktu cepat dan berkala, biasanya dalam enam bulan hingga satu tahun. Tujuan organisasi jangka pendek ini nantinya menjadi acuan untuk mencapai tujuan jangka menengah dan jangka panjang.

Periode waktu tujuan janka pendek ini disesuaikan dengan periode keuangan sebuah organisasi, biasanya per enam bulan atau per tahun. Biasanya disebut dengan tujuan operasional.

Contoh: Peningkatan omset sebesar 30% dalam waktu enam bulan.

2. Tujuan Organisasi Jangka Menengah

Ini merupakan tujuan organisasi yang harus tercapai dalam waktu menengah atau lebih lama dari tujuang jangka pendek. Periode waktu pencapaian jangka menengah ini adalah satu tahun hingga tiga tahun.

Tujuan organisasi jangka menengah ini merupakan rangkaian pencapaian tujuan organisasi jangka pendek. Biasa disebut dengan tujuan taktis.

Contoh: Peningkatan pangsa pasar sebesar 20% dalam waktu satu tahun.

3. Tujuan Organisasi Jangka Panjang

Selanjutnya yaitu tujuan atau hasil akhir yang ingin diraih oleh sebuah organisasi yang bisa terealisasi setelah melakukan misi organisasi.

Periode waktunya adalah 3 tahun hingga 5 tahun. Tujuan jangka panjang ini dapat diraih bila berhasil mencapai tujuan jangka menengah. Biasanya disebut dengan tujuan strategis.

Contoh: Menjadi market leader di bisnis waralaba makanan dalam waktu 5 tahun.

Fungsi Dari Tujuan Organisasi

Tujuan Organisasi
Tujuan Organisasi

Setelah mengetahui seberapa pentingnya tujuan dalam sebuah organisasi. Anda juga perlu tahu bahwa tujuan-tujuan tersebut memiliki fungsi. Apa saja fungsi tujuan organisasi? Simak ulasan singkat berikut ini!

1. Fungsi Pedoman

Tujuan Organisasi  sebagai pedoman menandakan bahwa tujuan tersebut adalah panduan bagi anggota dalam mengadakan kegiatan-kegiatan yang menyalurkan usaha mereka dalam mewujudkan tujuan. Sebagai pedoman, tujuan yang telah ditetapkan oleh anggota sebuah organisasi akan membantu memberikan arahan tentang  apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Layaknya pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia.

2. Fungsi Legitimasi

Tujuan organisasi secara umum juga menyangkut legitimasi. Setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh sebuah organisasi, harus ada keterangan sumber legitimasi yang melindunginya. Maksudnya, tujuan organisasi akan menjadi sumber pembenaran bagi kegiatan-kegiatan yang dilakukan, sehingga organisasi mampu mengumpulkan dukungan dan pengakuan dari lingkungan di sekitarnya.

3. Fungsi Standarisasi

Setiap pelaksanaan kegiatan organisasi, pasti terdapat standar yang mnegatur pelaksanaan tersebut. Hal ini disebutkan, saat tujuan organisasitelah disepakati dan disahkan, maka organisasi tentu mudah mengukur presentase keberhasilan. Presentase keberhasilan tersebut dihitung sambil melihat apakah hasil kegiatannya sesuai dengan standar ataupun justru sama sekali tidak berjalan sesuai standar.

4. Fungsi Motivasi

Tujuan organisasi berdasarkan para ahli juga bisa sebagai motivasi. Setiap anggota dalam sebuah organisasi pastinya memerlukan  motivasi supaya bisa melanjutkan kegiatan hingga mencapai tujuan yang selama ini dicita-citakan bersama. Lalu, bagaimana tujuan organisasi bisa memotivasi? Demi mencapai tujuan, sebuah organisasi umumnya memberikan bonus bagi anggota yang bisa memenuhi pencapaian tertentu.

5. Fungsi Rasionalisasi

Tujuan organisasi merupakan fondasi sebuah organisasi. Tanpa adanya tujuan, sebuah organisasi tentu bergerak tanpa arah yang pasti. Di dalam sebuah badan, tujuan organisasi bergerak bersamaan dengan struktur organisasi yang telah dibuat dan sudah ditetapkan. Mereka berinteraksi dalam mencapai tujuan, menggunakan sumber upaya manusia, dan mengimplementasikan unsur-unsur organisasi, seperti komunikasi, pengawasan dan lain-lain.

Ciri-Ciri Organisasi

Ciri-Ciri Organisasi
Ciri-Ciri Organisasi

Berdasarkan terhadap pengertian organisasi dan tujuannya, maka kita bisa mengetahui ciri-ciri organisasi tersebut. Beberapa ciri organisasi diantaranya adalah:

1. Terdiri Dari Sekelompok Orang

Sebuah organisasi pasti mempunyai anggota yang terdiri dari 2 orang ataupun lebih.

2. Mempunyai Tujuan

Alasan mengapa beberapa orang bekerjasama membentuk organisasi merupakan karena mempunyai tujuan bersama yang hendak diwujudkan. Dengan adanya tujuan tersebut, para anggota organisasi tentu saling bahu membahu dalam membuat usaha untuk mencapai tujuan.

3. Saling Bekerja Sama

Untuk mencapai tujuan organisasi maka para anggotanya wajib saling bekerjasama. Tanpa adanya kerjasama antar anggota organisasi maka tujuan tidak bisa tercapai secara efektif dan efisien.

4. Adanya Peraturan

Setiap organisasi pasti mempunyai peraturan masing-masing. Peraturan ini bertujuan untuk mengerjakan dan membatasi sumberdaya yang dimiliki supaya saling bersinergi pada proses pencapaian tujuan dan menciptakan manajemen yang baik dalam organisasi.

5. Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab

Dengan adanya peraturan pasti wajib disertai dengan pembagian tugas dan tanggungjawab yang jelas terhadap setiap anggota organisasi. Pembagian tugas tersebut bisa diusahakan dengan pembentukan beberapa divisi yang bertanggungjawab terhadap beberapa tugas dan tanggungjawab.

Unsur-Unsur Organisasi

Unsur Unsur Organisasi
Unsur Unsur Organisasi

Agar sebuah organisasi berjalan dengan baik, maka wajib ditemukan beberapa unsur penting di dalamnya. Berikut ini merupakan unsur-unsur organisasi secara umum:

1. Personil (Man)

Ini merupakan unsur terpenting di dalam sebuah organisasi dimana masing-masing personil mempunyai tingkatan dan fungsi tersendiri.

2. Kerjasama (Team Work)

Organisasi cuma bisa mencapai tujuan bersama bila para anggotanya membuat tugas dan tanggungjawab secara bersama-sama.

3. Tujuan Bersama

Ini merupakan sasaran yang hendak dicapai oleh sebuah organisasi, baik dari sisi prosedur, program, pola, hingga hasil ujung dari pekerjaan organisasi tersebut.

4. Peralatan (Equipment)

Untuk mencapai tujuan dibutuhkan media dan prasarana berupa kelengkapan sebuah organisasi, seperti; kantor/ gedung, material, uang, sumber upaya manusia, dan lainnya.

5. Lingkungan (Environment)

Faktor lingkungan juga paling berpengaruh terhadap sebuah organisasi. contohnya sosial budaya, kebijakan, anggaran, peraturan, dan kondisi ekonomi.

6. Sumber Upaya Alam

Selain lingkungan, sumber upaya alam juga ialah unsur penting yang wajib terpenuhi supaya organisasi berjalan dengan baik. Beberapa semisal adalah; air, keadaan iklim, kondisi tanah, cuaca, tanaman dan fauna.

Bentuk-Bentuk Organisasi

Tujuan Organisasi
Tujuan Organisasi

Untuk lebih memahami pengertian organisasi, kita juga butuh melihat bentuk-bentuk organisasi yang terdapat di masyarakat. Beberapa bentuk organisasi tersebut diantaranya adalah:

1. Organisasi Politik

Ini ialah organisasi yang bergerak di bidang politik dengan tujuan yang berkaitan dengan politik sebuah daerah ataupun negara. Salah satu semisal merupakan partai politik di Indonesia.

2. Organisasi Sosial

Ini merupakan organisasi yang fokus mengurus soal kemanusiaan, contohnya kesehatan, bencana alam, ekonomi sosial, dan lain-lain. Contoh organisasi sosial merupakan TIM SAR.

3. Organisasi Olah Raga

Organisasi ini merupakan perserikatan cabang olah raga, baik secara umum ataupun khusus di bidang olah raga tertentu. Salah satu semisal merupakan PSSI.

4. Organisasi Agama

Ini merupakan organisasi yang fokus mengurus hal yang berkaitan dengan agama. Tugas utamanya merupakan untuk menyebarkan kebaikan, keharmonisan, dan penyeimbang norma sosial di dalam masyarakat bernegara. Salah satu contoh organisasi kepercayaan merupakan NU (Nahdlatul Ulama).

5. Organisasi Pemuda

Organisasi ini ialah perkumpulan para pemuda untuk menciptakan pergerakan suatu daerah ataupun negara. Salah satu semisal merupakan pergerakan yang diusahakan Budi Utomo pada perjuangan kemerdekaan Indonesia.

6. Organisasi Mahasiswa

Mirip dengan organisasi pemuda, akan tetapi sifatnya lebih ilmiah. Salah satu semisal merupakan BEM.

Manfaat Organisasi

Manfaat Organisasi
Manfaat Organisasi
  • Memudahkan tercapainya tujuan bersama
  • Melatih mental seseorang supaya lebih baik
  • Memudahkan pemecahan masalah
  • Melatih kepemimpinan seseorang
  • Pergaulan sebagai lebih luas
  • Menambah wawasan para anggota organisasi
  • Membentuk karakter seseorang
  • Ajang pembelajaran bagi para anggota

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi

Organisasi formal di masyarakat umumnya terdiri dari Ketua/ pimpinan, bendahara, sekretaris, dan anggota. Bila organisasi tersebut lebih besar, maka tentu terdapat wakit terhadap setiap presidium, contohnya wakil ketua, wakil bendahara, dan seterusnya.

Selanjutnya, struktur organisasi terhadap tiap-tiap perusahaan pasti berkaintan satu dengan yang lainnya. Namun, secara lazim struktur organisasi di perusahaan terdiri dari beberapa tugas sesuai dengan fungsi-fungsi manajerial; seperti direktur komisaris, direktur, manajer, supervisor, konsultan, anggota, dan lainnya.

Macam-Macam Organisasi

Tujuan Organisasi
Tujuan Organisasi

Setelah kalian memahami bahwa tujuan sebuah organisasi juga mempunyai fungsi-fungsi tertentu yang sifatnya penting demi keberlangsungan organisasi tersebut, Anda juga butuh mengetahui berkenaan macam-macam organisasi dan tujuannya.

Ya, organisasi mempunyai banyak jenis, seperti internasional, nasional, politik, dan lain-lain. Setiap jenis organisasi tersebut pasti mempunyai trik mereka sendiri dalam membuat penetapan tujuan organisasi. Nah, mari kita simak ulasannya!

1. Organisasi Internasional

Organisasi yang sifatnya internasional mempunyai tujuan organisasi yang lebih luas cakupannya. Contohnya, terdapat sebuah organisasi internasional khusus untuk pemuda/i yang mempunyai keinginan untuk mengembangkan kemampuan leadership mereka. Tujuan organisasi internasional seperti ini umumnya ditujukan terhadap sasaran yang lebih luas dan tidak terbatas terhadap satu Negara saja.

2. Organisasi Bisnis

Bisnis ialah rangkaian kegiatan pembelian dan penjualan barang ataupun jasa yang diusahakan secara konsisten berulang-ulang. Selain itu, tujuan organisasi usaha yang paling penting merupakan memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

Selain profit, tujuan organisasi yang lain merupakan untuk mengadakan sebuah barang ataupun jasa, menyejahterakan pemilik dan pekerja bisnis, memperkerjakan pengangguran, berpartisipasi pada perkembangan dan pertumbuhan ekonomi bangsa, dan mencari prestasi juga prestise.

3. Organisasi Muhamaddiyah

Organisasi Muhammadiyah didirikan di kota Yogyakarta pada tanggal 18 November tahun 1912. Pendirinya adalah K.H. Ahmad Dahlan. Nama Muhammadiyah sendiri memiliki arti Umat Muhammad. Tujuan organisasi muhammadiyah yaitu untuk mencontoh jejak perjalanan dan perjuangan serta pengabdian Nabi Muhammad SAW.

4. Organisasi Politik

Tujuan organisasi politik ini biasanya dilatarbelakangi oleh semangat para anggotanya untuk menyusun sebuah kekuatan atau strategi baru yang dinilai akan lebih baik dari yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah. Selain itu, tujuan organisasi juga bisa jadi dilatarbelakangi oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi yang menjadi faktor pendorong terbentuknya organisasi politik tersebut. Contohnya, pada tahun 1927, Partai Nasional Indonesia atau PNI lahir karena pertumpahan darah yang diciptakan oleh pemberontakan PKI pada 1926.

5. Organisasi Pergerakan Nasional

Pada zaman penjajahan dulu, banyak sekali partai-pertai yang terbentuk berdasarkan semangat juang untuk melawan kolonial Belanda. Partai-partai ini juga disebut dengan sebagai organisasi pergerakan nasional.

Tujuan organisasi pergerakan nasional meliputi keinginan untuk mengobarkan semangat perjuangan demi membangkitkan kesadaran nasional melawan pemerintahan kolonial Belanda pada masa itu. Salah satu organisasinya adalah organisasi Budi Utomo.

6. Organisasi ASEAN

Tujuan organisasi ASEAN pada umumnya mencakup kesejahteraan anggota-anggotanya. Organisasi ASEAN dibentuk untuk kepentingan Negara-negara yang berada di Asia Tenggara. Berdasarkan kepentingan tersebut akhirnya tujuan organisasi pun terbentuk atas kesepakatan bersama. Tentunya, tujuan ini menguntungkan setiap anggota, tidak hanya satu atau beberapa anggota saja.

7. Organisasi Sekolah

Yang menjadi pembeda antara organisasi sekolah dengan organisasi lainnya diatas adalah cakupan anggotanya. Dikarenakan organisasi sekolah hanya menargetkan siswa-siswi yang bersekolah di tempat tersebut, maka tujuan organisasi sekolah didasari oleh bagaimana kegiatan-kegiatan organisasi tersebut dapat memajukan sekolah dan mengembangkan minat dan bakat para murid.

Contohnya, sebuah organisasi sekolah yang dikhususkan untuk murid yang menyukai bahasa inggris akan menetapkan tujuan organisasi seperti ‘mengembangkan minat dan bakat siswa dalam menggunakan bahasa inggris pada pidato atau membacakan berita’.

8. Organisasi Pendidikan

Selanjutynya organisasi  pendidikan yang pasti berkaitan dengan organisasi sekolah, maka kita perlu sedikit menyinggung mengenai organisasi pendidikan. Salah satu organisasi pendidikan adalah PGRI atau persatuan guru republik Indonesia.

Persatuan ini didirikan dalam ranah pendidikan dengan didasari oleh tujuan organisasi  yaitu keinginan anggotanya untuk sama-sama memperhatikan kesejahteraan guru. Contoh dari tujuan organisasi pendidikan PGRI tersebut yakni ‘menjaga, memelihara, membela, serta meningkatkan harkat dan martabat guru melalui peningkatan kesejarhteraan angora serta kesetiakawanan organisasi’.

Nah, itulah penjelasan mengenai Organisasi yang meliputi, Pengertian Organisasi, Menurut Para Ahli, Fungsi Organisasi, Tujuan Organisasi, Struktur Organisasi, Ciri-Ciri Organisasi, Unsur-Unsur Organisasi, Bentuk-Bentuk Organisasi &Macam-Macam Organisasi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tujuan Organisasi

Leave a Comment