Tujuan Proposal : Pengertian, Fungsi, Unsur & Contoh [LENGKAP]

Tujuan Proposal : Pengertian, Fungsi, Unsur & Contoh [LENGKAP]

Tujuan Proposal – kalian pasti sering mendengar kata proposal. Yak, kali ini akan dibahas mengenai seputar apa saja yang terdapat didalam isi proposal baik itu untuk kegiatan ataupun untuk sponsor. Karna banyak sekali yang belum mengetahui isi dan pengetian dll tentang proposal. Dibawah ini akan dipaparkan tentang proposal. Mari simak dengan seksama!

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal
Pengertian Proposal

Pengertian Proposal merupakan suatu rencana yang dituangkan pada bentuk program kegiatan pada bentuk tulisan dan dipaparkan secara sistematis dan terperinci. Proposal biasanya dijadikan panduan kerja ataupun acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan.

Secara etimologis kata proposal datang dari bahasa Inggris, yakni Propose yang artinya pengajuan/ mengajukan ataupun permohonan. Suatu pihak memberikan proposal untuk menawarkan ide, gagasan, ataupun rencana kepada pihak lain supaya memperoleh dukungan. Dukungan tersebut bisa berupa ijin, persetujuan, dana, dan lain-lain.

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Tujuan Proposal
Tujuan Proposal

Dibawah adalah beberapa Pendapat dari Para Ahli mengenai Proposal, antara lain:

1. Hasnun Anwar

Menurut Hasnun Anwar, pengertian proposal merupakan suatu rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.

2. Jay

Menurut Jay, pengertian proposal merupakan suatu media bantu manajemen standar supaya manajemen organisasi bisa berfungsi secara efektif dan efisien.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian proposal merupakan suatu rencana yang dituangkan pada bentuk program kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuah oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian di arena (field research) ataupun penelitian di perpustakaan (library research).

Tujuan Proposal

Tujuan Proposal
Tujuan Proposal

Secara umum tujuan dibuatnya proposal merupakan untuk memperoleh ijin ataupun persetujuan dari suatu pihak mengenai rencana ataupun program yang tentu dilakukan. Selain itu, proposal juga biasa dibuat untuk permohonan dana/ sponsorship menggunakan kerjasama dengan pihak lain.

Tujuan dari pembuatan proposal merupakan sebagai berikut:

  • Agar mendapatan bantuan dana,
  • Agar memperoleh perizinan suatu acara
  • Agar memperoleh dukungan
  • Agar memperoleh sponsor

Fungsi Proposal

Fungsi Proposal
Fungsi Proposal

Proposal dibuat tentunya terdapat fungsi dan tujuannya, baik bagi pihak pembuat proposal ataupun bagi pihak yang menerima proposal. Berikut ini merupakan beberapa fungsi proposal:

  1. Di bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk membuat penelitian yang berkaitan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.
  2. Di bidang usaha ataupun bisnis, proposal berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi pada mendirikan suatu usaha.
  3. Proposal berfungsi untuk memberikan informasi mendetail berkenaan suatu kegiatan saat mengajukan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan, contohnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lain-lain.
  4. Dalam suatu proyek, proposal berfungsi sebagai dasar membuat tender, baik dari lembaga pemerintah ataupun swasta.

 Sistem Penulisan Proposal

Tujuan Proposal
Tujuan Proposal

Sistem penulisan sebuah proposal merupakan sebagai berikut:

Proposal Penelitian

1. Latar Belakang

Bagian ini memiliki isi pemikiran-pemikiran mengenai permasalahan yang mau diteliti dan alasan-alasan mengapa permasalahan yang dikemukakan pada tulisan ini diambil dan butuh dibuat penelitian. Penulisan terhadap bagian ini wajib diusahakan secara sistematis dari secara umum ke khusus. Seorang penulis wajib menjelaskan mengapa bisa tertarik untuk membuat penelitian kepada masalah yang tentu diteliti.

2. Batasan Masalah

Batasan-batasan terhadap penelitian paling penting supaya ruang lingkup permasalahan yang diteliti tidak meluas ataupun melebihi batas. Contoh batasan seperti pengumpulan data, batasan analisis, batasan aturan anggaran dan lain-lain.

3. Rumusan Masalah

Penulis wajib merumuskan dengan secara teliti permasalahan yang tentu ditelitinya, menjelaskan dengan sistematis konsep untuk menjawab permasalahan yang diteliti, hipotesis yang tentu diuji, ajukan sementara yang tentu diusahakan pembuktiannya, permasalahn yang tentu dicarikan trik pemecahannya. Menjelaskan berkenaan definisi, anggapan dan ruang lingkup batasan kegiatan dari penelitian.

4. Tujuan Penelitian

Pada bagian ini bisa dipaparkan secara detail apa yang hendak dicapai pada penelitian ini  sesuai permasalahan yang diteliti. biasanya tujuan penelitian dibagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu:

-Tujuan umum: tujuan yang secara keseluruhan mengapa membuat penelitian tersebut

-Tujuan khusus: perincian secara menyeluruh dari masing-masing tujuan penelian, baik itu mengenai variabel independen atau variabel dependen dan gabungan dari kedua variabel tersebut.

5. Manfaat Penelitian

Adalah apa saja yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan. Manfaat penelitian wajib ditulis berlandaskan dari segi keilmuan, manfaat bagi diri sendiri ataupun objek yang diteliti.

6. Tinjauan Pustaka

Berisikan dasar pemikiran dan dasar-dasar teori berkaitan dengan permasalahan yang diteliti.

7. Metode Penelitian

Berisikan program penelitian, variabel penelitian, definisi operasional variabel, zona dan masa penelitian, populasi dan sampel penelitian, jenis dan sumber penelitian, teknik pengumpulan data, etika penelitian, pengolahan data, kajian data, hingga bahan-bahan yang di inputkan.

8. Objek Penelitian

Adalah sifat keadaan dari suatu benda, orang ataupun keadaan yang menjadi pusat perhatian saat penelitian.

9. Metode Pengumpulan Data

Pada penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data bisa diusahakan survey, interview, dan juga eksperimen.

10. Metode kajian Data

Setelah data terkumpul kemudian diusahakan kajian data. Metode kajian data kualitatid prosedur-prosedurnya paling jelas, ketajaman terhadap kajian data kualitatif tergantung terhadap kebiasaan-kebiasaan peneliti pada membuat penelitian.

11. Hasil yang diharapkan

Berisikan uraian kontribusi penelitian pada mengembangkan ilmu pengetahuan, pemecahan masalah yang bisa membangun ataupun mengembangkan objek yang diteliti.

12. Daftar Pustaka

Berisikan sumber-sumber materi yang menjadi keterangan pada menyusun proposal dan disusun sesuai aksara nama penulis materi.

Proposal Kegiatan

  1. Latar Belakang Kegiatan
  2. Dasar Pemikiran
  3. Nama Kegiatan
  4. Tujuan Kegiatan
  5. Target Kegiatan
  6. Manfaat Kegiatan
  7. Jenis Kegiatan
  8. Waktu dan zona Kegiatan
  9. Jadwal Kegiatan
  10. Pelaksana dan Organisasi Kerja
  11. Sasaran
  12. Anggaran anggaran Kegiatan
  13. Penutup

 

Jenis – Jenis Proposal

Tujuan Proposal
Tujuan Proposal

Secara umum, proposal bisa dibedakan pada empat jenis. Mengacu terhadap pengertian proposal di atas, berikut ini merupakan beberapa jenis proposal tersebut:

1. Proposal Kegiatan

Ini ialah proposal untuk membuat suatu kegiatan. Isi proposal kegiatan merupakan pengajuan rencana kegiatan, baik yang sifatnya individu ataupun kelompok, contohnya pentas seni dan budaya.

Seringkali proposal kegiatan ini sekaligus untuk pengajuan permohonan anggaran dari pihak tertentu. Dan sebagai kompensasi, penyelenggaran kegiatan tentu menawarkan sesuatu yang bermanfaat bagi donatur, contohnya space iklan.

2.Proposal Bisnis

Ini merupakan proposal yang berkaitan dengan dunia bisnis, baik perseorangan ataupun kelompok. semisal merupakan proposal pendirian suatu usaha, proposal kerjasama antar perusahaan, dan lain-lain.

3. Proposal Penelitian

Jenis proposal ini biasanya dipakai terhadap bidang akademisi. semisal proposal penelitian untuk menjadikan skripsi, tesis, dan lainnya. Proposal ini dibuat sebagai pengajuan kegiatan penelitian.

4. Proposal Proyek

Jenis proposal ini biasanya digunkan terhadap dunia usaha dimana isi proposal tersebut berkenaan rangkaian rencana kegiatan. semisal merupakan proposal suatu proyek pembangunan.

Bentuk – Bentuk Proposal

Tujuan Proposal
Tujuan Proposal

Berdasarkan bentuknya, proposal bisa dibagi sebagai tiga, yaitu:

1. Proposal Formal

Proposal formal umumnya dilengkapi dengan tiga bagian utama:

  • Pendahuluan (sampul, halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, agenda isi, lembar pengesahan)
  • Isi proposal (latar belakang, pembatasan masalah, tujuan, ruang lingkup, susunan panitia, waktu, biaya)
  • Data pelengkap proposal (lampiran, tabel, agenda pusaka, dan lain-lain)

2. Proposal Semi Formal

Proposal semi formal biasanya tidak selengkap proposal formal akan tetapi masih berbentuk baku. Di pada proposal semi formal umumnya ditemukan informasi mengenai masalah, saran, pemecahan, dan permohonan.

3. Proposal Non Formal

Proposal non formal umumnya nyaris sama dengan proposal semi formal dan disampaikan pada bentuk surat ataupun memorandum. Di pada proposal non formal juga ditemukan beberapa hal seperti masalah, saran, pemecahan, dan permohonan.

Unsur – Unsur Proposal

Tujuan Proposal
Tujuan Proposal

Di pada setiap proposal umumnya ditemukan beberapa unsur penting dimana isinya tergantung jenis proposal yang dibuat. Unsur di pada proposal usaha tentunya tidak tentu sama dengan unsur di pada proposal penelitian.

Sebagai contoh, berikut ini merupakan beberapa unsur di pada proposal penelitian:

  1. Latar belakang masalah
  2. Rumusan masalah
  3. Tujuan penelitian
  4. Hipotesis
  5. Asumsi penelitian
  6. Manfaat penelitian
  7. Ruang lingkup penelitian
  8. Kajian pustaka
  9. Definisi operasional 

Bagian – Bagian Proposal Kegiatan

Tujuan Proposal
Tujuan Proposal
  1. Judul
  2. Pendahuluan
  3. Dasar Kegiatan
  4. Tujuan Kegiatan
  5. Nama Kegiatan
  6. Waktu dan zona Kegiatan
  7. Susunan agenda Kegiatan
  8. Susunan Panita Kegiatan
  9. Anggaran Kegiatan
  10. Lampiran

Cara Membuat Proposal Yang Baik & Benar

Tujuan Proposal
Tujuan Proposal

Secara umum, menjadikan proposal kegiatan itu lebih sederhana dibandingkan menjadikan proposal penelitian. Namun, anda juga harus tetap memperhatikan alur ataupun tahapan dari pembuatan Proposal Kegiatan tersebut.

1. Tema Proposal Kegiatan

Tuliskan tema proposal yang sesuai dengan kegiatan yang tentu anda selenggarakan

2. Pendahuluan Proposal Kegiatan

Kemudian di bagian pendahuluan terdapat 2 sub bab yakni :

  1. Latar Belakang Kegiatan
  2. Tujuan Kegiatan

Pada bagian sub bab latar belakang berisi dasar atau alasan kenapa kegiatan ini perlu diselenggarakan, sedangkan pada bagian sub bab tujuan kegiatan berisi hasil yang diharapkan dari kegiatan yang akan diselenggarakan.

3. Isi Proposal Kegiatan

  1. Tema Kegiatan
  2. Macam-Macam Kegiatan
  3. Peserta
  4. Peralatan yang dibutuhkan
  5. Waktu dan Tempat Kegiatan
  6. Susunan Acara Kegiatan
  7. Susunan Kepanitiaan
  8. Anggaran Dana

4. Penutup

Dan seperti biasa, pada bagian ujung proposal diberi penutup yang berisi harapan untuk diberikan dukung kepada pihak terkait agar kegiatan tersebut bisa diselanggarakan dengan lancar.

Contoh Proposal Kegiatan Yang Baik & Benar 

Contoh Proposal
Contoh Proposal

PROPOSAL
KEGIATAN PENTAS SENI (PENSI) DALAM RANGKA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS XII SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG Th. 2018

I. PENDAHULUAN

1.  Latar Belakang

Pentas Seni atau yang sering disebut dengan PENSI merupakan sebuah pertunjukan yang melibatkan beberapa aksi individu maupun kelompok.

OSIS SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG akan mengadakan yang ditujukan kepad siswa-siswi SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan waktu dan ruang dalam mengekspresikan diri serta meningkatkan rasa percaya diri untuk peserta lomba.

Selain itu, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka perpisahan siswa-siswi kelas XII. Maka dari itu, OSIS perlu untuk mengadakan kegiatan seperti ini.

2.  Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari diselenggarakan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Memberi waktu dan tempat kepada siswa-siswi SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG dalam mengekspresikan bakat yang dimiliki
  2. Mempererat tali silahturahmi antar sesama siswa-siswi SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG
  3. Sebagai sarana hiburan

II. ISI PROPOSAL

1. Tema Kegiatan

Dalam kegiatan kali ini, kami mengangkat tema dengan tema  “EKSPRESIKAN DIRIMU!” yang memberikan kesempatan siswa-siswi SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG untuk berani mengekspresikan dirinya, bakatnya di panggung kegiatan.

2. Macam – Macam Kegiatan

Adapun macam-macam dalam kegiatan yang akan diselenggarakan adalah sebagai berikut:

  1. Dance
  2. Pentas Drama
  3. Menyanyi (solo, duet)
  4. Band.

3. Peserta Kegiatan

Peserta yang dapat mengikuti kegiatan pentas seni ini adalah perwakilan dari masing-masing kelas X, XI, XII SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG.

4. Peralatan yang Dibutuhkan

  1. Spanduk
  2. Tenda
  3. Panggung
  4. Microphone beserta sound system
  5. Kostum

5. Waktu dan Tempat Kegiatan

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan pentas seni yang kami urutkan,antara lain:

1. Dance

Tanggal : Sabtu, 3 Maret 2018
Waktu   : 09.00 WIB s/d selesai
Tempat : Lapangan Basket SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

2. Pentas Drama

Tanggal : Sabtu, 3 Maret 2018
Waktu   : 10.00 WIB s/d selesai
Tempat : Aula SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

3. Menyanyi

Tanggal : Sabtu, 3 Maret 2018
Waktu   : 10.30 WIB s/d selesai
Tempat : Panggung Pentas Seni, SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

4. Band

Tanggal : Sabtu, 3 Maret 2018
Waktu   : 14.00 WIB s/d selesai
Tempat : Panggung Pentas Seni, SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

5. Susunan Acara

Adapun susunan acara kegiatan pentas seni sebagai berikut:

WAKTU ACARA TEMPAT
08.00 WIB – 08.30 WIB Pembukaan oleh Kepala Sekolah SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG Bapak Drs. Ir. Sukamto Panggung Utama Pentas Seni, SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG
08.30 WIB – 09.00 WIB Pembacaan Do’a oleh Ustadz Abdul Syukur, S.pd Panggung Utama Pentas Seni, SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG
09.30 WIB – 09.50 WIB Arahan Kegiatan Pentas Seni oleh Ketua Panitia Muchammad Badrul Panggung Utama Pentas Seni, SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG
10.00 WIB – 15.50 WIB Acara Kegiatan Pentas Seni : Menyanyi, Band, Dance, Drama Dance di Lapangan Basket SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG, Pentas Drama di Aula SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG, Menyanyi dan Band di Panggung Pentas Seni SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG
16.00 WIB – 16.30 WIB Penampilan Band Bintang Tamu “J-Band” Panggung Utama Pentas Seni, SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG
16.40 WIB – 17.00 WIB Penutupan oleh Wakil Kepala Sekolah SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG Bapak Drs. Syukron Panggung Utama Pentas Seni, SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG
  1. Susunan Kepanitiaan
NO NAMA JABATAN KEGIATAN
1. Drs. Ir. Sukirman (Kepala Sekolah SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG) Pelindung
2. Drs. Syukron (Wakil Kepala Sekolah SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG) Pengarah
3. Dani Ketua Panitia
4. Lulu Sekretaris
5. Boru Bendahara
6. Eka Seksi Acara
7. Lala Seksi Humas
8. Aji Seksi Keamanan
9. Alif Seksi Dokumentasi

6. Anggaran Dana

Untuk terselenggaranya kegiatan Pentas Seni (PENSI) ini dengan baik, maka akan ada beberapa anggaran dana yang didapat maupun dikeluarkan.

Kegiatan ini diperoleh dari dana:

  1. Kas Sekolah : Rp 1.000.000
  2. Dana Partisipasi Siswa SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG : Rp 2.500.000
  3. Dana Sponsor A : Rp 700.000
  4. Dana Sponsor B : Rp 10.000.000
  5. Total : Rp 14.200.000

Biaya Pengeluaran:

  1. Sewa Panggung dan Soud System : Rp 2.700.000
  2. Sewa Alat Musik : Rp 1.000.000
  3. Sewa Band Bintang Tamu “J-Band” : Rp 5.000.000
  4. Spanduk : Rp 500.000
  5. Konsumsi : Rp 750.000
  6. Lain-lain : Rp 250.000
  7. Total : Rp 10.200.000

III. PENUTUP

Demikianlah proposal kegiatan ini kami buat. Kami mengaharapkan dukungan dan partisipasinya dari pihak sekolah. Semoga acara kegiatan Pentas Seni (PENSI) ini berjalan dengan baik dan dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terimakasih.

PROPOSAL
KEGIATAN PENTAS SENI (PENSI) DALAM RANGKA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS XII SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG Th. 2018

Disahkan di :

Bandar Lampung, 19 Febuari 2018

Mengetahui,

 Ketua Panitia                                                                                                  Ketua OSIS

 

 

M.Dani Alfarizie                                                                                                  Sopiyanto Irawan

 

Kepala Sekolah

 

 

Drs. Ir. Sukirman

Nah, itulah penjelasan mengenai seputar Proposal yang meliputi, Pengertian Proposal, Menurut Para Ahli, Tujuan Proposal, Fungsi Proposal, Jenis-Jenis Proposal, Unsur-Unsur Proposal, Bagian-Bagian Proposal, Sistem Penulisan Proposal, Cara Membuat Proposal & Contoh Proposal yang perlu kalian ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tujuan Proposal

 

Leave a Comment